Perlunya Manajemen Pemasaran dalam Berbisnis

Dalam sebuah perusahaan, proses manajemen pemasaran atau marketing merupakan hal penting yang harus dilakukan dalam memperkenalkan produk-produk unggulannya kepada masyarakat banyak.

Di dalam ilmu ekonomi sendiri, proses pemasaran atau marketing merupakan salah satu disiplin yang dipelajari secara spesifik, karena tidak semua subjek atau pelaku ekonomi melakukan proses pemasaran. Manajemen pemasaran umumnya dilakukan oleh pelaku bisnis dan perusahaan dalam upayanya memasarkan barang dagangannya.

Oops! We could not locate your form.

Di artikel ini kita akan membahas secara mendalam apa itu manajemen pemasaran (Marketing Management), peranan pentingnnya, cara, serta tahapan-tahapan yang perlu untuk dilakukan. Bagi kamu yang tertarik dengan tema Marketing Management, penting nih untuk kamu membaca artikel ini sampai selesai. Selamat membaca!

Apa itu Pemasaran?

Sebelum masuk kedalam manajemen pemasaran ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa sih yang dimaksud pemasaran. Berikut adalah definisi pemasaran menurut pendapat beberapa ahli :

Dr. Philip Kotler

Dr. Philip Kotler merupakan professor dan ahli marketing ternama asal amerika ia berpendapat, pemasaran adalah seni dalam menganalisa, menciptakan, dan memberikan nilai yang dapat memuaskan kebutuhan target pasar yang dituju berdasarkan asas keuntungan.

Proses pemasaran melakukan identifikasi terhadap kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi. Pemasaran mendifinisikan, mengukur, dan mengkuantifikasi ukuran pasar dan potensinya bagi perusahaan.

Mark Burgees

Pemasaran adalah proses dimana perusahaan mengartikan profitabilitasnya sebagai kebutuhan konsumen yang dapat berubah menjadi keuntungan.

Toby Bloomberg

Marketing atau pemasaran lebih dari sekedar penyampaian informasi produk, tapi bertanggung jawab terhadap costumer experience secara keseluruhan.

Dhaarmesta dan Handoko

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan usahanya.

Setelah kita mengetahui definisi tentang apa itu pemasaran dari para ahli, sekarang kita akan bersama-sama mencari tahu lebih mendalam tentang manajemen pemasaran.

Manajemen Pemasaran

Subjek penting dari manajemen pemasaran adalah perusahaan dan konsumennya, perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan konsumennya dan mengidentifikasi potensi kebutuhan lainnya.

Tidak hanya itu dalam proses pemasaran perusahaan juga tidak jarang melakukan hal-hal persuasif agar dapat menarik calon konsumen baru. Proses marketing management ini umumnya memiliki empat tahapan dasar. Apa saja tahapan-tahapannya akan dijelaskan sebagai berikut

Analisa Manajemen Pemasaran

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan analisa, pengukuran, dan identifikasi berdasarkan data dan fakta yang relevan bagi perusahaan. Data, fakta, dan informasi adalah kunci keberhasilan dalam melakukan bisnis dan strategi pemasaran.

Data yang telah dikumpulkan bisa menjadi pertimbangan sebelum perusahaan menentukan kebijakan dan strategi yang akan dijalankan. Banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan dalam mengumpulkan informasi seperti, laporan dari tim sales, survey lapangan, riset, bahkan data pembanding dari kompetitor yang ada.

Perencanaan Strategi

Berikutnya adalah melakukan perencanaan dan strategi berdasarkan data dan informasi yang sudah terkumpul. Perencanaan yang dilakukan bertujuan agar target yang diinginkan perusahaan terutama dalam penjualan dapat tercapai, dengan menggunakan sumber daya yang ada semaksimal dan seefisien mungkin.

Dalam urusan manajemen pemasaran hal konkret yang bisa dilakukan seperti, menciptakan brand awareness dan melakukan promosi. Pada proses perencanaan ini dapat melakukan prediksi jumlah barang yang akan dijual, target pemasukan, dan potensi keuntungan.

Implementasi Manajemen Pemasaran

Selanjutnya adalah melakukan implementasi terhadap rencana dan strategi yang sudah ditentukan. Pada praktiknya sangat umum tim lapangan akan menemukan hambatan dalam mengeksekusi rencana yang telah dibuat.

Respon Pasar

Respon pasar adalah tahapan terakhir untuk melihat apakah strategi pemasaran yang telah dijalankan berjalan secara efektif dan selaras dengan target yang diinginkan oleh perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dalam hal bagaimana respon pasar terhadap usaha yang dilakukan oleh perusahaan, tidak bisa diatur oleh perusahaan. Berbeda dengan bisnis proses, dimana perusahaan memiliki kekuasaan penuh. Perusahaan hanya bisa mempengaruhi respon pasar, tetapi tidak dapat mengontrolnya.

