Public Relations Rentangkan Relasi Dan Koneksi Perusahaan 

Posisi public relations merupakan cukup penting dan menentukan. Pekerjaan ini memang memiliki kecenderungan testimoni pekerja yang positif. Dimana setiap orang yang mendengar tentang seorang pekerja hubungan masyarakat atau humas ini. Maka mereka akan selalu menilainya dengan berbagai muatan positif. 

Jadi hampir seluruh orang berpikir bahwa pekerjaan ini adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan. Tapi dalam faktanya, pekerja yang menjalani humas ini mereka cukup memiliki tanggung jawab sangat besar. Tentu saja pekerjaan mereka sendiri cukup memberikan dampak yang akan sangat signifikan kepada perusahaan. 

Untuk menjelaskan seberapa penting public relations atau humas ini kami akan menyajikannya secara lebih mendetail. Dengan harapan agar kedepannya posisi ini tidak akan dipandang sebelah mata lagi oleh para pelaku bisnis dalam perusahaannya. Budgeting dalam pelaksanaan bagian ini juga menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi para pengusaha untuk disediakan. 

Apa Itu Hubungan Masyarakat (PR)?

Hubungan masyarakat (PR) adalah seni mengelola bagaimana informasi tentang seseorang atau perusahaan disebarluaskan kepada publik. Setiap individu atau entitas yang beroperasi di mata publik menghadapi penyebaran informasi tentang mereka atau praktik mereka kepada publik. Meskipun PR adalah industri tersendiri, setiap upaya untuk menampilkan diri sendiri dengan cara tertentu kepada publik dapat dianggap sebagai PR.

POIN PENTING

  • Hubungan masyarakat (PR) mengacu pada pengelolaan bagaimana orang lain melihat dan merasakan tentang seseorang, merek, atau perusahaan.
  • PR berbeda dari periklanan atau pemasaran karena dimaksudkan untuk terlihat organik.
  • Humas untuk perusahaan, terutama perusahaan yang diperdagangkan secara publik, akan fokus pada menjaga citra perusahaan yang positif sambil menangani permintaan media dan pertanyaan pemegang saham.
  • Humas sangat penting untuk membiayai kemarahan publik atau investor setelah pengumuman berita negatif.

Pengertian Public Relation (PR)

Meskipun tidak melekat dalam definisi tersebut, PR sering kali dianggap sebagai “spin”, dengan tujuan untuk menampilkan orang, perusahaan, atau merek dengan cara terbaik. PR berbeda dari iklan dalam upaya PR untuk merepresentasikan citra seseorang atau merek dengan cara yang akan tampak organik, seperti menghasilkan pers yang baik dari sumber independen dan merekomendasikan keputusan bisnis yang akan mendapatkan dukungan publik. Didefinisikan secara longgar hingga pertengahan abad kedua puluh, PR adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat.

PR sangat penting untuk kesuksesan perusahaan mana pun, terutama ketika saham di perusahaan tersebut diperdagangkan secara publik dan nilai suatu saham bergantung pada kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan atau merek. Selain menangani permintaan media, pertanyaan informasi, dan kekhawatiran pemegang saham, personel Humas sering kali bertanggung jawab untuk menyusun dan memelihara citra perusahaan. Kadang-kadang, profesional PR juga terlibat dalam PR negatif atau upaya yang disengaja untuk mendiskreditkan merek atau perusahaan saingan, meskipun praktik semacam itu tidak sesuai dengan kode etik industri.

Tugas & Tanggung Jawab Spesialis Public Relation (PR)

Pekerjaan tersebut umumnya membutuhkan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas berikut:

  • Kembangkan materi kit pers untuk outlet media, termasuk siaran pers, gambar, surat pitch, studi kasus, artikel fitur, dan cerita tren
  • Membantu menjaga identitas dan reputasi pemberi kerja atau klien
  • Evaluasi opini publik klien melalui survei, jajak pendapat, dan mendengarkan media sosial
  • Kembangkan dan jaga hubungan dengan media regional dan nasional
  • Atur konferensi pers, wawancara, dan penampilan media dan acara lainnya untuk pemberi kerja atau klien
  • Menulis pidato untuk klien atau perwakilan majikan
  • Menanggapi permintaan informasi dari media
  • Evaluasi program periklanan dan promosi untuk memastikannya sejalan dengan tujuan PR
  • Lacak, evaluasi, dan bagikan hasil upaya PR
  • Koordinasikan penjadwalan dan logistik sesuai kebutuhan

