Perspektif Segmentasi, Teknik Penting Untuk Penentuan Target Market

Bagi suatu bisnis, produk hanya dapat dirilis setelah memastikan siapa kalangan yang akan menggunakan. Itulah sebabnya menentukan target market sebelum merencanakan produk menjadi bagian yang mendeterminasi kelangsungan bisnis. Dengan memastikan teknik perspektif segmentasi pasar yang spesifik, jalannya bisnis pun juga semakin terarah.

Jadi jangan anggap remeh tahapan ini. Bisa dibilang menggunakan teknik perspektif segmentasi pasar adalah metode pre-production. Sehingga seterusnya produk anda mempunyai kekhasan yang tidak akan berubah. Mengapa penting? Inilah poin dimana produk anda akan terus diingat. Efeknya bagi produktivitas bisnis, proses produksi pun akan terus berjalan karena telah memiliki pasar yang tetap.

Nah, bagi anda yang baru pertama kali terjun dalam dunia bisnis, jangan sampai melewatkan tahapan ini, ya. Kali ini Jojonomic akan mengupas lebih dalam mengenai teknik perspektif segmentasi pasar. Memang hasilnya tidak akan langsung terlihat, karena anda perlu menganalisis seluruh kategori data. Namun, dengan begini pemahaman terhadap kelebihan dan kekurangan suatu pasar menjadi lebih mudah dipilih bukan?

Menggunakan Perspektif Segmentasi Pasar

Perspektif Segmentasi

Sebelum menentukan pasar konsumen mana yang pas bagi bisnis anda, ketahui dulu seluruh jenisnya dengan mengambil perspektif segmentasi. Di sini jenis-jenis pasar akan terbagi ke dalam unsur-unsur yang berbeda satu sama lain. Apakah itu perilakunya atau mungkin karakteristik masing-masing pasar.

Pengelompokkan ini akan dimaksudkan untuk membantu pelaku usaha membandingkan masing-masing segmen agar ditemukan satu jenis pasar yang kompatibel. Nantinya pelaku usaha pun akan lebih terarah dalam menentukan aktivitas usaha. Baik dari rencana pemilihan produk sampai gaya mendistribusikannya.

Manfaat Perspektif Segmentasi Pasar Untuk Menentukan Target Market

Perspektif Segmentasi

Mudah membedakan jenis pasar

Dari seluruh kategori yang didapat, akan terlihat ciri masing-masing pasar termasuk kekuatan dan kelemahannya. Dengan melihat seluruh data, penilaian pun menjadi lebih objektif karena tak lagi terlalu terpengaruh dengan pendapat pribadi. Sehingga setelah itu pemilihan target market untuk bisnis anda pun lebih mudah.

Memudahkan strategi marketing

Agar output bisnis lebih mudah diterima pasar, setiap pasar memiliki strategi memarketingkan produknya masing-masing. Karena tidak mungkin untuk mengakomodir semua keinginan konsumen, maka jangan sampai lewatkan tahap untuk mengembangkan perspektif segmentasi pasar.

Melihat kekuatan semua jenis pasar akan membantu mengukur konsumen pasar apa yang bisa dijangkau. Setelah itu, anda akan lebih mudah menentukan strategiyang menarik menurut ciri pasar yang dipilih.

Media untuk melihat bisnis kompetitor

Faktanya membangun bisnis berdasarkan sudut pandang sendiri tidaklah cukup. Agar mampu mengetahui perkembangan pasar, perlu sekali untuk melihat bagaimana bisnis kompetitor. Karena mungkin saja bisnis serupa dan memiliki segmen pasar yang sama dengan bisnis lain.

Dengan begini, akan lebih mudah untuk mencari ciri khas bisnis yang tidak dimiliki kompetitor. Sehingga lebih efektif menarik minat pasar konsumen yang sama. Dan tentunya sekaligus memperlajari cara-cara perusahaan lain memproduksi dan menawarkan produknya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mendapatkan peluang lain

Tidak menutup kemungkinan konsep bisnis yang sudah anda rencanakan berubah di tengah jalan. Namun tidak perlu khawatir. Selama belum memasuki fase eksekusi, ide bisnis beserta konsepnya dapat berubah kapan saja demi mencapai formula yang optimal. Dalam kasus ini, rencana bisnis pun dapat berubah ketika ternyata segmen pasar lain dinilai lebih mudah dijangkau dan menguntungkan.

Jika anda yakin, maka tidak ada salahya untuk mengambil peluang tersebut. Bahkan bisa jadi memang lebih baik dibandingkan segmen pasar yang dituju sebelumnya.

