Procrastination Dan Langkah Efektif Menghindarinya

Procrastination merupakan suatu tindakan atau aksi menunda kegiatan. Sedangkan orang yang melakukan tindakan ini disebut sebagai procrastinator. Aksi menunda kegiatan ini sebenarnya memiliki ciri umum yaitu adanya pembuatan rencana saja atau planning. Namun perencanaan ini tidak dilanjutkan dengan adanya tindakan sehingga perencaan tersebut seolah hanya ada di dalam angan saja. Sebuah perencanaan memang bisa dibuat dengan mudah sebab untuk melakukan perencanaan hanya dibutuhkan ide saja. Sedangkan tindakan untuk menggenapi perencanaan belum tentu dilaksanakan.

Tidak semua orang dapat melakukan tindakan atau aksi atas perencanan yang telah dibuatnya. Sebab melakukan sebuah tindakan dibutuhkan suatu tenaga dan waktu sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Akibatnya hal yang telah direncanakan di dalam angan tidak bisa direalisasikan. Mungkin saja orang menunda dalam melakukan tindakan. Biasanya apa yang menjadi rencana tersebut disepelekan sehingga kemudian perencana tidak melakukan aksi apapun untuk merealisasikan rencananya tersebut. Pada kenyataannya di sekeliling kita masih banyak orang yang selalu menunda pekerjaan. Bahkan orang cenderung untuk menyepelekan dampak dari penundaan pengerjaan tugas yang seharusnya segera dilakukannya. Kebanyakan orang mungkin saja menganggap enteng tugasnya dan menganggap bahwa tugas yang dikerjakannya tersebut tidak akan memberikan dampak buruk jika ditunda.


Dampak buruk dirasa tidak akan terjadi jika pengerjaan tugas tidak selesai tepat waktu sehingga terjadilah aksi menunda tersebut. Tentu saja hal ini sangat buruk dan tidak patut untuk ditiru. Bagaimanapun juga menunda suatu tugas atau pekerjaan tidak sama dengan menunda hal lainnya seperti misalnya rekreasi atau berjalan-jalan dan mungkin sekedar berkumpul dengan teman. Beberapa hal yang tidak begitu penting dan tidak mnejadi kebutuhan utama Anda memang bisa ditunda. Namun ada hal utama yang tidak bisa ditunda yaitu menyelesaikan tugas. Sebab suatu tugas merupakan kewajiban bagi setiap orang. Oleh karena itu suatu tugas sudah seharusnya diselesaikan sesegera mungkin. Bahkan bila memungkinkan sebaiknya Anda menyelesaikan tugas sebelum masa deadline. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi diri Anda.

Menghindari Procrastination

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya terhindar dari procrastination ini, antara lain yaitu:

1. Membuat Prioritas.

Dalam melakukan sesuatu sebaiknya buatlah prioritas terlebih dahulu. Anda mungkin bisa membuat sebuah rencana sebagai langkah awal. Namun setelahnya Anda bisa membuat prioritas dari seluruh rencana Anda tersebut. Sebuah prioritas sebenarnya sangatlah penting. Dengan adanya prioritas inilah maka Anda bisa tahu hal mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Selanjutnya Anda mungkin bisa membuat daftar tindakan selanjutnya setelah proritas. Jadi Anda bisa memulai suatu tindakan dengan membuat skala prioritas. Dahulukan segala hal atau kegiatan yang merupakan kewajiban Anda. Mungkin saja suatu waktu kewajiban Anda bisa terhalang oleh suatu hal yang bersifat urgent. Namun tetap saja prioritas Anda akan tetap menjadi hal utama bagi Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Memulai apa yang telah direncanakan.

Banyak orang mengatakan bahwa hal tersulit dalam melakukan sesuatu adalah saat mengawalinya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu keberanian dalam diri Anda saat akan memulai sesuatu. Sebaiknya saat membuat perencanaan lakukan dengan sangat matang. Bahkan segala persiapan juga perlu dilakukan dengan matang agar persiapan Anda tersebut bisa mendukung tindakan Anda dalam merealisasikan perencanaan yang telah dibuat. Dengan adanya keberanian dan persiapan yang matang maka anda bisa melakukan tindakan. Memulai suatu hal memang tidak semudah apa yang dibayangkan. Namun setidaknya dengan memulai suatu tindakan maka berarti Anda telah terhindar dari aksi menunda pekerjaan.

