Mencari Tahu Perbedaan Marketing dan Sales

Dalam sebuah perusahaan, biasanya akan ada divisi marketing atau dalam bahasa Indonesia dikatakan sebagai pemasaran. Divisi ini, dapat dikatakan sebagai ujung tombak perusahaan, karena penjualan produk baik barang atau jasa sebuah perusahaan ditangani oleh mereka.

Namun sebelum lebih jauh membahas marketing, kamu pernah dengar kata sales? Baik itu sales promotion, atau sales person. Mereka juga melakukan kegiatan pemasaran, bertemu konsumen dan menjajakan barang atau jasa dari sebuah perusahaan. Lalu sebetulnya bagaimana pengertian dari keduanya?

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pengertian terkait kata marketing mungkin banyak yang tidak sesuai. Sehingga kita bingung membedakan antara sales dan marketing. Untuk itu, melalui artikel ini, kita akan coba bahas hal-hal terkait perbedaan marketing dan sales. Jadi, baca tulisan ini sampai selesai ya!

Pengertian

Hal yang pertama akan kita bahas adalah pengertian dari kedua kata tersebut. Jika diartikan secara harfiah, marketing berarti pemasaran, sedangkan sales berarti penjual. Bagaimana, dari sini sudah terlihat kan perbedaannya?

Marketing adalah

Pertama kita akan bahas pengertian lebih jauh dari kata marketing. Kata marketing diartikan sebagai “Segala upaya yang harus dilakukan untuk membuat bisnismu selalu terlihat lebih baik di mata pasar, dibandingkan bisnis pesaingmu.” Begitulah kira-kira pengertiannya menurut seorang penulis buku, Laksita Utama Suhud.

Pengertian lain datang dari konsultan pemasaran Amerika Serikat, Philip Kottler. Menurutnya, marketing adalah sebuah proses manajerial dan sosial. Dilakukan oleh perorangan atau kelompok, untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Caranya adalah dengan menciptakan suatu produk dan menukarnya dengan suatu nilai yang diinginkan.

Dari dua pengertian diatas, hal yang tergambar dari pengertian marketing adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan nilai jual atau meningkatkan bisnis sebuah perusahaan.

Dalam praktiknya, menurut Hermawan Kartajaya, marketing memiliki tiga hal inti, yaitu positioning,  differentiation dan brand. Atau dapat dikatakan, bahwa marketing adalah sebuah positioning, untuk differentiation dari brand yang kita miliki.

Sales adalah

Selanjutnya, adalah pengertian tentang sales. Sales diartikan sebagai bagaian dari sebuah perusahaan, tugasnya adalah menjual. Mereka yang biasanya akan bertemu langsung dengan para pembeli atau konsumen.

Dalam kerjanya, mereka harus memiliki beberapa keterampilan, diantaranya adalah keterampilan menjual, baik ke pengecer ataupun pengguna. Juga kemampuan untuk memastikan setiap produk dapat terjual sesuai dengan target harga dan target jumlah yang ditentukan oleh perusahaan.

Tugas Tim Marketing dan Sales

Mulai dari pengertian, marketing dan sales memiliki perbedaan. Maka dari itu, tugas antar keduanya juga akan berbeda. Bagian ini akan membahas soal tugas dari marketing dan sales, yuk kita baca!

Tugas Marketing

Sebagaimana definisinya, marketing merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk dari suatu perusahaan. Mereka bekerja pada tiga titik inti yang dijelaskan sebelumnya. Untuk tugas dari marketing, akan kita bahas berikut ini!

Perencanaan

Tugas seorang marketing adalah melakukan perencanaan. Mereka dituntut untuk mampu merencanakan strategi pemasaran dan produk apa yang dipasarkan. Sebelum melakukan hal tersebut, mereka biasanya melakukan riset dan pengamatan terhadap kecenderungan pasar. Hasilnya akan digunakan untuk pembuatan rancangan strategi pemsaran.

Menentukan Harga

Selanjutnya, tugas seorang marketing  adalah menentukan harga jual produk suatu perusahaan. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan banyak hal, salah satunya melihat harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Harga yang tidak tepat akan berpengaruh pada penjualan produk suatu perusahaan.

Strategi Pemasaran

Ketiga, marketing bertugas menentukan strategi pemsaran. Lingkup dari strategi pemasaran adalah promosi, yang terbagi dalam pemberian bonus dan publikasi. Tujuan dari promosi adalah mengenalkan sebuah produk kepada orang banyak.

Publikasi, dapat dilakukan melalui berbagai platform atau saluran media massa, baik yang digital maupun konvensional. Sedangkan pemberian bonus maksudnya bisa berupa pemberian hadiah, bisa juga pemberian potongan harga.

Perencanaan Distribusi

Tugas berikutnya dari tim marketing adalah perencanaan terhadap proses distribusi. Hal tersebut bisa berupa waktu distribusi, hingga tempat distribusi sebuah produk dari sebuah perusahaan

Oops! We could not locate your form.

Namun, dari keempat tugas tersebut, tugas utama dari seorang anggota tim marketing adalah menjaga dan menjamin adanya pelayann terbaik bagi para konsumen. Menjaga hubungan baik dan komunikasi yang baik, agar kepercayaan konsumen terhadap perusahaanmu terus terjaga.

Tugas Sales

Jika pembahasan terkait tugas tim marketing selesai, selanjutnya kita akan bahas soal tugas dari sales. Akan ada perbedaan yang bisa kamu lihat dari tugas sales dibandingkan dengan tugas tim marketing.

