Permission Marketing : Pengertian, Keuntungan, dan Jenis-jenisnya

permission marketing

Pernahkah Anda mengirimkan tawaran untuk melacak informasi terkait produk tertentu, khususnya di dunia maya? Apa kamu setuju? Jika jawabannya “ya”, Anda mungkin telah terpengaruh oleh teknik pemasaran yang disebut Permission Marketing.

Pemasaran Permission Marketing berbeda dengan pemasaran lain karena Anda sebagai penjual akan memberikan informasi tentang produk setelah mendapat izin dan kemauan calon pelanggan. Hal ini karena pemasaran izin adalah jenis pemasaran yang fokusnya adalah membuat pelanggan bersedia menerima informasi tentang produk dan berusaha menjalin hubungan yang langgeng dengan konsumen.

Fokus ini dirancang untuk mencegah Anda dianggap sebagai pribadi atau pelaku spam. Pemasaran Permission Marketing ini lebih dari sekadar mendapatkan alamat email atau informasi kontak lainnya dari calon pelanggan. Ini adalah cara mereka menginginkan informasi produk Anda.

Pengertian Permission Marketing

permission marketing

Permission Marketing adalah jenis pemasaran yang fokusnya membuat pelanggan mau menerima informasi dari produk anda dan menjaga hubungan baik perusahaan anda dengan konsumen. Fokus Permission Marketing ini dirancang untuk mencegah Anda dianggap sebagai pribadi/pelaku spam bagi klien anda.

Pemasar harus mendapatkan izin konsumen sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Misalnya, pemasar meminta izin konsumen sebelum mengirimkan email buletin yang berisi informasi tentang produk. Konsep pemasaran izin muncul karena perkembangan pemasaran jaringan. Jumlah berbagai kutipan yang dikirimkan melalui email terus meningkat, sehingga merepotkan penerimanya.

Namun, izin pemasaran juga penting dalam pemasaran reguler, dan tentunya juga penting dalam pemasaran seluler, karena menurut penelitian penulis, sebagian besar responden merasa Tawaran yang datang itu terasa semakin menjengkelkan, baik itu berupa e-Mail, SMS atau telepon rumah atau kantor.

Berikut ini adalah cara mendapatkan informasi promosi di bawah yang sesuai dengan Permission Marketing:

Aktifkan fungsi opt-in

Opt-in adalah fungsi yang memberikan penawaran menarik kepada konsumen dalam bentuk diskon, promosi, kupon, dll. Dengan mengisi nama dan alamat email pada formulir atau brosur yang ditampilkan di website. Fitur ini memberikan fleksibilitas kepada calon pelanggan untuk mengonfirmasi ketersediaan mereka dan memberikan informasi kontak. Konfirmasi tersebut dilakukan secara sadar, jadi jika mereka mengklik tombol konfirmasi, berarti mereka memberi Anda izin untuk mengirim siaran pers atau siaran melalui email.

Keluar dari fungsi

fitur lain yang mengharuskan calon pelanggan memberikan informasi kontak yaitu fitur opt-out. Namun, yang membedakan dengan fitur ini dengan opt-in adalah Anda tidak perlu mendaftar, cukup tekan tombol di situs web, yang secara otomatis akan mencatat email calon pelanggan anda yang berkunjung.

Berikan izin untuk membatalkan langganan

Dalam permission marketing, tidak ada faktor wajib. Oleh karena itu, pemasar harus memberikan opsi untuk berhenti berlangganan, misalnya dengan tombol untuk berhenti berlangganan. Jika mereka ingin mendapatkan berbagai informasi promosi dari Anda, Anda juga harus mengizinkan mereka untuk keluar atau berhenti berlangganan (unsubscribe).

Keuntungan Permission Marketing

permission marketing

Jika Anda mengetahui target bisnis Anda, sebaiknya tentukan dulu segmen pasar bisnis Anda. Selain bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan audiens atau pelanggan, permission marketing juga memiliki keunggulan lain dari strategi pemasaran lainnya, yaitu:

Konsumen menjadi lebih loyal

Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, Anda harus memiliki konsep pemasaran yang efektif dengan selalu menyediakan konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merek. Oleh karena itu, Anda harus memahami setiap pelanggan sasaran yang bersedia menerima informasi pemasaran dan menyediakan konten yang paling relevan dengan karakteristik dan kebutuhan mereka.

