Public Speaking Dalam Kepentingan Bisnis dan Usaha

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa public speaking merupakan kemampuan yang penting saat ini. Pernahkah Anda melakukannya sebelumnya? Dimulainya atau belum, public speaking sebenarnya merupakan keterampilan yang harus terus dilatih agar bisa kita kuasai.

Public speaking merupakan proses komunikasi di depan umum atau sekelompok orang. Secara umum, berbicara di depan umum dirancang untuk memberikan informasi, mempengaruhi, atau menghibur orang. Berdasarkan definisi tersebut, berbicara di depan umum merupakan tata cara berbicara di tempat umum, sehingga harus dilakukan secara runtut dan terencana.

Oleh karena itu, dalam berbicara di depan umum tidak hanya membutuhkan keterampilan lisan, tetapi juga keterampilan lisan yang terstruktur, yang mudah dipahami oleh banyak orang dalam waktu yang singkat.

Selain itu, public speaking juga perlu memiliki rasa percaya diri yang cukup. Sebagus apapun kemampuan berbicara Anda, percuma saja jika Anda tidak memiliki cukup kepercayaan diri untuk mendukungnya. Banyak orang menduga bahwa kemampuan public speaking adalah kemampuan berbicara dalam bahasa formal. tentu saja tidak. Berbicara di depan umum bukan hanya masalah berbicara dalam bahasa resmi. Pidato publik dilakukan dalam bahasa yang sesuai untuk audiens.

Oleh karena itu, public speaking tidak boleh menggunakan bahasa formal sama sekali. Apalagi dalam kegiatan public speaking di depan sekelompok anak muda. Kaum muda biasanya merasa tidak nyaman saat berbicara dalam bahasa formal.

Hal terpenting dalam berbicara di depan umum adalah berbicara sesuai dengan khalayak sasaran atau khalayak sasaran. Oleh karena itu, hal terpenting dalam melakukan kegiatan public speaking adalah mengidentifikasi calon audiens yang akan menjadi audiens yang relevan. Agar Anda lebih mahir dan percaya diri, mari kita pahami terlebih dahulu arti dan tips pidato publik!

Apa itu public speaking?

Singkatnya, public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan secara langsung di depan umum atau di depan sekelompok orang. Contoh acara public speaking adalah saat kita berpidato atau berpidato di depan kelas. Public speaking tentu merupakan hal yang sangat penting sebab hal ini bisa berpengaruh secara langsung pada penampilan dan penilaian Anda.

Mungkin saja istilah ini terasa asing bagian seorang. Namun banyak juga sekumpulan orang dari masyarakat yang paham benar istilah asing ini dengan istilah yang lain. Biasanya beberapa orang menyebut istilah ini dengan sebutan pidato publik. Sekilas jika mendengar kata pidato publik maka akan terlintas di benak kita mengenai berbagai cara seseorang dalam membawakan sbuah pidato di depan umum atau publik. Terlintas pula di benak kita mengenai gaya bicara dan bahasanya serta pembawaan orang tersebut dalam menyampaikan pidato di depan orang banyak.

Tentunya untuk melakukan hal ini dibutuhkan suatu keberanian tersendiri. Tidak hanya itu tetapi berbicara di depan publik ini juga membutuhkan keahlian yang baik. Setidaknya Anda perlu mahir dalam berbicara dengan menggunakan bahasa formal atau bahasa baku. Atau mungkin bisa juga digunakan bahasa semi-formal.

Penggunaan gaya bahasa bisa disesuaikan dengan jenis pengunjung sehingga penyampaian pidato atau informasi yang terdapat di dalamnya bisa berlangsung dengan baik dan bisa diterima oleh masyarakat. Mungkin ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan perlu dipersiapkan sebelum Anda mulai berbicara di depan umum sehingga apa yang Anda biccarakan bisa dimengerti oleh semua orang yang hadir. Berbagai latihan untuk bicara di depan umum bisa dilakukan. Anda mungkin bisa belajar dari orang yang berpengalaman agar Anda bisa melakukannya dengan lebih baik. Sebab bicara di depan umum tidak boleh sekedar berkata saja tetapi pembicaraan tersebut haruslah benar dan bersifat informatif namun tetap sopan dan menyenangkan.