Marketing Mix

Apakah kamu pernah mendengar istilah marketing mix? Marketing mix merupakan salah satu instrumen dalam manajemen pemasaran. Cara ini pertama kali di usulakan oleh Prof. E. Jerome McCarthy pada tahun 1960.

Metode ini digunakan untuk menganalisa sebuah produk sebelum diluncurkan dipasaran ataupun merevisi produk sebelumnya. Dalam Marketing Mix ada empat elemen penting yang perlu kamu ketahui, empat elemen ini dikenal dengan empat P, Product, Price, Promotion, dan  Placement.

Product

Produk adalah barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen mereka. Mengidentifikasi perbedaan yang ada terhadapa barang dan jasa yang ditawarkan menjadi sangat penting, karena akan berdampak tehadap kesuksesan pemasaran yang akan dilakukan.

Price

Harga mencerminkan nilai produk terhadap pemenuhan kebutuhan konsumen dalam bentuk uang. Dalam manajemen pemasaran seorang marketer handal akan menghitung biaya yang dibutuhkan dalam proses menghasilkan produknya dan mengkaitkannya menjadi nilai produk di mata para konsumen. Seberapa berharga dan berkualitas produk dimata konsumen.

Placement

Hal ketiga adalah penempatan. Penempatan yang dimaksud adalah penempatan distribusi produk berdasarkan kategori dan harganya. Produk yang sifatnya mendasar dapat kamu temukan di banyak toko dengan mudah. Tetapi produk spesifik seperti barang mewah, hanya dapat kamu temukan di toko dan area tertentu saja.

Promotion

Aktifitas promosi yang dilakukan perusahaan seperti, iklan, promosi penjualan, diskon, dan public relations. Dalam melakukan promosi perushaan terlebih dahulu melakukan penganggaran terhadap promosi yang ingin dilakukan. Menentukan media atau jenis platform apa yang akan digunakan agar mencapai target audience yang diinginkan.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Setelah kamu membaca bagaimana tahapan dalam manajemen perusahaan dan apa itu marketing mix? Sekarang hal terakhir yang perlu kamu ketahui adalah tujuan dari Manajemen Pemasaran itu sendiri.

Tujuan Manajemen Pemasaran sendiri umumnya selaras dengan tujuan utama perusahaan, salah satunya adalah mendapatkan keuntungan. Untuk mengetahui lebih jelas tujuannya, coba kamu simak penjelasan berikut

Menciptakan Permintaan

Tujuan awal dari adanya asas pemasaran dalam ekonomi adalah menciptakan permintaan. Barang dan Jasa yang dihasilkan oleh perusahaan bertujuan memenuhi kebutuhan perusahaan.

Manajemen pemasaran secara sadar dan memang bermaksud melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mempengaruhi pilihan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Menciptakan permintaan akan barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan dengan cara memberikan informasi secara persuasif tentang kegunaan dan keunggulan terhadap suatu barang ataupun jasa.

Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan salah satu hal yang paling penting  dalam manajemen pemasaran. Mengidentifikasi kebutuhan konsumen harus dilakukan sebelum menawarkan produk apapun kepada konsumen. Konsep dasar dalam pemasaran adalah berawal dari konsumen dan berkahir pula dari konsumen.

Market Share

Selanjutnya adalah meningkatkan Market Share. Bagi kamu yang belum tahu apa itu market share akan dijelaskan secara sederhana kok. Contoh Coca Cola dan Pepsi memiliki target pasar yang sama, yaitu pasar beverages atau minuman.

Dalam pasar minuman sendiri ada perusahaan yang menawarkan jus ataupun softdrink lainnya. Nah Coca Cola dan Pepsi memiliki target pasar yang sama, tetapi tidak hanya itu saja ada jenis produk lain yang menjadi kompetitor mereka di pasar tersebut, dimana mereka harus bersaing satu sama lain tetapi juga terhadap kompetitor lain dengan pasar yang sama.

Meningkatkan market share bisa kamu artikan sebagai usaha mendominasi pasar, dimana perusahan beroperasi.

Menghasilkan Keuntungan

Jika usaha- usaha yang dilakukan membuahkan hasi berupa keuntungan, hal ini dapat di artikan bahwa produk dan promosi yang ditawarkan mendapat respon baik dari konsumen. Perusahaan yang tidak dapat menghasilkan keuntungan, bisa jadi disebabkan produknya yang di tawarkan tidak memiliki nilai dan manfaat yang tinggi bagi konsumen.

