Perguruan Tinggi Kedinasan dan Ikatan Dinas? Simak yuk!

Perbedaan perguruan tinggi kedinasan dan ikatan dinas? Setelah mempelajari pertanyaan yang diajukan beberapa teman-teman,saudara dan kerabat. Dapat disimpulkan bahwa masih banyak orang yang bingung dan keliru dalam membedakan sekolah kedinasan dan ikatan dinas. Pengertian dan persepsi mereka masih berbeda-beda.

Dalam kedua poin tersebut , terlebih dahulu orang harus tahu tentang payung besarnya. Payung besar yang dimaksud tersebut adalah PERGURUAN TINGGI. Seperti kita ketahui bahwa Perguruan Tinggi terdiri dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

Untuk PTN dan PTS sendiri tentu bukan suatu hal yang baru bagi masyarakat ,dan tentunya sudah banyak yang tahu secara prosedur, proses dan prospek jika terkait PTN maupun PTK. Namun justru ada yang menarik jika pembahasan nya ,tentang Pergurunm Tinggi Kedinasan (PTK).

Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) biasa juga disebut sekolah tinggi kedinasan.Disebut sekolah tinggi kedinasan, karena sebagian besar bahkan hampir semua nama perguruan tinggi kedinasan diawali dengan SEKOLAH TINGGI. Misalnya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, dan lain-lainnya.

Namun dalam kurun waktu dekat ini sudah ada sebagian yang berubah namanya ,sesuai dengan arahan dari Kementerian Ristek-Dikti tentang Status dan Nama perguruan Tinggi.Seperti Poltekip dulunya AKIP,Polteknik dulunya AIM,STMKG dulunya AMG ,Poltek Keuangan STAN dulunya STAN,IPDN dulunya STPDN.

Sekolah Tinggi Kedinasan atau yang akrab disebut sekolah kedinasan tersebut terbagi menjadi dua yaitu Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas dan Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas. Sederhananya adalah sekolah kedinasan terdiri dari yang ikatan dinas dan ada yang non-ikatan dinas.

Mengenal Perguruan Tinggi Kedinasan

Sekolah kedinasan adalah hal familiar sekolahnya, dan ikatan dinas merupakan statusnya.Pengertian sederhana dari sekolah kedinasan adalah perguruan Tinggi atau sekolah Tinggi yang dikelola atau berada dibawah naungan kementerian/Badan/Lembaga Pemerintah yang sebagian atau seluruh biayanya ditanggung oleh yang menaungi.

Sedangkan Ikatan Dinas adalah status sekolah kedinasan yang melekat pada masa depan alumninya. Jika status sekolah kedinasan tersebut adalah ikatan dinas, artinya adalah setelah menyelesaikan pendidikan, alumni tersebut akan diangkat menjadi pegawai (Aparatur Sipil Negara) di kementerian/badan/lembaga yang menaungi. Sebaliknya, jika statusnya non ikatan dinas, itu artinya bahwa jika mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan, mereka hanya akan diberi ijazah sama dengan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi Swasta.

Untuk saat ini ada 9 sekolah kedinasan yang berstatus Ikatan Dinas sesuai dengan peraturan dari KEMENPAN-RB ,yang perlu diketahui ,Yakni 1.STIN (sekolah tinggi intelejen Negara ) sekolah dibawah naungan Badan Intelejen Negara ,2.IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri ) dibawah kementerian Dalam Negeri 3.Poltek Keuangan STAN dibawah naungan Kementerian Keuangan RI,4.Poltekim (Politeknik Imigrasi),5.Poltekip(Polteknik Ilmu Pemasyarakatan) dibawah Kementerian Hukum Dan HAM ,6.STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) dibawah Badan Pusat Statistik ,7.STTD(Sekolah Tinggi Transportasi Darat) dibawah kementerian Perhubungan 8.STSN(Sekolah Tinggi Sandi Negara)dibawah Badan Syber Dan Sandi Negara 9.STMKG(sekolah tinggi metereologi, Klimatologi dan Geofisika ) dibawah Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika /BMKG.

Kesembilan sekolah tersebut ,selama pendidikan biaya seluruhnya ditanggung oleh negara bahkan ada beberapa sekolah kedinasan tersebut mendapatkan uang saku tiap bulannya untuk mahasiswa/Inya .Dan untuk Sekolah Kedinasan non Ikatan Dinas pun bukan berarti setelah lulus tidak langsung kerja .

