Persaingan Bisnis : Strategi Efektif Bangun Persaingan Bisnis yang Sehat

prinsip etika bisnis

Persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa kita hindari, maka dari itu jika ingin terjun ke dalam dunia bisnis persiapkan diri kamu untuk menghadapi para pesaing bisnis lainnya. Saat ini persaingan di dunia bisnis sangatlah ketat, sehingga kita harus menghadapi dengan cara yang sehat dan sesuai dengan peraturan yang ada.

Adanya pesaing atau kompetitor dalam sebuah bisnis merupakan hal yang normal. Persaingan bisnis menjadi salah satu risiko besar yang harus dihadapi para pelaku bisnis. Bagaimana tidak? minat untuk menjalankan bisnis saat ini sangat besar bahkan banyak sekali yang menjalankan bisnis di bidang yang sama.

Tentu hal tersebut tidak dapat dipungkiri dan dicegah oleh mereka yang telah menjalankan bisnis, karena kreativitas dan inovasi juga terus berkembang. Persaingan bisnis selain terjadi karena adanya seseorang yang menjalankan bisnis di bidang yang sama dengan lainnya juga dapat disebabkan karena beberapa hal.

Seperti, ketidakmampuan pelaku bisnis sebelumnya untuk menciptakan produk atau jasa yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen. Seorang pesaing dapat muncul karena ia menemukan celah untuk masuk menjadi pengusaha.

Pesaing menciptakan produk atau jasa yang lebih unggul dari yang sudah ada sebelumnya dan tentunya lebih memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, apakah kalian tahu pengertian dari persaingan bisnis itu sendiri? Jika kalian belum tahu mari kita bahas bersama-sama. Yuk baca artikel berikut ini!

Penyebab Persaingan Bisnis

persaingan bisnis

Persaingan bisnis merupakan salah satu risiko utama yang harus dihadapi pengusaha. Mengapa hal itu terjadi? Meskipun ada banyak perusahaan yang beroperasi di bidang yang sama saat ini, ada minat yang besar untuk mengoperasikan perusahaan.

Tentunya hal ini tidak dapat dipungkiri dan mencegah keadaan ini, karena kreativitas dan inovasi juga terus berkembang. Selain mengoperasikan seseorang di bidang yang sama, beberapa hal juga dapat menimbulkan persaingan komersial.

Misalnya, pelaku bisnis sebelumnya tidak dapat menciptakan produk atau layanan yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen. Pesaing muncul karena ia menemukan celah dalam memasuki pasar dan menciptakan suatu produk atau jasa yang lebih unggul dari produk sebelumnya dan tentunya dapat lebih memenuhi kebutuhan konsumen.

Dilihat dari sisi bisnisnya, konsumen saat ini memiliki kekuatan yang cukup tinggi sehingga banyak pedagang yang berlomba-lomba menarik perhatiannya, sehingga tidak akan menolak. Selain itu, persaingan bisnis dapat disebabkan oleh lokasi yang salah.

Apa hubungannya ini dengan lokasi? Tempat usaha penting untuk menjalankan bisnis. Letak geografis yang strategis dapat memudahkan para pelaku bisnis untuk menjual atau mempromosikan produk atau jasanya, bahkan letak geografis yang strategis dapat menarik banyak sekali konsumen.

Oleh karena itu, jika beberapa merchant mengalami kesalahan dalam memilih lokasi, tentunya merchant lain dapat memanfaatkannya untuk membuka perusahaan serupa di lokasi yang sesuai dan menjaga jarak yang lebih dekat dengan konsumen. Karena konsumen pasti akan memilih lokasi yang mudah dijangkau.

Apa Itu Persaingan Bisnis?

persaingan bisnis

Persaingan bisnis merupakan sebuah kompetisi antara para penjual yang sama-sama berusaha ingin mendapat keuntungan, pangsa pasar, serta jumlah penjualan yang tinggi. Persaingan bisnis ini sudah menjadi sesuatu yang wajib dalam berbisnis pelaku bisnis termasuk pelaku bisnis online.

Seorang profesor bisnis dari Harvard Business School Michael Porter secara fundamental menjelaskan strategi menjadi dua, yaitu melakukan hal yang pebisnis lain lakukan. Dan melakukan hal yang pebisnis lain tidak bisa lakukan.

