Program Kerja Adalah – Definisi, Tujuan dan Tahapannya

Program Kerja Adalah

Salah satu tujuan utama seseorang menjalankan bisnis atau perusahaannya adalah untuk meraup kesuksesan. Namun, tidak semua pebisnis dapat mencapai tujuan tersebut. Ada banyak pebisnis sukses, sementara yang lainnya harus puas dengan bisnis yang stagnan. Mengapa demikian? Mereka yang berhasil sukses dalam bisnisnya adalah para pelaku bisnis yang mengaplikasikan program kerjanya dengan baik.

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa “Berencana tanpa melakukan tindakan merupakan kesalahan. Namun, melakukan tindakan tanpa rencana adalah sebuah bencana”. Program kerja merupakan salah satu dari sekian banyak rencana yang dimaksud dalam pepatah tersebut. Maka, membuat program kerja menjadi sangat penting bagi Anda yang akan menjalankan suatu bisnis.

Pada artikel berikut, Jojonomic akan mengajak Anda untuk membahas lebih lengkap mengenai apa itu program kerja dan bagaimana tahap untuk memulainya.

Definisi Program Kerja

Definisi Program Kerja

Kinerja perusahaan tidak akan optimal tanpa adanya program kerja. Program kerja adalah rencana kegiatan perusahaan yang dibuat untuk periode waktu tertentu dan disepakati bersama. Jangka waktu yang biasa digunakan dalam program kerja adalah pendek, menengah, dan panjang. Program kerja disusun secara mendetail dan terarah mengingat fungsinya sebagai pedoman untuk melaksanakan agenda-agenda yang krusial.

Program kerja adalah salah satu elemen penting bagi perusahaan untuk mencapai sebuah tujuan. Dengan adanya program kerja, setiap aktor yang ada di dalam perusahaan tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara lebih terstruktur. Program kerja adalah salah satu kunci penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Program kerja juga menjadi sebuah tolok ukur pencapaian target ketika melakukan suatu pekerjaan yang hasilnya akan dievaluasi di akhir periode waktu tertentu.

Tujuan Diterapkannya Program Kerja

Tujuan diadakannya program kerja

Secara lebih detail, berikut adalah tujuan dari diterapkannya program kerja:

1. Alat mencapai visi misi

Apabila program kerja dijalankan dengan baik, maka perusahaan akan semakin mudah untuk melaksanakan kegiatannya. Hal tersebut dapat menjadi jalan untuk mencapai arah gerak dan tujuan dari perusahaan. Dengan adanya program kerja, perusahaan tidak akan kesulitan jika ada penggantian atau penambahan personil dalam divisi tertentu karena apapun yang harus dikerjakan sudah tercantum jelas dalam program kerjanya.

2. Jawaban akan kebutuhan perusahaan

Program kerja yang tepat akan menjadi solusi bagi permasalahan yang mungkin akan dihadapi perusahaan, baik internal maupun eksternal. Sehingga, perusahaan mampu membuat strategi yang cocok guna memecahkan masalah yang ada dan tidak sampai mengganggu operasional bisnis tersebut.

3. Pembentuk sistem yang menguntungkan

Program kerja dapat membantu perusahaan untuk bekerja secara sistematis dan terstruktur. Dengan demikian hal ini akan membantu menunjang produktivitas karyawan serta dapat meningkatkan omset yang didapat oleh perusahaan.

Manfaat Diadakannya Program Kerja

Manfaat Program Kerja

Setelah mengetahui tujuannya di atas, berikut adalah manfaat yang akan diperoleh apabila perusahaan mengaplikasikan program kerjanya dengan cara yang tepat:

1. Adanya rasa kebersamaan

Karena program kerja harus disepakati bersama, maka keberadaannya akan memunculkan rasa kebersamaan di dalam sebuah perusahaan. Solidaritas karyawan akan ditingkatkan lewat program kerja ini nantinya. 

Selain itu, komponen ini juga akan memberikan jaminan bahwa tujuan perusahaan adalah tujuan bersama yang harus dicapai dengan menuangkan usaha terbaik dari masing-masing individu di setiap divisi.

2. Adanya rasa tanggungjawab

Salah satu benefit dari adanya program kerja adalah menumbuhkan rasa tanggung jawab akan suatu proyek atau tujuan perusahaan pada masing-masing individu. Karyawan akan menyadari bahwa masing-masing dari mereka memiliki tugas dan targetnya sendiri. Namun demikian semua mendambakan satu tujuan atau visi yang sama. 

