Apa itu Podcast?

Orang Indonesia mungkin belum banyak yang tertarik untuk membuat podcast, atau malah banyak juga yang belum banyak yang tahu tentang podcast. Melalui artikel kali ini, saya akan berbagi informasi kepada Anda tentang podcast dan bagaimana Anda bisa membuat podcast, mulai dari persiapan pembuatan konsep, alat rekaman dan menguploadnya ke internet.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang hal ini mari saya jelaskan sedikit kepada Anda Apa itu Podcast dan mengapa Anda perlu memulai membuat konten dengan cara yang satu ini. Podcasting adalah sebuah rekaman yang dibuat dalam bentuk dan bisa di dengarkan oleh semua orang. mirip seperti radio tetapi bukan radio.

Kitapun bisa memilih siaran podcast milik siapa secara online, karena orang yang membuat podcast sendiri juga sangat banyak. Bahkan ada ribuan kategori dengan topik yang bisa Anda pilih, sebagai contoh Arts, Bisnis, komedi, education, games, hobby dan lain – lain.

Podcast sendiri sudah ada sejak tahun 2015 dan populer pada tahun 2007, sejak saat itu pendengar podcast semakin bertambah banyak.

Mungkin banyak yang juga ingin tahu Podcast sendiri berasal dari kata apa? Podcast sebenarnya gabungan dari kata “iPod” dan “Broadcasting”. Mungkin sudah banyak yang tahu kalau iPod adalah sebuah produk milik Apple.

Rekaman dalam bentuk audio sudah ada sejak lama, tetapi cara untuk mendapatkan rekaman dalam bentuk audio yang terorganisasi dan didapatkan secara terus menus melalui media seperti ini pertama kali yang mengusung adalah apple. Ini terjadi pada saat Apple baru mengeluarkan iPod dan juga iPhone.

Podcast kini tidak hanya bisa kita akses melalui iPhone dan juga Mac. Sekarang Anda sudah bisa mengaksesnya melalui Tablet, Android dan media sejenis lainnya.

 

 

Jenis-jenis Podcast

  1. Interview Podcast.

Podcast jenis ini biasanya terdiri dari satu atau dua host menginterview tamu yang berbeda-beda setiap episodenya. Podcast jenis ini adalah podcast yang paling populer karena tidak harus memerlukan format tertentu.

Persiapan yang perlu dilakukan biasanya meneliti orang-orang yang mau anda interview dan membuat daftar pertanyaan apa saja yang ingin diajukan. Untuk bisa melakukan podcast jenis ini Anda juga perlu memiliki keterampilan yang baik untuk bisa menjalankannya, seperti meyakinkan orang yang ingin diinterview untuk mau berpatisipasi, keterampilan mewawancara orang dan tentunya mampu membuat episode-episode podcast yang baru secara teratur.

  1. Solo Podcast

Jika Anda masih baru dan bertanya bagaimana caranya memulai sebuah podcast, mungkin podcast jenis ini yang cocok untuk Anda. Podcast ini biasanya hanya disajikan sebagai sebuah monolog saja, terdiri dari satu orang (Anda sendiri) yang berbicara.

Konten yang bisa dibuat juga bebas sekali, bisa opini, berita terkait, tanya jawab agaya orang lain yang bisa dijadikan bahan pembicaraan di setiap episodenya. Secara teknis Podcast solo jauh lebih mudah untuk diproduksi karena yang akan kita butuhkan adalah suara Anda sendiri

  1. Podcast Multi Host

Podcast yang satu ini biasanya terdiri dari dua host atau lebih, menjalankan podcast jenis ini menurut saya lebih dinamis daripada kalau kita menjalankan podcast solo. Jika dalam beberapa hari belakangan ini Anda sudah melakukan riset untuk menjalankan sebuah podcast dan Anda mempunya mitra yang cocok, Anda bisa menjalankan podcast jenis ini dan hasilnya pasti akan lebih fantastis.

Podcast multi host bisa membawa sebuah diskusi yang lebih menarik dan memiliki pendapat dan juga prespektif yang berbeda-beda, dan menurut saya ini akan lebih menambah nilai bagi pendengar dan juga lebih menghibur ketimbang membawakan podcast secara solo. Ide-ide yang akan dibicarakan juga biasanya akan lebih banyak dan beragam.

 

public relations

 

Peralatan Apa saja Yang Anda Butuhkan Untuk Memulai Podcast?

Ini adalah bagian yang penting dan yang paling banyak dinantikan oleh banyak orang. pada bagian ini, saya akan membahas secara singkat tentang peralatan apa saja dan juga software apa saja yang bisa Anda gunakan untuk memulai Podcast.