Perkembangan Public Speaking

Public speaking pada dasarnya merupakan presentasi yang diberikan secara langsung pada audience atau orang-orang yang hadir. Sebenarnya teknikberbicara di depan umum ini sudah menjadi perhatian oleh masyarakat sejak lama. Bahkan jika ditelusuri lebih lanjut akan diketahui bahwa berbicara di depan umum ini telah dilakukan di zaman Yunan di Romawi. Hanya saja berbicara di depan umum yang dilakukan di zaman dahulu tidak menggunakan teknologi canggih. Berbicara di depan umum hanya dilakukan secara sederhana saja namun apa yangdibicarakan diusahakan agar bisa dipahami oleh setiap orang yang hadir.

Pada zaman Yunani kuno rupanya berbicara di depan umum dilakukan dengan tujuan untuk memuji atau membujuk orang lain. Sebab di Yunani rupanya semua orang memiliki hak untuk memberikan saran pada hukum di persidangan. Tentu saja hal ini memerlukan suatu keahlian atau ketrampilan sehingga orang yang berbicara ini bisa didengar aspirasinya. Sedangkan pada masa kekuasaan Roma rupanya kemampuan berbicara di depan umum ini dilakukan untuk membentuk pemerintahan. dalam hal ini bangsa Roma mengadopsi retorika berbicara milik Yunan agar dapat berbicara di depan umum. DI zaman yang lebih maju dan modern seperti sekarang ini berbicara di depan umum masih dilakukan dan bahkan berkembang. Tidak hanya orang dewasa saja tetapi juga sekarang ini semakin banyak anak sekolah yang disarankan untuk bisa berbicara di depan umum melalui kegiatan presentasi atau pidato dan yang lainnya. Pembicaraan di depan umum ini kini juga semakin modern karena dilengkapi dengan adanya teknologi canggih dan tentu saja modern.

Manfaat Public Speaking

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan kemampuan public speaking yang baik, antara lain yaitu manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan percaya diri.

Banyak orang yang lebih memilih untuk diam dan tidak tampil di depan publik. Termasuk pula tidak ingini berbicara di depan publik. Padahal melalui aktivitas di depan publik inilah maka Anda bisa membiasakan diri untuk bisa berbicara dengan bahasa yang baik. Menyampaikan suatu informasi kepada orang lain tentu sangat berguna bagi orang lain. Namun penyampaian informasi seharusnya dilakukan dengan gaya bahasa yang jelas dan bisa dipahami. Tidakhanya gaya bahasa dan cara berbicara saja tetapi berbicara di depan publik juga berkaitan dnegan penampilan Anda. Untuk tampil di depan publik sudah seharusnya Anda berpakaian rapi sehingga memiliki penampilan yang menarik. Penampilan ini juga ditunjang dengan adanya rasa percaya diri pada Anda. Rasa percaya diri secara tidak langsung akan menjadi motivasi bagi Anda sehingga dapat berbicara di depan publik dengan baik.

2. Meningkatkan keahlian dan ketrampilan tertentu.

Berbicara didepan umum juga akan membantu Anda dalammeningkatkan keahlian serta ketrampilan tertentu.Misalnya saja keahlian dalam berbicara dan membawa diri. Berbicara tidak boleh dilakukan dengan ala kadarnya saja. namun Anda harus berpikir sebelum berkata sehingga setiap perkataan Anda tetap sopan dan tidak membuat orang lain merasa tidak terima dengan apa yang dibicarakan. Jadi bila And amendapatkan tawaran untuk berbicara di depan umum maka sebaiknya segera ambillah kesempatan ini. Sebab melalui adanya kesempatan untuk berbicara di depan umum ini maka Anda bisa melatih cara untuk bisa berbicara dengan baik. Berlatih setiap hari akan membuat Anda menjadi public speaker yang handal.