Kedua hal tersebut bagi Michael memiliki peluang yang besar untuk berhasil ketika diterapkan. Poin satu berarti bersaing di aspek harga dengan kompetitor. Sementara poin yang kedua, bisa saja lebih ekonomis atau tidak.

Pada intinya, menurut Michael strategi adalah ketika sebuah perusahaan hanya bisa meraih kesuksesan ketika memiliki posisi yang unik pada marketplace-nya. Kemudian profesor studi manajemen McGill University Henry Mintzberg di Montreal, Kanada, menjabarkan strategi dalam 5P yaitu Plan, Ploy, Pattern, Position, dan Perspective.

Perbedaan yang mendasar antara kedua pandangan dalam menjabarkan strategi adalah pendekatan Michael terasa lebih kaku dan terencana. Sedangkan pandangan Henry lebih memberikan ruang untuk belajar, berubah, dan menyesuaikan dengan dinamika yang terjadi pada bisnis. Ada 5 strategi yang efektif yang dapat diterapkan agar bisnis yang sedang digeluti dapat terus berkembang, yaitu:

Strategi Pertumbuhan Persaingan Bisnis

persaingan bisnis

Growth strategy berarti secara konstan memperkenalkan fitur baru dari produk yang sudah ada. Seringkali perusahaan dituntut untuk memodifikasi atau menjadi lebih inovatif agar dapat terus kompetitif di industrinya.

Jika tidak, pelanggan akan lari ke produk kompetitor yang menawarkan teknologi yang lebih canggih. Tidak hanya pada perusahaan besar, UMKM juga dapat mengadopsi strategi bisnis pertumbuhan ini. Terkadang, sebuah perusahaan dapat menemukan market baru untuk produk mereka secara tidak sengaja.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan sabun colek melakukan market research dan hasilnya menunjukkan produk mereka paling digemari oleh para buruh pabrik. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu berfokus pada menjual produk mereka pada ritel besar, tetapi bisa berfokus untuk menjualnya di warung-warung atau ritel kecil sekitar pabrik atau kawasan industri.

Strategi Diferensiasi Produk

Strategi diferensiasi produk adalah salah satu strategi dalam bisnis yang paling efektif untuk UMKM. Melalui strategi bisnis jenis ini, perusahaan dapat menggali secara strategis faktor-faktor pembeda produk dan jasa dari kompetitor.

Nilai pembeda dalam strategi ini tidak harus selalu menjadikan perusahaan mengeluarkan biaya lebih untuk mengkapitalisasikannya. Diferensiasi produk dapat lahir dari bagaimana melakukan business model, bagaimana membuat produk, atau menerapkan pendekatan pada layanan. Dan semua itu tidak harus mengeluarkan biaya tambahan jika riset mendalam dilakukan secara cermat dan lebih strategis.

Strategi Harga

Strategi harga seringkali meliputi pemberlakuan harga produk yang lebih tinggi dibanding kompetitor, terutama ketika ada di fase awal pengenalan produk. Para pelaku UMKM dapat menggunakan strategi ini dan menjadikannya motor akselerasi pembalik modal produksi dan iklan yang mungkin telah dilakukan jika sukses diimplementasikan.

Namun, jangan lupa memastikan bahwa kamu benar-benar memiliki sesuatu yang spesial pada produk atau layanan kamu ketika memberlakukan strategi ini. Jika kamu berada di lingkungan pasar yang tidak banyak pemainnya atau bahkan hanya kamu yang ada di sana, maka strategi ini bisa menjadi strategi yang efektif, karena pelanggan hanya akan melihat brand saja.

Strategi Akuisisi

Para pebisnis yang memiliki modal yang cukup besar dapat memakai strategi bisnis akuisisi ini. Strategi bisnis akuisisi artinya membeli salah satu perusahaan dan/atau lini produksi tambahan dari produk yang sudah ada. Keuntungan dari strategi ini adalah dengan modal yang besar, maka sebuah perusahaan dapat lebih leluasa dalam menilai potensi bisnis perusahaan yang akan diakuisisi yang sesuai dengan visi perusahaan pemilik modal.

