Performance Appraisale : Definisi, Tahapan, dan Jenis-jenisnya

Penilaian kinerja atau Performance Appraisale merupakan penilaian yang sistematis terhadap kinerja dan kemampuan pegawai sehingga dapat merencanakan pengembangan karir lebih lanjut bagi pegawai yang bersangkutan. Penilaian biasanya disiapkan oleh atasan langsung karyawan tersebut. Prosedur ini biasanya mengharuskan supervisor untuk mengisi formulir evaluasi standar, yang dievaluasi oleh semua orang.

Memahami Performance Appraisale (evaluasi kinerja)

Performance Appraisal

Evaluasi kinerja, juga dikenal sebagai tinjauan kinerja, evaluasi kinerja atau evaluasi karyawan, adalah metode pencatatan dan evaluasi kinerja karyawan.

Perusahaan sering menggunakan evaluasi kinerja ini sebagai dasar untuk kenaikan gaji, promosi, bonus, atau sebagai dasar untuk downgrade dan pemutusan hubungan kerja. Evaluasi kinerja yang tepat dan profesional dapat meningkatkan retensi dan semangat kerja karyawan, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Secara umum, penilaian kinerja adalah penilaian sistematis terhadap kinerja karyawan untuk memahami kemampuan karyawan guna merencanakan pengembangan karir lebih lanjut bagi karyawan. Dengan kata lain, penilaian kinerja ini mengevaluasi dan mengevaluasi keterampilan, kemampuan, prestasi dan pertumbuhan karyawan.

Tahap Performance Appraisale (Evaluasi kinerja)

Performance Appraisal

Tetapkan standar kinerja

Proses evaluasi kinerja dimulai dengan penetapan standar kinerja. Manajer harus menentukan pencapaian, keterampilan, atau keluaran mana yang akan dievaluasi. Standar kinerja ini harus dimasukkan dalam analisis pekerjaan dan deskripsi pekerjaan. Hal ini juga harus jelas, objektif, mudah dipahami dan diukur. Standar tidak boleh kabur, seperti “kerja bagus” atau “kualitas kerja bagus”. Karena standar yang tidak jelas ini tidak dapat secara jelas mendefinisikan standar kinerja.

Ukur kinerja sebenarnya

Tahap selanjutnya penilaian kinerja adalah mengukur kinerja aktual atau kinerja aktual berdasarkan informasi yang tersedia dari berbagai sumber seperti pengamatan, laporan statistik, laporan lisan, dan laporan tertulis. Yang perlu diingatkan adalah bahwa pengukuran kinerja harus objektif berdasarkan fakta dan hasil survei, dan perasaan tidak boleh dimasukkan dalam pengukuran kinerja ini.

Bandingkan kinerja aktual dengan standar yang ditentukan

Pada tahap ini, kinerja aktual atau actual performance dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan. Perbandingan ini akan mengungkapkan penyimpangan antara kinerja aktual dan standar kinerja.

Diskusikan hasil evaluasi dengan karyawan

Langkah ini merupakan salah satu tugas paling menantang yang harus dihadapi manajer karena mereka harus memberikan penilaian yang akurat sehingga karyawan yang relevan dapat menerima hasil penilaian. Pembahasan penilaian ini memungkinkan karyawan untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka dan dampaknya terhadap kinerja masa depan. Tergantung pada penilaian yang diberikan, dampaknya bisa positif atau negatif.

Mengkomunikasikan standar kinerja yang diharapkan kepada karyawan

Setelah standar kinerja ditetapkan, standar tersebut perlu dikomunikasikan kepada setiap karyawan sehingga karyawan tersebut memahami harapan perusahaan terhadap mereka. Kurangnya komunikasi dapat mempersulit evaluasi kinerja. Komunikasi harus dua arah, yang berarti bahwa manajemen harus mendapatkan umpan balik dari karyawan tentang standar kinerja yang ditetapkan untuk mereka.