3. Promosi produk dalam dunia bisnis.

Di dalam dunia bisnis juga public speaking menjadi bagian yang penting. Dengana danya pembicaraan di depan umum maka Anda bisa mempromosikan produk yang sedang dijual dan ditawarkan pad akonsumen. Selain itu dengan bicara di depan umum maka Anda bisa memberikan informasi kepada seluruh konsumen mengenai informasi dari produk yang sedang dijual. Anda juga bisa menyebutkan segala kelebihan atau keunggulan produk sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli produk Anda. Dalam hal bisnis atau ekonomi rupanya keahlian berbicara did epan umum memiliki peranan yang penting. Terutama bagi Anda yang bekerja sebagai marketer atau mungkin saja bagi Anda yang sedang memulai suatu usaha sehingga perlu untuk mempromosikan produk. Anda dapat terus melatih kemampuan berbicara sehingga gaya bicara Anda dalam melakukan promosi produk bisa berlangsung dengan baik dan dapat berhasil menarik minat konsumen.

Kiat public speaking yang baik di depan umum

Pahami sepenuhnya tujuan dan audiens Anda

Ketika Anda akan memberikan pidato publik, Anda harus memiliki tujuan dan harapan bahwa apa yang Anda ucapkan akan membangkitkan pujian dari hadirin. Oleh karena itu, sebelum menulis bahan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan Anda. Misalnya, Anda ingin menyampaikan informasi tentang bahaya sampah plastik kepada teman yang tidak tahu apa-apa tentang masalah ini. Oleh karena itu, Anda juga harus menyesuaikan materi dan gaya bahasa agar lebih sederhana sehingga dapat dengan mudah dicerna.

Sebutkan poin-poin utama yang ingin Anda katakan

Selanjutnya, Anda bisa mulai menyusun materi yang akan dikomunikasikan. Anda mungkin harus banyak bicara, tetapi karena waktu yang lama, Anda harus mengklasifikasikan materi. Pilih poin-poin penting yang ingin disampaikan sebagai bahan panduan dan pastikan percakapan tidak menyebar ke mana-mana. Anda dapat meringkas naskah pidato publik Anda, misalnya, menulis garis besar untuk makalah tersebut.

Siapkan alat sesuai kebutuhan

Jika diperlukan, dan situasi memungkinkan, Anda juga dapat menyiapkan alat, seperti slide presentasi untuk memperlihatkan gambar atau kartu pengingat yang berisi poin-poin yang akan Anda diskusikan. Namun, Anda harus ingat bahwa alat ini hanya sebagai pendukung. Jangan menulis terlalu banyak kata dalam slide presentasi agar tidak mengganggu audiens antara membaca slide atau mendengarkan presentasi.

Menguasai materi melalui latihan terus menerus

Latihan membuat sempurna. Ini adalah poin terpenting agar pidato publik Anda bisa berjalan lancar. Jika sudah selesai persiapan bahan dan alatnya, sekarang saatnya berlatih. Tidaklah cukup melakukannya sekali atau dua kali, tetapi Anda harus melakukannya berkali-kali sampai Anda benar-benar fasih. Anda dapat meminta teman Anda untuk menonton latihan ini agar mereka dapat memberikan komentar dan saran.

Perhatikan aspek non verbal

Berlatihlah seolah-olah Anda sudah berada di atas panggung atau di depan banyak orang. Karena itu, jangan hanya terpaku pada materi sendiri, bagus. Faktor lain yang perlu diperhatikan, seperti volume suara, intonasi, kecepatan, kontak mata dengan penonton, dan postur berdiri. Berlatihlah di depan cermin agar Anda dapat melihat diri Anda sendiri saat berbicara di depan umum. Selain itu, Anda juga bisa merekam latihan Anda sendiri sebagai bahan penilaian diri.

