Pohon Karir Jadi Media Bimbingan Penentuan Masa Depan

pohon karir

Pohon karir merupakan salah satu media bimbingan dan konseling yang sengaja dibuat menyerupai bentuk pohon untuk memudahkan proses konseling siswa dalam memahami proses karir sesuai minat masing-masing.

Pada dasarnya, tak ada patokan atau rumus pasti dalam membuat pohon karir semacam ini. Jika kamu kreatif, maka kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan aplikasi semacam Adobe Photoshop ataupun Corel Draw. Namun jika tidak memiliki kemampuan di bidang grafis, maka kamu bisa membeli pohon karir ini di beberapa online shop.

Belakangan ini, penggunaan pohon karir sebagai media bimbingan dan konseling menjadi cukup viral di masyarakat. Bukan hanya di kalangan siswa, tapi juga berbagai kalangan profesional yang digunakan sebagai salah satu syarat pendukung akreditasi maupun ISO.

Umumnya, pohon karir ini digunakan oleh semua tingkatan pendidikan, mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK. Namun, pengguna yang paling banyak berasal dari para guru BK yang membimbing di SMK.

pohon karir

Apa itu pohon karir?

Seperti yang telah disebutkan di atas, pohon karir adalah alat untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karir untuk mencari, memilih, menyiapkan, dan menyesuaikan diri terhadap karir. Tentu saja, pemilihan karir ini disesuaikan dengan minat, bakat, serta kemampuan individu tersebut sehingga mampu mengembangkan diri di lingkungan masyarakat.

Selain pohon karir, ada pula pohon harapan yang juga sering dijadikan media pembelajaran. Berdasarkan definisinya, pohon harapan adalah alat atau media untuk membantu menyampaikan materi yang berisi tentang bimbingan bidang belajar untuk menumbuhkan motivasi belajar. Melalui cara tersebut, diharapkan para siswa menjadi sosok yang memiliki impian serta harapan hidup yang lebih baik di masa yang akan datang.

Tujuan umum pohon karir

Secara garis besar, pohon karir memiliki tujuan umum untuk membantu siswa dalam memahami dirinya sendiri serta lingkungannya. Dengan begitu, mereka bisa mengambil keputusan, merencanakan, dan mengarahkan keputusan perencanaan tersebut secara tepat. Jika keputusan dan perencanaan yang diambil tepat sasaran, maka sudah pasti karir, harapan, dan juga cara hidup di kemudian hari akan memberi kepuasan yang layak sekaligus seimbang.

Pohon karir juga bisa meningkatkan pemahaman diri siswa. Media ini juga berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang dunia kerja, membina sikap yang serasi terhadap partisipasi, dan meningkatkan kemahiran berpikir supaya mampu mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, pohon karir juga bisa digunakan untuk tujuan mengembangkan nilai yang berhubungan dengan gaya hidup yang diimpikan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Fungsi pohon karir

Bukan hanya menyimpan beberapa manfaat bagi pengembangan diri siswa, pohon karir juga memiliki fungsi lain, di antaranya:

  • Fungsi persiapan

Di dalam aspek fungsi persiapan terdapat aktivitas guru yang memberikan informasi seputar perguruan tinggi ataupun studi lanjut yang bisa didapatkan oleh setiap siswa.

  • Fungsi pencegahan

Sesuai dengan namanya, para guru bisa memberikan bantuan supaya siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami dirinya sendiri yang terkait dengan pekerjaan. Hal ini bisa mencegah siswa melakukan kesalahan dan menentukan langkah mereka saat menemukan karir yang diinginkan.

  • Fungsi penempatan

Media ini juga memungkinkan guru untuk membantu penempatan siswa pada bidang atau jenis pendidikan tertentu, misalnya dalam hal penjurusan ataupun pelatihan hingga pekerjaan. Dengan begitu, para siswa bisa mengambil keputusan sendiri secara tepat dan bijaksana.

  • Fungsi penyesuaian

Para guru pembimbing akan membantu siswa dalam menyesuaikan diri sesuai jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitarnya.

