Peraturan Depnaker Tentang Gaji Karyawan Swasta

Peraturan Depnaker Tentang Gaji Karyawan Swasta

Peraturan Depnaker Tentang Gaji Karyawan Swasta – Beberapa jenis upah atau tunjangan serta biaya yang harus dibayarkan pengusaha untuk para pekerja di Indonesia bisa menjadi sebuah ‘kejutan menyenangkan’ bagi perusahaan asing baru. Hal ini biasanya dikarenakan ke tidak tahuan mereka mengenai hukum yang berlaku di tempat tersebut. Atau bisa juga karna perbedaan budaya yang ada. Artikel kali ini membahas mengenai peraturan DISNAKER tentang gaji karyawan swasta serta budaya employment yang ada di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa upah minimum kerja di Indonesia berbeda menurut provinsi serta kotanya masing – masing. Upah minimun pekerja tersebut ditetapkan dan diperbarui secara berkala oleh perwakilan daerah masing – masing.

Ambil contoh kota Jakarta yang pada tahun 2017 lalu memiliki upah minimum pekerja atau UMR sebesar Rp. 3.355.750 sementara di Yogyakarta nilai upah minimum hanya sebesar Rp. 1.337.645. di kota – kota lain yang lebih kecil nilai upah minimum juga semakin kecil.

Pemerintah Indonesia memiliki cara sendiri dalam mengihitung upah minimum kerja atau UMR. Sistem perhitungan tersebut di dasarkan pada laju inflasi fiscal tahunan dan perkembangan GDP. Namun rumus tersebut tidak berlaku di beberapa daerah yang memiliki nilai upah minimum masih di bawah upah biaya hidup yang di tetapkan oleh pemerintah.

Meskipun Indonesia masih menjadi salah satu negara yang memiliki upah minimum rendah namun seiring dengan perkembangan zaman, peningkatan standart upah minimum tersebut juga berkembang dengan cepat.

Hal tersebut dapat di artikan sebagai alasan mengapa pengusaha luar mulai meninggalkan infestasinya yang ada di Indonesia. Dimana upah minimum yang dulu rendah kini naik sangat tajam khususnya di Jakarta.

Dampak negative yang di alami oleh pekerja tingkat rendah adalah di turunkan menjadi pegawai tidak tetap seperti kurir, satpam dan sopir. Hal ini menciptakan sebuah situasi dimana seorang lulusan perguruan tinggi memiliki upah yang sama dengan pekerja kelas rendah.

Rata – Rata Gaji Pekerja Swasta Di Indonesia

Indonesia belum meliki data base nasional yang mampu menerbitkan data upah minimun yang akurat. Banyak investor yang menggunakan jasa orang ke tiga untuk mempelajari situasi yang ada.

Pada umumnya, upah minimum terbesar yang ada di Indonesia di pegang oleh kota Jakarta. Namun hal tersebut juga memiliki pengecualian bagi mereka yang berkerja di industry petambangan.

Peraturan Depnaker Tentang Gaji Karyawan Swasta

Berikut adalah beberapa jenis industry di Indonesia yang memiliki upah minimum terbesar, antara lain :

  • Gas dan minyak bumi
  • Industry jasa keuangan
  • Hi – Tech
  • E – Commerce
  • Infrastruktur

Sementara itu, berikut adalah daftar jenis pekerjaan yang paling banyak diminati oleh para pencari kerja pada tahun 2016, antara lain adalah :

  • Project manager.
  • Operator GM
  • Manager keuangan
  • Manager logistic
  • Supervisor call center

Tingkat pendapatan di Indonesia sangat extrim perbedaannya antara mereka yang berpengalaman rendah dan exsekutive. Beberapa hal yang menjadi dasar penulisan nilai upah di Indonesia antara lain:

  • Pengalaman
  • Keterampilan
  • Jaringan
  • Pencapain – pencapain ketika berhasil melaksanakan suatu tugas

Hal inilah yang membuat para pegawai baru biasanya bertanya kepada senior mengenai berapa upah minum yang bisa dia terima. Para kandidat biasanya mengarapkan kenaikan sekitar sepuluh atau dua puluh persen dari tempat atau posisi kerja sebelumnya.

Hati – hati dengan pekerja yang meminta gaji lebih rendah dari pekerjaan sebelumnya. Hal tersebut mungkin bisa terjadi karena mereka di pecat di perusahaan sebelumnya. Anda bisa mencari tahu lebih jauh untuk kemudian di pertimbangkan lolos atau tidak.