Mencari Target Pasar

Tugas pertama dari seorang sales adalah mencari target pasar. Mereka harus mampu menentukan tempat yang memiliki potensi pasar yang besar. Hal ini dapat dilakukan seorang sales sejak sebelum produk selesai dibuat. Mereka bisa melihat-lihat sebuah lokasi dan karakteristik masyarakatnya, untuk kemudian menentukan calon pembelinya.

Merekapitulasi Hasil Penjualan

Seorang sales person juga memiliki tugas untuk merekapitulasi hasil penjualan atau menulis secara rapi data hasil penjualan. Hal ini tentunya akan berguna untuk perusahaan kedepannya. Perusahaan dan tim sales dapat dengan mudah melakukan evaluasi kinerja dan menyusun strategi pemasaran yang baru.

Menggaet Mitra Kerja

Tugas ketiga, seorang sales mungkin saja menggaet mitra kerja. Mereka bisa membantu mengembangkan proses pemasaran dari produk yang kamu pasarkan.

Menjamin Kepuasan Pelanggan

Hal yang paling penting dalam tugas seorang sales adalah menjamin kepuasan pelanggan. Menjamin barang yang dipesan diperoleh dalam kondisi yang baik di tangan pelanggan. Sehingga kepercayaan pelanggan akan terjaga.

Menjadi Tim Marketing dan Sales

Jika kamu sudah membaca beberapa poin sebelumnya terkait tugas dan pengertian dari tim marketing dan sales, berikutnya kita akan masuk ke pembahasan cara atau skill apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi bagian dari tim marketing dan sales.

Marketing

Bagi seorang dalam tim marketing, kamu harus memiliki beberapa keterampilan yang akan mendukungmu menyelesaikan pekerjaan. Keterampilan-keterampilan tersebut, bisa kamu pelajari dan mulai praktikan.

Komunikasi Interpersonal

Keterampilan pertama yang sebaiknya bahkan harus kamu miliki adalah komunikasi interpersonal. Komunikasi menjadi penting, karena kamu akan berhadapan dengan banyak orang. Misalkan klien, kamu akan melakukan negosiasi dan berbagai kegiatan tawar menawar untuk mendukung proses pemasaran produk yang kamu pasarkan.

Public Speaking

Kedua adalah public speaking atau keterampilan untuk berbicara di hadapan orang banyak. Dalam hal ini, keterampilan komunikasi interpersonal saja tidak cukup, karena untuk melakukannya kamu butuh kepercayaan diri yang tinggi juga.

Teliti

Keterampilan ini diperlukan oleh marketing dengan tujuan untuk mengurangi potensi kesalahan dan kerugian perusahan.

Analisis yang Baik

Selanjutnya, keterampilan yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk melakukan analisis dengan baik. Hal ini dibutuhkan karena dalam menentukan sebuah strategi marketing, dibutuhkan analisis terhadap berbagai hal, ini juga akan berguna ketika sebuah perusahaan ingin mengembangkan produknya.

Kreatif dan Inovatif

Keterampilan terakhir yang harus dimiliki tim marketing adalah kreatif dan inovatif. Sebagaimana tugas tim marketing, yaitu membuat diferensiasi dan membuat produknya tampak unggul ketimbang produk yang lain, maka tim marketing harus memiliki banyak ide dan kreatifitas.

Sales

Berbeda dengan tim marketing, sales memiliki beberapa keterampilan yang harus dimiliki. Berikut keterampilan-keterampilan sales yang bisa kamu pelajari dan kamu aplikasikan di tempat kerjamu.

Tekun

Keterampilan pertama yang harus dimiliki seorang sales adalah ketekunan, dan hal yang harus dihindari adalah ngotot. Tekun penting bagi seorang sales, karena mereka harus mampu meyakinkan konsumen untuk tertarik dan membeli barang yang mereka jual.

Teliti

Keterampilan teliti tidak hanya harus dimiliki oleh tim marketing. Sales juga harus memiliki ketelitian yang baik, karena seorang sales akan berhadapan dengan banyak calon pembeli dengan berbagai karakter dan kebutuhan. Untuk itu mereka harus memiliki ketelitian yang tinggi.

Pendekatan Personal di Ranah Profesional

Ketiga, seorang sales harus mampu melakukan pendekatan yang bersifat personal, tapi tidak masuk ke ranah pribadi klien. Setiap klien  memiliki karakter yang berbeda, sehingga mereka juga butuh metode pendekatan yang berbeda.

Peka dan Empati

Terakhir, keterampilan yang harus dimiliki seorang sales adalah sikap peka dan empati. Sikap peka dan empati tersebut akan membuat klien lebih nyaman dan mudah menerima sales.

Bagaimana, kamu sudah tahu kan perbedaan antara marketing dan sales? Kamu juga sudah tahu kan keterampilan apa saja yang harus mereka miliki? Jika kamu adalah seorang pengusaha, setelah ini kamu bisa membagi tugas-tugas pegawaimu lebih spesifik, khususnya antara marketing dan sales.

Selain kemampuan untuk membagi tugas dengan baik, hal yang harus kamu perhatikan adalah soal keuangan perusahaanmu. Pastikan semuanya terkelola dan tercatat dengan baik. Kamu bisa mengandalkannya kepada Jojonomic, melalui aplikasi JojoExpense. Pengelolaan keuangan perusahaanmu nantinya akan lebih efisien dan mudah untuk dikerjakan. Kamu bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Selamat mencoba!