Perencanaan SDM Yang Efektif Dan Efisien

Dalam sebuah perusahaan, perencanaan SDM merupakan sebuah hal yang penting dan harus dilakukan semaksimal mungkin. Tanpa melakukan hal tersebut dengan benar, tentu perusahaan akan lebih sulit untuk berkembang serta bersaing dengan kompetitornya. Tentu saja sudah bukan rahasia umum jika di dalam perusahaan yang baik maka terdapat sistem perencanaan tata sumber daya manusia yang baik pula. Sehingga untuk bisa melaksanakan visi dan misi perusahaan sepenuhnya, maka perencanaan ini harus dibuat dengan baik dan teliti. Bahkan sebisa mungkin dilakukan secara maksimal.

Tentu saja ada banyak halangan yang terjadi dalam pelaksanaannya. Di samping dari adanya beberapa manfaat yang juga dibawa oleh adanya perencanaan SDM yang tepat. Oleh karena itu diperlukan pula langkah-langkah yang efektif dan efisien, terutama dari pihak HRD, supaya nantinya dapat memastikan penataan dan pengalokasian sumber daya yang optimal sesuai kebutuhan perusahaan. Bagaimana lengkapnya mengenai manfaat dan langkah-langkah tersebut, berikut ini akan dibahas lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Manfaat Perencanaan SDM

Dimulai dari memahami lebih dulu apa saja yang menjadi manfaat dari perencanaan SDM tersebut. Dengan merencanakan sumber daya yang dimiliki suatu perusahaan dengan baik, maka tentu bisa diperoleh beberapa manfaat secara maksimal meliputi hal berikut ini.

  • Meraih visi dan misi perusahaan secara lebih optimal. Melalui perencanaan SDM berkualitas yang sesuai, maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mencapai visi dan misi yang telah ditentukan. Pihak HRD bisa mencari orang yang tepat dan berdedikasi sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Sehingga nantinya perusahaan berjalan menuju kepastian yang telah diharapkan sesuai dengan visi dan misi yang dibentuk tersebut.
  • Mengembangkan pendapatan, tentu saja sumber daya yang berkualitas mampu memberikan hasil yang optimal pada perusahaan. Sehingga melalui perencanaan sumber daya yang sesuai, akan didapatkan kandidat terbaik yang bisa bekerja maksimal dalam memajukan dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Dari sisi ini, maka keuntungan perusahaan juga bisa makin bertambah. Berkat kinerja yang baik tentu akan lebih banyak pelanggan yang menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sehingga keuntungan perusahaan meningkat dalam waktu yang cepat.
  • Mengalokasikan sumber daya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Tiap sumber daya tentu berbeda-beda kemampuan dan keahliannya. Dengan melakukan perencanaan yang baik, otomatis porsi yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat terisi sepenuhnya. Oleh sebab itu secara tidak langsung hal ini bisa membantu memajukan perusahaan menjadi lebih baik dan berkembang maksimal.

perencanaan SDM

Masalah Dalam Pengaturan Sumber Daya

Sekalipun memberikan manfaat yang maksimal, belum tentu bahwa pada prakteknya tidak ditemukan halangan dalam pengaturan sumber daya pada perusahaan. Oleh karena itu sebaiknya ketahui dengan pasti apa saja yang menjadi penghalang hal tersebut supaya dapat mencari tahu jalan keluar yang paling efektif. Beberapa masalah yang umum terjadi yaitu sebagai berikut:

  • Keterbatasan pilihan, sering kali dalam melakukan perekrutan tidak semua kandidat terbaik tertarik pada posisi yang ditawarkan. Akibatnya perusahaan harus memilih yang terbaik dari kandidat yang ada. Hal ini memicu masalah kompetensi SDM yang belum tentu sepenuhnya sesuai dengan kriteria perusahaan.
  • Sarana dan prasarana minim, sehingga pada akhirnya pengembangan sumber daya tidak dapat direncanakan secara maksimal. Seperti misalnya terbatasnya dana yang dapat digunakan untuk kebutuhan pelatihan eksternal. Sehingga menyiasati dengan melakukan pelatihan internal yang hasilnya bisa jadi tidak maksimal.
  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
  • Sifat dan emosional yang tidak sejalan, kecerdasan seseorang terkadang tidak sejalan dengan emosionalnya. Sehingga saat dihadapkan pada sumber daya yang demikian, perusahaan akan mengalami kesulitan untuk mengarahkan sesuai keinginan pihak perusahaan.
  • Keterbatasan waktu dan tenaga, umumnya tim HRD perusahaan jumlahnya tidak maksimal sehingga tidak dapat melakukan perencanaan dan pengaturan yang maksimal pula.