Bangun reputasi merek

Dengan menyajikan pesan pemasaran email berkualitas tinggi kepada audiens, membangun reputasi merek adalah salah satu cara terbaik. Disarankan agar Anda dapat membuat konten yang menarik dan menjadikan konten tersebut sebagai salah satu konten yang ditunggu-tunggu pelanggan. Membangun reputasi brand tentunya bukanlah tugas yang mudah, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang efektif.

Hasilkan pelanggan potensial baru

Saat seseorang berlangganan konten di situs web Anda, pelanggan tertarik dengan konten yang Anda berikan dan ingin mempelajari lebih lanjut. Ini juga berarti Anda telah menghasilkan pelanggan potensial baru.

Langkah-langkah dilalui dalam permission marketing

permission marketing

Tahapan pemasaran perizinan dibagi menjadi 5 tahap, yaitu:

  1. Capture, tahapan mengumpulkan tujuan pemasaran. Di sini, Anda belum mengklasifikasikan konsumen.
  2. Create, menciptakan informasi yang dibutuhkan konsumen.
  3. Target, Tahapan ini bertujuan untuk menentukan konsumen yang ingin memperoleh informasi tersebut.
  4. Send, tahapan mengirimkan informasi ke sasaran hingga informasi tersebut sampai ke pihak yang benar.
  5. Lacak, cara informasi dilacak pada tahap ini adalah apakah sudah sampai, apakah akan mempengaruhi keputusan pembelian calon konsumen? Seberapa puaskah pelanggan?.

Jenis permission marketing

jenis marketing

Ada dua jenis pemasaran izin: eksplisit dan implisit.

Eksplisit (Tersurat)

Pelanggan yang dengan sengaja berlangganan email untuk menerima informasi pemasaran merek. Misalnya, konsumen secara sadar mendaftar untuk buletin. Lisensi pemasaran sudah banyak, dan ini wajar bila sebuah merek menjalin hubungan bisnis baru.

Implisit (Tersirat)

Merek yang telah menjalin kontak dengan pelanggan tetapi belum memasuki daftar penerima buletin. Misalnya, seseorang pernah menjadi pelanggan Anda atau seseorang sering mengunjungi situs web Anda. Apa pun jenis yang Anda gunakan, Anda dapat mengontrol konsumen dan memberi mereka fleksibilitas ketika mereka ingin memulai atau berhenti menghubungi merek Anda.

Kesimpulan

Itulah penjelasan untuk permission marketing. Melalui strategi ini, kami berharap pelanggan Anda akan merasa nyaman ketika menerima email Anda dan yakin untuk membeli produk Anda. Karena sejatinya, Permission Marketing bukanlah hak pemasar untuk melakukan apa yang mereka inginkan.

Permission marketing merupakan hak istimewa yang diberikan kepada pemasar oleh konsumen atas dasar kepercayaan, sehingga pemasar tidak akan menyalahgunakan kepercayaan dan hak istimewa ini. Demikian penjelasan mengenai strategi pemasaran permission marketing. Jika strategi tersebut berhasil dilaksanakan, jangan lupa untuk membuat laporan keuangan yang bersih.

Dengan berkembangnya teknologi, Anda bisa mendapatkan bantuan software akuntansi yang dapat memudahkan Anda untuk mencatat setiap hal keuangan perusahaan Anda. Jangan membuat bisnis Anda menguntungkan, tetapi Anda tidak dapat menggunakan keuntungan itu sendiri, dan keuangan bisnis akan menjadi kacau.

Agar dapat mencatat keadaan keuangan Anda dengan benar dan rapi, Anda memerlukan sistem pencatatan keuangan yang tidak hanya mencatat data, tetapi juga fleksibel, dapat digunakan dan sesuai untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. Sistem pencatatan keuangannya adalah JojoExpense.

Berawal dari kerumitan pembuatan pencatatan keuangan yang dibutuhkan masyarakat, JojoExpense kini hadir menjadi kebutuhan utama para pelaku bisnis yang dinamis untuk membantu mereka mencatat keuangan dari usaha yang sedang berjalan.

Mulailah menggunakan JojoExpense untuk membuat pembukuan perusahaan Anda dengan mendaftarkan akun perusahaan / perusahaan Anda dan dapatkan ujicoba gratis di sini. Hanya melalui JojoExpense, Anda dapat menikmati perkembangan dunia akuntansi dan pelaporan keuangan berbasis teknologi secara instan.