Spesialis PR sering kali memulai karir mereka dengan menyimpan file tentang aktivitas majikan mereka, menjawab pertanyaan dari pers dan publik, dan membantu mengatur konferensi pers dan acara lainnya. Ketika mereka mendapatkan pengalaman, mereka mulai menulis siaran pers dan pidato, dan koordinasi program. Bekerja di perusahaan kecil umumnya memberikan variasi pengalaman yang lebih banyak dan memungkinkan pertumbuhan yang lebih cepat daripada bekerja di perusahaan besar.

Persyaratan & Kualifikasi Pendidikan Public Relation (PR)

Meskipun tidak ada persyaratan pendidikan standar untuk masuk ke bidang PR, para pemberi kerja pada umumnya lebih memilih untuk mempekerjakan calon pekerja yang telah lulus dari perguruan tinggi  dengan gelar sarjana.

Pendidikan: Banyak orang yang terjun di bidang ini mengambil jurusan PR,  pemasaran , jurnalisme,  komunikasi , bisnis, atau periklanan.

Pengalaman: Pengusaha juga ingin calon karyawan memiliki pengalaman kerja dan dapat menunjukkan portofolio pekerjaan sampel, yang dapat berasal dari magang atau bekerja di departemen komunikasi sekolah.

Keterampilan & Kompetensi Spesialis Public Relation (PR)

Mereka yang ingin bekerja sebagai spesialis PR harus memiliki soft skill berikut :

Komunikasi verbal

Pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk dapat menyampaikan informasi secara efektif kepada publik, media, dan anggota organisasi Anda lainnya.

Mendengarkan

Anda juga harus mendengarkan dengan cermat agar Anda dapat memahami apa yang dikatakan orang lain kepada Anda dan merespons dengan tepat.

Menulis

Karena menulis siaran pers dan pidato adalah bagian rutin dari sebagian besar pekerjaan spesialis PR, keterampilan menulis yang baik sangat penting.

Interpersonal

Hubungan Anda dengan media dan publik membutuhkan kemampuan untuk bergaul dengan baik dengan orang lain. Anda harus persuasif dan mampu bernegosiasi. Selain itu, sebagai spesialis PR, Anda harus mengoordinasikan tindakan Anda dengan tindakan orang lain, termasuk kolega Anda.

Prospek pekerjaan

Biro Statistik Tenaga Kerja AS memproyeksikan bahwa pekerjaan spesialis hubungan masyarakat akan tumbuh 9 persen dari 2016 hingga 2026, sedikit lebih cepat dari rata-rata 7 persen untuk semua pekerjaan selama periode yang sama.

Lingkungan kerja

Spesialis PR biasanya bekerja di kantor. Mereka juga dapat melakukan perjalanan ke berbagai lokasi yang dekat dan jauh untuk menghadiri pertemuan dan siaran pers, memberikan pidato, dan menghadiri acara dan kegiatan masyarakat.

Jadwal kerja

Sebagian besar spesialis hubungan masyarakat bekerja penuh waktu selama jam kerja reguler. Mereka sering bekerja sepanjang hari dan lembur untuk memenuhi tenggat waktu.

Contoh Public Relation (PR)

PR juga melibatkan pengelolaan reputasi perusahaan di mata pelanggannya. Dalam krisis PR 2012, jaringan restoran Chick-fil-A dipaksa untuk mengeluarkan pernyataan darurat sehubungan dengan pendiriannya tentang pernikahan sesama jenis setelah seorang eksekutif Chick-fil-A secara terbuka menentang kesetaraan pernikahan. Pernyataan itu menekankan “prinsip-prinsip berdasarkan alkitabiah” perusahaan dan keyakinannya dalam memperlakukan “setiap orang dengan hormat, bermartabat dan hormat.” 1 Itu adalah contoh bagaimana perusahaan harus menjalankan PR yang baik. Sebagian besar perusahaan besar memiliki departemen PR atau memanfaatkan jasa perusahaan luar.

