Podcast Adalah – Pengertian, Sejarah, dan Cara Memulainya

Teknologi komunikasi saat ini kian berkembang. Seperti hadirnya podcast yang saat ini sedang populer. Sebelumnya podcast sudah dari tahun 2018 hadir dan menjadi salah satu marketing trends bersama AI, video marketing, influencer, dan sebagainya. Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh banyak pendengar di banyak platform musik. Berbeda dengan radio yang ditayangkan dengan frekuensi tertentu dan dapat didengarkan secara langsung, podcast bisa Anda dengarkan kapanpun melalui koneksi internet. Selain Anda mendengarkannya, Anda juga bisa membuat sendiri suatu podcast untuk bisa didengarkan khalayak ramai.

Sejarah Istilah Podcast

Istilah podcast muncul pada tahun 2004 yang diusuli oleh Jurnalis The Guardian, Ben Hammersley. Kata podcast singkatan dari “Play On Demand” dan “Broadcast” lalu akhirnya diadopsi oleh salah satu produk Apple, iPod dan aplikasi Apple Podcasts. Kemudian pada tahun 2005 Apple merilis fitur podcast. Siaran  audio sudah mulai bermunculandari berbagai jaringan radio, seperti BBC, CBC Radio One, NPR, dan sebagainya. Namun, saat ini bukan hanya media penyiaran besar saja yang bisa menayangkan podcast, namun siapapun juga bisa membuat podcast. Sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu apa kelebihan Podcast.

Apa Kelebihan Podcast?

Podcast adalah siaran audio yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui koneksi internet. Anda bisa mengatur sendiri tayangan audio yang ingin Anda dengarkan. Mulai dari tentang pendidikan, musik, topic ringan, diskusi, dan sebagainya. Berikut adalah kelebihan podcast antara lain:

1.      Ada Berbagai Banyak Pilihan Yang Bisa Didengarkan

Ada banyaknya podcast yang bisa Anda dengarkan. Seperti topik diskusi ringan seperti podcast komedi, podcast wawancara dengan musisi, atau podcast horor. Anda bisa menyesuaikan dengan minat dan ketertarikan yang Anda inginkan.

2.      Tidak Menayangkan Iklan

Tidak seperti radio, podcast tidak menayangkan iklan. Walaupun kamu tak berlangganan di layanan tersebut, tapi setidaknya iklan juga tak akan muncul di tengah tayangan podcast.

3.      Mendengarkan Podcast Lebih Fleksibel

Anda bisa mendengarkan podcast dengan lebih fleksibel dengan tetap terhubung dengan koneksi internet. Anda bisa mendapatkan podcast saat pulang kerja, saat sebelum tidur, saat bosan melanda. Bahkan, layanan musik Spotify memungkinkan Anda mengunduh tayangan podcast untuk nanti.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Berikut ini Anda bisa mendengarkan layanan Podcast di bawah ini:

Apple IOS iPhone/iPad

Untuk aplikasi GRATIS ada dua yang bisa digunakan yaitu:

Aplikasi bawaan dari Apple yaitu Podcast. Aplikasi ini dapat langsung di download di App Store.

Overcast juga termasuk layanan podcast gratis yang paling populer di iTunes App Store. Ada banyak pilihan untuk berbayar untuk men-support developernya.

Berikut ini aplikasi berbayar, sebenarnya ada banyak tapi berikut ini adalah dua yang paling populer:

  • Downcast ($3).
  • Pocket Casts ($4)

Android OS

Nah jika Anda menggunakan Android device (smartphone/tablet), untuk aplikasi Gratis, Anda bisa gunakan 2 aplikasi berikut ini.

