Jenis Dan Langkah Perpanjang STNK Secara Mudah

syarat perpanjang STNK

Syarat perpanjang STNK tentunya ada beberapa macam. Keseluruh syarat ini sudah seharusnya dilengkapi agar proses perpanjangan STNK nantinya bisa dilakukan dengan lebih lancar. STNK sendiri merupakan singkatan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Siapa saja yang memiliki kendaraan sudah tentu harus memiliki STNK sebagai dokumen pribadi yang menyatakan bukti kepemilikan seseorang atas kendaraannya tersebut. Oleh karena itu jika STNK yang dimilikinya tersebuthabis masa berlakunya maka harus diperpanjang. Jangan sampai masa berlaku STNK habis dan pemilik kendaraan tidak memiliki STNK baru yang sah dengan masa berlaku yang tepat.

Jenis Perpanjang STNK

Perpanjang 1 tahun

Mungkin sebagian orang masih bingung dan belum tahu dengan benar bahwa perpanjangan STNK dibagi menjadi dua jenis. Jenis yang pertama ini adalah perpanjangan 1 tahun. Dalam perpanjangan 1 tahun maka pemilik kendaraan diharuskan membayar pajak. Tentu saja pajak kendaraan jumlahnya berbeda-beda.

Namun pajak ini haruslah dibayarakan agar lunas di tiap tahun. Sebaiknya pembayaran pajak kendaraan ini dilakukan sebelum masa jatuh tempo. Maka nantinya Anda akan merasa lebih aman saat berkendara karena kewajiban untuk membayar pajak telah dilakukan.

Perpanjang 5 tahun

Jenis perpanjangan STNK yang kedua adalah perpanjangan 5 tahun. Jenis perpanjangan yang ini sudah tentu berbeda dengan perpanjangan STNK yang 1 tahun. Untuk jenis perpanjangan 5 tahun ini maka pemilik kendaraan akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran pajak di tahun yang kelima. Selain melakukan pembayaran pajak rupanya pemilik kendaraan di tahun kelima ini akan memperoleh STNK baru. Tidak hanya STNK baru saja tetapi pemilik kendaraan juga akan memperoleh plat nomor baru.

Dokumen untuk Perpanjang STNK

STNK Lama

Berbagai dokumen pribadi berkaitan dengan kepemilikan atas kendaraan ahrus dimiliki. Seluruh dokumen juga harus disimpan dengan benar agar tidak hilang. Dokumen dibutuhkan sebagai tanda bukti atas kepemilikian kendaraan sekaligus untuk melakukan perpanjangan STNK sebelum jatuh tempo. Salah satu dokumen yang harus dimiliki adalah STNK. Maka jika hendak memperpanjang STNK tentnya STNK lama harus disimpan agar nantinya bisa diserahkan kembali pada saat proses perpanjangan. Biasanya yang dibuuhkan untuk melakukan perpanjangan STNK adalah STNK lama yang asli dan fotokopi.

BPKB

Selain STNK tentunya setiap pemilik kendaraan haruslah memiliki BPKB. Sebaiknya siapkan BPKB yang asli dan juga dalam bentuk fotokopi. Sebab biasanya fotokopi BPKB akan diserahkan ke petugas loket dalam melakukan perpanjangan STNK. Sedangkan BPKB yang asli biasanya hanya diperlihatkan saja kepada petugas loket.

KTP

Selanjutnya dokumen yang harus dipersiapkan adalah KTP atau Kartu Tanda Penduduk yang berisi tentang data seseorang. KTP asli juga harus dibawa karena nantinya KTP yang asli ini bisa saja dibutuhkan. Selain itu siapkan pula fotokopi KTP yang sesuai dengan data pemilik dari kendaraan. Jadi data KTP harus sesuai dengan data identitas kendaraan.

Dokumen lainnya

Yang terakhir adalah dokumen lainnya seperti misalnya data perusahaan jika memang kendaraan atas nama perusahaan. Ada pula surat kuasa jika pengurusan dilakukan oleh pihak lain.

