Push Notifications Sebagai Mekanisme Pengingat Yang Efektif

push notifications

Push notifications mungkin saja menjadi istilah yang asing bagi Anda sekalian. Namun sebenarnya hal ini sering dijumpai terutama pada smartphone. Anda mungkin hampir melihatnya setiap hari di layar smartphone Anda namun Anda tak mengenal istilahnya. Push notifications pada dasarnya merupakan suatu pesan pendek yang biasanya muncul pada layar smartphone.

Biasanya notifikasi atau pesan pendek ini muncul jika Anda banyak menggunakan beberapa app. Sebab pemilik app akan mengirimkan berbagai pesan kepada Anda di setiap saat. Terutama bila memang Anda mendapatkan beberapa notifikasi di app sehingga pemilik app harus menyampaikan notifikasi tersebut kepada Anda. Pesan pendek akan tetap dikirimkan sekalipun Anda tidak sedang membuka app yang berkaitan.

Manfaat Push Notifications

Re-marketing atau re-targeting

Ada banyak manfaat yang bisa diberikan oleh adanya push notifications. Salah satunya adalah manfaat atau fungsi re-marketing atau re-targeting. dalam hal ini pemilik situs atau pemilik app atau sejenisnya akan menerima keuntungan dari proses re-marketing dan re-targeting. Sebab dalam hal ini situs akan memberikan notifikasi pada pelanggan atau user yang sudah lama tidak mengunjungi situs yang bersangkutan.

Menjangkau khalayak

Adanya push notification juga akan lebih mudah dalam menjangkau khalayak. Maksudnya disini adalah adanya notifikasi atau pesan singkat dapat menjangkau masyarakat secara luas. Khususnya Anda sekalian yang telah berlangganan suatu konten. Notifikasi bisa juga diberikan pada pelanggan baik situs blog maupun e-commerce dan lain sejenisnya.

Sebagai alat komunikasi

Sebagian orang mungkin tidak akan menghabiskan waktunya dengan memantau situs yang diikutinya. Terlebih lagi bila orang tersebut sangat sibuk dengan segala aktivitasnya dan bahkan tak mempunyai waktu luang. bagi Anda yang sangat sibuk dan membutuhkan info dari situs tertentu maka Anda bisa mengajukan push notification pada situs yang diinginkan. Maka Anda akan mendapatkan berbagai info baru. Hal ini tentunya berhubungan dengan adnaya fungsi notifikasi sebagai alat komunikasi atau pemberi info.

Instan dan praktis

Adanya notifikasi atau pesan singkat yang tiba-tiba muncul di layar smartphone Anda tentunya bisa dengan mudah terjadi. Oleh karena itu hal ini dinilai sebagai suatu upaya pemberian info yang bsia dengan mudah dilakukan oleh pemilik situs atau app. Bahkan pemberian notifikasi dengan cara ini sangatlah praktis. Anda bisa menerima notifikasi dari sms sehingga bisa langsung cepat membacanya. Bahkan untuk menerima notifikasi ini Anda tidak perlu repot mengisi data atau formulir sehingga hal ini bisa dibilang sangat mudah.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Cara Kerja Push Notifications

Temukan situs

Untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai push notifications maka Anda bisa langsung mengikuti beberapa situs yang tersedia di internet. Anda bisa menemula situs blog atau mungkin Anda juga bisa melakukan download aplikasi tertentu. Lalu Anda bisa mengizinkan blog atau app untuk memberikan notifikasi kapada Anda kapan saja.

Ajukan pilihan push notifications

Seperti yang telah diketahui bahwa blog atau app tertentu bsia memberikan notifikasi setiapada info baru. Namun pemberian notifikasi ini bisa dilakukan jika Anda memang mengizinkannya. Saat Anda masuk ke sebuah situs maka situs tersebut akan memberikan pilihan kepada Anda. Pilihannya apakah Anda mau menerima notifikasi ataukah tidak.