Nah, bagi teman-teman yang ingin daftar Perguruan Tinggi Kedinasan harus tahu rahasia berikut ini, karena untuk bisa diterima tentu tidak akan mudah. Butuh persiapan matang.

Berikut ini 5 rahasia penting yang harus kamu tahu jika ingin masuk sekolah kedinasan (PTK):

1. Info jadwal tes harus dari sumber terpercaya
Karena setiap sekolah kedinasan memiliki syarat dan tes yang berbeda-beda, untuk itu kamu harus tahu info tes yang akurat. Tidak seperti jalur masuk PTN yang umumnya bisa ditempuh lewat jalur SBMPTN atau SNMPTN.

2. Ketahui perbedaan tes
Biasanya tes di Perguruan Tinggi Kedinasan berbeda dengan PTN dan PTS. Ada beberapa PTK yang menerapkan beberapa tes, seperti tes akademik, tes psikologi, tes tertulis, wawancara, dan tes kebugaran. Dan ada juga yang mengharuskan kamu lolos tes kompetensi dasar, tes kesehatan, tes psikologi, integritas dan kejujuran, hingga tes pantukhir.

3. Cari info jumlah pendaftar dan yang akan diterima
Sebelum daftar kamu harus cek dulu jumlah pastinya yang akan diterima, dan cari tahu juga ada berapa mahasiswa pendaftar di tahun lalu, dan berapa pula kursi yang disediakan.

4. Terdapat tes kesehatan & fisik
Ada beberapa sekolah kedinasan yang menjadikan tes fisik syarat yang wajib. Mereka ingin bisa mendapatkan mahasiswa yang tak hanya berkompenten di kepintarannya saja, tetapi juga kuat jasmaninya.

Beberapa sekolah kedinasan yang ada tes fisiknya antara lain: STAN, IPDN, STSN, Akademi Kepolisian (Akpol), dan Akademi Militer (Akmil). Nah, jika kamu ingin masuk Akpol atau Akmil, latihan fisikmu mesti ekstra.

5. Ketahui daftar perguruan tinggi kedinasan
Bagi kalian yang ingin masuk PTK, kalian harus tahu Daftar Perguruan tinggi Kedinasan, agar dapat menyesuaikan dengan jurusanmu. Untuk daftar list Perguruan tinggi Kedinasan bisa kalian bisa lihat disini: https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_kedinasa_di_Indonesia.

Apa Saja yang Harus Dilakukan Agar Lulus Perguruan Tinggi Kedinasan

Deretan tips lulus ujian masuk Sekolah Kedinasan yang sudah rangkum dengan saksama dan bisa kamu aplikasikan sebelum mengikuti rangkaian tes yang telah ditetapkan sebelumnya. Semoga dengan adanya informasi tips lulus ujian masuk Sekolah Kedinasan yang berikan ini kamu bisa jadi lebih bersemangat.

1. Berhenti Mempercayai Orang Dalam

Poin pertama dari 6 tips lulus ujian masuk Sekolah Kedinasan rekomendasi adalah sudah saatnya kamu berhenti untuk mempercayai ‘the power of orang dalam’. Hal ini seakan menjadi mitos di kalangan masyarakat kita. Bahwa jika kita ingin masuk ke sebuah bidang, pekerja, sekolah atau semacamnya, maka langkah tercepat yang bisa dilakukan adalah dengan memakai orang dalam.

Apakah kamu tahu mereka yang melabeli diri dengan orang dalam ini sebenarnya mengambil keuntungan banyak dari para calon pendaftar Sekolah Kedinasan ini? Maka saran, ketimbang kamu terjebak dan percaya pada muslihat para ‘orang dalam’ ini, maka lebih baik kamu fokus dan mengikuti panduan resmi yang sudah dikeluarkan sekolah terkait. Memang ribet dan sulit, tapi itu bagian dari kamu berproses. Bersungguh-sungguhlah, maka lihat hasil akhirnya nanti.

2. Selalu Cek Keseluruhan Berkas yang Diminta

Seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan atau Sekolah Kedinasan dimulai dari pengurusan administratif. Makanya, sangatlah penting bagi kamu untuk memastikan kembali seluruh berkas yang diperlukan dan wajib dilampirkan sebelum mendaftarkan diri.

Pastikan semuanya sudah lengkap tanpa ada yang tertinggal. Meski sekarang seleksi masuk PTK sudah banyak yang melalui tahap online, kamu harus tetap berhati-hati dan teliti. Pastikan semua berkas yang diminta sudah lengkap dan komplit. Hingga tiba waktu pendaftaran kamu tinggal mengklik semua syarat dan unggah.