Secara eksternal, perusahaan yang menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akan ingin menampilkan citra publik yang akan mendorong dukungan merek yang asli dan langgeng, yang melampaui tujuan periklanan yang agak sengaja dibuat-buat.

Ini dapat melibatkan meyakinkan pelanggan selama krisis, seperti ketika Target ( TGT ) menawarkan penyelesaian Rp 18,5 juta kepada pelanggannya setelah peretasan kartu kredit 2013 dalam upaya untuk memulihkan itikad baik atau promosi gaya hidup yang akan membuat produk perusahaan atau layanan menarik. Perusahaan juga menghasilkan PR untuk menarik investor. Dalam hal ini, PR yang baik sangat penting untuk perusahaan rintisan atau perusahaan yang berkembang pesat.

Definisi Public Relations Bagi Perusahaan

public relations 

Secara umum pekerjaan public relations memiliki fungsi sebagai seorang yang bertanggung jawab turut serta untuk membangun branding. Dengan adanya pekerja yang bertugas dalam ruang lingkup PR atau lebih dikenal dengan humas. Maka perusahaan akan lebih mudah mengenalkan brand perusahaan dan juga produk yang dimilikinya. 

Membangun hubungan yang harmonis antara konsumen dan perusahaan adalah sebuah tujuan utama adanya posisi ini dalam perusahaan. Seperti yang sudah banyak pengusaha ketahui bahwa hubungan seperti ini sangat penting untuk dijalin. Pertama karena untuk mendapatkan kondisi costumer regeneration yang lancar. 

Costumer regeneration yang dilakukan oleh public relations ini nantinya akan menjadi modal utama untuk perkembangan perusahaan. Sebab dengan tindakan itu perusahaan bisa mendapatkan konsumen ataupun client baru setiap harinya. Untuk menjangkau lebih banyak lagi orang yang akan membeli produk perusahaan. 

Tehnik pemasaran seperti ini memang harus dilakukan oleh perusahaan jika menginginkan penjualan dari produk maupun jasa yang ditawarkan melimpah. Serta marketing termudah adalah dengan melakukan hal tersebut karena pengusaha bisa selalu mendapatkan berbagai konsumen baru. Lebih luas lagi branding perusahaan ini akan lebih terkenal dari sebelumnya. 

Memenangkan Persaingan Lokal Dan Internasional 

Persaingan yang akan dialami saat ini sangatlah ketat. Tentu saja alasannya karena terjadinya banyak perubahan yang ada di dunia. Terutama adalah kemajuan dalam bidang teknologi. Maka kondisi public relations semakin memegang peranan penting dalam perusahaan. Sebab merekalah yang akan memanaje bagaimana baiknya memanfaatkan kemajuan teknologi ini. 

Bukan saja karena tanggung jawab tapi juga untuk kemajuan perusahaan agar lebih cepat lagi. Sebab perkembangan perusahaan selalu berbanding lurus dengan kenaikan keuntungan yang akan bisa mereka dapatkan. Istilahnya adalah simbiosis mutualisme dimana kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan atas sebuah hal yang terjadi. 

Kondisi finansial perusahaan bisa langsung dirubah ketika public relations menjalankan tugasnya dengan baik. Maka sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk mempermudah pekerjaan mereka. Lebih jauh lagi keuntungan dari semakin bertambahnya konsumen akan bisa dirasakan. Ketika pemasaran perusahaan melalui humas ini sudah mulai dilaksanakan dengan baik. 

Teritorial PR Dalam Sebuah Perusahaan 

public relationsTeritorial ataupun bisa dipahami sebagai ruang lingkup dari public relations ini sangatlah luas. Memang pada umumnya setiap pekerjaan itu memiliki ruang lingkupnya sendiri. Begitu juga dengan PR atau humas ini. Penting untuk mengetahui ruang lingkup pekerjaan mereka sehingga pengusaha bisa mengetahui keputusan apa yang nantinya akan sangat cocok untuk diambil. 

