Personal Branding Berikan Kemandirian Marketing Perusahaan 

Penggunaan personal branding memang menjadi sebuah angin segar di tengah persaingan yang semakin ketat ini. Tidak akan bisa berkembang sebuah perusahaan jika dalam hal pemasaran saja mereka masih kesulitan. Pengenalan produk perusahaan ataupun marketing adalah garda terdepan untuk mendapatkan keuntungan. Sangat penting rasanya bagi pengusaha untuk memahaminya. 

Masing-masing perusahaan memiliki caranya masing-masing untuk mendapatkan keuntungan. Tapi rata-rata memiliki konsep yang sudah matang sehingga ketika melakukan pemasaran mereka dapat memiliki banyak client maupun konsumen. Dunia yang sudah semakin berkembang dari bidang teknologi menjadi sarana paling efektif. Seakan segala trend terkait pemasaran seluruhnya berfokus disana dan sudah tidak ada lagi cara konvensional yang digunakan. 

Sekarang kita akan membahas sedikit lebih jelas terkait personal branding. Dengan menggunakan metode pendekatan ini perusahaan bisa menjangkau lebih banyak calon-calon konsumen. Secara keseluruhan metode ini melibatkan seluruh karyawan didalam perusahaan agar menyebarkan nama baik perusahaan. Berikut ini adalah keuntungan dalam penggunaannya. 

Personal Branding Buktikan Kesolidan Pegawai Perusahaan 

personal brandingUntuk bisa melakukan sebuah personal branding bukanlah sebuah hal yang mudah. Sebab perusahaan harus memberikan pengertian pentingnya kesadaran akan nama baik perusahaan. Sehingga para pekerja didalamnya juga menjadi para brand ambassador untuk perusahaan tersebut. Ini cukup logis mengingat konsumen akan lebih mudah mensangkut pautkan segala hal dengan perusahaan. 

Contohnya saja ketika pegawai melakukan kesalahan, biasanya konsumen tidak akan menyalahkan pegawai tersebut. Tapi otomatis ia akan meluapkan kemarahannya kepada perusahaan. Jadi ketika perusahaan memberikan pengarahan tentang pentingnnya nama baik dan cara untuk menjaganya pada setiap pegawai. Maka akan terjadi berbagai bentuk tanggapan positif dari masyarakat umum. 

Tehnik personal branding yang paling sering digunakan biasanya pada beberapa super market. Sebab para pekerjanya akan langsung berhubungan dengan konsumen. Jadi ketika pegawai tersebut melakukan kesalahan ataupun kecurangan pasti implikasinya juga akan dirasakan oleh perusahaan. Metode ini juga dinilai sebagai bagian marketing yang tidak boleh terlewatkan. 

Selain itu dari segi psikologis juga banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkannya. Salah satunya adalah rasa dihargai oleh masing-masing pekerja. Karena mereka dipercaya oleh perusahaan sebagai bagian dari kemajuan. Jadi rasa memiliki dari pegawai tersebut akan otomatis meningkat drastis apabila banyak karyawan yang terlibat. 

Metode Ini Bukan Miliki Sebagian Pihak Saja 

Sikap perusahaan yang memilih-milih soal pekerja wajib personal branding tampaknya adalah tindakan keliru. Sebisa mungkin seluruh karyawan didalam perusahaan tersebut harus bisa turut serta dalam metode pemasaran ini. Jadi tidak ada istilah pilih-pilih soal siapa yang akan bertanggung jawab atas nama baik perusahaan. 

Minimal 70% dari seluruh karyawan harus sudah bisa menerapkan hal ini pada dirinya sendiri. Metode ini juga mendukung terwujudnya berbagai bentuk lingkungan kerja yang lebih fair. Artinya setiap karyawan akan merasakan memiliki hak yang sama. Jika sudah begini maka tingkat stress saat berkerja juga bisa ditekan seefektif mungkin. 

Jadi bukan soal profit perusahaan saja menerapkan personal branding itu. Tapi juga untuk kenyamanan seluruh pekerja. Pada dasarnya negarapun memberlakukan peraturan bahwa seluruh pegawai itu memiliki hak dan kewajiban yang sama. Jadi tidak ada istilah perbedaan hak dari masing-masing pekerja dalam sebuah perusahaan. 