Beberapa Sumber Lain Untuk Menemukan Data Upah Minimum Pekerja

Bagi lulusan baru di Kota Jakarta biasanya sekitar empat juta rupiah dan akan naik sepuluh hingga lima belas persen pertahun sejak mereka bergabung.

Lulusan baru biasanya sangat giat mencari kerja. Sangat umum di Indonesia dimana anda menemukan seorang kandidat lulusan baru yang telah bekerja di tiga perusahaan hanya dalam waktu dua tahun sejak mereka lulus.

Peraturan Depnaker Tentang Gaji Karyawan Swasta

Telah disebutkan bahwa kandidat biasanya mengharap kenaikan gaji sepuluh hingga lima belas persen di tempat yang baru expetasi tersebut di dasarkan oleh umur, jenis kelamin, keluarga serta tanggung jawab pekerja yang mereka lakukan.

Sebagai contoh, jika kandidat menikah dan mempunyai anak maka biasanya ia akan mengharapkan gaji yang lebih tinggi.  Hal ini juga sama dengan laki – laki yang di tuntut sebagai pulang punggung keluarga.

Uniknya tanggung jawab kerja memiliki peran paling besar dalam menentukan upah kerja minimum. Pekerja biasanya mau – mau saja menerima gaji yang rendah hanya karena menggangap pekerjaan tersebut mudah. Dan mengharap gaji yang besar untuk pekerjaan yang susah.

Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa pegawai negeri sipil menjadi pekerjaan idaman semua orang.

Upah Minimum Pekerja Menurut Peraturan Depnaker Tentang Gaji Karyawan Swasta

Berikut adalah beberapa aturan upah minum pekerja bagi perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia.

PengeluaranJumlahCompliance NecessaryKomen
Pajak PenghasilanHingga 30% jumlah gaji bulananyaPajak penghasilan masing – masing individu berkisar antara 5 sampai 30%
Asuransi Kesehatan1 hingga 5 persen dari total gaji bulananyaBesaran gaji yang diberikan sesuai dengan area keahlian
Program PensionTiga persen dari toal gaji bulananyaPerusahaan harus mendaftarkan setiap pegawainya dalam program pension seiring dengan obigasi pendaan yang berbeda
Gaji ke 13Satu gajiyaBonus yang diberikan perusahaan. Disesuaikan menurut perjanjian masing – masing pekerja dengan perusahaan. Gfaji ke 13 dibayarkan sekali dalam satu tahun seiring dengan hari libur keagamaan di Indonesia.

Berikut adalah beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seseorang yang wajib membayar pajak penghasilan, antara lain adalah :

  • Tinggal di Indonesia
  • Menghabiskan setidaknya 183 hari selama periode dua belas bulan di Indonesia
  • Sedang berada di Indonesia selama tahun fiscal dan berniat unruk menjadi residence disana.

Kesimpulan

Menghitung gaji karyawan memang membutuhkan banyak waktu serta biaya. Termasuk upah minimum pekerja itu sendiri. Gaji adalah hak yang harus diberikan pada karyawan. Maka dari itu anda harus hati-hati serta teliti dalam menghitung agar tidak mengurangi apa yang seharusnya diterima. Untuk memudahkan anda dalam menghitung gaji karyawan dengan tepat dan sesuai, anda bisa menggunakan JojoPayroll dari Jojonomic yang telah terintegrasi dengan berbagai fitur.

Seperti, teknologi perhitungan JojoPayroll otomatis telah disesuaikan dengan kebijakan pekerja di Indonesia, antara lain pajak pribadi, asuransi, tunjangan, serta reimbursement. Hasil perhitungan dijamin akurat karena platform selalu up to date dengan ketentuan terkini.

Tak berhenti hanya sampai di situ. Sebagai pemberi kerja, perusahaan juga wajib menjamin ketepatan waktu penggajian yang bisa segera dilakukan dengan JojoPayroll dari Jojonomic. Cukup satu klik, anda dapat mentransfer gaji secara real time ke lebih dari 150 akun bank yang ada di Indonesia. JojoPayroll juga menyediakan bukti slip gaji pada karyawan secara otomatis dan digital. Tentunya lengkap dengan Take Home Pay, Deduction, Benefit, dan berbagai detail lainnya sehingga semua data menjadi serba transparan. Ayo dapatkan Free Trialnya sekarang!