Prosedur Perpanjang STNK

Isi formulir

Proses perpanjangan STNK sebenarnya sama saja dengan proses perpanjangan SIM atas proses pembuatan KTP dan pembuatan dokumen lainnya. Proses ini mengharuskan Anda untuk melalui berbagai tahapan. Tahapan pertama dalam melakukan proses perpanjangan STNK adalah mengisi formulir. Pengisian formulir ini dilakukan dengan didasarkan pada data pribadi yang dimiliki. Pengisian formulir juga harus dilakukan secara lengkap dan jelas. Untuk mendapatkan formulir yang akan diisi maka pemilik kendaraan bisa menuju ke loket sebab formulir ini tersedia di bagian loket.

Bawa formulir dan persyaratan lainnya

Prosedur yang kedua adalah membawa formulir yang telah diisi ke loket pendaftaran. Setelah sampai di loket pendaftaran maka formulir bisa dimasukkan ke tempat yang memang telah tersedia. Atau formulir juga bisa diserahkan ke petugas loket. Penyerahan formulir ini disertai pula dengan penyerahan berbagai dokumen yang menjadi syarat pelengkap. Oleh karena itu segala bentuk dokumen yang diperlukan sudah harus disiapkan dari jauh hari.

Jika memang telah memasukkan formulir dan berkas ke bagian loket maka tunggulah sampai nama Anda dipanggil oleh petugas loket. Jika memang sudah tidak ada masalah maka setelah nama dipanggil maka selanjutnya pertugas loket akan memberikan lembaran berisi jumlah pajak yang harus dibayarkan. Maka nilai atau besarnya pajak bisa dilihat dan dicek secara langsung oleh masing-masing pemilik kendaraan.

Bayar pajak kendaraan

Setelah menerima lembaran yang berisi jumlah atau besarnya pajak yang harus dibayarkan maka proses perpanjangan STNK bisa langsung lanjut ke proses pembayaran. Lakukan pembayarajn sesuai dengan jumlah yang tertera di lembaran. Setelah itu silahkan menunggu panggilan kembali. Panggilan akan dilakukan dengan tujuan untuk penerbitan STNK atau pengesahan SKPD yang baru. Maka tentunya panggilan ini akan dilakukan oleh petugas di loket pengurusan STNK atau pengesahan SKPD baru.

Jadi bersabarlah menunggu panggilan sebab biasanya proses perpanjangan STNK ini dilakukan dengan sistem antrian. Setelah nama dipanggil maka prosespembayaran pajak bisa dilakukan seuai dengan jumlah yang tertera. Hal pengajuan formulir dan berkas serta pengecekan oleh petugas hingga proses pemanggilan nama pemilik kendaraan kembali hingga melakukan pembayaran pajak kendaraan memang membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Terima STNK

Pembayaran pajak kendaraan yang telah dilakukan kemudian akan berakhir dengan tahap selanjutnya. Tahap yang dimaksud dalam hal ini adalah tahapan menerima STNK atau pengesahan dan juga menerima SKPD yang baru. Dengan demikian maka seluruh prosedur dan tahapan yang telah dilalui sudah selesai.

Kewajiban untuk Perpanjang STNK

Syarat perpanjang STNK wajib untuk dilengkapi seperti halnya STNK yang habis masa berlakunya wajib untuk diperpanjang. Baik membayar pajak STNK maupun mendapatkan STNK dan plat nomor baru haruslah dilakukan oleh seseorang yang memiliki kendaraan. Maka bagi Anda yang memang harus membayar pajak kendaraan dan kemudian mengganti plat nomor sebaiknya bersedia melakkannya sebelum jatuh tempo. Lakukan segala kewajiban dengan benar sehingga Anda bisa disebut sebagai warga negara yang baik.

Memastikan hal di atas sama pentingnya dengan memastikan pilihan sistem pengaturan keuangan perusahaan yang tepat. Sebaiknya pilih yang sudah terbukti memberikan banyak manfaat, contohnya dengan menggunakan aplikasi JojoExpense. Berkat aplikasi ini tentu saja keuangan perusahaan dapat lebih rapi, lebih efektif dan juga lebih efisien. Apalagi karena adanya fitur-fitur andalan di dalamnya, seperti misalnya fitur-fitur berikut ini:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Maka dari itu jangan ragu jika ingin menggunakan aplikasi yang satu ini. Segera percayakan pengaturan keuangan perusahaan dengan aplikasi manajemen keuangan dari Jojonomic tersebut. Dapatkan demo gratis 14 hari dengan mendaftar sekarang juga.