Kecuali mungkin perbedaan hak dalam segi finansial ataupun regulasi lainnya. Tapi secara sosial setiap pegawai memiliki kewajiban dan hak yang sama. Itulah mengapa pentingnnya untuk menerapkan metode ini juga agar perusahaan bisa menghasilkan lingkungan kerja yang lebih baik lagi dari sebelumnya. 

Ungkap Jati Diri Perusahaan Dan Team 

personal brandingTehnik utama dalam penggunaan personal branding adalah dengan memahami jati diri. Istilahnya adalah discover, sebenarnya jika sudah berkerja seharusnya anda tidak perlu lagi menemukan jati diri. Karena saat melakukan wawancara kerja saja hal ini sudah ditanyakan dengan jelas oleh seorang HRD. Jika tidak mencermati sesi wawancara mungkin saja hal ini sulit dipahami. 

Tindakan yang tepat untuk mengetahui jati diri adalah dengan memahami keunggulan dan kekurangan. Dari sana anda bisa mengukur secara langsung setiap pencapaian yang mesti digapai. Begitu juga anda bisa berhenti ketika ada peluang yang terlihat terlalu berresiko dan diluar batasan kemampuan. 

Hal yang sama tentu saja berlaku bagi perusahaan. Ungkapkan jati diri perusahaan dengan personal branding yang baik oleh setiap karyawan didalamnya. Akan sedikit sulit memang jika perusahaan belum membiasakan untuk menanamkan pentingnnya metode ini. Untuk itu perlahan mulai dari sekarang perkenalkan metode ini kepada seluruh karyawan dalam perusahaan. 

Ciptakan Platformnya 

Tugas selanjutnya yang harus anda lakukan saat personal branding adalah memilih media atau platformnya. Banyak sekali media yang bisa dipilih untuk kampanye pengenalan ini. Mulai dari media elektronik sampai ke konvensional, semuanya menawarkan keuntungan yang sama. Tinggal bagaimana anda akan menentukan platform yang cocok. 

Pemilihan platform ini adalah bagian yang sangat krusial bagi penerapan metode pemasarannya. Jadi sukses ataupun tidak sebenarnya tergantung bagaimana anda menggunakan platform ini. Terkadang konsep pemasarannya sudah benar tapi platformnya yang salah. Hasilnya tentu saja akan buruk, jadi akan sangat rugi apabila konsep yang dimiliki sudah matang, tapi keuntungannya tidaklah maksimal. 

Platform paling umum yang digunakan untuk personal branding adalah media sosial. Karena disana adalah tempat seluruh masyarakat menghabiskan waktunya. Hampir 80% waktu masyarakat dihabiskan untuk menggunakan media sosial. Jadi media sosial adalah sasaran pemasaran yang paling utama.  

Untuk semakin mempermudah jalan perusahaan melakukan personal branding. Maka perusahaan harus bisa semakin menekan waktu pelaksanaan pekerjaan karyawan. Contohnya dengan memakai berbagai perangkat lunak yang sangat cocok untuk membback up pekerjaan. Salah satunya dengan menggunakan JojoPayroll. 

Bukti JojoPayroll Memberikan Keuntungan Lebih Banyak 

Dengan penggunaan JojoPayroll diperusahaan maka kualitas pembayaran gaji pada perusahaan akan lebih termanaje. Artinya tidak akan ada lagi kesulitan ketika harus mengintegrasikan setiap keperluan pembayaran dan absensi. Dalam perangkat lunak ini anda bisa langsung mendapatkan angka yang jelas antara payroll dan absensi. 

Kesulitan untuk pembuatan laporan payroll bulanan akan dilaksanakan dengan begitu mudah oleh JojoPayroll. Saatnya anda manfaatkan seluruh waktu pekerja untuk melakukan personal branding. Dapatkan penjualan yang maksimal setelah memanfaatkan keuntungan yang dimiliki oleh perangkat lunak ini. Tidak akan ada lagi kesulitan klasik yang diderita oleh karyawan semenjak penggunaan perangkat lunak ini. 

Transfer akun bank karyawan menghambat produktifitas?. Inilah saatnya anda menggunakan keunggulan yang telah lama menjadi keuntungan JojoPayroll. Yaitu dengan perangkat lunak ini anda bisa langsung melakukan banyak sekali transfer payroll kepada karyawan dalam sekali perintah ataupun klik. 

Jalankan bisnis yang lebih modern ketika anda menggunakan demo perangkat lunak JojoPayroll. Dapatkan perangkat lunak ini secara gratis dengan mendownloadnya melalui Jojonomic sekarang juga.