Melakukan tindakan korektif (Remedial Action)

Langkah terakhir dalam proses evaluasi adalah mengambil tindakan korektif (perbaikan) bila diperlukan. Jika terjadi penyimpangan antara standar kinerja dengan kinerja pegawai yang sebenarnya, dan para pihak telah berkomunikasi dengan baik, maka perusahaan dan pegawai harus mengambil tindakan untuk meningkatkan kinerjanya.

Tujuan penilaian kinerja Performance Appraisale

Performance Appraisal

Tujuan penilaian kinerja sebenarnya sangat jelas, yaitu untuk mengevaluasi setiap karyawan. Proses evaluasi selanjutnya akan dikaitkan dengan kinerja dan produktivitasnya di masa depan. Ketika kinerja seorang karyawan rendah, ia dapat mengetahui bagaimana meningkatkan kinerjanya. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan evaluasi kinerja ini sebagai dasar kenaikan gaji, promosi, bonus, atau sebagai dasar penurunan dan pemutusan hubungan kerja.

Jenis evaluasi kinerja (Performance Appraisale)

Performance Appraisal

Berikut ini adalah jenis evaluasi kinerja yang biasa digunakan perusahaan untuk mengevaluasi karyawan.

Penilaian tradisional

Dalam penilaian tradisional, atasan akan berdiskusi dengan karyawan dalam pertemuan tatap muka untuk membahas kinerja periode kinerja sebelumnya. Kehidupan pelayanan biasanya satu tahun.

Pembahasan didasarkan pada pengamatan atasan terhadap kemampuan dan kinerja karyawan berdasarkan uraian tugas.

Kemudian, melakukan evaluasi kinerja, dan hasilnya akan disesuaikan dengan persentase kenaikan gaji.

Ulasan yang dimulai oleh karyawan

Melalui metode peninjauan yang dimulai oleh karyawan, karyawan akan diberi tahu dan mereka dapat meminta peninjauan dari manajer mereka.

Metode ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan proses penilaian kinerja tradisional. Sebaliknya, metode ini dapat digunakan untuk mendorong sikap manajemen diri karyawan.

Umpan balik 360 derajat

Umpan balik 360 derajat dalam proses penilaian kinerja mengacu pada umpan balik atas kinerja karyawan dari atasan, kolega, pelanggan eksternal, dan karyawan itu sendiri.

Metode ini juga menghasilkan umpan balik dari karyawan tentang kinerja manajemen, yang juga dikenal sebagai evaluasi ke atas.

Dengan demikian, perusahaan akan dapat melakukan penilaian secara menyeluruh dari segi kinerja manajemen dan karyawan.

Evaluasi diri

Evaluasi diri digunakan dalam proses penilaian kinerja untuk mendorong karyawan bertanggung jawab atas penilaian kinerja mereka sendiri. Dalam jenis evaluasi ini, fokusnya adalah pada evaluasi kinerja diri sendiri. Ini dicapai dengan mengevaluasi pencapaian atau kegagalan dan mendorong manajemen diri.

Cara ini juga digunakan untuk mempersiapkan karyawan saat mendiskusikan poin-poin evaluasi dengan atasannya. Metode ini dapat digunakan dalam kombinasi dengan metode evaluasi lainnya, tetapi tidak dapat menggantikan penilaian kinerja atasan terhadap karyawan.

Kesimpulan Performance Appraisale

Biasanya kegiatan penilaian kinerja dilakukan oleh tim sumber daya manusia perusahaan. Mulai dari menetapkan standar dengan manajer, hingga memberikan saran kepada setiap karyawan. JojoTimes memahami pentingnya evaluasi kinerja karyawan. Adanya fungsi manajemen kinerja memudahkan perusahaan untuk memantau kinerja karyawan secara berkala. JojoTimes memberikan kemudahan pembagian tugas terstruktur dan platform untuk memberikan umpan balik bagi atasan dan bawahan.

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja.

Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan.

Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”