Perekam Sidik Jari Beserta Teknik-Teknik Nya

Pada perusahaan-perusahaan besar pada era zaman sekarang ini pasti memiliki mesin absensi yang modern. Contoh dari mesin absensi ini adalah fingerprint. Pasti kamu sudah tidak asing dengan kalimat ini. Ya, fingerprint adalah alat perekam sidik jari yang berfungsi untuk absensi karyawan ataupun mahasiswa.

Sidik jari atau fingerprint kini mulai banyak diterapkan di berbagai bidang, dalam proses rekam pun tidak lagi secara manual dengan tinta. Salah satu sensor fingerprint yang banyak digunakan di berbagai kantor kepolisian menjadi salah satu pilihan dan dapat menjamin validitas sidik jari.

Namun sebelumnya, apakah kalian mengetahui apa pengertian dari fingerprint? Jika kalian belum mengetahuinya, pada artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai perekam sidik jari atau yang sering disebut fingerprint. Disimak yuk!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Apa Itu Perekam Sidik Jari?

Perekam sidik jari adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk menangkap gambar digital dari pola sidik jari. Gambar tersebut disebut pemindaian hidup. Pemindaian hidup adalah pemrosesan digital untuk membuat sebuah template biometrik yang disimpan dan digunakan untuk pencocokan. Ini merupakan ikhtisar dari beberapa sidik jari yang lebih umum digunakan sensor teknologi.

Apa Saja Teknik Pembacaan Sidik Jari?

Scanning sidik jari dilakukan dengan alat elektronik (dalam hal ini mesin absensi sidik jari). Hasil scanning lalu disimpan dalam format digital pada saat registrasi atau enrollment atau pendaftaran sidik jari. Setelah itu, rekaman sidik jari tersebut diproses dan dibuatkan daftar pola fitur sidik jari yang unik.

Pola fitur sidik jari yang unik tersebut kemudian disimpan dalam memory atau database. Alat absensi sidik jari maupun sensor sidik jari yang digunakan untuk keperluan lain seperti akses kontrol mempunyai beberapa tehnik pembacaan sidik jari.

Teknik pembacaan sidik jari oleh mesin absensi sidik jari tersebut antara lain adalah :

Optis

Dengan teknik ini, pola sidik jari direkam atau discan dengan menggunakan cahaya. Alat perekam (fingerprint scanner) yang digunakan adalah berupa kamera digital. Tempat untuk meletakkan ujung jari disebut permukaan sentuh (scan area).

Di bawah scan area, terdapat lampu atau pemancar cahaya yang menerangi permukaan ujung jari. Hasil pantulan cahaya dari ujung jari ditangkap oleh alat penerima yang selanjutnya menyimpan gambar sidik jari tersebut ke dalam memori.

Kelemahan metode ini adalah hasil scanning sangat tergantung dari kualitas sidik jari. Jika kualitas sidik jari miskin (poor) atau luka, maka kualitas hasil pembacaan akan tidak bagus. Kelemahan lain adalah tehnik ini bisa diakali dengan jari palsu. Tapi tehnik ini mempunyai keuntungan mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Ultra Sonik

Teknik ini hampir sama dengan teknik yang digunakan dalam dunia kedokteran. Dalam teknik ini, digunakan suara berfrekuensi sangat tinggi untuk menembus lapisan epidermal kulit. Suara frekuensi tinggi tersebut dibuat dengan menggunakan transducer piezoelectric. Setelah itu, pantulan energi tersebut ditangkap menggunakan alat yang sejenis. Pola pantulan ini dipergunakan untuk menyusun citra sidik jari yang dibaca. Dengan cara ini, tangan yang kotor tidak menjadi masalah. Demikian juga dengan permukaan scanner yang kotor tidak akan menghambat proses pembacaan.

 

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kapasitans

Teknik ini menggunakan cara pengukuran kapasitant untuk membentuk citra sidik jari. Scan area berfungsi sebagai lempeng kapasitor, dan kulit ujung jari berfungsi sebagai lempeng kapasitor lainnya. Karena adanya ridge (gundukan) dan valley (lembah) pada sidik jari, maka kapasitas dari kapasitor masing-masing orang akan berbeda. Kelemahan ini adalah adanya listrik statis pada tangan. Untuk menghilangkan listrik statis ini, tangan harus digrounding.

Thermal

Tehnik ini menggunakan perbedaan suhu antara ridge (gundukan) dengan valley (lembah) sidik jari untuk mengetahui pola sidik jari. Cara yang dilakukan adalah dengan menggosokkan ujung jari (swap) ke scan area. Bila ujung jari hanya diletakkan saja, dalam waktu singkat, suhunya akan sama karena adanya proses keseimbangan.

