Prinsip Pareto Dengan Seluruh Manfaatnya Dalam Bisnis

prinsip pareto

Prinsip pareto seringkali disebut pula dengan aturan 80-20 atau Anda juga bisa menulisnya 80/20. Prinsip ini merupakan hasilpemikiran dari tokoh Joseph M. Juran. Pada dasarnya prinsip ini menekankan bahwa sebanyak 80% konsekuensi yang diterima rupanya 20% berasal dari faktor penyebab. Secara lebih jelas dapat diartikan pula bahwa setiap kejadian atau peristiwa bisa terjadi karena 20% penyebab yang pada akhirnya memberikan kontribusi pada 80% akibat. Hal ini bisa digambarkan dengan contoh dalam bidang bisnis. Misalnya 80% keluhan konsumen sebanyak 20% disebabkan oleh rasa tidak puas konsumen terhadap kualitas suatu produk. Prinsip ini tampaknya menjadi suatu prinsip andalan yang diterapkan di dalam dunia bisnis.

Keuntungan Prinsip Pareto

Mengembangkan bisnis

Dengan adanya prinsip pareto maka suatu usaha atau bisnis yang sedang berjalan bisa semakin dikembangkan. Sebab dalam hal ini Anda bisa melakukan analisis terhadap penjual produk. Menurut prinsip ini maka bisa disimpulkan bahwa 80% keuntungan yang Anda peroleh berasal dari 20% produk yang telah dijual. Sedangkan sisa keuntungan yang 20% berasal dari penjualan 80% produk. Jika Anda talah melakukan pembagian atau klasifikasi seperti ini maka Anda bisa segera menelusuri 20% produk manakah yang bisa memberikan keuntungan besar. Anda bisa mencari tahu mengenai 20% produk yang laris di pasaran.

Menjaga ketersediaan produk

Dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis tentunya berbagai produk yang diluncurkan diharapkan agar dapat sama-sama laris. Namun tetap saja biasanya terdapat beberapa produk yang memang paling laris sehingga banyak diinginkan oleh para konsumen. Produk yang paling laris di pasaran inilah yang dapat terus dipertahankan. Terutama kualitas produk sehingga produk ini nantinya tidak akan mengecewakan pelanggan. Stock produk terutama produk yang paling laris sebaiknya tidak sampai mengalami kekurangan. Sebab bila terjadi kekosongan atau kekurangan supply produk maka keperccayaan pelanggan terhadap perusahaan akan dengan sendirinya memudar. Hal ini pada akhirnya bisa berdampak pada tingkat penjualan produk yang bisa saja semakin menurun. Oleh karena itu persediaan atau stock produk harus selalu diperhatikan agar perusahaan bisa memuaskan konsumen ataupun pelanggan.

Prinsip pareto dapat mendatangkan pelanggan

Pada akhirnya dengan diberlakukannya prinsip pareto pada bisnis Anda maka Anda bisa melakukan analisis pelanggan. Jika pada awalnya Anda hanya dapat melakukan analisis pada produk yang paling laris saja kini Anda bisa melakukan analisis pada pelanggan. Anda bisa menemukan kategori pelanggan yang sering melakukan pembelian terhadap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda. Analisis terhadap pelanggan ini nantinya bermanfaat bagi Anda untuk bisa melakukan prediksi terhadap sasaran selanjutnya. Jenis pasar ke depannya bisa dilakukan dengan lebih tepat karena adanya hasil dari analisis pasar tersebut. Maka berbagai strategi penjualan nantinya bisa dikembangkan dengan disesuaikan pada permintaan pasar.

Memiliki customer loyal

Tidak hanya mencari pelanggan saja tetapi sebuah perusahaan juga bisa menemukan pelanggan setianya dengan mengunakan prinsip pareto. Prinsip ini setidaknya akan menghantarkan perusahaan pada proses analisis pasar. Kemudian akan tampak pelanggan setiap atau customer loyal yang selalu melakukan pembelian produk perusahaan. Customer loyal pada dasarnya merupakan sebuah aset bagi sebuah perusahaan. Melalui customer loyal inilah maka sebuah perusahaan bsia mendapatkan laba atau keuntungan penjualan prodduk. Oleh karena itu sebuah perusahaan perlu memahami lebih lagi mengenai permintaan pelanggan. Sebisa mungkin perusahaan bisa memenuhi permintaan pelanggan sehingga produk bisa sesuai dengan selera atau keinginan pelanggan. Tidak hanya kualitas produk saja yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi keinginan pelanggan. Tetapi layanan perusahaan juga perlu untuk ditingkatkan agar bisa semakin memuaskan pelanggan setia perusahaan.