Sehingga kinerja satu sama lain akan sangat berkaitan meski tugasnya berbeda. Untuk itu jika ada satu karyawan yang kurang bertanggung jawab dalam pekerjaannya, ia dapat mengganggu proses dari karyawan lain yang serius dalam mengejar targetnya. 

3. Citra baik perusahaan semakin baik

Dengan adanya program kerja, pihak eksternal akan memandang bahwa perusahaan yang bersangkutan memiliki sistem kerja terstruktur yang dijalankan secara efektif. Dengan demikian, branding perusahaan akan semakin kuat dan sangat mungkin mengundang minat investor.

Tahapan Program Kerja

Tahapan Program Kerja

Brian Tracy, seorang penulis dan motivator perkembangan diri, menyatakan bahwa tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan penyusunan program kerja adalah sebagai berikut:

1. Menentukan tujuan dengan jelas

Aspek kejelasan dan kedetailan menjadi hal pokok yang mendasar dalam proses pembuatan program kerja. Seorang pebisnis harus mampu menentukan tujuannya secara jelas dan terukur. Tujuan yang samar-samar hanya akan menghambat kesuksesan bisnis Anda. Sebagian besar pebisnis kurang memahami apa yang sebenarnya mereka inginkan, hal itulah yang seharusnya Anda hindari dan mulai fokus mencari apa sebenarnya yang ingin Anda capai.

2. Menulis dan mengukur tujuan yang sudah ditentukan

Meskipun tampaknya sederhana, menulis tujuan membuat penyusunan program kerja menjadi lebih efektif karena Anda akan mengingatnya di alam bawah sadar. Sehingga, kemungkinan Anda untuk mencapai tujuan akan lebih besar daripada orang lain.

3. Membuat tenggat waktu

Menentukan deadline akan membantu Anda untuk selalu berada dalam rencana dan tidak lalai dalam pekerjaan Anda. Tenggat waktu memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan atau memutuskan sesuatu sesuai dengan rencana. Tenggat waktu sejatinya hanyalah perkiraan waktu dari pencapaian tujuan. Anda mungkin saja menyelesaikan suatu pekerjaan lebih cepat atau lebih lambat dari tenggat waktu yang telah ditentukan. Meski demikian, bukan berarti melewati deadline adalah sikap yang bijak bagi seorang pebisnis.

4. Membuat daftar tindakan

Setelah memiliki tujuan dan tenggat waktu, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat daftar mengenai tindakan atau kegiatan apa yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Identifikasi segala hambatan yang mungkin muncul dan buat rencana cadangan untuk mengantisipasinya. Semakin komprehensif daftar tersebut, semakin berguna bagi Anda untuk mencapai kesuksesan.

5. Mengombinasikan langkah-langkah di atas

Langkah-langkah di atas sejatinya sudah merupakan sebuah program kerja. Anda harus membuatnya secara terarah dan detail. Apabila ada kekurangan atau tidak berhasil, Anda dapat mengevaluasinya dan memperbaikinya di program kerja lainnya.

Penutup

Jojo Expense

Demikianlah artikel mengenai program kerja yang perlu dipersiapkan oleh perusahaan secara matang. Tanpa adanya komponen ini operasional perusahaan akan berjalan kurang optimal sehingga dapat mempengaruhi tingkat produktivitas serta omset yang diperolehnya.

Keberadaan program kerja memungkinkan Anda untuk memikirkan tujuan, ide dasar, tim pelaksana, tempat dan waktu, model, metode, materi, indikator keberhasilan, subyek sasaran, serta analisis bisnis Anda. Mengingat hal penting tersebut, maka tidak berlebihan rasanya jika program kerja dianggap sebagai salah satu syarat sukses seorang pebisnis dalam menjalankan usahanya.

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa kondisi keuangan dalam perusahaan Anda cukup stabil dan jelas cash flow-nya. Jojo Expense dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam melakukan manajemen pengeluaran dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Aplikasi ini didesain khusus untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan karyawan yang berkaitan dengan keuangan. Dengan demikian, sisa waktu yang ada bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Jojo Expense dibekali fitur lengkap meliputi Budget Controlling untuk mengatur anggaran perusahaan, Reimbursement Online, Cash Advance, Capture Expense, Mobile Approval dan masih banyak lagi lainnya. Perangkat lunak yang satu ini juga dilengkapi fasilitas canggih berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan perusahaan dapat terhindar dari risiko penipuan keuangan. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!