Prinsip Etika Bisnis dan penerapannya dalam Perusahaan

prinsip etika bisnis

Dalam dunia bisnis, etika adalah hal penting yang sangat diperlukan untuk mengelola bisnis perusahaan serta menjalankannya. Untuk menjalankan bisnis dan sebagai individu yang perlu hidup bersosialisasi, tentu saja kita membutuhkan partner. Prinsip Etika Bisnis yang baik tentunya akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dengan lebih mudah.

Kita tidak bisa hidup sendiri, jadi perlu menjalin hubungan baik dengan teman bisnis dan lingkungan kerja. Jadi dalam penerapannya, etika bisnis tentunya harus memperhatikan nilai-nilai norma dan moralitas yang berlaku dalam masyarakat. Selain itu, hal tersebut juga dapat diterapkan atau dimunculkan di dalam perusahaan sendiri karena etika bisnis sangat berkaitan dengan profesional bisnis.

Manfaat Prinsip Etika Bisnis

Semua perusahaan pasti meyakini bahwa suatu prinsip bisnis yang baik merupakan prinsip yang selalu memperhatikan etika yang telah berlaku termasuk hukum dan peraturan-peraturan. Etika bisnis memiliki beberapa prinsip yang digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan agar dapat mencapai tujuan yang dimaksud. 

Prinsip Etika Bisnis sangat perlu dimiliki oleh para pelaku bisnis, bahkan Anda harus memegang teguh prinsip etika bisnis. Hal ini termasuk sikap dan kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis hingga tindakan yang diambil untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis.

prinsip etika bisnis

Apa Saja Prinsip Etika Bisnis ?

Lalu apa saja prinsip etika bisnis?

1. Prinsip kejujuran

Kejujuran akan membawa kesuksesan juga kepercayaan dari pihak lain yang bekerja sama dengan kita. Apalagi di hadapan konsumen, kepercayaan adalah yang paling utama sehingga mereka loyal. Misalnya, jangan membuat promo yang menipu dan menjebak konsumen.

Prinsip ini adalah prinsip utama yang harus dipenuhi dalam etika bisnis. Suatu kegiatan bisnis pasti akan sukses apabila di dalam setiap kegiatannya menerapkan prinsip kejujuran. Hal terpenting sebelum menerapkan prinsip ini pada perusahaan yaitu, menerapkan terlebih dahulu kepada diri sendiri. Apabila Anda seorang pemimpin yang mampu menerapkan prinsip ini maka tentunya semua karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda akan menerapkan prinsip ini juga.

2. Prinsip saling menguntungkan

Bisnis harus dijalankan dengan cara-cara yang baik sehingga menguntungkan semua pihak yang terlibat. Pengusaha harus memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen dan menyampaikan barang atau layanan terbaik sehingga mereka puas.

3. Prinsip keadilan

Terapkan prinsip ini maka semua pihak yang ada atau terkait dengan bisnis Anda harus memberikan kontribusi baik secara langsung atau tidak langsung terhadap keberhasilan suatu bisnis. Maka dari itu semua pihak terkait harus mempunyai akses yang positif terhadap kewajiban yang telah diterima dari perusahaan agar tercapainya keberhasilan.

Jangan sampai salah satu pihak dirugikan dalam suatu hubungan bisnis. Baik dengan pihak internal maupun eksternal, hak-hak semua pihak harus terpenuhi.

4. Prinsip Otonomi

Prinsip ini artinya suatu perusahaan berhak untuk menetapkan etika bisnis dalam perusahaannya sendiri. Maksudnya, tidak bergantung kepada perusahaan lain dalam pengambilan suatu keputusan, karena setiap perusahaan tentu memiliki tujuan, visi serta misi yang berbeda – beda.