Langkah Efektif Mengatur Dan Mengalokasikan Sumber Daya

Untuk memastikan perolehan manfaat yang maksimal, serta untuk menghindari adanya masalah dalam perencanaan SDM yang tepat dan sesuai, maka dibutuhkan langkah yang optimal. Bagi yang belum memahami benar langkah tersebut, berikut ini beberapa poin langkah yang dapat dilakukan untuk efektifitas dan optimisasi perencanaan SDM.

  • Merekrut sesuai kebutuhan, sebaiknya tentukan syarat yang diinginkan dalam melakukan perekrutan. Sesuaikan dengan posisi yang dibutuhkan dan pastikan mencari kandidat terbaik sesuai harapan. Baik dari tingkatan pendidikan hingga keahlian tambahan yang diperlukan perusahaan.
  • Mendata karyawan sesuai potensi dan bakat. Jangan lupa untuk memastikan data karyawan yang akurat. Termasuk latar belakang pendidikan, pengalaman serta keahlian yang dimiliki oleh setiap karyawan. Dengan demikian akan lebih mudah bagi tim HRD dalam mengakses data tersebut sebagai acuan lebih lanjut untuk perencanaan SDM. Meskipun terlihat sederhana dan sepele, tetapi hal ini sangat penting dilakukan untuk melakukan perencanaan yang baik dan efektif.
  • Mengarahkan dan memberi pelatihan, apabila telah melihat peta kekuatan karyawan sesuai dengan kemampuannya, maka selanjutnya adalah mengembangkan minat dan bakat karyawan tersebut. Salah satunya melalui pemberian pelatihan yang sesuai dengan bidang yang dikuasai. Jadikan hal ini sebagai aset perusahaan sehingga posisi karyawan semakin sesuai dan pekerjaan bisa terlaksana dengan lebih baik.
  • Tingkatkan persaingan yang sehat, dengan adanya hal tersebut maka perusahaan dapat membuat karyawan memaksimalkan potensinya. Seperti misalnya memberikan bonus jika target pekerjaan tercapai. Secara tidak langsung maka perusahaan bisa merencakanan sumber dayanya lebih efektif sesuai dengan target yang ingin dikejar oleh perusahaan itu sendiri.
  • Pantau dan awasi, bila semua telah dilakukan sebaiknya lakukan pengawasan. Penilaian tahunan bisa menjadi salah satu cara untuk memastikan bahwa perencanaan yang dilakukan tim HRD telah menuai hasil yang diinginkan.

Perencanaan SDM pada perusahaan tersebut sudah jelas sangat penting dan harus dilaksanakan dengan terencana. Termasuk dalam pengaturan data karyawan harus cukup jelas supaya lebih mudah untuk mengelompokkan dan mengalokasikan karyawan sesuai bakat dan minatnya. Hal ini bisa didapatkan melalui penggunaan produk JojoTimes. Melalui produk ini maka perusahaan dapat lebih mudah melakukan pengawasan terhadap absensi karyawan perusahaan secara maksimal. Tidak hanya itu saja, tetapi produk ini juga dapat membantu untuk memastikan minat dan bakat karyawan secara optimal. Sehingga piihak HRD dapat memberikan pengarahan serta pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pastinya beberapa manfaat di atas dapat diperoleh karena fitur menarik yang diberikan oleh JojoTimes. Beberapa fitur andalan dalam produk ini antara lain yaitu Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, Attendance Adjustment (by Appointed User)., Compressed Work Policy, Export Overtime, Productivity & Compressed Work Report (Excel/CSV), serta masih banyak fitur menarik lainnya dalam produk tersebut. Karena itu segera saja beralih pada JojoTimes dan dapatkan segera coba gratis sekarang juga pada perusahaan Anda. Jangan tunggu lebih lama lagi, dapatkan perencanaan SDM serta pengaturan karyawan yang lebih efektif dan efisien bersama produk tersebut. Mari maju bersama dengan JojoTimes.