Syarat Memanfaatkan Perspektif Segmentasi Pasar

Perspektif Segmentasi
  1. Terukur : Pastikan objek yang ditelusuri dapat diukur baik jumlahnya hingga kemampuan membelinya. Hasilnya akan ditemukan angka yang pasti. Maka berdasarkan nilai tersebut akan dapat disusun strategi yang memungkinkan;
  2. Dapat dibedakan : Antara pasar konsumen yang satu dengan yang lainnya harus dapat ditemukan. Bagi anda, syarat ini akan memudahkan dalam mengelompokkan pasar yang memiliki ciri serupa;
  3. Mudah diakses : Pertimbangkan bisnis yang dijalankan akan mudah diketahui konsumen, baik secara acak maupun spesifik;
  4. Substantif : Semua keterkaitan dalam pemilihan segmen pasar dapat dihubungkan secara rasional. Seperti misalnya, produk bisnis akan efektif di pasaran jika cakupan pasarnya besar dengan daya beli yang baik;
  5. Dapat ditindaklanjuti : Data-data yang telah diperoleh saat mengaplikasikan perspektif segmentasi harus mampu memberikan masukan yang dapat diterapkan. Dan bukan sekadar fakta-fakta umum tanpa alternatif penyelesaian.

Buat Perspektif Segmentasi Pasar Dengan Teknik 5W + 1H

Perspektif Segmentasi

Who (Siapa)

Agar informasi bisa menjadi sumber anda berbisnis, ada baiknya breakdown masing-masing komponen dari satu pertanyaan ini. Dari segi personalitas, informasi seperti berapakah usia mereka dan jenis kelamin perlu digali. Selain itu, anda bisa juga tambahkan informasi yang akan menentukan pembelian dari jenjang pendidikan atau pekerjaan serta tingkat pendapatan mereka.

What (Apa)

Penting juga untuk tahu sesuatu hal yang menyebabkan mereka membeli produk anda nantinya. Pertanyaan dapat anda mulai dari hal-hal mendasar. Misalnya, apa saja ketertarikan atau hobi mereka, apa kebiasaan yang mempengaruhi preferensi. Atau telusuri juga media-media apa saja yang mereka gunakan untuk mencari keperluannya. Setidaknya, temuan ini akan memberikan insight tentang tampilan kemasan yang menarik dipasarkan.

When (Kapan)

Pertanyaan ini akan menunjukkan siklus konsumen membeli suatu produk. Apakah mereka cenderung untuk membeli hanya saat membutuhkan. Ataukah memang secara rutin membeli. Atau bahkan mungkin hanya karena ada event besar, seperti promosi waktu tertentu. Nantinya, data ini akan membantu dalam penentuan jumlah produksi sehingga tetap efisien.

#1 Aplikasi HR Suites di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Where (Dimana)

Biasanya saat mencari produk, konsumen lebih tertarik dengan jarak yang dekat. Sehingga anda pun dapat memasukkan unsur pertanyaan ini dengan mencari informasi di area manakah mereka tinggal. Gambaran area ini nantinya akan menjadi petunjuk tingkat hidup mereka. Sehingga produk yang dihasilkan dapat sesuai.

Why (Mengapa)

Komponen ini akan mencari tahu alasan konsumen menyukai suatu produk. Dan cara yang paling mudah dapat anda lakukan dengan sedikit melihat keunggulan-keunggulan produk kompetitor. Karena inilah konsumen tertarik untuk membeli dan anda dapat mengambil poinnya dengan mencari unsur pembeda.

How (Bagaimana)

Poin yang perlu dijawab dari pertanyaan ini akan lebih mengarah pada bagaimanakah gaya hidup konsumen. Mungkin terdengar sedikit asing, namun data ini akan semakin menunjang komponen detail produk bisnis nantinya. Sehingga ide bisnis bisa disesuaikan dengan karakteristik mereka. Dan bisnis anda pun tetap memiliki pasar konsumen yang aktif.

Kesimpulan

Efektivitas bisinis memang digantungkan oleh banyak faktor. Namun satu komponen yang jelas terkait sedari awal membangun bisnis adalah bagaimana suatu bisnis menempatkan spesifikasinya pada pasar. Menerapkan syarat hingga metode pengambilan perspektif segmentasi pasar yang efektif menjadi cukup penting. Terlebih ini akan memberi fokus yang tinggi pada pelaku usaha untuk terus berinovasi pada produknya. Dengan begini, anda sebagai pengusaha tidak perlu pusing memikirkan strategi untuk memuaskan semua segmen pasar.

Tak salah memang megatakan target market sebagai satu komponen penting penunjang bisnis. Namun, ingat ini bukanlah satu-satunya. Masih ada komponen pendukung lainnya yang tidak kalah strategis. Salah satunya adalah manajemen sumber daya manusia. Agar perkembangan bisnis anda lebih signifikan, tingkatkan kinerja tim hingga 100% menggunakan segudang fitur Jojo Times ini.

Jojo Times

Memanfaatkan teknologi pemantauan Real-Time, semua aktivitas karyawan anda langsung terlihat dalam genggaman. Apalagi dilengkapi dengan sistem pengenalan wajah biomterik, GPS yang akurat, dan pendeteksi identitas palsu. Anda pun kini lebih tenang dari kemungkinan penipuan jam kerja. Cukup mengandalkan gadget, mengirim dan menyetujui permohonan karyawan tidak harus dilakukan di kantor. Dimanapun kini bukanlah masalah bersama Jojo Times.

Inilah waktunya ucapkan selamat tinggal pada laporan kertas yang memusingkan dengan mempersiapkan Jojo Times menjadi asisten andalan anda. Yuk, tunggu apa lagi!