Memiliki otonomi berarti sadar dan mengetahui betul apa yang dilakukan termasuk konsekuensinya ketika berbisnis. Ini berarti paham dengan aturan yang harus dipatuhi dan tahu mana hal baik yang harus dilakukan.

prinsip etika bisnis

Fungsi Prinsip integritas moral

Pebisnis, karyawan, maupun bagian manajemen harus sebisa mungkin menjaga nama baik perusahaan. Selain itu, pebisnis juga perlu membangun rasa bangga dan percaya diri yang turut tercermin dari perusahaan.

Masyarakat atau konsumen adalah cerminan dari bisnis Anda Apabila Anda memberikan kontribusi yang baik maka dampaknya terhadap bisnis Anda pun akan baik. Maka, berikanlah hormat terhadap diri sendiri dengan melakukan segala sesuatu dengan hal-hal yang positif. Anda sebagai pengelola perusahaan tentunya sudah menjadi suatu kewajiban apabila memberikan respek kepada siapa saja yang terlibat pada aktivitas suatu bisnis. dengan begitu maka semua pihak pasti akan memberikan respek juga terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Fungsi Prinsip Etika Bisnis diantaranya yaitu :

  1. Tanggung jawab dalam hal yang dikerjakan.
  2. Aspek bisnis harus mengarah pada inovasi, keadilan, dan komunitas dunia.
  3. Saling percaya dalam perilaku.

Pendekatan Etika Bisnis dalam Perusahaan

Setidaknya terdapat 3 (tiga) pendekatan etika dalam berbisnis yang perlu untuk dilakukan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

1. Utilitarian Approach

Pendekatan ini memfokuskan pada setiap tindakan yang dilakukan harus didasarkan dengan konsekuensinya. Untuk itu, sebelum bertindak, kamu harus memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat dengan cara yang tidak membahayakan, serta menggunakan biaya serendah-rendahnya. Setelah bisnis berhasil dan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat, bisnis dengan mudah akan disukai oleh banyak orang, sehingga akan dengan mudah mendapatkan pelanggan yang loyal.

2. Individual Rights Approach

Pendekatan ini memiliki pengaruh besar dalam menghargai dan menghormati tindakan yang dilakukan orang lain. Namun, jika tindakan tersebut dinilai bisa berakibat suatu perpecahan atau benturan dengan hak orang lain, maka tindakan tersebut harus dihindari.

3. Justice Approach

Setiap pembuat keputusan memiliki kedudukan sama, serta bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, baik perorangan maupun kelompok. Pendekatan ini akan memberikan keuntungan baik dalam jangka pendek maupun panjang. Di mana, semua pihak yang terkait akan merasa diuntungkan dengan keputusan yang adil.

Jadi, apa pun bisnis yang sedang Anda jalankan, jangan lupa untuk menerapkan prinsip etika bisnis di atas ya. Sehingga bisnis Anda akan lancar dan tidak ada pihak yang dirugikan. 

Contoh Menerapkan Prinsip Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan sikap atau perilaku untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.

Etika bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.

Sesuai dengan prinsip Etika Bisnis yang sudah Anda terapkan dalam perusahaan Anda tentunya memerlukan fasilitas yang bisa mendukungnya, sehingga bisa memberikan kepercayaan pada rekan bisnis atau klien Anda. Salah satu cara yang bisa memberikan pengaruh pada perkembangan bisnis perusahaan adalah kinerja perusahaan dan sumber daya manusia.

Prinsip Etika Bisnis yang efektif dan sangat mudah dilakukan oleh para SDM perusahaan Anda adalah menerapkan disiplin pada karyawan seperti absensi, administrasi dan laporan keuangan yang baik, seperti software JojoTimes mampu menjawab semua tantangan tersebut.

Aplikasi terbaik JojoTimes

Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan

FITUR POPULER dari JojoTimes

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Silahkan klik link berikut untuk menguji kinerja aplikasi kami klik Coba Gratis Sekarang.

Segera terapkan beberapa prinsip etika bisnis di atas dan segera rasakan manfaatnya pada bisnis Anda. Semoga bermanfaat.