3. Mencari sumber motivasi.

Beberapa orang mungkin saja sangat memerlukan dorongan agar bisa melakukan suatu hal dengan baik. Artinya ornag memerlukan adanya motivasi dari orang lain. Motivasi yang diberikan oleh seseorang kepada Anda bisa berarti bahwa ia telah mendukung Anda. Dengan adanya dukungan tersebut maka Anda bisa melangkah dengan lebih pasti. Mencari motivasi sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkan motivasi bukan hanya dari orang terdekat saja tetapi juga dari orang lain. Misalnya saja dari tokoh yang menginspirasi Anda. Pada kenyataannya tidak sedikit orang yang berusaha keras karena adanya motivasi dari sumber inspirasi bagi dirinya. Selain itu motivasi juga bisa diperoleh dari buku-buku yang dibaca. Mungkin saja beberapa kalimat bisa membangkitkan motivasi Anda. Atau mungkin saja cerita dan pengalaman orang lain yang tak dikenal juga bisa menjadi sumber inspirasi tersendiri bagi Anda. Dengan adanya motivasi yang kuat maka akan semakin kecil peluang bagi Anda untuk menunda pekerjaan. Justru Anda akan selalu penuh semangat untuk mengawali hari dan melakukan semua hal yang telah direncanakan.

Dampak Procrastination Bagi Bisnis

Sebuah procrastination tentu saja berdampak tidak baik bagi siapapun dan apapun alasannya. Terlebih lagi bagi suatu bisnis atau usaha. Menjalankan suatu bisnis atau usaha pada dasarnya haruslah disertai dengan adanya tekad yang kuat dan bulat. Dalam menjalankan bisnis juga sebaiknya Anda tidak terpengaruh pada setiap perkataan negatif yang mungkin saja Anda terima. Justru sebaliknya Anda harus tetap bertekad dalam menjalankan bisnis Anda tersebut dan selalu berusaha keras agar bisa selalu merealisasikan setiap hal yang telah direncanakan. Setidaknya bisnis Anda bisa berjalan lancar dan pada akhirnya bisa memberikan hasil yang selama ini diinginkan.

Aksi menunda yang dilakukan dalam menjalankan bisnis sebenarnya tidak memberikan pengaruh yang bersifat positif. Justru sebaliknya aksi menunda ini hanya akan menjadi hambatan bagi perkembangan bisnis Anda. Seorang pebisnis sudah seharusnya memiliki sikap ulet dan gigih serta memiliki karakter tepat waktu. Namun jika seorang pebisnis memiliki karakter suka menunda pekerjaan maka hasil yang diperolehnya akan menjadi tidak maksimal. Bahkan bisa saja bisnis mengalami kemunduran karena kelalaian Anda dalam melakukan tindakan. Oleh karena itu seorang pebisnis sudah seharusnya menghindari procrastination agar bisa menjalankan bisnisnya dengan maksimal.

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa procrastination adalah hal yang harus dihindari karena dipandang tidak produktif. Demikian halnya dalam sebuah perusahaan sebaiknya hindari karyawan yang tidak produktif dengan melihat dan melakukan pemantauan menggunakan software yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan produk berupa JojoTimes. Dimana dengan produk ini maka bisa didapatkan beberapa manfaat meliputi penyimpanan data karyawan yang detail dan akurat, pemantauan absensi karyawan kapan saja dan dimana saja, serta memastikan program penilaian karyawan yang lebih efektif dan efisien.

Tentu saja semua manfaat tersebut dapat diperoleh berkat adanya beberapa fitur menarik pada JojoTimes. Di antaranya yaitu fitur Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, Attendance Adjustment, Compressed Work Policy, serta beberapa fitur lainnya. Oleh sebab itu jangan ragu untuk memilih produk ini. Segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda dan rasakan sendiri manfaat dari JojoTimes.