React Native, Aplikasi Menarik Dengan Berbagai Macam Kelebihan

React native kini dapat menangani segala kekhawatiran Anda terutama saat membuat aplikasi yang berbasis Android atau iOS. Framework ini dikembangkan dari Javascript dan kini banyak dikembangkan pula oleh beberapa perusahaan besar di dunia. Dengan adanya framework ini maka Anda tidak perlu lagi membuat aplikasi hybird. Framework ini juga dapat mengkompilasi aplikasi ke dalam sebuah native code baik pada Android maupun pada iOS. Tentu hadirnya react native ini akan sangat memudahkan Anda.

Kelebihan React Native

Pada dasarnya ada beberapa kelebihan yang bisa diperoleh melalui penggunaan react native tersebut. Beberapa dari kelebihan yang ada yaitu meliputi sebagai berikut.

1. Dapat digunakan oleh perusahaan besar

Pada dasarnya react native ini memang sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh Anda sekalian. Anda tidak perlu meragukannya karena framework ini ternyata sudah digunakan oleh beberapa bahkan banyak perusahaan besar. Sebut saja berbagai perusahaan besar sekelas Facebook dan Instagram sudah menggunakannya. Demikian pula seperti Airbnb dan Baidu serta Walmart juga telah menggunakannya. Masih banyak pula beberapa perusahaan besar yang juga menggunakannya untuk mempermudah segala pekerjaannya. Jadi tidak ada alasan untuk meragukan kualitas dari framework yang satu ini. Dengan adanya kualitas unggul inilah maka berbagai perusahaan besar dunia semakin tak ragu untuk menggunakannya demi menjalankan berbagai kepentingannya. Penggunaan framework ini juga tentu diharapkan agar dapat memberikan hasil yang memuaskan.

2. Sangat mudah untuk digunakan

Rupanya aplikasi react native sangatlah mudah untuk digunakan atau dioperasikan. Maka tak heran bila semakin banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakannya. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan bahkan bagi Anda yang merupakan pemula. Terlebih lagi bagi Anda yang belum begitu mahir mengenai coding sehingga untuk menggunakannya Anda tentu bisa melihat tutorial yang dibawakan dengan gaya dan bahasa yang mudah dipahami. Baik Anda yang merupakan developer atau mungkin saja bila Anda merupakan praktisi di berbagai bidang juga dapat menggunakan aplikasi yang akan sangat membantu Anda dalam mempermudah pekerjaan ini. Penggunaannya yang mudah tentu akan menjadi pertimbangan bagi Anda sehingga bisa lebih praktis.

3. Lebih cepat dan lebih efisien

Keunggulan lain dari aplikasi react native adalah saat proses pembuatannya. Dalam proses pembuatannya rupanya dibutuhkan wkatu yang cukup singkat. Dengan kata lain proses pembuatannya memerlukan waktu yang lebih cepat bila dibanding dengan framework lainnya. Tidak hanya itu saja tetapi pengeluaran untuk membuat aplikasi ini juga lebih hemat sehingga bisa dikatakan bahwa aplikasi ini bersifat lebih efisien. Dalam hal ini Anda akan banyak menemukan berbagai template yang bisa dilakukan dengan cara copy dan paste dari kode tersebut. Dengan adanya proses ini maka Anda bisa melihat hasilnya secara langsung. Tentu hal ini akan sangat memudahkan Anda sehingga waktu dan biaya yang dibutuhkan bersifat efisien.

4. Cocok untuk startup

Masih ada pula keunggulan atau kelebihan lain dari react native. Salah satunya yaitu aplikasi ini sangat cocok bila digunakan untuk startup. Aplikasi ini memang dibangun dan dikembangkan dengan Javascript. Oleh karena itu aplikasi ini bisa diprogram dengan sangat mudah. Jadi tidak hanya pembuatannya saja yang bisa dilakukan dengan sangat mudah tetapi penggunaan dari aplikasi ini juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Proses pembuatan aplikasi ini juga bisa dilakukan dengan cross platform sehingga hal ini bisa lebih memudahkan Anda. Maka dari itu aplikasi ini disebut sangat cocok digunakan untuk startup dan bahkan bisa bersifat lebih efektif.

