Project Management Termasuk Tahapan Serta Pelaksanaannya

Project management merupakan suatu usaha yang dilakukan dengan tujuan agar suatu kegiatan bisa berjalan secara efektif dan efisien. Pada dasarnya suatu kegiatan disebut berjalan efektif jika penggunaan sumber daya bisa sesuai dengan sasaran dan memberikan hasil yang optimal. Efektif dalam hal ini mengacu pada hasil yang berkualitas serta proses kegiatan yang tergolong hemat waktu dan biaya. Sedangkan efisien dalam hal ini berarti penggunaan sumber daya dan pemilihan kegiatan dilakukan secara tepat. Dengan kata lain jumlah dan jenis sumber daya yang digunakan bisa tepat dan berpeluang memberikan hasil yang optimal.

Project management sendiri bisa saja dianggap sebagai suatu ilmu dalam proses perencanaan dan pelaksanaan serta pengontrolan sebuah kerja tim untuk meraih suatu tujuan. Suatu project umumnya diawali dengan pembukaan dan juga akan berakhir dengan adanya penutupan kerja tim. Project biasanya hanya bersifat sementara saja. Suatu project bisa berlangsung baik dalam waktu yang cukup singkat maupun dalam waktu yang lebih lama atau lebih panjang. Project management sendiri kini dijadikan sebagai suatu disiplin ilmu yang semakin dikembangkan sehingga bisa dipelajari oleh masyarakat luas. Maka tak heran bila istilah ini mulai banyak dikenal oleh masyarakat awam. Selain itu project management atau manajemen proyek kini menjadi suatu ilmu yang mendasari seseorang untuk terus mengembangkan proyek yang menguntungkan.

Tahap-Tahap Project Management

Suatu project management berlangsung dengan diawali dari adanya inisiasi sebagai tahap awal dari sebuah project. Jika tahap inisiasi ini dilakukan dengan baik maka selanjutnya project bisa berjalan dengan lancar. Dalam tahap ini Anda perlu memahami lingkungan bisnis agar proyek bisa terlaksana dan terkendali dengan baik. Dalam hal ini tentu Anda perlu memiliki beberapa keahlian seperti misalnya keahlian untuk menganalisis kebutuhan bisnis dan menganalisis anggaran biaya. Selain itu Anda juga perlu menganalisis stakeholders.

Tahap selanjutnya adalah tahap perencanaan yang meliputi perencanaan waktu dan biaya serta sumber daya yang memadai untuk segala keperluan project Anda. Tentu Anda perlu memilih tim perencanaan yang baik dan menetukan cara untuk melakukan perencanaan project. Anda juga perlu melakukan perencanaan resiko agar dapat mengantisipasi hal terburuk yang bisa saja terjadi pada bisnis Anda. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan yang terjadi setelah Anda melakukan perencanaan dengan jelas dan detail. Dalam hal ini Anda dapat melaksanakan project yang melibatkan alokasi dan koordinasi serta pengelolaan sumber daya manusia serta sumber daya lainnya seperti misalnya bahan dan anggaran yang berguna untuk project Anda.

Setelah melalui tahap pelaksanaan maka tahap selanjutnya yang perlu dijalani adalah tahap pengendalian. Pengendalian umumnya dilakukan untuk mengamati jalannya pelaksanaan proyek. Dengan adanya pengendalian ini maka suatu proyek diharapkan agar dapat tetap berjalan sesuai dengan perencanaan awal. Kegiatan pengendalian proyek umumnya meliputi kegiatan mengukur kegiatan proyek yang sedang berlangsung serta mengevaluasinya. Anda juga perlu memantau beberapa variabel proyek yang meliputi biaya dan usaha serta ruang lingkup bagi proyek Anda. Pengendalian juga meliputi tindakan identifikasi dalam hal penyelesaian masalah. Tahap yang terakhir adalah tahap penutup yang merupakan akhir dari suatu proyek. Kegiatan ini meliputi penutupan kontrak dan finalisasi seluruh kegiatan proyek. Termasuk pula dalam hal ini yaitu pengarsipan seluruh file dan dokumentasi yang berhubungan dengan seluruh kegiatan proyek Anda.