Bisa saya katakan uang kita akan banyak habis di mikrofon, ini bisa mahal bisa juga murah, bergantung dari mikrofon apa yang Anda pilih. Anda bisa menggunakan mikrofon XLR (XLR ini adalah jenis mikrofon dengan konektor listrik, biasanya banyak digunakan pada peralatan audio para profesional) yang biasanya terhubung ke mixer, dan dengan bantuan mixer ini Anda bisa mendapatkan kualitas audio yang cukup bagus. Namun Anda juga bisa menggunakan mikrofon yang menggunakan USB, kualitas suara mikrofon yang menggunakan USB juga cukup baik bagi kebanyakan orang dan saya sendiri sudah membuktikannya.

Dengan begitu banyaknya podcast baru yang muncul setiap harinya Anda mungkin memiliki pemikiran, saya sudah terlambat untuk memulainya. Tidak masalah.

Meskipun Anda baru akan memulai, di Indonesia sendiri podcast belum begitu banyak. Saya sendiri berpikir tidak ada kata terlambat untuk belajar dan memulai sesuatu. Jika Anda bisa memulai podcast yang bisa berkomunikasi dan juga menghibur dengan audiens, Anda kemungkinan akan menjadi pemenang.

Bukan berarti tidak ada persaingan. Persaingan itu wajar dan sudah pasti selalu akan ada. Tetapi dengan perencanaan yang tepat, cermat dan membuat episode-episode yang terstruktur akan membantu Anda untuk meningkatkan audiens. Berikut ini beberapa tips untuk memulai podcast dengan benar versi SUBMITClimb.

  1. Membuat Preview atau Pengantar

Jika anda berencana membuat podcast dalam beberapa episode, pastikan setiap episodenya nyambung dengan episode sebelumnya jika memang itu tidak bisa dibahas dalam satu episode. Pastikan Anda memiliki format yang konsisten untuk setiap episode Anda.

Satu tips yang bagus untuk Anda, selalu perkenalkan tamu istimewa di setiap awal rekaman, atau sertakan bagian berulang seperti “Top Trend” atau “Ask Me anything.” Dengan melakukan itu pendengar Anda akan selalu menantikan dan jika mereka bosan mereka bisa langsung pindah ke waktu di mana Anda membahas tentang topik yang mereka tunggu dan ingin dengarkan.

  1. Ikuti Aturan Podcast Yang Ideal

Panjang dan lamanya mempublikasikan sebuah podcast yang ideal adalah satu diskusi yang paling banyak dibicarakan dan ditanyakan. Ada yang mengatakan yang paling baik untuk membuat podcast adalah seminggu sekali. Sedangkan yang lain ada yang mengatakan satu bulan satu kali sudah cukup.

  1. Tentukan Tema dan Topik Anda

Podcast bisa membahas tema tentang apa saja. Tetapi seorang podcast terbaik di duniapun tidak akan berbicara tentang tema yang luas kepada semua orang. Cobalah pikirkan Anda mau mengangkat tentang tema apa? Dan mulailah berfokus kepada hal itu dan berusahalah untuk menarik audiens pendengar Anda terlebih dahulu. Karena dengan berfokus pada tema yang sama, para audiens Anda bisa tahu konten seperti apa yang sebenarnya Anda bahas. Setelah Anda mulai mendapatkan pengikut, silahkan jika Anda mulai berpikir untuk pindah atau menarik pendengar yang lain dengan tema yang lain.

  1. Bawakan dengan Santai, Fun dan Bergaya Wawancara

Saat Anda akan membawakan podcast dengan gaya wawancara, coblah untuk mengobrol dengan tamu Anda sebelum merekam acara ini. Mengapa ini harus dilakukan, karena ini akan membantu Anda bersantai saat percakapan dimulai. Selain itu pastikan membawakannya dengan santai. Host podcast terbaik biasanya selalu membawakannya dengan santai dan mereka juga tidak terlalu terburu-buru untuk mengajukan pertanyaan selanjutnya.

Sampai sini anda sudah paham tentang penegertian podcast ini? industri kreatif tak ada habisnya dalam terus berinovasi untuk menyajikan informasi atau hiburan semata. Jika kamu saat ini sedang mengelola perusahaan, untuk memudahkanmu menghitung pajak atas karyawanmu, gunakanlah aplikasi JojoPayroll. Dengan sistem penggajian yang sudah otomatis secara manual. Yuk, sudah saatnya mulai beralih ke hal yg lebih digital. Singkirkan waktu proses payroll manual yang berhari-hari menjadi hitungan menit. Gunakan JojoPayroll sekarang juga!