Manfaat Alat Perekam Sidik Jari

Dari teknik-teknik tersebut juga terdapat manfaat yang ada pada perekam sidik jari ini. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

Mencatat waktu absensi dengan sangat akurat

Manfaat yang akan didapat dengan menggunakan mesin absensi sidik jari atau fingerprint untuk keperluan absensi adalah mampu memberikan laporan catatan dengan sangat akurat, mulai dari jam kedatangan, jam istirahat, jam pulang hingga jam shift pun bisa dengan mudah dengan menggunakan mesin absensi sidik jari ini.

Data absensi ini akan otomatis akan tersimpan di database mesin absensi, sehingga akan memudahkan pengelola absensi untuk membuat laporan data absensi dari mesin fingerprint hanya dengan meng-unduh data menggunakan USB flash drive.

Tentu hal ini akan memudahkan bukan, tanpa harus perlu repot-repot tulis tangan dan tanda tangan dibuku absen.

Mencegah Titip Absen

Manfaat lainnya dengan menggunakan mesin absensi sidik jari (fingerprint) adalah mencegahnya titip absen. Sudah bukan rahasia lagi titip absen sering kali ditemui dan dilakukan oleh karyawan perusahaan, siswa atau guru di sekolah, pegawai minimarket, dsb nya yang di tempat kerja atau belajarnya tidak menggunakan mesin absensi atau masih menggunakan sistem manual berupa tanda tangan.

Tentu hal ini akan merugikan perusahaan, sekolah atau instansi. Tapi kerugian ini akan berubah seketika, ketika beralih menggunakan mesin absensi fingerprint. Budaya titip absen bisa dihentikan, karena menggunakan metode sidik jari yang pastinya tiap manusia tidak sama satu sama lain. Sehingga pihak perusahaan bisa mengetahui tingkat kedisiplinan karyawan, siswa, atau guru dlsb nya dengan lebih akurat.

Memudahkan Menghitung Gaji dan Pencatatan Bonus

Jika kamu segera menggunakan mesin absensi sidik jari ini akan sangat diuntungkan dengan penggunaannya. Dengan mesin sidik jari ini, kita bisa mendapatkan informasi data yang akurat terkait kalkulasi upah dan uang lembur yang akan diterima karyawan sesuai dengan waktu kerjanya. Termasuk pengurangan gaji karena bolos kerja, cuti, atau sakit.

Pun begitu jika ditempat perusahaan kammu memberlakukan sistem bonus tiap bulannya, dengan menggunakan mesin absensi ini kamu akan dengan sangat mudah menentukan besaran bonus yang akan didapat tiap karyawan.

Sehingga dari jam kedatangan, jam istirahat, jam pulang hingga jam shift karyawan, akan bisa dilihat dalam laporan absensi bulanan, apakah berhak untuk mendapatkan bonus atau tunjangan atau tidak.

Mengontrol Akses Pintu 

Fitur khusus dari mesin absensi sidik jari ini bisa digunakan juga loh untuk memberikan akses kontrol pada ruangan di kantor maupun kelas. Beberapa ruangan khusus yang menyimpan dokumen penting atau untuk tujuan lainnya juga bisa menggunakan fitur khusus ini, sehingga tidak sembarang orang bisa masuk.

Menghemat waktu dan kertas

Manfaat berikutnya yakni kita akan dapat menghemat banyak waktu. Kegiatan menempelkan jari atau pendeteksi wajah pada mesin fingerprint  tersebut apabila dihitung secara matematis, tidak sampai 5 detik! Berbeda dengan metode absensi yang menggunakan kartu absensi, ataupun tandatangan yang membutuhkan waktu cukup lama.

Anda juga bisa ikut menghemat kertas sebagai upaya mengurangi konsumsi kayu untuk pembuatan kertas yang marak sekali diambil dari penebangan liar. Dengan beralih menggunakan mesin absensi yang menggunakan sidik jari, maka suatu perusahaan atau instansi sudah ikut menerapkan konsep go green, dan juga ramah lingkungan, karena tidak perlu menggunakan kertas dalam melakukan proses absensinya.

Menghindari Terjadinya Human Error

Mesin absensi sidik jari atau fingerprint juga sangat mampu mencegah munculnya human error yang akan merugikan banyak pihak, terutama dalam proses input jam absensi secara manual ke dalam database (buku). Sehingga anda tidak perlu lagi was-was terjadi keselahan, mesin absensi ini akan mencatatnya dengan sangat akurat.

Nah, untuk pantau kehadiran karyawan kapanpun dan dimanapun Jojonomic menghadirkan JojoTimes untuk memudahkan karyawan mengaplikasikan absen. Tingkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR. Yuk dicoba!