Membangun Reputasi dan Image Baik Perusahaan

Membangun reputasi baik merupakan salah satu tujuan manajemen pemasaran dalam jangka panjang. Departemen pemasaran akan menyediakan produk kualitas dan harga yang sesuai, serta melakukan promosi-promosi lainnya yang dapat mencerminkan visi dan misi perusahaan yang dapat memberikan dampak positif bagi reputasi perusahaan itu sendiri.

Manajemen pemasaran menjadi suatu ide dan solusi menarik dalam sistem pemasaran. Aktivitas pemasaran sendiri menjadi suatu hal yang memerlukan fokus lebih. Sebab setiap perusahaan tentunya dapat maju dan berkembang bila tim pemasaran yang dimilikinya bisa turut membantu perusahaan dalam mengembangkan seluruh produk yang dikeluarkannya.

Untuk itu diperlukan suatu pola manajemen dalam hal pemasaran agar proses pemasaran bisa semakin terarah. Manajemen pemasaran sendiri bisa dimaknai sebagai suatu jenis kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk dapat terus melangsungkan usahanya atau aktivitas ekonominya. Maka di dalam hal ini terdapat beberapa unsur yang sekiranya berkaitan dengan pengelolaan pemasaran. Salah satu dari berbagai macam strategi maupun informasi tentang pemasaran tersebut tertera pada beberapa informasi berikut di bawah ini.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Memberi informasi pemasaran pada konsumen

Pada dasarnya sebuah strategi dapat berfungsi untuk memberikan informasi mengenai suatu hal. Demikian pula dengan adanya peran dari manajemen pemasaran yang didalamnya pasti terkandung suatu konten menganai sistem manajeman pemasaran dari sebuah perusahaan. Maka nantinya setiap audiens yang melihatnya bisa memperoleh informasi yang baginya penting dan dibutuhkan. Informasi ini juga tentunya bersifat akurat karena dibuat langsung oleh perusahaan terkait untuk tujuan pemasaran.

Manajemen pemasaran menciptakan brand image

Brand image merupakan suatu upaya pengelolaan merek agar nantinya merek tersebut bisa mendapatkan kesan yang mendalam dan bersifat positif di mata masyarakat. Brand image ini dapat dibangun salah satunya dengan menggunakan system yang di dalamnya terdapat informasi mengenai pengelolaan pemasaran. Audiens tentu akan menilai positif upaya pengelolaan tersebut sehingga brand image akan dinilai positif oleh para target konsumen.

Manfaat Manajemen Pemasaran Secara Online

Menentukan segmen pasar

Pada sebuah media online nantinya bisa dilihat siapa saja audiens yang sekiranya membaca konten dari awal sampai selesai. Berdasarkan data dari seluruh audiens tersebut maka nantinya perusahaan dapat mengkategorikan audien. Sistem pengkategorian ini pada dasarnya perlu untuk dilakukan agar perusahaan dapat menentukan segmen pasar. Jadi produk yang dipasarkan melalui situs lebih disuka oleh konsumen golongan manakah nantinya bisa diketahui secara lebih jelas.

Memasarkan produk secara efektif

Upaya pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan sarana atau media online memang menjadi ide yang menarik. Sebab upaya ini dinilai bisa memasarkan produk secara lebih efektif. Bayangkan saja ada berapa banyak orang yang mengakses internet di setiap harinya. Maka bisa saja media online perusahaan yang dibuat ini banyak dicari oleh para audiens. Terlebih lagi bila isinya menarik dan menampilkan pengelolaan pemasaran yang bsia menginspirasi orang lain.

Melakukan penghematan biaya

Di samping bersifat efektif rupanya upaya pemasaran dengan menggunakan media online menjadi suatu cara yang efisien. Yang dimaksud dengan efisien dalam hal ini adalah adanya penghematan biaya yang tentunya akan dilakukan oleh perusahaan. Media pemasaran manajemen dari suatu perusahaan akan membantu perusahaan terkait untuk mencapai pemasaran yang lebih hemat biaya karena adanya kemudahan dan sistem yang praktis dengan memanfaatkan dunia digital.

Mendapat keuntungan sebesar-besarnya

Fungsi lain dari adanya media online mengenai manajemen pemasaran adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Keuntungan menjadi tujuan utama bagi setiap perusaahaan. Oleh karena itu berbagai upaya akan dilakukan untuk mempermudah perusahaan dalam mencapai tujuannya tersebut. Misalnya dengan membuat blog yang di dalamnya terdapat sistem pemasaran produk tertentu sehingga produk pada akhirnya nanti semakin laris di pasaran.

