Perpanjang SIM Online dan prosedur cara mengurusnya

perpanjang SIM online

Bagi Anda pengemudi kendaraan bermotor baik itu roda dua maupun empat berusia di atas 17 tahun, diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM, dan untuk bisa mendapatkan SIM perlu melakukan serangkaian proses dan tes khusus. Termasuk mengikuti prosedur perpanjang SIM Online, jika Anda mengurus perpanjangan melalui sistem online. 

Di Indonesia SIM diterbitkan oleh Satuan Petugas Administrasi (Satpas) dan Polri untuk SIM Internasional. Berikut ini adalah prosedur yang bisa Anda lakukan jika bingung bagaimana prosedur pengurusannya, apalagi jika Anda yang baru pertama kali mengurus SIM.

Apa itu SIM Online dan bagaimanaa Cara Validasi Data ?

Di era serba digital seperti sekarang ini, SIM online hadir untuk memberikan kemudahan, dan hanya sebatas memberikan layanan data lengkap yang terintegrasi melalui portal situs resmi Polri, dimana nantinya dapat diakses oleh petugas agar mempersingkat waktu pengisian data pada form.

Selanjutnya pemohon tetap mendatangi fasilitas perpanjangan SIM yang dikenal dengan sebutan Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM). Satpas ini terintegrasi secara Online antara satu Polres dengan sistem yang ada di pusat atau Ditlantas Polri dimana data seluruh pemegang kartu SIM Indonesia terkumpul secara kolektif.

Fasilitas untuk Perpanjangan SIM Online

1. SIM Keliling

Untuk meningkatkan pelayanan POLRI terhadap masyarakat, fasilitas SIM Keliling ini sudah hadir sejak beberapa tahun yang lalu. Bentuknya adalah mobil-mobil khusus dengan kehadiran petugas yang melayani pemohon perpanjangan Surat Izin Mengemudi.

Fasilitas SIM kelilling ini hadir di waktu dan tempat tertentu di beberapa daerah. Namun ini khusus bagi pemohon yang hendak melakukan perpanjangan jenis SIM A dan C saja, untuk pembuatan SIM baru tidak dilayani karena harus datang langsung ke kantor Satpas.

2. Gerai SIM

Hampir sama seperti SIM keliling tetapi tidak dalam bentuk fasilitas bergerak (kendaraan khusus perpanjangan SIM). Biasanya dapat dijumpai di tempat-tempat keramaian seperti misalnya Mall maupun pusat perbelanjaan besar. Hanya melayani perpanjangan SIM A dan C namun tidak menerima permohonan pembuatan SIM baru.

Setelah Anda memahami proses untuk mendapatkan SIM pengganti yang telah kadaluwarsa, maka yang harus diketahui berikutnya untuk proses pendaftaran secara online adalah cara mengakses website, informasi apa saya yang harus diisikan, serta syarat-syarat yang harus dilengkapi seperti ulasan di bawah ini.

perpanjang sim online

Prosedur Perpanjang SIM Online

Sebelum Anda datang ke fasilitas perpanjangan SIM, seperti Satpas, Gerai SIM atau tempat SIM keliling, kemudian silahkan mengakses laman http://sim.korlantas.polri.go.id/.

Kemudian setelah mengakses laman tersebut dan tampilan terbuka sepenuhnya, lakukan langkah-langkah sebagaimana panduan berikut ini:

1. Pilih Menu Pendaftaran SIM Online

Pada bagian ini keseluruhan panduan sudah tersedia, terkait dengan Satpas mana tempat kita untuk memvalidasi data nantinya. Silahkan baca dengan seksama setiap petunjuknya lalu klik pada tombol Lanjut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

2. Lengkapi Data Pada Laman “Data Permohonan”

Untuk bagian ini, data yang muncul antara lain : Jenis Permohonan (isi dengan, “Perpanjangan SIM”), Golongan SIM ( jenis SIM yang hendak diajukan pemohon, contoh : C untuk SIM C dan A untuk SIM A), Nomor SIM (masukkan nomor sesuai yang tertera pada SIM yang akan diperpanjang), Polda Kedatangan, Satpas Kedatangan, Lokasi Kedatangan.

3. Isi Form “Data Pribadi”

Tampilan pada bagian ini terkait dengan informasi pribadi pemohon. Beberapa sesuai dengan KTP atau Kartu Identitas pemohon diantaranya : Nama, Alamat, Tinggi Badan, Golongan Darah, dan lainnya. Kenali seluruh data pribadi Anda, pastikan mengisi keseluruhan form yang ada.

4. Klik Informasi “Data Keadaan Darurat Dapat Dihubungi”

Setelah selesai dengan form “Data Pribadi” dan klik, Lanjut, seterusnya pemohon SIM online akan diarahkan ke tampilan “Data Keadaan Darurat Dapat Dihubungi”, secara garis besar ada 3 tipe informasi dasar antara lain ; kontak untuk keadaan darurat (hubungan, nama, alamat, telepon), Data Validasi (nama ibu kandung), dan Data Sertifikasi (pilihan apakah pernah ikut kursus mengemudi atau tidak).

