Cara Mengatasi Persaingan Usaha dalam Bisnis Kita

Untuk menjalankan usaha itu tidak mudah. Sebagai seorang enterpreneur, kamu harus mempertimbangkan usaha yang sedang ataupun yang akan kamu rintis. Mulai dari mental, modal dan ide—semua harus kamu persiapkan.

Jangan sampai di tengah jalan ide untuk mengembangkan usaha kamu habis atau kalah oleh beratnya persaingan. Karena, kalau kamu tidak sungguh-sungguh dalam menjalankan usaha kamu sendiri, itu bisa menyebabkan usaha kamu mengalami kerugian dan bangkrut.

Jadi, apakah kamu sudah siap menghadapi pesaing usaha? Artikel di bawah ini akan membahas tentang pesaing usaha lebih luas. Yuk, kita simak artikel berikut ini!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoTimes hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sumber: Marketingland.com

Apa itu Pesaing Usaha?

Pesaing usaha merupakan sebuah kompetisi antara para penjual yang sama-sama berusaha ingin mendapat keuntungan, pangsa pasar, serta jumlah penjualan yang tinggi.

Pesaing usaha bisa disebut juga sebagai pesaing bisnis.

Persaingan usaha menjadi salah satu risiko besar yang harus dihadapi para pelaku bisnis. Bagaimana tidak? Minat untuk menjalankan usaha saat ini sangat besar, bahkan banyak sekali yang menjalankan usaha di bidang yang sama.

Tentu hal tersebut tidak dapat dipungkiri dan dicegah oleh mereka yang telah menjalankan bisnis, karena kreativitas dan inovasi juga terus berkembang.

Penyebab Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis, selain terjadi karena adanya seseorang yang menjalankan bisnis di bidang yang sama dengan lainnya, juga dapat disebabkan karena beberapa hal. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Produk yang Sudah Ada Belum Bisa Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Seorang pesaing dapat muncul karena ia menemukan celah untuk masuk, menciptakan produk atau jasa yang lebih unggul dari yang sudah ada sebelumnya dan tentunya lebih memenuhi kebutuhan konsumen.

Mengingat, dalam hal berbisnis, saat ini konsumen memegang kekuasan yang cukup tinggi, sehingga banyak pelaku bisnis berlomba-lomba untuk tetap menarik perhatian konsumen agar tidak berpaling.

Kesalahan dalam Memilih Lokasi

Lokasi bisnis menjadi hal yang penting dalam berbisnis. Lokasi yang strategis dapat memudahkan pelaku bisnis dalam menjual atau mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki, dan bahkan dengan lokasi yang strategis dapat menarik begitu banyak konsumen untuk datang.

Sehingga, jika ada pelaku bisnis yang mengalami kesalahan dalam memilih lokasi, tentu ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis lain untuk membuka bisnis yang serupa dengan lokasi yang tepat dan lebih mendekatkan pada konsumen, karena konsumen tentunya akan memilih lokasi yang mudah dijangkau.

Kesalahan Strategi Pelaku Bisnis Sebelumnya

Tahukah kamu? Persaingan usaha, pada intinya, disebabkan oleh kesalahan strategi, yang mana kesalahan tersebut dapat dipelajari dan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis lainnya sebagai peluang yang mampu mencuri perhatian konsumen.

Akan tetapi, di luar itu semua persaingan menjadi hal yang wajar dalam dunia bisnis dan pelaku bisnis pun sudah sadar penuh akan risiko tersebut. Untuk itu, tidak heran jika sudah sewajarnya pelaku bisnis mengerti, memahami dan menyusun strategi dengan hati-hati serta bijak.

Sumber: catalystforbusiness.com

Manfaat dari Pesaing Usaha

Meskipun terdengar mengerikan, sesungguhnya persaingan dalam berbisnis bukan suatu hal yang harus selalu dihindari begitu saja, tanpa ada sisi positifnya. Pesaing usaha menghadirkan berbagai manfaat bagi pelaku bisnis yang sering kali tidak terduga dan banyak. Berikut adalah manfaat dari pesaing usaha:

Menghadirkan Motivasi Tinggi bagi Pelaku Bisnis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa persaingan dapat disebabkan karena adanya kesalahan yang dapat dijadikan peluang bagi pelaku bisnis lain, dengan menciptakan produk atau jasa yang lebih unggul.

Tentunya, hal ini dapat dijadikan sebagai acuan oleh para pelaku bisnis. Mengingat kesalahan atau kekurangan dalam suatu produk pasti ada, tetapi bagaimana pelaku bisnis tersebut tetap mempertahankan bisnis dari ketatnya persaingan itu membutuhkan motivasi tinggi.

Mengapa? Persaingan usaha yang ketat cenderung membuat kondisi yang tidak nyaman yang seringkali membuat para pelaku bisnis cenderung pesimis dengan keadaan.

Padahal, mereka belum tentu akan tergeser dengan produk yang baru asalkan ada keinginan untuk selalu memperbaiki dan membuat produk tersebut tidak dapat disaingi, seperti misalnya dengan terus menonjolkan sisi positif atau keunggulan yang menjadi ciri khas dan berbeda dari produk atau jasa lain.

Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi para konsumen yang berniat berpaling dan menggunakan produk atau jasa yang lain.

Membantu untuk Keluar dari Zona Nyaman

Pesaing usaha menciptakan zona yang penuh dengan tantangan. Untuk itu, pelaku bisnis harus mau keluar dari zona nyaman yang selama ini telah dibentuknya.