Strategi Konten

Di era digital yang semakin canggih ini, strategi konten merupakan strategi bisnis efektif yang wajib dikembangkan secara matang dan diimplementasikan dengan benar. Ketika bisnis Anda menggunakan strategi bisnis yang jelas melalui konten, maka konten Anda akan bekerja dengan efisien. Hal ini karena konten yang dikembangkan akan menjadi lebih spesifik.

Strategi konten ini setidaknya akan melibatkan pengembangan konten blog, email marketing, dan aktivasi media sosial yang relevan bagi bisnis Anda. Salah satu aspek yang terpenting dari strategi ini adalah jangan hanya memproduksi dan mendistribusikan konten, namun kamu juga harus responsif terhadap setiap interaksi yang terjadi dari setiap konten tersebut.

Tips Persaingan Bisnis UKM

  1. Perkuat merek Anda. Strategi pemasaran pertama untuk mencapai kesuksesan UKM adalah merek. Ini tidak ada hubungannya dengan jumlah keuntungan atau keuntungan jangka pendek. Hal terpenting di sini adalah seberapa banyak merek dan produk yang berpotensi menghasilkan pendapatan dalam jangka panjang. Dengan memperkuat brand name Anda, bisnis Anda akan lebih mudah dikenali oleh konsumen dan secara tidak langsung dipilih oleh konsumen untuk merepresentasikan produk serupa.
  2. Kenali pesaing bisnis Anda. Tidak ada yang lebih sulit daripada mencoba menjelajahi dan menemukan lebih banyak pesaing. Mengetahui pesaing bisnis Anda berarti mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Dari kelebihan yang dimiliki pesaing komersial, Anda bisa meniru dan mengembangkannya. Pada saat yang sama, kekurangan pesaing komersial akan membuat Anda tetap waspada dan tidak akan jatuh karena kegagalan yang sama.
  3. Promosi aktif. Promosi sangat erat kaitannya dengan penguatan merek produk dan nilai tambah di mata konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang Anda jalani, semakin banyak peluang yang menguntungkan yang akan Anda dapatkan. Tidak sulit untuk mempromosikan produk di usaha kecil dan menengah saat ini untuk berhasil. Anda dapat memilih dari banyak media promosi, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran bisnis.
  4. Pahami kebiasaan konsumen. Konsumen adalah raja. Mereka seperti suasana yang baik untuk membuat bisnis Anda berkelanjutan. Guna memberikan layanan terbaik, Anda perlu memahami kebiasaan konsumen dalam membeli produk. Dengan mempelajari kebiasaan mereka, secara tidak langsung Anda bisa merangkul konsumen lebih dekat, sehingga membuat konsumen lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itu dapat menghasilkan keuntungan lebih dalam jangka waktu yang lebih lama.

Apa keunggulan persaingan bisnis?

persaingan bisnis

Persaingan bisnis pada hakikatnya disebabkan oleh kesalahan strategi, dan pelaku bisnis lainnya dapat mempelajari dan menggunakan kesalahan tersebut untuk menarik perhatian konsumen. Namun di luar itu, segala persaingan merupakan hal yang wajar dalam dunia bisnis, dan para pelaku bisnis sangat menyadari risiko ini.

Untuk itu, tidak heran jika para pebisnis memahami, memahami dan merumuskan strategi secara serius dan bijak. Pasalnya, persaingan bisnis bukanlah hal yang buruk dan harus dihindari tanpa adanya aspek positif. Persaingan komersial telah membawa banyak keuntungan yang tidak terduga bagi para pelaku bisnis, dan banyak keuntungan.

Memberikan motivasi tinggi bagi para pebisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, persaingan dapat disebabkan oleh kesalahan, dan kesalahan dapat memberikan peluang bagi pelaku usaha lain dengan menciptakan produk atau jasa yang berkualitas. Tentunya hal ini bisa dijadikan acuan para pebisnis.

Mengingat ada kesalahan atau cacat pada produk, namun bagaimana pelaku usaha tetap dapat melindungi usahanya dari persaingan yang ketat, hal ini membutuhkan motivasi yang tinggi. Mengapa? Persaingan bisnis yang ketat sering kali menimbulkan kondisi yang tidak nyaman atau keras yang membuat para pelaku bisnis pesimis dengan keadaan tersebut.

