Rate of Return – Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Rate of Return adalah salah satu jenis keuntungan yang terdapat dalam bidang keuangan. Keuntungan seringkali disebut dengan laba, laba dapat dikut dengan berbagai cara mulai dari cara absolute dalam mata uang tertentu maupun dalam bentuk persentase.

Rate of Return adalah keuntungan atau tingkat pengembalian yang dihitung per tahun. Sehingga Rate of Return ini sendiri seringkali disebut sebagai pengembalian tahunan. Untuk itu, pada penjelasan kali ini akan dibahas tuntas mengenai pengertian Rate of Return, fungsi, manfaat, tujuan, cara kerja dan faktor yang mempengaruhi rate of return.

Pengertian

Rate of Return atau yang biasa disebut sebagai tingkat pengembalian adalah ukuran laba atau keuntungan yan digunakan sebagai persentase investasi dalam bidang keuangan. Atau deifinisi lainnya menurut Lexion Rate of Return merupakan keuntungan dari investasi yang dinyatakan dalam persentase tahunan.

Rate of Return bekerja pada investasi apapun mulai dari real estate, saham, obligasi dan berbagai jenis investasi lainnya. Intinya, Rate of Return adalah pada aset apapun asalkan aset tersebut dibeli pada satu waktu tertentu dan menghasilkan arus kas di beberapa titik di kemudian hari.

Rumus Rate of Return

Untuk mengetahui tingkat pengembalian suatu investasi dapat dilakukan dengan menghitung rumus sebagai berikut:

Rate of Return = [Nilai awal (nilai saat ini-nilai awal)] x 100%

Perlu diketahui bahwa tingkat pengembalian terkadang disebut sebagai tingkat pertumbuhan dasar. Tingkat pengembalian rill juga dapat diartikan sebagai jumlah bersih arus kas yang didiskontokan yang diterima atas investasi setelah disesuaikan dengan inflasi yang ada.

Fungsi

Internal Rate of Return IRR report on a table.

Fungsi utama dari rate of return yakni untuk mengukur peningkatan jumlah aset. Jika nilai awalnya nol maka tidak ada tingkat pengembalian yang dapat dihitung. Untuk itu, berikut merupakan berbagai fungsi rate of return sebagai berikut:

  • Rate of return berfungsi sebagai bahan pertimbangan seseorang ketika hendak menabung atau melakukan deposito di bank. Dalam hal ini rate of return digunakan untuk memperkirakan keuntungan yang didapat.
  • Di perusahaan, rate of return digunakan untuk menganalisa kinerja atau tingkat pertumbuhan financial pada perusahaan tersebut.
  • Dalam penganggaran modal sebuah perusahaan, rate of return akan membantu dalam membandingkan tingkat pengembalian untuk memilih dan menentukan project mana yang diperkirakan lebih menguntungkan.
  • Dalam investasi kena pajak, investor umumnya akan mencari tingkat pengembalian yang lebih tinggi dan melakukan perhitungan tingkat pengembalian setelah pajak.
  • Pada permainan poker online, rate of return sering digunakan untuk menganalisa kinerja lawan pemain.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manfaat

ciri perseroan terbatas3

Rate of Return bermanfaat bagi investasi sebagai tingkat pengembalian. Dengan mengetahui tingkat pengembalian investasi maka segala kegiatan operasional dapat dievaluasi tingkat pengembalian investasinya.

Cara Kerja

Rate of Return umumnya dikerjakan dengan rumus tersendiri, berikut merupakan contoh cara kerja Rate of Return:

Vf : Nilai akhir (Dividend/Bunga)

Vi : Nilai awal

Rumus :

Rate of return = [(nilai saat ini-nilai awal)/nilai awal] x 100

Rate of return memiliki rumus sederhana yang terkadang disebut sebagai Growth Rate (tingkat pertumbuhan dasar), atau biasa disebut juga Return in Investment (ROI). Jika seseorang mempertimbangkan pengaruh nilai waktu uang dan inflasinya, maka rate of return rill juga dapat didefinisikan sebagai jumlah bersih arus kas yang didiskontokan atas investasi setelah disesuaikan dengan inflasi.

