Mengenal Point of Sales – Manfaat, Cara Kerja dan Tips Memilihnya

Point of Sale

Seiring berkembangnya teknologi, membuat masyarakat sebagai pelanggan memiliki banyak pilihan dalam melakukan transaksi. Kegiatan jual-beli kini tidak lagi harus dilakukan dengan cara yang konvensional. Oleh karena itu penggunaan teknologi dengan perangkat lunak terbaik sangat perlu dipertimbangkan untuk digunakan pada bisnis Anda.

Saat  ini, komputerisasi saja masih belum cukup untuk membuat bisnis berkembang. Anda membutuhkan perangkat lunak yang dapat mengintegrasi sistem menjadi satu sehingga bisnis dapat terkontrol dengan lebih mudah dan cepat. Perangkat lunak untuk meningkatkan performa penjualan bisnis Anda adalah Point of Sales atau yang juga dikenal sebagai POS.

Apa itu Point of Sales? Apa saja kegunaaannya? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, pada artikel berikut Jojonomic akan mengajak Anda mengenal lebih jauh tentang perangkat lunak yang satu ini.

Apa itu Point of Sales?

Ilustrasi Software Point of Sale

Point of Sales secara harfiah dapat diartikan sebagai tempat pelanggan untuk melakukan pembayaran untuk produk yang akan dibeli. POS sendiri merupakan perangkat lunak yang dioperasikan oleh seorang kasir dimana proses transaksi antara pelanggan dan kasir dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Pada dasarnya sistem Point of Sales adalah cara all-in-one untuk melacak arus kas bisnis Anda dengan cara sistematis yang berorientasi untuk meningkatkan market interest dan pelayanan terhadap pelanggan.

Keunggulan Point of Sales

Transaksi lebih mudah dengan software point of sale

Karena berfungsi untuk memudahkan proses transaksi pada bisnis Anda, tentu Point of Sales memiliki berbagai keunggulan. Berikut adalah keunggulan POS yang perlu Anda ketahui.

1. Proses transaksi lebih detail dan lengkap

Anda dapat melakukan transaksi dengan lebih lengkap dan terperinci jika menggunakan perangkat lunak POS, hal ini dikarenakan POS dapat menjumlahkan hasil transaksi secara keseluruhan pada saat itu juga. Jadi anda bisa menjumlahkan hasil transaksi secara periodik baik itu harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Mampu mengecek persediaan

Sistem POS bisa mencatat setiap barang masuk dan keluar sehingga Anda bisa menghitung jumlah persediaan barang yang ada. Hal ini juga dapat meminimalisir kelalaian pegawai maupun human error dalam mengecek jumlah barang yang tersedia. POS juga dapat melaporkan data persediaan barang yang lebih valid dan real time sehingga Anda dapat memantau pergerakan persediaan barang secara realtime.

3. Mudahnya akses terhadap laporan transaksi

Sistem POS akan menyimpan setiap data transaksi jual-beli yang dilakukan. Dengan demikian, Anda bisa mengakses laporan transaksi yang terjadi setiap harinya secara lengkap dan realtime. Bahkan laporan ini juga dapat Anda akses secara online karena sistem POS ini terhubung dengan internet. 

4. Dapat dengan mudah merubah harga produk

Harga jual suatu produk seringkali naik turun seiring dengan perubahan pasar, dengan sistem POS Anda dapat mengubah harga untuk setiap produk dengan mudah. Anda tidak perlu mengubah harga produk satu persatu karena POS juga dapat mengubah harga jual produk mengikuti perkembangan harga jual produk secara otomatis.

5. Meningkatkan keamanan dan kenyamanan kegiatan transaksi

Dengan menggunakan sistem POS, proses transaksi jual-beli terasa lebih aman dan nyaman. Sebab POS dapat memproses transaksi dengan lebih cepat dan keamanannya pun lebih terjamin karena terkomputerisasi.

6. Mendukung berbagai jenis transaksi

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, pasti Anda seringkali melakukan promosi dengan memberikan diskon, potongan harga maupun voucher promo.  Sistem POS dapat mendukung transaksi-transaksi tersebut sehingga Anda tidak perlu repot untuk melakukan perhitungan secara manual.

7. Menyimpan database pelanggan

Sistem POS dapat membantu Anda menyimpan database pelanggan dengan sistem “membership” sehingga Anda dapat mengirim informasi mengenai promosi yang sedang Anda lakukan melalui email maupun nomor telepon dari pelanggan Anda yang tersimpan di dalam database.

Cara Kerja Point of Sales

Cara kerja aplikasi POS

POS adalah sebuah sistem yang memiliki cara kerja tersendiri dengan kegunaannya sebagai alat untuk mempermudah Anda dalam melakukan proses transaksi dengan pelanggan. POS memiliki beberapa aspek sehubungan dengan cara kerjanya, aspek tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Transaksi

Sistem POS mendukung lebih banyak sistem pembayaran termasuk pembayaran dengan menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. POS dapat terintegrasi dengan bank yang digunakan pada bisnis Anda secara otomatis. Selain itu POS juga terhubung dengan financial tracking system di seluruh dunia sehingga Anda dapat mengetahui catatan keuangan perusahaan Anda.