Miliki keyakinan

Saatnya muncul sekarang! Anda sudah menguasai materi dengan baik, sudah berlatih berkali-kali, tapi masih merasa gugup sebelum tampil. Jangan khawatir, karena ini normal. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencoba bernapas dalam-dalam, lalu buang napas untuk rileks. Lalu, saat Anda berada di depan banyak orang, kunci utamanya adalah percaya pada kemampuan Anda! Semuanya sudah siap, apa lagi yang harus Anda khawatirkan? Semuanya akan berjalan dengan baik!

Nah berikut ini beberapa tips public speaking yang bisa Anda coba terapkan. Sama seperti keterampilan lainnya, jika Anda berlatih dan berlatih berulang kali, Anda pasti bisa pandai berbicara di depan umum.

Jadi, misalnya, jika percobaan pertama Anda tidak berhasil, jangan khawatir! Di kesempatan berikutnya pasti anda akan menjadi lebih baik lagi, sehingga bisa menjadi ahli. Tetap semangat, oke!

Dunia Public Speaking

Saat ini, berbicara di depan umum telah menjadi kemampuan yang diperlukan. Hampir semua profesi membutuhkan ketrampilan public speaking karena semuanya harus dihadirkan sekarang. Memberikan pidato jelas membutuhkan keterampilan berbicara di depan umum.

Sayangnya, sebagian orang masih belum memahami pentingnya menguasai public speaking. Padahal, ketrampilan public speaking semacam ini sangat diperlukan, termasuk di area yang lebih kecil, seperti di kantor atau organisasi.

Saat bekerja di kantor, tidak jarang seseorang memperkenalkan karyanya kepada atasan atau kolega mereka. Meski mungkin hanya ada sedikit orang, atasan dan kolega menjadi target audiens. Oleh karena itu, selain latar belakang pengetahuan dan keterampilan yang telah kita peroleh dari sekolah, sangat disarankan untuk mengasah kemampuan public speaking sebelum memasuki bidang profesional.

Berbicara di depan umum memiliki dua manfaat terpenting. Yang pertama adalah membantu meningkatkan kepercayaan diri. Pada saat yang sama, yang kedua adalah meningkatkan keterampilan penelitian. Dia mengatakan sebelumnya bahwa berbicara di depan umum membutuhkan kepercayaan diri. Mengapa sekarang mengatakan bahwa berbicara di depan umum dapat meningkatkan kepercayaan diri?

Memang kita harus cukup percaya diri saat memberikan materi pada pidato publik. Jika tidak, maka kita tidak akan bisa melakukannya dengan baik. Namun, ketika kita sering berpidato di depan umum, apalagi tujuannya berhasil, maka rasa percaya diri kita pun akan meningkat. Kami akan dapat berbicara di depan umum dengan lebih baik.

Kesimpulan

Kemampuan public speaking mutlak diperlukan terutama dalam mendukung pemasaran produk di perusahaan. Sama halnya dengan pentingnya mengatur keuangan perusahaan yang tepat dan sesuai. Caranya dengan menggunakan produk yang tepat seperti penggunaan JojoExpense. Dengan produk tersebut maka bisa diperoleh beragam manfaat mulai dari sistem keuangan yang tercatat secara detail dan akurat, kemudian sistem rembus yang cukup cepat dan mudah dipantau, serta kemampuan untuk menghindari resiko adanya fraud.

public speaking

Tentunya aneka manfaat tersebut dapat dengan mudah diperoleh melalui aneka macam fitur yang ada di dalam JojoExpense. Seperti misalnya fitur Expense Plafond, Add on Description Form to verify Expense, Multiple Disbursed Transaction by Finance, Specific Finance Approval Assignment, Export Expense Report (Excel/CSV and PDF), serta beberapa fitur lainnya yang tak kalah menariknya. Karena itulah jangan ragu untuk beralih menggunakan JojoExpense. Segera dapatkan coba gratis dan rasakan manfaatnya yang maksimal bagi perusahaan Anda.