Kalaupun perlu untuk selalu terus berbenah dan membuat keinginan akan produk yang tidak bisa bersaing, sekalipun tidak serta-merta harus diganti dengan produk baru, misalnya tetap mengedepankan keunggulan uniknya atau keunggulan yang berbeda dari produk atau jasa lain. Bagi konsumen yang berniat menolak untuk menggunakan produk atau layanan lain, hal ini tentunya menjadi pertimbangan tersendiri.

Membantu Anda keluar dari zona nyaman Anda

Persaingan komersial adalah bidang yang menantang. Untuk itu, para pebisnis harus rela keluar dari zona nyaman yang diterapkan selama ini. Selain menjaga agar semua pekerjaan tetap selesai, ini lebih tentang memulai kembali strategi dan mencoba hal-hal baru. Hal ini tentunya menunjukkan keunggulan persaingan dalam berbisnis, karena para pelaku bisnis akan keluar dari zona nyamannya dan berusaha melakukan hal-hal lain agar tidak tertinggal dalam persaingan yang semakin ketat.

Membantu meningkatkan kinerja bisnis

Selain memberikan motivasi yang lebih tinggi dan membantu keluar dari zona nyaman, adanya persaingan usaha juga secara otomatis dapat membantu meningkatkan kinerja usaha. Berawal dari semangat menghadapi persaingan dan mempertahankan bisnis, dapat mempengaruhi kinerja bisnis.

Misalnya, pelaku bisnis dapat lebih baik dalam melancarkan kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan dan menerapkan strategi bisnis lain yang dapat meningkatkan dan mempertahankan bisnis. Mengingat adanya persaingan akan mendorong seseorang untuk berbuat lebih baik dari sebelumnya, hal ini juga berlaku untuk persaingan bisnis.

Bangun pelanggan setia

Mendapatkan pelanggan setia harus dipertahankan. Dengan menghadapi persaingan usaha, para pelaku usaha akan terpacu untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang diberikan. Sehingga meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen.

Oleh karena itu, jika Anda menerapkan cara ini, secara otomatis Anda akan mendapatkan loyalitas pelanggan, yang tentunya akan mempersulit pesaing untuk bersaing. Dari beberapa informasi di atas, dapat dikatakan bahwa risiko bisnis tidak akan menjadi risiko yang besar jika dapat diselesaikan dengan benar dengan cara yang benar.

Hal ini juga berlaku untuk persaingan usaha yang tidak hanya membawa dampak negatif yang mengancam kondisi usaha. Tetapi juga dapat memberikan berbagai keuntungan yang mempengaruhi keberhasilan usaha.

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis

  1. Faktor utama untuk memenangkan persaingan bisnis adalah menawarkan harga yang kompetitif. Artinya, harga yang ditawarkan dari produk atau jasa bisnis kamu tidak jauh dari harga pesaing. Harga produk yang jauh lebih tinggi dari harga pasaran akan sulit dalam mengembangkan bisnis yang dikelola. Kecuali bisnis yang kamu bangun memiliki target pasar kalangan menengah ke atas dengan dukungan fasilitas yang mewah dan lain sebagainya.
  2. Jangan sampai membuat pernyataan atau mengeluarkan pendapat yang menjatuhkan pesaing. Jika seorang pelanggan memancing kamu untuk mengungkapkan kejelekan dari pesaing kamu, usahakan jangan ikut terpancing.
  3. Memberikan pelayanan yang baik untuk memenangkan persaingan bisnis. Mulai dari membuat SOP pelayanan dan berikan training ke seluruh karyawan kamu. Minta karyawan kamu untuk melayani konsumen dengan baik, mulai dari senyum dan akhiri dengan senyum kembali.
  4. Pentingnya memperluas pasar seperti menambahkan jenis produk dengan perencanaan target pasar yang baru. Sebagai contoh, jika selama ini target kamu hanya konsumen remaja saja, cobalah memproduksi atau menambahkan produk yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga. Hal tersebut dapat memperluas pasar.
  5. Melakukan promosi yang tepat. Sebelum memilih jenis promosi untuk bisnis kamu, lakukan riset terhadap para pesaing terlebih dahulu.
jojopayroll

Nah, untuk memberikan bisnis yang efektif untuk bisnis anda Jojonomic mempunyai sakah satu fitur terbaiknya yaitu Jojopayroll. Jojopayroll akan memudahkan Anda untuk kelola penggajian bulanan perusahaan menjadi mudah.