Langkah Menggunakan React Native

Tentunya masih banyak yang awam akan penggunaan react native dan aplikasinya. Oleh sebab itu jika belum paham benar, simak beberapa informasi berikut ini mengenai langkah untuk menggunakan react native.

1. Instal Nodejs

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk bisa menggunakan aplikasi react native adalah menginstal Nodejs. Dengan menginstal Nodejs terlebih dahulu maka Anda bisa menggunakan aplikasi yang diinginkan. Nodejs sendiri sebenarnya adalah runtime bagi Anda yang akan membuat Anda bisa menjalankan semua program dari Javascript. Semua program dari Javascript ini bisa dijalankan di luar browser yang Anda gunakan. maka dari itu Nodejs ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi Anda. Terlebih lagi bila Anda adalah seorang penggemar aktivitas programming tentunya Anda bisa menginstal Nodejs untuk mendapatkan berbagai kemudahan.

2. Instal NPM atau Yarn

Setelah Anda menginstal Nodejs maka masih ada pula langkah atau hal yang bisa Anda lakukan. Setelah Nodejs Anda bisa menginstal NPM atau Yarn. NPM atau Yarn ini bisa Anda gunakan untuk Project Nodejs. NPM tentu akan terinstal secara otomatis pada komputer Anda yaitu pada saat Anda menginstal Nodejs. Sedangkan Yarn rupanya sedikit berbeda dengan NPM. Yarn biasanya harus diinstal terlebih dahulu baru bisa terpasang pada komputer Anda.

3. Instal Java JDK

Tidak hanya itu saja tetapi untuk bisa menggunakan react native maka Anda bisa juga menginstal Java JDK. Instal Java JDK perlu untuk dilakukan dengan tujuan untuk kompilasi sebuah aplikasi yang ada hingga menjadi sebuah APK. Tentu instal program ini juga akan mempermudah Anda terutama untuk menggunakan program atau aplikasi lainnya yang dibutuhkan. Instal Java JDK akan memudahkan Anda dan pengguna lainnya terutama bagi developer dan progammer atau profesi lainnya. Proses penginstalan bisa dilakukan dengan mudah dan membutuhkan waktu yang tidak lama.

4. Android SDK

Aplikasi berikutnya yang juga Anda butuhkan yaitu Android SDK. Sebenarnya pada saat Anda mengunduh dan menginstal program atau aplikasi ini maka Anda akan memiliki direktori Android di dalam direktori home. Direktori Android ini rupanya berisi Android SDK yang dapat Anda fungsikan dan gunakan untuk bisa mengembangkan aplikasi Android.

Dengan melihat informasi di atas, sudah jelas betapa besar manfaat dari penggunaan react native pada banyak hal di masa kini. Demikian pula halnya pada sebuah perusahaan yang sebaiknya memastikan penggunaan produk yang sesuai untuk pengaturan absensi dan cuti para karyawannya. Misalnya dengan menggunakan produk seperti JojoTimes. Bila menggunakan produk tersebut, maka tentunya absensi karyawan akan jauh lebih sistematis dan mudah untuk dikontrol. Bukan hanya itu saja, tetapi cuti dan kebutuhan pelatihan karyawan juga bisa dimonitor dengan tepat.

Semua manfaat tersebut bisa diperoleh berkat adanya fitur-fitur menarik pada JojoTimes. Beberapa di antara fitur tersebut meliputi Project Activities Reporting, Productivity Daily Reporting, Productivity Daily Reporting Offline Mode, Attendance Adjustment (by Appointed User), Compressed Work Policy, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mencoba menggunakan produk yang satu ini. Segera jadwalkan coba gratis di perusahaan Anda secepatnya. Dapatkan sistematisasi absensi karyawan yang lebih efektif dan efisien serta beragam manfaat menarik lainnya bagi perusahaan Anda hanya bersama produk andalan dari JojoTimes.