10 Cara Paling Ampuh Atasi Rasa Malas yang Berlebihan

Merasa malas dalam melakukan pekerjaan atau belajar adalaah hal yang wajar. Tapi kita tidak mau kan, malas terus menerus? Bagaimana sih caranya agar kita tidak larut dalam kemalasan? Yuk disimak artikelnya. Dalam artikel ini ada 10 tips cara menghindari rasa malas.

Istirahatkanlah Badanmu

Ini adalah cara menghilangkan malas yang pertama dan mungkin terdengar janggal di telingamu. Bagaimana mungkin rasa malas dihilangkan dengan cara beristirahat? Bukankah beristirahat justru bisa bikin kita makin malas? Eits, tapi cara menghilangkan malas ini betul adanya, lho!

Menurut laman Succes Consciousness, beberapa kasus rasa malas biasanya muncul kelelahan atau kurang energi. Agar rasa malas tersebut hilang, maka kita disarankan untuk beristirahat agar lelah di tubuh hilang, dan enegi di tubuh pun bisa terisi kembali. Maka dari itulah, cara menghilangkan malas yang pertama ini relate banget untuk kamu lakuin nanti.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoExpense hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Berilah Dirimu Semacam Motivasi

Selain kelelahan, rasa malas juga terkadang muncul dari minimnya motivasi dalam diri. Supaya malas di dirimu hilang, maka kamu harus memberi semacam motivasi pada dirimu agar tidak malas-malasan lagi.

Adapun cara menghilangkan malas dengan motivasi sendiri bisa dilakukan dalam pelbagai macam bentuk. Kamu bisa memotivasi dirimu dengan mengingatkan diri soal beberapa manfaat menjadi pribadi yang rajin; atau juga bisa dengan cara memberikan imbalan ke dirimu sendiri, bila kamu bisa jadi pribadi yang lebih rajin.

Milikilah Goals yang Ingin Kamu Capai

Cara menghilangkan malas ini masih ada kaitannya dengan cara menghilangkan malas sebelumnya. Memiliki goals yang hendak kamu capai (utamanya di 2019 ini) akan membuatmu lebih termotivasi dalam menjalani hari-harimu di 2019 ini. Dengan begitu, rasa malas di dirimu pun bisa sirna, dan berganti dengan semangat yang membuatmu lebih produktif di tahun ini.

Belajarlah dari Orang-Orang Sukses

Bila kamu kesulitan memotivasi dirimu, maka cara menghilangkan malas ini wajib untuk kamu lakukan. Lihat dan pelajarilah bagaimana orang-orang sukses mengatasi kemalasan dalam dirinya. Bila perlu, praktikkanlah apa saja cara atau metode yang mereka lakukan dalam mengatasi rasa malas mereka. Siapa tahu, kamu jadi ketularan rajin dan sukses seperti mereka.

Buatlah Jadwal Harian dan Patuhilah Jadwal Tersebut

Selain menghilangkan malas, cara menghilangkan malas satu ini juga bisa membuatmu lebih disiplin. Pasalnya, cara menghilangkan malas satu ini bisa membuatmu jadi lebih tahu kapan saatnya untuk bekerja, beristirahat, dan bahkan bersenang-senang.

Buatlah jadwal harian dengan pembagian waktu sejelas-jelasnya. Bagilah secara jelas berapa menit/jam kamu bekerja; berapa jam kamu beristirahat; dan kapan kamu bisa bersenang-senang sepuasnya.

Misalnya: bekerja dengan total waktu tujuh jam, di mana setiap satu jamnya kamu bagi menjadi dua, yaitu: 50 menit bekerja dan 10 menit sisanya beristirahat. Nah, sisa waktunya bisa kamu pakai deh buat bersenang-senang, entah itu bersenang-senang ke mal, nonton film, makan di restoran favorit, atau kegiatan apa pun yang bisa membuatmu senang. Tapi, kamu harus ingat ya, kalau semua sisa waktu tersebut kamu habiskan untuk bersenang-senang. Sisakan pula waktu untuk kamu tidur agar kamu tidak kelelahan, ya!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoExpense hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Bila kamu sudah membuat jadwal harian tersebut, maka kamu harus mematuhinya dengan sebaik-baiknya. Mungkin awalnya kamu akan kesulitan untuk melakukan hal itu. Tapi, percaya deh, pelan-pelan kamu bisa melakukan cara menghilangkan malas ini, dan kamu pun bisa menjadi lebih rajin, semangat, dan produktif!

Isilah Waktu Luangmu

Cara menghilangkan malas ini cocok untuk kamu yang punya waktu luang dan tenaga, namun tak tahu bagaimana cara memanfaatkannya. Kalau kamu punya hobi di bidang tertentu, kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan mengasah kemampuanmu di bidang yang menjadi hobimu itu. Siapa tahu, yang semula hanyalah hobi bisa menjadi life skill yang kelak bisa kamu pakai untuk dunia kerja nanti.

Bila tidak, kamu bisa melakukan cara menghilangkan malas ini dengan kegiatan bemanfaat lainnya. Misalnya: membantu ibu merawat tanaman, mengurus rumah, atau memasak; mengikuti kegiatan dari komunitas hobi atau sosial yang kamu minati; dan lain sebagainya.