Di samping dukungan pada banyak sistem pembayaran, POS juga mendukung berbagai fitur transaksi lain seperti perhitungan pajak penjualan, perhitungan diskon produk, penggunaan kode voucher, dan lain sebagainya. Sehingga sistem POS dapat membuat transaksi Anda bersama pelanggan menjadi lebih mudah.

2. Berbasis internet

Terdapat perangkat lunak POS yang berbasis internet sehingga bagi Anda yang memiliki bisnis di berbagai lokasi dapat lebih mudah mengontrol ataupun mengecek laporan penjualan dengan lebih mudah. Selama Anda terhubung dengan koneksi internet Anda dapat mengakses laporan penjualan tiap cabang dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mendatangi tiap cabang satu persatu.

Selain itu, POS juga dapat dikembangkan lagi untuk terhubung dengan sistem akuntansi sehingga Anda bisa mengecek setiap laporan yang Anda butuhkan. Dan dengan adanya basis internet, Anda juga dapat menikmati fitur-fitur lain seperti back-up data, melacak inventaris, mengunduh katalog dari supplier, dan lain-lain.

3. Membutuhkan perangkat keras

POS adalah sebuah perangkat lunak yang tentunya membutuhkan perangkat keras untuk menjalankannya, perangkat keras tersebut dapat berupa komputer untuk sistem POS Online, dan ponsel pintar atau smartphone untuk sistem POS Cloud.

Selain perangkat keras untuk menjalankannya, POS juga dapat dihubungkan dengan perangkat lain untuk mendukung transaksi seperti printer untuk mencetak struk, cash drawer, card reader hingga barcode scanner harus diintegrasikan dengan POS agar transaksi dapat berjalan dengan lancar.

Ada dua jenis printer yang dapat terhubung dengan sistem POS, yaitu printer dot matrix dan thermal printer. Sedangkan untuk cash drawer yang ada pada mesin kasir dapat terbuka secara otomatis setelah proses perhitungan selesai jika dihubungkan dengan POS.

Selain itu ada pula card reader yang harus dihubungkan dengan sistem POS agar transaksi dapat terintegrasi dengan bank yang terkait. Dan yang terakhir adalah barcode scanner agar harga produk dapat terinput secara otomatis hanya dengan memindai barcode yang ada pada produk.

Tips Memilih Aplikasi POS

Tips Memilih Aplikasi Point of Sale

Terdapat banyak jenis POS atau aplikasi kasir yang ada, jadi Anda harus mempertimbangkan dengan baik sistem POS yang akan Anda gunakan pada bisnis Anda. Dengan pertimbangan yang baik, Anda bisa saja menghemat anggaran yang tidak diperlukan. Untuk itu, simaklah tips memilih sistem POS berikut.

  1. Pilihlah sistem POS dengan fitur yang lengkap namun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada banyak sekali fitur POS yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda karena sistem kasir untuk setiap bidang bisnis mungkin saja berbeda.
  2. Pilih sistem POS yang mudah digunakan. Untuk menggunakan perangkat lunak POS, Anda harus paham betul dengan cara kerjanya terlebih dahulu. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memilih sistem POS yang lebih mudah dan memiliki tampilan yang sederhana. Hal ini agar aplikasi tersebut mudah dipelajari sehingga pegawai Anda pun akan lebih cepat paham saat pelatihan.
  3. Pertimbangkan anggaran yang Anda miliki dan sesuaikan dengan kebutuhan untuk membeli perangkat lunak POS maupun perangkat keras pendukungnya. Apalagi jika skala bisnis Anda masih terbilang kecil, maka sesuaikan budget dan tinggalkanlah dulu perangkat yang belum terlalu dibutuhkan untuk menekan anggaran Anda sehingga tidak terjadi pembengkakan.
  4. Pilih sistem POS yang dapat menghasilkan berbagai jenis laporan. Laporan seperti pendapatan, stok barang, laba-rugi dan jumlah konsumen biasanya akan Anda butuhkan. So, pastikan perangkat lunak POS anda mendukung untuk menghasilkan laporan-laporan tersebut.

Penutup

Memilih sistem POS terbaik tentu saja menjadi keinginan bagi para pebisnis dengan tujuan untuk meningkatkan performa penjualan. Dengan sistem POS yang lengkap yang mendukung berbagai jenis transaksi tentu saja membutuhkan anggaran yang lebih besar. Namun, apabila Anda salah memilih, maka yang akan terjadi hanyalah pembengkakan pengeluaran perusahaan. JojoExpense membantu Anda untuk meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan Anda.

Jojo Expense

Perangkat lunak ini dapat membuat Anda mengelola seluruh anggaran perusahaan melalui smartphone. Sehingga Anda dapat menolak maupun menyetujui pengajuan reimbursement dan cash advance kapan saja dan di mana saja.

JojoExpense juga menjamin keamanan dan dapat mencegah penipuan keuangan dengan intelligence OCR dan Realtime Geotagging. So, Anda pun tak perlu khawatir lagi terjadi fraud atau penipuan keuangan pada perusahaan Anda. Miliki manajemen keuangan perusahaan yang lebih baik dengan JojoExpense.