3. Mempersiapkan Diri Menjalani Tes Kesehatan

Hal satu ini penting sekali untuk kamu perhatikan. Kamu pasti sudah tahu. Bahwa selain tes kemampuan tertulis, tahapan seleksi masuk Sekolah Kedinasan juga menyangkut tes kesehatan. Saran, sebelum kamu mengikuti tes tersebut, kamu terlebih dahulu bisa melakukan pemeriksaan mandiri secara keseluruhan di rumah sakit atau klinik terdekat.

Kamu bisa melakukan check up untuk kesehatan luar contohnya tes mata, tes buta warna, kesehatan gigi dan mulut, THT, tekanan darah, postur, varises, varikokel, hingga tinggi dan berat badan. Setelah tes kesehatan luar atau yang terlihat, kamu bisa lanjut mengecek kesehatan dalam seperti misalnya rontgen paru-paru, detak jantung, urin, darah, dan lain-lain.

Apabila selesai tes kamu menemukan kendala atau problem, maka kamu bisa langsung mengkonsultasikan ke dokter terkait.

4. Persiapan Diri Untuk Melatih Fisik

Di beberapa Sekolah Kedinasan, para calon mahasiswanya diwajibkan untuk mengikuti rangkaian tes kesamaptaan atau tes fisik. Maka untuk menyiapkan diri menghadapi tes satu ini, maka kamu bisa memulai latihan dengan berjalan kaki setiap hari. Apalagi jika kamu berniat masuk ke Akademi Kepolisian Semarang (AKPOL), Akademi Militer, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Maka kamu bisa memulai latihan fisik dengan rutin 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Beberapa contoh latihan yang bisa kamu lakukan seperti lari selama 12 menit, push-up, pull-up, shuttle run, sit-up, dan renang.

5. Mempersiapkan Untuk Tes Wawancara

Tips lulus ujian masuk Sekolah Kedinasan berikutnya yang ingin sampaikan adalah bersiaplah saat hendak menghadapi tes wawancara. Sebab bisa dibilang tes satu ini juga menjadi tahapan yang tidak kalah penting dalam proses seleksi masuk Sekolah Kedinasan.

Ada sebuah tips mendasar yang bisa kamu ikuti agar sukses saat hendak menjalani tes wawancara ini. Yakni kamu harus belajar sedikit lebih keras saat hendak menghadapi ujian tertulis. Terdengar mudah dan simpel untuk diucapkan, tapi memang hanya dengan belajar lebih keras yang dapat membuat kamu lolos dalam tes ujian masuk Sekolah Kedinasan tersebut.

6. Jaga Kesehatan

Tips lulus ujian masuk Sekolah Kedinasan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga kesehatan. Kesehatan tubuh kamu adalah faktor yang sangat penting saat hendak menjalani tahapan seleksi Sekolah Kedinasan. Terutama saat kamu akan menjalani tes kesehatan.

Pastikan bahwa kondisi tubuh kamu dalam keadaan benar-benar fit. Berhenti merokok, berhenti begadang dan makan junk food tentu akan sangat membantu. Jika perlu berkonsultasi ke dokter mengenai pola makan dan hidup sehat agar kamu bisa lebih mengontrol gaya hidup serta asupan makanan.

7. Kejujuran Menjadi Kunci Segalanya

Kejujuran merupakan salah satu faktor penting lain yang perlu diperhatikan dalam tahapan proses seleksi Sekolah Kedinasan. terutama pada saat tes wawancara. Jawablah segala pertanyaan dengan jujur, sopan, dan selalu gunakan bahasa formal.

Di samping itu, kejujuran juga penting di saat kamu hendak melakukan pengumpulan dokumen. ingatkan agar kamu tidak pernah memalsukan atau memanipulasi data yang kamu lampirkan. Sebab hal itu beresiko membuat kamu langsung gugur dalam proses seleksi.

public relations

Hal inilah yang menjadikan sekolah ikatan dinas atau sekolah tinggi kedinasan selalu menjadi pilihan dari siswa-siswi SMA/SMK kelas XII. Apalagi setelah lulus dari sekolah ikatan dinas maka secara otomatis bisa mendapat pekerjaan dari negara. Sehingga lulusannya tidak perlu lagi bingung untuk mencari pekerjaan.