Membangun Hubungan Baik Dengan Pihak Internal 

Tugas yang cukup berat bagi public relations adalah membangun hubungan yang baik dari segi internal. Membangun hubungan internal perusahaan yang baik ini sangat berkaitan dengan berbagai jalur komunikasi dan pekerjaan. Wujud dari baiknya sebuah hubungan internal perusahaan bisa tercermin secara jelas dari lingkungan kerja. 

Hubungan internal yang terjalin dengan baik akan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Contoh utamanya saja dengan adanya lingkungan kerja yang baik. Tentu saja lingkungan kerja baik akan menimbulkan semangat karyawan dalam menyelsaikan seluruh tanggung jawabnya. Apabila mereka sering dihadapkan dengan lingkungan kerja buruk maka keinginan untuk melakukan tugasnya akan terasa berat. 

Mengembangkan Hubungan Eksternal Dengan Lebih Baik 

Prioritas seorang public relations tentu saja untuk membangun hubungan yang baik dengan pihak eksternal. Pihak eksternal ini sangatlah banyak, mulai dari konsumen sampai ke client. Lebih jauh lagi pekerja PR ini harus bisa mengenalkan perusahaan maupun produk yang dimiliki oleh perusahaan kepada masyarakat luas. 

Logikanya misalkan masyarakat yang telah menerima informasi mengenai perusahaan dan produk ini berjumlah 1000 orang. Maka persentase kemungkinan orang yang akan tertarik dan membeli produk ataupun jasa haruslah mencapai setidaknya 30%. Ini berarti target orang yang harus tertarik untuk membeli produk perusahaan itu berjumlah 300. 

Barulah dengan begitu perusahaan bisa mengambil profit yang cukup besar. Sebenarnya konsep yang perlu dilakukan oleh PR ini cukup simple. Hanya saja metode yang harus digunakan sangat beragam. Apalagi sekarang telah banyak sekali hal mendukung terkait pemasaran kepada pihak eksternal ini. 

Peran Sebagai Perantara Komunikasi Perusahaan  

Komunikasi yang dilakukan public relations haruslah menghasilkan berbagai keuntungan bagi perusahaan. Komunikasi adalah perantara dalam berbagai hal, bahkan dalam jual beli juga komunikasi ini sangatlah penting. Begitu juga menjalani sebuah bisnis, maka sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk menjalani sebuah komunikasi. 

Maka seorang PR ataupun humas ini harus bisa mengetahui setiap celah dalam hal komunikasi. Terutama dari bagaimana ia akan menghadapi setiap tipe orang yang berbeda. Untuk memudahkan pekerjaan mereka dan pegawai lainnya perusahaan bisa sekaligus menggunakan perangkat lunak yang telah disediakan oleh Jojonomic. 

Penggunaan JojoTimes Untuk Meringankan Beban Perusahaan 

JojoTimes ini juga akan memberikan akselerasi pekerjaan bagi public relations terutama dari segi melakukan absensi. Para PR ini tidak perlu lagi untuk melakukan absensi yang merepotkan dengan mengantri. Mereka cukup melakukan absen langsung melalui perangkat lunak yang telah tersedia didalam ponsel pintarnya. 

Tidak akan ada lagi pembuatan laporan kehadiran yang menghabiskan waktu. Sebab dengan sangat mudah JojoTimes akan menyediakannya untuk anda. Integrasi perhitungan perangkat lunak ini adalah dengan langsung memanfaatkan penyimpanan data didalam Cloud Server Untuk dibuat laporan kehadiran. 

Penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar bagi para pemilik perusahaan akan langsung tersedia ketika menggunakan JojoTimes. Seluruh data terkait absensi yang dimiliki oleh perusahaan akan langsung disetorkan dalam penyimpanan cloud perangkat lunak ini. Jadi penyimpanan berkas yang sangat mengganggu tidak akan lagi terjadi dalam perusahaan anda. 

Untuk apa lagi masih menggunakan cara lama yang sangat menghabiskan waktu serta seluruh tenaga pekerja anda. Manfaatkan sekarang juga keuntungan yang telah ditawarkan oleh aplikasi demo JojoTimes untuk perusahaan andaDownload demo ini hanya di Jojonomic dan langsung rasakan seluruh keuntungan yang akan didapatkan.