Problem Solver : Kemampuan Individu dalam Pemecahan Masalah

problem solver

Pemecahan masalah atau problem solver adalah kemampuan untuk memecahkan semua masalah dan membuat keputusan yang sulit. Memecahkan masalah sendiri merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki setiap orang karena sangat berguna ketika sudah bekerja di perusahaan.

Meskipun mudah untuk mengatakan, sulit untuk benar-benar memecahkan masalah. Pasalnya, Anda perlu memiliki pemikiran positif saat menghadapi masalah. Selain itu, memecahkan masalah juga menuntut kemampuan Anda untuk berpikir logis dan sistematis saat menghadapi masalah.

Kemampuan pemecahan masalah itu sendiri berkaitan erat dengan kemampuan lain, antara lain kemampuan menganalisis, mengungkapkan ide, mendengarkan, mengambil keputusan, berkomunikasi, dan bekerja dalam tim. Ketika Anda memiliki beberapa kemampuan yang disebutkan di atas, akan lebih mudah untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.

Apa saja kemampuan untuk memecahkan masalah dalam Problem Solver?

problem solver

Kemampuan pemecahan masalah itu sendiri dapat ditingkatkan, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan lebih mudah. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

Berani ubah mindset bagi seorang Problem Solver

Cara pertama untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah dengan berani mengubah cara berpikir. Hal ini sangat sulit untuk dilakukan, tetapi jika Anda bisa melakukannya, maka kemampuan Anda untuk memecahkan masalah akan meningkat. Jika sebelumnya Anda memiliki mental untuk menghindari masalah, sekarang cobalah untuk mengubahnya, hadapi masalah dengan berani, dan jadikan itu tantangan.

Memang butuh banyak waktu untuk mengubah pola pikir, dan itu tidak bisa langsung diubah. Namun, ketika Anda dapat mengubah pola pikir Anda, menjadi lebih positif, dan melihat masalah dari sudut lain, tentu saja kemampuan Anda untuk memecahkan masalah akan meningkat.

Identifikasi masalah yang dihadapi

Selain mengubah pola pikir menjadi lebih positif, Anda juga harus bisa mencoba mengidentifikasi masalah yang dihadapi. Padahal, proses mengidentifikasi masalah bukanlah tugas yang mudah. Namun, Anda perlu mencoba proses ini sehingga Anda dapat menemukan solusi yang tepat untuk masalah yang dihadapi.

Dengan mengidentifikasi masalah, Anda dapat melihat sumber masalah yang Anda hadapi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencari masalah yang menunjukkan akar penyebab masalah tersebut. Saat menentukan masalah, sebaiknya jangan terlalu sering menebak sumber masalahnya. Pikirkan secara logis tentang sumber masalah dan tindakan yang dapat Anda ambil.

Coba gunakan metode mind mapping

problem solver

Langkah lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah adalah dengan menggunakan metode mind mapping. Saat Anda menghadapi masalah dan perlu segera mencari solusi, Anda bisa mencoba metode mind mapping ini. Metode mind mapping akan membantu untuk menemukan solusi dari masalah yang dihadapi dalam proses pemetaan informasi.

Tidak hanya membantu menyelesaikan masalah, ternyata metode mind mapping juga memiliki kelebihan lain. Misalnya, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan merangsang kinerja otak. Selain itu, metode mind mapping juga dapat membantu Anda menemukan ide-ide baru dan memfokuskan perhatian Anda pada proses pemecahan masalah.

Mengembangkan keterampilan komunikasi

Keterampilan komunikasi juga merupakan hal penting yang berkaitan dengan proses pemecahan masalah. Ketika Anda tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pasti akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Jika Anda ingin mengasah kemampuan pemecahan masalah Anda, pertama-tama cobalah untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dengan diri sendiri dan orang lain.

Jika kemampuan komunikasi Anda baik dan mumpuni, proses identifikasi masalah akan lebih mudah. Anda juga dapat menemukan ide-ide yang berguna untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak boleh meremehkan keterampilan komunikasi, karena mereka sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Mencari ide adalah jalan Problem Solver

Kemampuan memecahkan masalah erat kaitannya dengan penemuan kreativitas. Faktanya, orang dengan kemampuan pemecahan masalah yang baik akan selalu mudah menemukan dan menemukan ide-ide bagus untuk memecahkan masalah. Anda tidak bisa memaksakan pencarian kreativitas, karena kreativitas harus mengalir.

Namun, salah satu cara untuk menemukan ide adalah dengan melakukan brainstorming atau berdiskusi dengan teman. Saat Anda melakukan brainstorming, Anda pasti akan menemukan ide dari hal-hal yang dikomunikasikan oleh anggota tim Anda.

Inilah sebabnya ketika Anda melakukan brainstorming, Anda tidak perlu malu untuk mengungkapkan pendapat Anda. Ucapkan saja pikiran yang muncul di benak sehingga orang lain dapat mendengarnya. Tentunya dari proses ini Anda akan mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan masalah, karena Anda sudah memiliki lebih banyak ide sebagai solusi.

Brainstorming memang bisa dilakukan di kantor atau di mana saja. Namun, jika Anda ingin bertukar pikiran di tempat yang nyaman dan suasana baru, maka Anda bisa mencoba datang ke co-working space CoHive. Ada banyak ruangan nyaman di sini yang bisa digunakan untuk brainstorming dengan rekan satu tim. Dengan suasana baru, brainstorming bisa lebih menarik dan menghasilkan banyak ide kreatif.

Kesimpulan Problem Solver

Jika ingin menjadi karyawan yang dapat dipercaya, maka perlu meningkatkan soft skill pemecahan masalah. Bagaimana bisa? Seiring waktu, perusahaan akan menemukan masalah baru yang perlu mereka pecahkan.

Oleh karena itu, terlepas dari posisi Anda di perusahaan, keterampilan ini sangat penting untuk karir masa depan Anda. Namun, butuh waktu lama untuk menjadi pemecah masalah yang efektif. Anda harus dapat berpikir secara sistematis dan logis pada saat yang bersamaan. Saat mencari jalan pintas untuk masalah, Anda juga harus dapat menggunakan pengalaman Anda.

Oleh karena itu, agar Anda dapat menjadi pemecah masalah yang andal dalam waktu singkat, artikel berikut merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah.

JojoTimes Membantu Anda Meningkatkan Kinerja Tim Hingga 100%

Berikut Cara JojoTimes Membantu Perusahaan Anda:

  1. Monitor Aktivitas Karyawan. Dengan pengenalan wajah dan fitur GPS yang akurat, Anda dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan karyawan Anda di mana pun mereka berada. Apakah mereka di kantor, pergi ke pertemuan atau bekerja dari jauh. Jangan khawatir, ini bukti penipuan.
  2. Hemat Waktu untuk Laporan Kehadiran Bulanan. Laporan kehadiran bulanan yang dihasilkan secara otomatis memungkinkan karyawan Anda menggunakan waktu mereka untuk tugas-tugas yang lebih mendesak dan datang pada hari gajian. Tidak hanya lebih cepat untuk perusahaan Anda, itu pasti lebih akurat.
  3. Tingkatkan produktivitas dan efisiensi. Ucapkan selamat tinggal pada antrean untuk check-in atau melapor ke kantor sebelum dan sesudah rapat, dan ucapkan salam pada optimasi waktu yang lebih baik untuk karyawan Anda. Kurangi waktu untuk tugas-tugas rumit ini dan biarkan karyawan Anda fokus pada passion mereka.

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.
 
Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.
 
Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”!