Rasio Likuiditas Pada Bisnis: Pahami Jenis, Faktor dan Manfaatnya

Seberapa likuidkah perusahaan anda? Nah, untuk mengetahuinya maka anda harus tahu terlebih dahulu mengenai rasio likuiditas. Karena inilah hasil yang akan membantu anda menunjukkan kondisi perusahaan.

Rasio likuiditas merupakan angka yang memberikan informasi tentang seberapa mampukah perusahaan memenuhi kewajiban. Salah satunya adalah pengembalian utang. Dalam pengukuran ini, perusahaan anda dikatakan sehat keuangan jika angka rasio semakin tinggi. Apabila rasio mencapai angka di atas 1, maka tidak diragukan kemampuan pengembalian utang perusahaan sangat baik.

Dalam kondisi demikian, maka perusahaan bisa disebut likuid. Begitupun sebaliknya jika rasio semakin rendah. Artinya kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan kurang baik sehingga sulit menyelesaikan kewajiban.

Tapi tahukah anda, manfaat mengukur rasio likuiditas tidak hanya sebatas menilai kemampuan keuangan. Ada beberapa manfaat lain yang juga akan berdampak pada pihak terkait lainnya. Dengan begitu ada baiknya untuk ketahui apa saja manfaat bagi semua pihak. Namun sebelum itu, lengkapi dulu pemahaman anda dengan jenis dan faktor pengaruh yang Jojonomic siapkan di bawah ini, ya.

Jenis Rasio Likuiditas

Risiko Likuiditas

Risiko Lancar

Rasio lancar merupakan perbandingan antara aset lancar dengan kewajiban saat ini. Aset lancar yang dimaksud bisa berupa kas berlebih, piutang, hingga persediaan. Rasio ini akan menampilkan tingkat kemampuan aktiva lancar melunasi seluruh utang jatuh tempo mendatang.

Meskipun tingkat rasio yang tinggi penting untuk dicapai, idealnya perusahaan perlu memiliki rasio yang pas dengan standar industri. Karena jika terlalu tinggi mengindikasikan adanya dana lebih yang tidak dimanfaatkan pada berbagai instrumen.

Rasio Cepat

Seperti namanya, rasio ini hanya akan menggunakan aset lancar selain persediaan. Lalu dibandingkan dengan kewajiban utang jangka pendek. Lantas dimana kaitan antara cepat dengan aset persediaan?

Dalam aspek keuangan, persediaan merupakan jenis aset yang kurang likuid. Maksudnya membutuhkan waktu untuk dicairkan dalam bentuk tunai. Sehingga cenderung lama jika penyelesaian utang dibutuhkan secara cepat.

Secara perhitungan rumus, anda cukup mengurangi persediaan dari aktiva lancar. Lalu membandingkannya dengan utang lancar.

Rasio Kas

Pada rasio ini, anda akan lebih mudah mengetahui berapa besar jumlah kas yang tersedia untuk menyelesaikan utang jangka pendek. Tentunya semakin besar rasio kas artinya persediaan dana perusahaan mampu melunasi kewajiban. Atau paling tidak berada pada tingkat yang setara. Persediaan dana kas ini dapat berupa rekening giro, tabungan bank, atau kas tunai langsung.

Rasio Perputaran Kas

Setelah mencari tahu besaran kas yang akan keluar untuk pelunasan utang, kini saatnya mencari tahu rasio kembalinya dana ke perusahaan. Rasio yang muncul diartikan sebagai ukuran seberapa cepat modal akan kembali

Hal ini penting karena keuangan kas yang seimbang harus memiliki pengeluaran dan pemasukan yang juga seimbang. Maka sebetulnya tidak baik bagi perusahaan jika rasio menunjukkan angka di atas standar industri. Oleh karena itu, ketika rasio memang tinggi, baiknya dana masuk digunakan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Faktor-Faktor Berpengaruh Dalam Rasio Likuiditas

Risiko Likuiditas

Tinggi atau rendahnya rasio likuiditas sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor disekitarnya. Jadi, sangat penting untuk mengenali apa saja di antaranya agar tingkat likuiditas dapat dikontrol sedini mungkin.