Manfaat Prinsip Pareto Yang Bisa Didapatkan

Meningkatkan produktivitas

prinsip pareto pada dasarnya merupakan cara paling efektif untuk membantu perusahaan dalam rangka meningkatkan produktivitas. Sebab prindip ini mengajarkan perusahaan agar tidak membuang waktu. Namun justru perusahaan harus selalu berfokus pada produk agar dapat memuaskan pelanggan. Jadi berbagai cara akan dilakukan demi meningkatkan produktivitas sehingga produk dapat lebih terjamin.

Meningkatkan keuntungan

Jika produk yang diluncurkan oleh perusahaan laris di pasaran maka tentu saja sajaomset penjualan Anda akan mengalami peningkatan. Dari hal inilah maka perusahaan akan mendapatkan prodit atau laba atau keuntungan. Memang untuk meningkatkan keuntungan maka sebuah perusahaan haruslah tetap bekerja keras. Misalnya dengan melakukan peningkatan produktivitas dan SDM. Hal tentu berkaitan dengan adanya penerapan prinsip pareto pada suatu perusahaan.

Memperluas pemasaran

Prinsip dalam bisnis yang berpusat pada pengembangan 20% produk untuk 80% keuntungan juga bisa bermanfaat untuk perluasan wilayah pemasaran. Semakin banyak pelanggan yang menggunakan atau mengonsumsi produk Anda maka berarti semakin luas jangkauan pemasaran Anda. Bahkan Anda bisa mengembangkan strategi perluasan pemasaran dengan tepat agar Anda bsia mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Mengidentifikasi masalah

Setiap bisnis atau perusahaan pasti memiliki masalah masing-masing. Umumnya masalah berkaitan dengan menurunnya produktivitas atau mungkin berhubungan dengan kasus human error. Maka Anda bisa menganalisis permasalahan yang mungkin terjadi pada perusahaan Anda. Berikan prioritas pada permasalahan yang ahrus segera diselesaikan agar tidak sampai merugikan bagi perusahaan. Selain itu lakukan berbagai pendekatan untuk bisa mengatasi segala permasalahan yanga dapada perusahaan Anda.

Mengembangkan layanan

Pengembangan layanan yang dimaksud dalam hal ini adalah layanan untuk konumen. Jika konsumen merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan Anda maka konsumen bisa saja menjadi customer Anda. Dengan menjadi customer dari perusahaan And amaka bisa dikatakan bahwa Anda telah memiliki pendapatan tetap yaitu dari pelanggan setia Anda tersebut.

Penerapan Prinsip Pareto Dalam Bisnis

Prinsip pareto sebenarnya dapat memberikan keuntungan bagi sebuah perusahaan. Sebab pandangan ini akan membuat sebuah perusahaan semakin tergerak untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan. Prinsip yang ditemukan oleh ahli ekonomi yang berasal dari Italia ini memang dapat membuat Anda menjadi lebih fokus dalam menjalankan bisnis. Prinsip ini akan membantu Anda untuk dapat melakukan penjualan produk secara maksimal sehingga hasil yang diperoleh juga semaksimal mungkin.

Hal ini sama pentingnya dengan menggunakan sistem yang paling tepat untuk absensi perusahaan. Salah satunya melalui penggunaan JojoTimes. Dengan pemilihan sistem tersebut maka absensi perusahaan dapat berjalan lebih sistematis dan teratur. Selain itu akses ke sistem absensi juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan aman tanpa potensi penipuan absen. Tentunya manfaat ini berkat fitur menarik yang ditawarkan oleh JojoTimes, termasuk fitur-fitur berikut ini.

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat.
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja.
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan.
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang ada.

Oleh sebab itu tidak perlu merasa ragu, segera beralih ke JojoTimes dan dapatkan coba gratis 14 hari di perusahaan Anda. Selamat mencobanya!