5. Informasi Isian, “Konfirmasi Data Input”

Bagian ini adalah jika pemohon SIM, berencana akan melakukan validasi dari data isian SIM Online yang telah dilakukan. Jadi, pastikan bahwa kedatangan ke fasilitas seperti Satpas/Gerai SIM/SIM Keliling, tempat melakukan validasi data tidak lewat dari data yang sudah diinputkan.

6. Tunggu Email Konfirmasi Bukti Registrasi SIM Online

Bila keseluruhan proses telah selesai dan data memang sudah lengkap. Selanjutnya akan muncul email pemberitahuan sebagai tanda bukti registrasi SIM Online. Bila email ini sudah diterima maka masih ada beberapa proses berikutnya yang perlu dilakukan seperti ulasan berikut ini.

Langkah perpanjangan SIM Online belum berhenti sebelum SIM pengganti benar-benar sampai di tangan. Karena itu, masih ada hal yang harus dijalankan.

perpanjang sim online

Berikut adalah panduannya:

1. Lakukan Pembayaran

Pada email konfirmasi bukti registrasi yang sudah diterima ada bagian jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Pembayaran ini dilakukan di Bank yang telah ditunjuk Korlantas Polri dan bisa di lakukan melalui ATM, mesin EDC maupun Teller pihak Bank terkait.

2. Lengkapi Persyaratan

Setelah menjalankan seluruh tahap daftar SIM Online berikutnya adalah melengkapi persyaratan antara lain :

  1. E-KTP Pemohon
  2. SIM Lama dan Fotocopy SIM Lama
  3. Surat Keterangan Kesehatan Mata dari Dokter (kunjungi dokter mata di kota masing-masing  untuk memperoleh surat ini)
  4. Bukti Registrasi Online dan Bukti Transfer Pembayaran Tagihan
  5. Datang Ke Kantor Satpas Online Sesuai Tempat dan Waktu Isian Registrasi SIM Online

Selanjutnya pemohon tinggal mendatangi kantor Satpas Online sebagaimana yang telah diisikan pemohon SIM sendiri pada saat registrasi online. Pada proses ini ada beberapa kegiatan diantaranya, pengambilan foto SIM baru, perekaman sidik jari dan pengambilan SIM baru.

Cara Mengganti SIM Lama dengan Smart SIM

Bagi para pengendara yang baru saja ingin memiliki SIM, syarat dan prosedur untuk mendapatkan Smart SIM tidak berbeda dari SIM biasa, namun untuk yang akan memperpanjang wajib datang ke Satpas terdekat untuk diganti dengan Smart SIM dan tidak bisa dilakukan secara online. Secara online berlaku di periode perpanjangan berikutnya setelah SIM lama diganti dengan Smart SIM.

Biaya Pembuatan SIM

Untuk biaya SIM A sampai SIM B2 sebesar Rp 120.000 sementara itu untuk biaya SIM C hanya Rp 100.000 dan SIM D: Rp 50.000.

Plus tambahan berupa Asuransi Rp30.000 dan Biaya Surat Keterangan Uji Klinik Pengemudi (SKUKP) untuk SIM B1, B2, dan SIM Umum Rp 50.000.

Sementara itu untuk biaya perpanjangan SIM hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 80.000, untuk semua jenis SIM.

Pergantian atau perpanjangan SIM lama ke Smart SIM untuk beberapa bulan kedepan belum bisa dilakukan di Samsat keliling, tapi bagi Anda yang sudah memiliki Smart SIM, pembayaran denda tilang atau biaya perpanjangan SIM berikutnya bisa dilakukan di Samsat Keliling.

Untuk pemilik kartu SIM lama jika masa berlaku SIM belum habis maka tidak diharuskan untuk menggantinya dengan yang baru.

Waktu Perpanjangan SIM

Untuk melakukan perpanjangan SIM caranya dengan mendaftar via Online terlebih dahulu, syaratnya 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis atau 3 bulan setelahnya. Bila keseluruhan proses telah selesai dan SIM baru pengganti hadir ditangan maka berkendara akan lebih nyaman dan tenang.

Selain itu atur pengeluaran Anda dengan baik agar proses perpanjangan SIM tidak terkena kendala biaya, salah satunya dengan manajemen keuangan yang baik.

perpanjang sim online

Mengelola keuangan pribadi tentunya tidak sesulit manajemen keuangan perusahaan. Namun Anda bisa mulai belajar tentang pembukuan keuangan atau transaksi perusahaan walaupun secara sederhana. Anda pun bisa meminta bantuan asisten atau software akuntansi agar semua tercatat dengan baik.

Salah satu software akuntansi yang dapat Anda andalkan adalah JojoExpense. Software akuntansi online nomor satu di Indonesia, dengan segala kemudahan yang Anda harapkan dalam laporan keuangan perusahaan pasti akan didapatkan. Temukan penawaran menariknya di sini hanya untuk Anda.

Produk Finance & Expense kami siap digunakan, mudah dipakai dan memiliki ROI besar untuk semua jenis bisnis. Pantau dan kelola keuangan serta budget secara mudah & real-time.

perpanjang sim onlline

Aplikasi JojoExpense adalah aplikasi keuangan yang terbaik dan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki aplikasi keuangan lainnya.

JojoExpense Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel. Selain itu aplikasi JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis.

FITUR POPULER dari JojoExpense

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Coba Gratis Sekarang