  • Fungsi pengembangan

Terakhir, adalah fungsi pengembangan di mana guru membantu siswa dalam mengembangkan seluruh pribadinya dengan terarah pada setiap minat kerja yang dimiliki.

pohon karir

Prinsip bimbingan karir secara umum

Ketahuilah, setiap siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan dirinya untuk mendapatkan karir yang tepat. Kendati demikian, setiap siswa harus paham, bahwa karir merupakan suatu jalan hidup dan pendidikan merupakan persiapan yang wajib dilakukan.

Sebaiknya, para siswa ini dibantu dalam mengembangkan pemahamannya terhadap diri sendiri yang terkait dengan perkembangan pribadi secara sosial dan juga perencanaan karir. Selain into, para siswa sebaiknya mampu memilih kesempatan untuk menguji konsep dan keterampilan yang dimiliki guna mengembangkan nilai serta norma untuk karirnya di masa depan.

Apa itu karir?

Melansir pengertian dari KBBI, karir adalah perkembangan dan kemajuan di kehidupan, pekerjaan, dan juga jabatan. Bisa dikatakan pula, karir merupakan suatu rangkaian perilaku dan sikap yang terkait dengan pengalaman maupun aktivitas kerja dalam rentang waktu kehidupan individu. Karir juga termasuk dalam rangkaian aktivitas kerja yang berkelanjutan.

Sementara itu, bimbingan karir merupakan suatu upaya bantuan terhadap peserta didik supaya mampu mengenal dan memahami dirinya dalam proses pengenalan dunia kerja. Bukan hanya itu saja, bimbingan karir juga berguna untuk mengembangkan masa depan sesuai alur kehidupan yang diinginkan serta kemampuan dalam mengambil keputusan secara tepat dan bertanggungjawab.

Perencanaan karir

Proses di mana individu mampu mengidentifikasikan maupun mengambil sejumlah langkah untuk mencapai tujuan karirnya disebut sebagai perencanaan karir. Melalui perencanaan semacam ini, setiap individu diharapkan bisa mengevaluasi kemampuan dan minat pribadi yang dimiliki. Selanjutnya, individu tersebut mampu mempertimbangkan karir pilihannya, memilih karir alternatif, menyusun tujuan karir, dan lain sebagainya.

pohon karir

JojoTimes siap membantu meningkatkan kinerja tim

Bicara soal karir, setiap orang pasti menginginkan kesuksesan di bidang keahliannya masing-masing. Begitu juga kamu yang mungkin saat ini sedang menggeluti dunia bisnis ataupun bidang human resources.

Tak bisa dipungkiri, segala pekerjaan menyangkut HR membutuhkan ketelitian dan kecermatan sehingga tidak bisa dilakukan sembarangan. Oleh sebab itulah, Jojonomic mempersembahkan sebuah aplikasi yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan kinerja tim bernama JojoTimes.

JojoTimes memiliki beberapa cara canggih untuk membantu perusahaan. Salah satunya adalah fitur untuk memonitor aktivitas karyawan melalui pengenalan wajah dan fitur GPS yang akurat.

Dengan teknologi ini, kamu bisa mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh para karyawan di mana pun mereka berada. Apakah mereka memang benar-benar berada di kantor, bekerja secara jarak jauh, atau menghadiri meeting sesuai laporan yang telah dibuatnya.

Selain itu, JojoTimes juga memungkinkan kamu untuk lebih menghemat waktu dalam membuat laporan kehadiran bulanan. Bukan hanya lebih cepat, Jojotimes mampu menghasilkan laporan kehadiran bulanan secara otomatis dan akurat.

Menariknya lagi, kamu bisa mendapatkan data komprehensif dari semua karyawan yang disimpan secara aman di perangkat lunak berbasis cloud. Kamu juga bisa melakukan impor dan ekspor data dengan mudah sesuai kebutuhan perusahaan.

Bahkan, kamu bisa menetapkan aturan sendiri tentang lembur dan cuti di dalam aplikasi canggih satu ini. Kamu tak perlu lagi mengisi dokumen yang membosankan sehingga bisa lebih fokus kepada pekerjaan lain yang lebih penting.

Itu tadi segudang fitur menarik yang ditawarkan oleh JojoTimes. Jika kamu berminat untuk menggunakannnya tapi masih sedikit ragu, maka kamu bisa memanfaatkan versi gratisnya sekarang juga.