1. PKN STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Politeknik Keuangan Negara STAN Buka Lowongan Kerja Cari 20 Posisi, Ini  Link dan Cara Daftar! - Halaman all - Tribun Manado

PKN STAN adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

2. Politeknik Statistika-STIS (Polstat-STIS)

Kupas Tuntas Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika-STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV. Yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958, memberi kesempatan lulusan sekolah menengah umum jurusan IPA untuk dididik menjadi ahli statistik. Kedinasan ini merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional.

Sekolah kedinasan ini mempunyai dua jurusan. Antara lain Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi. Tenaga Pengajar merupakan lulusan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan jenjang S2 dan S3. Lulusan STIS mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

3. Politeknik Siber Sandi Negara (Poltek SSN)

Politeknik Siber dan Sandi Negara, Bebas Biaya Pendidikan dan Asrama  Halaman all - Kompas.com

Politeknik Siber Sandi Negara adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia. Sekolah kedinasan ini merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. Kampus ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang siber dan sandi yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara.

Poltek SSN menyelenggarakan pendidikan professional dalam bidang persandian dengan jenjang Diploma IV. Calon Mahasiswa berasal dari lulusan SLTA/MA jurusan IPA dan atau Peserta Tugas Belajar. Sistem seleksinya berupa tes bertahap yang menggunakan sistem gugur tiap tahapnya. STSN mewajibkan mahasiswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan dengan wajib mematuhi peraturan kehidupan mahasiswa dan peraturan urusan dinas dalam.

4. STIN (Sekolah Tinggi Intelejen Negara)

Ingin Jadi Agen Rahasia Seperti James Bond, Daftar Sekolah Tinggi Intelijen  Negara, Ini Syaratnya - Warta Kota

STIN termasuk ke dalam sekolah tinggi kedinasan nasional. Sekolah tinggi kedinasan STIN berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Buat kalian yang suka sama film-film aksi seperti Mission Imposible atau film aksi lainnya yang berkaitan dengan yang namanya Intel, sekolah tinggi kedinasan STIN adalah tempatnya. Namun, kamu harus siap tidak dikenal, tidak terkenal bahkan tidak diketahui keberadaannya. Namanya juga intel.

Tapi kalian jangan khawatir sekolah tinggi kedinasan yang satu ini juga merupakan sekolah tinggi kedinasan langsung kerja jika sudah lulus pendidikan. Sekolah yang masuk dalam jenis perguruan tinggi kedinasan ini berada di daerah Sentul Bogor, Jawa Barat.

5. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Persyaratan Pendaftaran STMKG Calon Tarun Baru | Bimbel Stanbrain

STMKG adalah sekolah tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kalian yang suka akan dunia geografi dan fisika serta tentang planet, bumi dan alam semesta. Kemudian ingin bekerja dan berkecimpung di dalamnya tidak salah lagi, inilah sekolah tinggi kedinasan beasiswa penuh yang harus kamu tuju.

6. Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTD) Bekasi

NASIB STTD SAAT INI BAGAI MANA ?? CPNS / SEKOLAH KEDINASAN / IKATAN DINAS -  YouTube

Politeknik Transportasi Darat Indonesia adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan. STTD memiliki tugas sebagai salah satu UPT dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, STTD mempunyai tugas menyelenggarakan program pendidikan profesional di bidang transportasi darat.

Sekolah Tinggi ini menyelenggarakan 1 Program Diploma II, 3 Program Diploma III dan 1 Program Diploma 4. Jurusan yang ada di sekolah tinggi ini antara lain.

7. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Akhiri Tugas Sebagai Ketua STPI, Capt. Novyanto Widadi Kini Jabat  Kapuslitbang Transportasi Udara

PPI Curug merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia. Politeknik Penerbangan Indonsesia terletak di Kecamatan Curug, Tangerang, Provinsi Banten.

Sekolah kedinasan ini memiliki tugas dan fungsi mendidik putra-putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional. Pas banget nih, buat kalian yang ingin jadi pilot.

8. Akademi Militer (AKMIL)

Pendaftaran Taruna Akmil TNI AD 2020 bagi Lulusan SMA Ditunda Halaman all -  Kompas.com

Akademi Militer adalah pendidikan TNI angkatan darat yang berada di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. AKMIL akan mencetak lulusan perwira TNI angkatan darat dengan gelar S.ST.Han (Sarjana Terapan Pertahanan).

Setelah lulus dari AKMIL maka lulusan akan menjadi perwira pertama dengan pangkat Letda (Letnan Dua).