Bukan meninggalkan semua yang telah dijalankan, tetapi lebih pada memutar strategi kembali, dan mencoba hal baru. Hal tersebut tentunya menunjukkan sisi manfaat dari adanya persaingan dalam berbisnis karena pelaku bisnis akan keluar dari zona nyamannya dan mencoba untuk melakukan hal lain agar tidak tertinggal di tengah persaingan yang ketat.

Membantu Meningkatkan Kinerja Berbisnis

Selain dapat memberikan motivasi yang tinggi dan membantu untuk keluar dari zona nyaman, dengan adanya pesaingan usaha, secara otomatis juga dapat membantu meningkatkan kinerja berbisnis.

Dari motivasi yang tinggi dalam menghadapi persaingan dan mempertahankan bisnisnya, dapat berpengaruh pada kinerja bisnis. Contohnya, pelaku bisnis dapat lebih maksimal lagi dalam melakukan kegiatan promosi, agar meningkatkan angka penjualan dan melakukan strategi bisnis lainnya yang mampu meningkatkan dan mempertahankan bisnisnya.

Mengingat adanya persaingan mendorong seseorang untuk melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya, dan hal ini juga berlaku pada saat menghadapi persaingan bisnis.

Menciptakan Konsumen yang Loyal

Mendapatkan konsumen yang loyal merupakan suatu hal yang patut dipertahankan. Dengan menghadapi pesaing usaha, maka pelaku bisnis akan terdorong untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, hingga kualitas pelayanan terhadap konsumen.

Sehingga, jika hal tersebut diterapkan, otomatis loyalitas konsumen akan didapatkan dan tentunya akan membuat para pesaing mengalami kesulitan untuk mencoba bersaing.

Sumber: youinc.com

Cara Mengungguli Pesaing Usaha

Kemampuan seorang pebisnis untuk bisa unggul di antara pesaing-pesaing usahanya sangatlah penting untuk kesuksesan bisnisnya. Berikut ini cara-cara cerdas agar usaha kamu dapat bersaing di tengah pesaingan yang ketat, yaitu:

Amati dan Pelajari Pesaing Usaha Kamu

Nah, yang pertama yang harus dilakukan adalah mengamati perilaku pesaing/kompetitor usaha kamu. Kamu harus mempelajari apa saja yang membuat produk mereka diminati banyak masyarakat.

Kamu juga harus mempelajari kapan mereka ramai atau sepi dikunjungi konsumen. Hal ini akan memengaruhi strategi usaha yang bisa kamu lakukan.

Pahami Karakteristik Usaha Kamu

Langkah yang kedua adalah kamu harus mengerti dan memahami karakter usaha kamu. Mengapa? Ini bertujuan agar kamu dapat mencapai target pasar. Dan ingat, lakukanlah prinsip ekonomi, yaitu mengeluarkan modal kecil untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya.

Amati, Tiru dan Perbarui

Cobalah untuk mengamati perilaku pesaing, tirulah cara tersebut, dan modifikasi untuk usaha kamu. Cara ini sudah banyak dilakukan untuk mengembangkan usaha. Hal ini biasa dilakukan oleh pemain baru.

Cari Mitra Usaha

Mitra usaha berguna untuk menanam modal di usaha kita atau, dengan kata lain, menjalin kerjasama dengan perusahaan yang berkaitan dengan kamu dan kamu juga bisa menekan biaya iklan produk usaha kamu.

Beri Potongan Harga atau Diskon

Tujuannya untuk menarik minat masyarakat, cara ini juga menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan penjualan yang biasa kita terapkan di event atau di hari-hari tertentu.

Keramahan dalam Komunikasi ke Konsumen

Pelayanan merupakan salah satu cara yang bisa membuat orang senang. Kenapa? Karena di kehidupan sehari-hari orang yang berperilaku baik kepada orang lain itu disenangi, begitupula sebuah perusahaan kepada konsumennya. Hal ini bisa memberi kepuasan terhadap konsumen.

Jujur

Hal yang paling penting dalam segala sesuatu adalah berperilaku jujur. Jangan sampai, karena hanya untuk keuntungan semata, kamu membohongi konsumen kamu yang cepat atau lambat pasti terbongkar dan mungkin kamu akan mengalami kebangkrutan usaha.

Jadi, usahakan menjadi pribadi yang jujur, karena untuk mendapat kepercayaan orang lain itu tidak gampang. Jujur lah yang menjadi sifat orang percaya kepadamu dan usaha yang sedang kamu rintis.

Persaingan usaha adalah salah satu risiko yang akan ditemui semua orang yang membangun bisnis. Meskipun begitu, risiko ini pun akan mendongkrak usaha kita agar semakin melambung.

Salah satu hal yang bisa membuat sebuah perusahaan unggul dibanding perusahaan lainnya adalah menemukan solusi-solusi untuk menambah efisiensi waktu dan menghemat biaya. Misalnya, dalam hal manajemen pengeluaran.

Untuk itu, gunakan saja JojoExpense. Dengan proses yang terotomatisasi, aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengontrol budget kapanpun di manapun. Seluruh datanya pun tersimpan dengan aman di cloud-based platform, sehingga tidak perlu takut ada yang hilang atau terselip lagi.

Tunggu apa lagi? Coba demo gratis-nya sekarang!