Tekan tombol Ya

Untuk menerima push notifications maka Anda bisa memilih Ya jika diberi pertanyaan untuk memilih. Situs yang mengajukan izin kepada Anda untuk memberi notifikasi nantinya tenttu bisa berfungsi dengan baik. Jadi bila Anda sedang tidak membuka situs atau app tertentu maka Anda akan menerima notifikasi atau pesan singkat dari situs ataupun app yang bersangkutan.

Pengiriman notifikasi

Pengiriman notifikasi tentu akan dilakukan oleh pemilik blog atau pemilik app. Notifikasi bisa dikirim pada Anda langsung baik melalui sms ataupun email. Hal ini bergantung pada pilihan alamat yang Anda berikan pada situs untuk mendapatkan kiriman notifikasi. Selanjutnya Anda bisa menerima notifikas secara rutin jika memang Anda berlangganan suatu situs.

Kekurangan Push Notifications

Menurunkan trafik blog

Adanya push notification rupanya tidak hanya memberikan manfaat saja. Tetapi hal ini juga memiliki kelemahan atau kekurangan. Salah satunya adalah menurunkan trafik situs blog. Tentu saja hal ini merugikan bagi pemilik blog. Sebab user yang telah menerima notifikasi dari pemilik blog belum tentu membuka blog. Info yang diperoleh dari notifikasi dinilai telah cukup sehingga user merasa tidak perlu membuka blog untuk mendapatkan info lebih.

Membuat kesal pengguna smartphone

Banyaknya nnotifikasi yang tampil pada layar smartphone belum tentu memberikan nilai positif bagi smeua orang. Sekalipun ada beberapa orang merasa terbangu namun tentu ada pula orang yang merasa terganggu. Kehadiran notifikasi di layar smartphone bagi beberapa orang mungkin saja terasa mengganggu aktivitas. Maka bisa saja user merasa kesal baik dengan notifikasi tersebut maupun dengan app.

Timbulnya rasa bosan

Rasa kesal yang muncul mungkin bisa berujung pada munculnya rasa bosan. Terlebih lagi jika Mungkin awalnya user tak keberatan menerima notifikasi. Namun lama-lama user juga bisa merasa bosan dengan kehadiran notifikasi dari app yang sama. Jika memang bosan ini dirasakan oleh user secara terus-menerus maka bukan tidak mungkin app akan benar-benar ditinggalkan oleh user.

User tidak menggunakan app

User bisa saja tidaklagi menggunakan app karena banyaknya notifikasi yang diterimanya. Saat notifikasi terus datang dan mengganggu aktivitas user maka bisa saja user memutuskan unttuk meninggalkan app. Dalam hal ini app akan diuninstall sehingga user tidak akan lagi menerima notifikasi.

Memanfaatkan Push Notifications

Push notifications mungkin bagi beberapa orang bisa dinilai sangat membantu. Sebab adanya notifikasi atau pesan singkat pada layar smartphone Anda bisa membuat Anda tahu mengenai informasi terkini. Terlebih lagi bila Anda berlangganan banyak app dan Anda cukup sibuk untuk membuka app Anda. Maka tentunya adanya notifikasi atau pesan singkat yang muncul di layar smartphone Anda akan bersifat sangat membantu. Anda bisa mengetahui info terbaru dari app Anda sehingga jika memang diperlukan maka Anda bisa membuka app tersebut.

Hal ini sama manfaatnya dengan penggunaan sistem keuangan perusahaan yang tepat. Salah satunya yang patut untuk dijadikan pertimbangan yaitu JojoExpense. Dimana dengan produk tersebut maka perusahaan bisa dengan mudah mencatatkan seluruh pemasukan dan pengeluaran dengan rinci dan teratur. Selain itu juga membantu melakukan efisiensi keuangan secara efektif.

Tentunya hal ini berkat beberapa fitur menarik yang diberikan oleh JojoExpense. Misalnya saja fitur Mobile Approval, Capture Expenses, Budget Controlling, Reimburse via App & Web, maupun fitur Cash Advanced. Hal ini tentu memudahkan serta mendukung sistem keuangan perusahaan sepenuhnya. Sehingga jangan khawatir bagi yang ingin menggunakan produk tersebut. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan sendiri manfaat yang dijanjikan oleh JojoExpense.