Inti dari cara menghilangkan malas satu ini adalah kamu harus bisa mengisi waktu luangmu. Isilah dengan hal-hal bemanfaat yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan begitu, kamu pun jadi terhindar dari mager alias malas gerak.

Jangan Menunda Tugas atau Pekerjaan

Berbanding terbalik dengan cara menghilangkan malas sebelumnya, cara menghilangkan malas ini justru cocok bagi kamu yang tengah mengerjakan seabrek tugas atau pekerjaan. Tugas atau pekerjaan yang seabrek seringkali membuat kita badmood dan malas mengerjakannya. Akibatnya, kita pun jadi menunda dan lebih parahnya, tidak mengerjakannya sama sekali. Maka dari itulah, cara menghilangkan malas ini sangatlah cocok untukmu.

Sebaiknya jangan kamu tunda tugas atau pekerjaan yang seabrek itu. Mulailah kerjakan dengan segenap kemampuanmu. Ini dilakukan agar kamu terlepas dari rasa malas. Agar lebih mudah, bagilah tugas atau pekejaanmu itu menjadi beberapa kategori.

Pilih mana saja pekerjaan yang tergolong ringan, berat, yang deadline-nya mepet, dan mana yang deadline-nya lumayan longgar. Setelah itu, prioritaskanlah mana kategori tugas atau pekerjaan yang dikerjakan telebih dahulu. Sebagai saran, kerjakanlah tugas atau pekerjaan yang masuk ke pekerjaan ringan atau yang deadline-nya lumayan mepet.

Remotivasi

Terkadang, kamu akan kesusahan mengatasi rasa malasmu, kendatipun telah melakukan sejumlah cara menghilangkan malas sebelumnya. Hal itu tentu akan membuatmu merasakan putus asa. Bahkan, kamu pun jadi merasa bahwa sejumlah cara menghilangkan malas tersebut tak ada gunanya untuk dilakukan. Walau begitu, kamu tak perlu khawatir. Pasalnya, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan cara menghilangkan malas satu ini.

Dengan remotivasi (memotivasi kembali dirimu), kamu bisa lebih termotivasi kembali untuk menghilangkan rasa malasmu, kendati kamu sempat gagal dan putus asa. Kamu bisa melakukan remotivasi dengan cara mengingat-ingat kembali goals yang hendak kamu capai; atau mengingat-ingat kembali apa saja manfaat dibalik menghilangkan rasa malas.

Cara menghilangkan malas satu ini juga bisa kamu lakukan dengan cara self talk atau memberikan sugesti positif ke dalam diri. Contohnya: dengan mengatakan ke diri sendiri, “aku yakin kamu bisa menghilangkan rasa malas di dirimu. Kamu hanya perlu bersabar dan terus melakukan sejumlah cara menghilangkan malas yang sudah kamu lakukan selama ini.”

Cermati Makanan dan Minuman yang Masuk ke Dalam Tubuh

Jangan sembarangan makan dan minum jika Anda tidak mau dilanda kemalasan. Memakan mi instan juga akan membuat Anda merasa malas. Mi instan tidak bisa cepat dicerna tubuh.

Percaya atau tidak, tubuh perlu berjam-jam untuk mencerna mi instan. Karenanya tubuh justru menjadi cepat lelah karena energi yang didapat tidak sebanding dengan energi yang harus dikeluarkan untuk mencerna mi instan.

Terlalu kenyang juga akan cenderung membuat orang menjadi malas. Malas gerak (mager), istilah anak muda zaman sekarang. Mager ini merupakan cikal bakal rasa malas.

Karena itu jangan makan terlalu kenyang. Aturlah asupan makanan jangan sampai berlebihan. Makanlah sebelum kamu lapar, berhentilah sebelum kenyang.

Biasakan Bangun Pagi

Cara lain menghilangkan rasa malas adalah dengan membiasakan diri bangun pagi. Dengan terbiasa bangun pagi, tubuh akan terasa lebih segar dan bersemangat. Kamu pun bisa lebih siap menjalani hari dengan lebih bertenaga dan penuh energi.

Tentu saja, jangan lupa sarapan setelah bangun dan mandi pagi. Karena sarapan akan membantu kamu lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dari pagi sampai siang saat waktu makan siang tiba.

Untuk bisa bangun pagi, kamu sudah pasti tidak boleh tidur larut malam. Maksimal jam 10 malam matamu sudah terpejam dengan tubuh terbaring di atas kasur yang hangat.

Kebiasaan begadang hanya akan membuat Anda menjadi sering bangun siang. Ketika Anda bangun siang, maka cenderung akan lebih malas menjalani rutinitas harian. Hormon penyemangat yang muncul di pagi hari sudah terlanjur menghilang dari dalam tubuh kamu.

Bagaimana nih? 10 Tipsnya bermanfaat tidak? Semoga bermanfaat buat kamu ya! Oiya ada satu hal penting lagi nih yang ingin kami beritahu, ada loh aplikasi yang bisa membantu kinerja HRD lebih cepat.

Salah satunya adalah JojoPayroll. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan PPH21, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan. Serta bisa dikonfigurasi sesuai kebijakan perusahaan loh misalnya, penambahan bonus, cuti, lembur, izin dll.

Canggih kan? Yuk buruan coba demo gratisnya!