Keahlian yang Dibutuhkan

Untuk melakukan project management maka Anda harus memiliki beberapa macam keahlian. Salah satu keahlian atau kemampuan yang perlu Anda miliki adalah keahlian manajemen waktu dan manajemen biaya. Suatu project memang sudah seharusnya dilakukan dengan efisien sehingga perlu dilakukan penghematan waktu dan biaya dalam melakukannya. Selain itu Anda juga perlu menguasai manajemen sumber daya manusia terutama dalam hal pemilihan tim kerja. Pekerja menjadi bagian penting yang perlu untuk diperhatikan dalam suatu pelaksanaan project.

Dengan adanya tim kerja yang benar maka pelaksanaan project bisa berjalan secara efektif dan memberikan hasil yang optimal. Anda juga perlu memiliki kemampuan dalam memanajemen resiko sehingga Anda bisa mengantisipasi resiko yang mungkin saja terjadi dalam project Anda. Dalam pelaksanaan project managemant tentu Anda juga perlu meningkatkan komunikasi baik dengan tim kerja maupun dengan stakeholders. Tidak hanya cara berkomunikasi yang baik saja yang perlu dikembangkan tetapi juga sikap. Sebagai pemilik project maka Anda haruslah memiliki sikap yang baik dalam menjalankan project.

Pelaksanaan Project Management

Suatu project management atau yang biasa disebut dengan manajemen proyek memang membutuhkan keahlian dan konsistensi dalam pelaksanaannya. Dengan adanya kemampuan manajemen maka Anda bisa menjalankan suatu proyek dengan baik. Pada dasarnya project management ini dapat diterapkan untuk semua pelaksanaan proyek. Namun tetap saja setiap proyek memiliki fokus yang berbeda antara proyek yang satu dengan proyek lain. Oleh karena itu Anda perlu menguasai kemampuan manajemen tertentu dalam menjalankan suatu proyek sehingga Anda bisa mengakomodasi segala hal yang menjadi kebutuhan bagi proyek Anda.

Kebutuhan suatu proyek diharapkan agar dapat diakomodasi dengan baik. Dalam melakukan manajemen proyek juga sebaiknya Anda melibatkan manajemen resiko. Hal ini bertujuan agar Anda dapat melakukan identifikasi dan penilaian terhadap kegiatan pelaksanaan proyek. Selain itu Anda juga perlu menyelesaikan setiap permasalahan yang mungkin timbul pada saat proyek sedang berlangsung. Pengendalian dampak dari suatu hal buruk berkaitan dengan proyek Anda perlu untuk dilakukan sehingga tujuan proyek tidak sampai menyimpang dari yang seharusnya.

Kesimpulan

Pengelolaan project management yang tepat dibutuhkan supaya tercapai keberhasilan dan tujuan yang diharapkan. Demikian halnya juga dalam mengelola sebuah perusahaan, dibutuhkan ketekunan serta penataan yang tersistem. Di antaranya mengelola sistem penggajian karyawan yang lebih baik. Dimana hal ini bisa diraih melalui penggunaan produk yang tepat seperti misalnya penggunaan JojoPayroll. Dengan adanya produk yang satu ini, maka nantinya penggajian karyawan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat. Slip gaji juga bisa diproduksi secara otomatis tanpa harus menunggu lama. Tidak hanya itu saja, menggunakan produk yang satu ini juga menjamin kerja tim HRD maupun keuangan yang lebih efektif dan efisien dalam hal penggajian.

Tentunya seluruh manfaat yang maksimal ini bisa diperoleh berkat adanya berbagai macam fitur menarik yang tersemat di dalam JojoPayroll. Di antaranya yaitu fitur-fitur berupa Customized Deduction Component, Multiple Deduction Type, Government Standard BPJS Calculation, Customized BPJS Calculation, BPJS Ketenagakerjaan with 5-tier Risk Level Calculation, serta masih ada banyak lagi fitur lainnya. Karena itu sudah selayaknya jika menjatuhkan pilihan pada JojoPayroll sekarang juga. Dapatkan coba gratis di perusahaan Anda dan lihatlah bukti nyata bagaimana produk ini bekerja untuk membenahi sistem penggajian karyawan di perusahaan yang jauh lebih efektif, efisien, dan sistematis. Belum percaya? Yuk, segera dicoba!