  1. Nilai faktual aktiva lancar. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, aktiva lancar dapat berupa saham, surat berharga, hingga persediaan yang likuid. Hal ini perlu diperhatikan karena tidak mungkin selalu mengandalkan piutang. Sebab sangat mungkin piutang sulit ditagih sehingga nilai aktiva yang sesungguhnya pada perusahaan tidak cukup;
  2. Adanya perubahan jumlah persediaan, baik saat ini maupun prediksi mendatang. Terlebih ini akan sangat berkaitan dengan perhitungan rasio lancar;
  3. Peluang investasi saat ini dan di masa depan. Dengan melihat peluang ini maka tim dapat memilih jenis aset yang akan diinvestasikan. Apakah dalam bentuk aktiva tetap atau aktiva lancar. Setiap pilihan aktiva selanjutnya akan menentukan likuiditas perusahaan;
  4. Banyaknya kas yang diperlukan untuk kebutuhan transaksi. Dari faktor inilah likuiditas perusahaan mampu diukur dan ditetapkan;
  5. Munculnya ketidakpastian arus kas. Hal ini bisa disebut sebagai salah satu kemungkinan risiko yang timbul. Semakin tinggi nilainya maka semakin sulit pula mengharapkan tingkat kas tetap stabil. Akibatnya akan lebih sulit dalam realisasi pelunasan kewajiban. Karena mungkin saja tanggal jatuh tempo tepat saat keadaan kas tidak memadai;
  6. Ukuran perusahaan. Besarnya skala perusahaan justru cenderung membutuhkan aset likuid yang sedikit karena biaya pendanaan yang murah. Akibatnya rasio likuiditas menjadi rendah yang artinya perusahaan tidak cukup likuid. Kesimpulannya, ukuran perusahaan justru berpengaruh negatif bagi likuiditas;
  7. Modal yang dibutuhkan untuk biaya operasional perusahaan.

Manfaat Rasio Likuiditas

Risiko Likuiditas

Telah disebutkan di awal rasio likuiditas tidak hanya memiliki manfaat bagi perusahaan saja. Pihak-pihak terkait lainnya pun juga berhak atas manfaat dari rasio likuiditas. Seperti bagi pihak eksternal antara lain investor, kreditur, dan pihak lainnya.

Dalam konteks pendanaan, rasio ini akan menjadi informasi penting bagi investor apakah perusahaan tersebut layak diberikan dana investasi. Lalu ketika dana telah diterima, rasio mampu memberikan informasi tingkat pengembalian dana yang ditempatkan.

Jika rasio tinggi, angka tersebut berperan mengkonfirmasi kemampuan perusahaan. Sehingga pihak terkait pun tidak perlu khawatir ketika waktu jatuh tempo tiba. Sedangkan dalam konteks jual beli, pihak lain pun tetap tenang karena rasio menunjukkan perusahaan akan mampu membayar.

Manfaat bagi pihak internal tentunya akan lebih kompleks. Angka dalam rasio dapat menunjukkan penilaian kinerja atas operasional sekaligus media evaluasi. Evaluasi tersebut juga dapat ditindaklanjuti dengan penyusunan perencanaan keuangan periode selanjutnya. Artinya saat angka rasio tidak cukup baik, tim dapat melakukan tindakan responsif agar likuiditas perusahaan kembali optimal.

Selain itu, penyusunan rencana keuangan juga bisa didapatkan dari aktivitas membandingkan posisi likuiditas perusahaan setiap waktunya. Dengan demikian upaya perbaikan likuiditas berjalan lebih baik dari periode sebelumnya.

Penutup

Setiap rasio likuditas punya peran yang sama pentingnya dalam perusahaan anda. Jadi, sangat penting untuk mengetahui semua jenisnya. Tentunya agar perhitungan posisi likuiditas juga dapat mengantisipasi risiko terburuk yang mungkin terjadi. Dan tak kalah penting, perhatikan juga seluruh faktor di sekitarnya yang akhirnya akan mempengaruhi posisi likuiditas. Dengan menjaga seluruh faktor agar tetap stabil, rasio pun juga tetap pada tingkat yang wajar.

Selain menjaga tingkat likuiditas tetap baik, pahamilah menjaga keamanan keuangan tak kalah penting. Keuangan perusahaan yang bermasalah justru akan lebih buruk mempengaruhi kewajiban likuiditas. Permasalahan keuangan hanya akan terjadi karena aktivitas menyimpang dari pihak internal. Oleh karena itu, anda perlu sistem yang memantau secara akurat aktivitas tim bersama layanan dari Jojo Expense.

Jojo Expense

Khusus untuk memonitor aktivitas yang mencurigakan, Jojo Expense siap membantu anda dengan fitur Fraud Detection. Dengan ini segala upaya penipuan karyawan atas klaim reimbursement atau request cash advance akan langsung terdeteksi. Sehingga keuangan perusahaan tetap aman sebelum melalui proses approval. Apalagi di tambah dengan kemampuan deteksi posisi karyawan secara akurat menggunakan Real Time Geotagging. Upaya kecurangan keuangan yang sulit terekam sistem pun tetap dapat terlacak. Sistem ini juga akan membantu anda memberikan bukti saat akan melakukan recheck fakta pada karyawan sehingga tidak berdasarkan dugaan semata.

Kini saatnya anda untuk segera memberikan perlindungan berlapis dan menyeluruh pada keuangan perusahaan dengan bantuan Jojo Expense. Dapatkan layanan gratis selama 14 hari sekarang juga!