Pendidikan AKMIL dilaksanakan selama 4 tahun dan tahun pertama dilaksanakan pendidikan dasar Keprajuritan Chandradimuka yang dilakukan bersama taruna AAL, AAU, dan AKPOL.

Akmil menjadi salah satu sekolah kedinasan terbaik di Indonesia dan meluluskan beberapa orang penting seperti Presiden SBY, dll.

Ingin menjadi taruna AKMIL dan mengetahui pendaftaran AKMIL? Kunjungi https://www.akmil.ac.id.

9. AAL (Akademi Angkatan Laut)

Akademi Angkatan Laut

Akademi Angkatan Laut adalah pendidikan TNI angkatan laut yang berada di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur.

Setelah selama 4 tahun menjalani pendidikan, maka akan mendapatkan gelar S.ST.Han dan mendapatkan pangkat Letda (Letnan Dua).

Ingin menjadi mendaftar dan menjadi perwira angkatan laut? Kunjungi situs www.aal.ac.id

10. AAU (Akademi Angkatan Udara)

Wisuda Taruna-Taruni AAU, Kasau: Jadilah Perwira Udara yang Berkarakter  Luhur, Profesional, dan Tangguh – Inspiras1 Nusantara

Akademi Angkatan Udara adalah pendidikan TNI angkatan udara yang berada di Yogyakarta dan dekat dengan Bandara Adi Sucipto.

Setelah selama 4 tahun menjalani pendidikan di AAU, maka akan mendapatkan gelar S.ST.Han dan mendapatkan pangkat Letda (Letnan Dua).

Ingin menjadi mendaftar dan menjadi perwira angkatan udara? Kunjungi situs www.aau.ac.id

11. Akademi Kepolisian (AKPOL)

Mabes Polri Ambil Alih Proses Penerimaan Akpol di Jabar, Ini Alasannya

Akademi Kepolisian adalah suatu lembaga pendidikan tinggi untuk meluluskan dan mencetak para perwira POLRI. Pendidikan AKPOL berada di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pendidikan di AKPOL dilaksanakan selama 4 tahun dan setelah lulus akan mendapatkan pangkat Ipda (Inspektur Polisi Dua) serta akan mendapatkan gelar STK (Sarjana Terapan Kepolisian).

Untuk masuk sebagai taruna AKPOL anda harus menjalani berbagai macam tahapan tes seperti tes akademis, tes fisik, tes psikologi, dan tes kesehatan.

Ingin menjadi perwira polisi dan mendaftar di AKPOL? Kunjungi situs https://akpol.ac.id

12. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

IPDN Jadi Sekolah Kedinasan Terfavorit Tahun 2020 - Halaman all -  Tribunnews.com Mobile

Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah suatu lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di lingkungan Departemen Dalam Negeri RI dan bertujuan untuk mempersiapkan kader pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.

Tertarik untuk mendaftar dan menjadi praja IPDN? Kunjungi situs IPDN https://ipdn.ac.id

13. Poltekip & Poltekim – Kemenkumham

Taruna Poltekip

Kamu memiliki ketertarikan untuk mendalami Hukum dan HAM? Ada dua politeknik yang dapat kamu pilih di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yaitu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) yang berada di Depok, Jawa Barat.

Kamu bisa mendaftar menjadi taruna di Sekolah Kedinasan ini melalui laman resmi:  sscasn.bkn.go.id

14. STP & AP – Kementerian Kelautan dan Perikanan

KKP | Kementerian Kelautan dan Perikanan

Ada banyak perguruan tinggi kedinasan yang membidangi kelautan dan perikanan di Indonesia.

Beberapa perguruan tinggi kedinasan yang dapat kamu pertimbangkan adalah Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dan Akademi Perikanan (AP) yang terkenal di berbagai wilayah di Indonesia, seperti:

  • Sekolah Tinggi Perikanan Bogor
  • Bagian Administrasi Pelatihan Perikanan Lapangan Serang.

Nikmati kemudahan perjalanan bisnis Anda di mana pun dan kapan pun. Karyawan bisa mengajukan perjalanan dinasdi mana pun dan atasan pun bisa menyetujuinya kapan pun. Perusahaan Anda dapat mengakses dan membandingkan harga secara akurat dari sekitar 9,000 maskapai dan 20,000 rute flight untuk mendapatkan harga yang paling murah. Atasi perjalanan bisnis yang ribet dengan proses pembelian yang mudah, harga maskapai dan hotel paling murah, serta otomatisasi laporan keuangan yang komprehensif. Segera buktikan kehebatan Travelonomic sekarang juga!