  • Podcast Republic (bayar untuk menghilangkan iklan di app).
  • Podcast & Radio Addict (bayar untuk menghilangkan iklan di app).

atau jika Anda mau yang berbayar, yang populer dan fitur lengkap adalah :

  • BeyondPod (7 hari gratis, setelah itu bayar).
  • Pocket Casts

Windows Phone OS

  • i Podcast (gratis)
  • Bringcast (berbayar)
  • Podcast Lounge (berbayar)

Cara Membuat Podcast Sendiri

Anda bisa membuat podcast sendiri bahkan Anda juga bisa memutuskan untuk menjalankan podcast secara pribadi. Baik itu dapat diperdengarkan orang lain maupun untuk didengarkan sendiri. berikut ini adalah cara membuat podcast sendiri:

Tentukan Tema Podcast

Podcast saat ini sudah banyak ditayangkan secara massal melalui layanan music digital. Beberapa media podcast biasanya menyediakan tayangan berdasarkan kategori semacam komedi, berita politik, komentar olahraga, musik, film dan lain-lain. Pilihlah topik atau niche yang sesuai dengan minat Anda.

Siapkan Alat yang Diperlukan

Gunakanlah mikrofon terpisah dengan peredam suara untuk menghasilkan suara podcast yang maksimal.

Buat Konten Podcast

Setelah menentukan podcast apa yang akan dibuat dan semua alat telah disiapkan. Khusus untuk episode pertama Anda bisa membuat perkenalan tentang diri sendiri lalu kemudian topik podcast yang ingin Anda buat. Buatlah dengan natural, tidak panjang lebar, buatlah penjelasan yang singkat dan informatif. Anda juga bisa mengajak teman untuk mengisi podcast agar lebih seru dan menarik.

Selanjutnya buatlah script untuk tayangan podcast sesuai dengan durasi yang pas ditentukan. Biasanya podcast dengan durasi baik adalah yang berdurasi 20 hingga 60 menit tergantung topik yang Anda bawakan. Dan jangan terlalu fokus ke script, karena script hanya sebagai patokan untuk berbicara. Tetaplah terdengar natural saat sedang membawakan podcast, jadi Anda harus menguasai script yang sudah disusun.

Gunakan Editing Software

Aplikasi penyunting suara seperti Audacity atau Adobe Audition dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat podcast. Anda bisa mulai dari aplikasi penyunting suara yang free, tapi untuk menghasilkan kualitas yang terbaik Anda bisa menggunakan Adobe Audition yang merogoh kocek mulai Rp 285.000 per bulan.

Tambahkan Keterangan dan Upload

Setelah audio podcast Anda sudah selesai dibuat dan telah mengudara. Anda bisa menggunakan layanan third-party alias pihak ketiga seperti Anchor untuk mengunggah tayangan Podcast adalah berbagai platform media digital seperti Spotify, SoundCloud, atau bahkan YouTube. Saat pertama kali membuat akun jangan lupa untuk melengkapi informasi dasar, seperti nama seri podcast dan deskripsi podcast.

Jangan lupa juga untuk menambah deskripsi masing-masing episode podcast setiap kali Anda mengunggah episode baru. Buatlah rangkuman 1-2 kalimat yang menjelaskan ringkasan topik utama di episode tersebut. Jika sudah, lengkapi seri podcast Anda dengan gambar sampul yang menarik.

Bagaimana, setelah mengetahui pengertian, kelebihan, sampai cara membuat podcast, apakah Anda tertarik untuk emmbuat podcast sendiri? Semakin baik kualitas topik dan audio podcast, maka akan banyak juga pendengar yang suka dengan podcast Anda. Jika Anda sudah membuat podcast, maka banyaklah membagikan podcast tersebut di berbagai platform media sosial. Anda juga bisa membagikan potongan tayangan podcast di media sosial Anda dan akun media sosial terpopuler lainnya agar dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk membuat kinerja pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih praktis dan efisien. Dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti Budget Controlling, Cash Advance, Mobile Approval, Reimbursement Online hingga transfer ke berbagai cabang bank secara real time. 

tujuan negosiasi

Software ini juga dibekali teknologi canggih berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda terhindar dari risiko fraud financial. Menarik sekali, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, download Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengatur keuangan perusahaan sekarang juga!