Contoh:

Seseorang membeli saham sebanyak 100 lembar dengan harga awal sebesar 20. Maka, nilai awal dari saham tersebut adalah 100 lembar x 20 = 2000. Dalam hal ini pemegang saham mengumpulkan 0,50 per sahamnya dalam dividend tunai dan harga akhir saham yang mulanya 20 menjadi 19,7. Denan demikian, pemegang saham akan memiliki 100 lembar x 19,7 = 1970 dan 100 lembar x 0,50 = 50 dengan total keseluruhan 1970 + 50 = 2020. Jadi, perubahan nilai saham adalah 20.

Rate of Return yang kurang dari periode satu tahun tidak bisa atau tidak diperbolehkan untuk disetahunkan. Hal ini dikarenakan menjadi tidak masuk akal atau tidak mudah melakukan perhitungan dan indikasi tingkat pengembalian dalam jangka pendek. Selain itu, hal ini juga tidak luput dari risiko-risiko yang mungkin terjadi sehingga biasanya pihak bank akan menawarkan jasa suku bunga antar bank.

Faktor yang Mempengaruhi

Rate of Return memiliki faktor yang mempengaruhi pengembalian sebelum perhitungan terakhir dilakukan antara lain sebagai berikut:

1.      Jumlah Pembelian Saham

Faktor pertama yang mempengaruhi rate of return adalah jumlah saham yang dibeli. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh pada jumlah poin dan nilai awal saham tersebut. Nilai awal ini nantinya akan digunakan dalam perhitungan akhir.

2.      Nilai Awal dan Harga

Selanjutnya, nilai awal dan harga pembelian saham juga menjadi faktor yang mempengaruhi rate of return. Misalnya seseorang membeli 100 lembar saham dengan harga awal 10, maka nilai awalnya menjadi 100 lembar x 10 = 1000. Nilai awal ini nantinya akan digunakan dalam pembagi rumus di rate of return sehingga besar pengaruhnya. Namun hal ini tidak berlaku jika nilai awalnya nol, karena tidak akan ada pengembalian yang dapat dihitung karena jumlahnya akan tetap nol.

3.      Dividend Tunai

Biasanya pemegang saham akan mengumpulkan dividend tunai per sahamnya untuk mendapatkan nilai akhir yang lebih menguntungkan. Hal ini dilakukan guna menghindari kerugian akibat harga saham yang per poinnya selalu mengalami penurunan.

4.     Mata Uang

Mata uang juga menjadi faktor yang mempengaruhi rate of return. Pasalnya, mata uang yang digunakan sebagai ukuran juga memiliki pengaruh pada rate of return. Misalnya ada seseorang yang membeli saham dalam bentuk mata uang dollar, lalu orang tersebut mengkonversikannya ke dalam bentuk mata uang Yen. Kemudian nilai mata uang Yen ini nantinya akan mengalami peningkatan sekian persen dalam satu dollar nya, hal ini dapat dipastikan keuntungannya akan lebih banyak.

Macam-Macam Rate Of Return

Rate of return tersedia dalam berbagai macam sebagai berikut:

Average Rate Of Return

Rate of return yang ini merupakan metode penilaian investasi yang berusaha menunjukkan ratio atau perbandingan antar keuntungan neto tahunan terhadap nilai investasi yang diperlukan untuk memperoleh laba baik diperhitungkan dengan nilai investasi maupun dengan rata-rata investasi.

Internal Rate Of Return

Internal rate of return merupakan tingkat diskonto yang menjadikan sama antara present value dari penerimaan cash dan dari nilai investasi diskon tingkat diskonto yang menunjukkan net present value atau sama besarnya dengan nol.

Kesuksesan tahap bisnis bergantung pada seberapa baik perusahaan memberikan pelatihan kerja yang baik bagi karyawan agar terampil dan mewujudkan tujuan perusahan. Dengan kata lain, tahap ini bergantung pada seluruh karyawan perusahaan. JojoPayroll hadir untuk memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengelola payroll secara digital. Dengan aplikasi JojoPayroll, Anda dapat menghitung payroll secara otomatis sesuai kebijakan perburuhan Indonesia. Anda juga dapat mengintegrasikan payroll dengan pajak pribadi, asuransi, tunjangan, dan reimbursement.

Tertarik mencoba? Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan fasilitas coba gratis sekarang juga!