Mempertahankan nama baik

Merek dari perusahaan serta produk yang dikeluarkan oleh perusahaan mungkin saja sudah tertanam dengan baik dan bernilai positif di dalam benak masyarakat. Tentunya nama baik ini haruslah selalu diperthankan agar kepercayaan masyarakat terhadap brand perusahaan tetap berlangsung. Untuk itu diperlukan adanya media online sebagai penyambung interaksi antara perusahaan dan konsumen. Melalui adanya hal ini maka perusahaan bisa memberikan layanan terbaik bagi konsumen.

Mendapat customer loyal

Keuntungan dari sebuah perusahaan bisa didapatkan secara pasti dari adanya customer loyal. Customer loyal sendiri biasa disebut juga dengan istilah pelanggan tetap atau pelanggan setia. Keberadaan customer loyal sebenarnya sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan. Untuk itu diperlukan upaya agar perusahaan dapat mempertahankan customer loyal. Salah satunya melalui adanya manajemen pemasaran yang baik dan ditampilkan dalam situs perusahaan.

Tips Manajemen Pemasaran Melalui Media Situs Online

Topik manajemen pemasaran yang jelas

Membuat blog untuk kepentingan apa saja termasuk untuk kepentingan perusahaaan haruslah dibuat dnegan baik. Pembuatan blog haruslah mengandung topik yang jelas demi memuaskan audiens. Demikian pula blog mengenai manajemen pemasaran sebaiknya di dalmnya mengandung seluruh aktivitas manajeman di bidang pemasaran. Mulai dari hasil analisis yang didapat hingga perencanan dan penerapan yang dilakuakn oleh perusahaan bisa dituangkan di dalam blog. Tentunya blog akan menarik bagi audiens yang membacanya.

Pilih nama domain

Tips selanjutnya yang sebaiknya jangan sampai terlewatkan adalah pilih nama domain. Nama domain ini begitu berpengaruh terhadap kemudahan blog untuk bisa ditemukan oelh audiens. Nama domain yang menarik dan sesuai dengan nama perusahaan tentu akan mempermudah audiens untuk bisa menemukan blog. Oleh karena itu buatlah nama domain yang babik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Lakukan pengaturan

Untuk membuat blog yang baik rupanya Anda juga perlu memperhatikan pengaturannya. Terlebih lagi bila blog tersebut penting seperti misalnya blog yang memberikan informasi mengenai perusahaan dan seluruh produk yang dikeluarkannya. Untuk itu perhatikan setiap langkah yang ahrus diambil dalam mengubah pengaturan blog. Selain itu buatlah pengaturan blog dengan tepat sehingga nantinya blog dapat membuat audiens menjadi tertarik secara lebih lagi. GUnakan pula pengaturan yangs ekiranya dapat memudahkan audiens untuk mendapatkan informasi dari blog tersebut.

Terbitkan konten untuk manajemen pemasaran

Hal terakhir yang bisa menjadi tips terbaik untuk pembuat blog manajemen pemasaran adalah buatlah konten sebayak mungkin. Perbaharui penerbitan konten agar nantinya konten dapat hadir setiap hari dengan berbagai informasi yang menarik. Berikan tips manajemen pemasaran terbaik atau contohnya atau hal apapun pada blog yang bertopik manajemen pemasaran.

Pemanfaatan Manajemen Pemasaran Secara Online

Manajemen pemasaran saat ini mungkin masih belum terlalu banyak yang menggunakannya. Namun semakin banyak orang dan perusahaan yang menggunakan layanan online untuk memasarkan produknya. Hanya saja tidak semua media online pemasaran ini mengandung konten dari adanya manajemen pemasaran yang terarah dan dipandang baik.

Sebenarnya manajemen pemasaran yang meliputi kegiatan analisis dan perencanaan serta implementasi dan pengendalian suatu program ini bisa ditampilkan pada audiens. Hal ini dapat menambah kepercayaan audiens kepada brand perusahaan. Untuk menjalankannya bisa digunakan media online yang saat ini menjadi suatu hal yang cenderung populer. Bahkan sistem ini sedang menjadi trend. Dengan adanya manajemen pemasaran melalui media online inilah maka nantinya tiap perusahaan bisa turut menampilkan sistem pengelolaan dari aktivitas pemasaran oleh perusahaan terkait.

JojoTImes

Dalam mangelola perusahaan waktu merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan. JojoTimes, merupakan aplikasi yang dapat memantau kehadiran tim kerjamu dari mana saja. JojoTimes menyediakan kontrol kebijakan cuti dan lembu kerja yang sangat mudah, penyimpanan database yang aman, dan menghemat waktu kamu dalam membuat laporan kehadiran bulanan, sehingga produktifitas dan efisiensi kamu dalam mengelola kehadiran tim kerja meningkat hingga 100%. Cepetan yuk coba JojoTimes sekarang!