Apa yang Dimaksud dengan Recruiting Pipeline Strategy?

Setiap perusahaan memiliki cara tersendiri untuk memiliki sumber daya manusia yang dibutuhkan dan salah satunya adalah dengan recruiting pipeline strategy. Dengan menggunakan strategi tersebut, Anda bisa menghemat waktu Anda untuk mencari kandidat yang tepat yang diperlukan oleh perusahaan. Sehingga, perusahaan bisa langsung memaksimalkan sumber daya yang ada untuk tujuan tertentu baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Apa yang Dimaksud dengan Recruiting Pipeline Strategy?

Jika Anda merupakan orang marketing, Anda mungkin lebih mengenal sales funnel. Talent pipeline hampir sama dengan konsep sales funnel tersebut. Hal ini disebabkan karena dalam suatu recruitment dengan pipeline strategy juga mengumpulkan orang atau kandidat yang dicari, sesuai dengan kebutuhan perusahaan, kemudian menyeleksi dan memilih kandidat yang tepat.

 recruiting pipeline strategy

Namun, dibandingkan mencari, recruiting pipeline strategy lebih menekankan untuk membangun suatu hubungan dengan bakat pasif. Sehingga bakat tersebutlah yang akan diasah agar dapat berguna untuk kepentingan suatu perusahaan. Artinya, strategi ini cocok untuk Anda yang menginginkan suatu hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan talent atau pegawai yang akan direkrut tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ada 3 jenis strategy talent yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Talent pipeline: sistem dimana Anda menyeleksi kandidat yang tertarik kemudian mengasah bakat yang sudah ada untuk nantinya di masa depan dapat bermanfaat bagi perusahaan terutama untuk jangka panjang.
  • Talent pool: merupakan sekumpulan kandidat dari segmen yang ada. Misalnya Anda bisa membedakan kandidat berdasarkan pada universitas atau tempat dia tinggal.
  • Talent communities: tempat atau wadah dimana para talent dapat berkomunikasi dan berinteraksi satu dengan yang lainnya misalnya dengan menggunakan group.

Keunggulan Recruiting Pipeline Strategy

Masing-masing strategy memiliki keunggulan termasuk untuk recruiting pipeline strategy. Berikut ini, merupakan keunggulan dari talent pipeline sebelum Anda melakukan strategi tersebut, diantaranya yaitu:

1.     Mendapatkan Kandidat yang Terbaik

Dengan membangun suatu talent yang terbaik akan bisa membantu Anda untuk mengurangi suatu hal yang terburu-buru, misalnya ada yang tiba-tiba keluar. Sehingga jikapun butuh seseorang dengan kompetensi yang sama atau hampir sama, Anda dapat memilih talent tersebut untuk mengisi kekosongan yang ada tanpa harus terburu-buru memilih yang berujung pada kesalahan memilih pegawai.

 recruiting pipeline strategySelain itu, dengan recruiting pipeline strategy Anda juga bisa mengurangi kebetulan yang ada. Misalnya posisi tertentu yang susah untuk dicari penggantinya, dengan talent pipeline, Anda justru lebih bisa memaksimalkan talent yang ada untuk mengisi kekosongan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat waktu yang ada.

2.     Menggaet Kandidat Pasif

Dibandingkan dengan kandidat aktif yang mencari pekerjaan, lebih banyak kandidat pasif yang sebenarnya lebih cocok untuk mengisi posisi yang ada di perusahaan Anda.

Kandidat pasif ini bisa saja tidak melihat lowongan yang Anda posting, atau bisa saja sedang tidak berminat. Dengan strategi talent pipeline ini, Anda lebih dapat memaksimalkan menggaet kandidat pasif.

3.     Meminimalkan Kekurangan

Ada beberapa jenis kekurangan dari perusahaan misalnya yang lokasinya kurang strategis. Ini bisa berpengaruh untuk kelangsungan perusahaan. Sehingga dengan recruiting pipeline strategy bisa meminimalkan kekurangan tersebut dan perusahaan Anda bisa bergerak cepat dengan merekrut para kandidat yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoTimes hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

4.     Mendapatkan Kandidat yang Berpengalaman

Saat menentukan akan menggunakan strategy pipa, perusahaan tentunya sudah menentukan ketentuan apa saja yang hendak diaplikasikan. Sehingga Anda bisa mendapatkan banyak kandidat yang berpengalaman terutama untuk posisi senior atau manager.

 Tahapan Recruiting Pipeline Strategy

Dalam mengaplikasikan recruiting pipeline strategy  Anda harus memiliki rencana terlebih dahulu. Cara ini dilakukan agar nantinya Anda bisa mendapatkan kandidat seperti yang perusahaan inginkan terutama untuk jangka panjang. Selain menentukan rencana kedepannya, ada 3 tahapan utama untuk memaksimalkan talent pipeline model.

Mengidentifikasi Target

Haruskah? Bukankah itu nantinya dilakukan sistem? Jika Anda menggunakan suatu platform, hal tersebut sangat mungkin terjadi. Namun, akan lebih mudah untuk mencari kandidat yang pas jika Anda sudah memiliki target yang akan Anda ‘sasar’.

 recruiting pipeline strategyAda beberapa hal yang bisa Anda perhatikan dari kandidat yang Anda dapatkan, diantaranya adalah:

  • Kepribadiannya: misalnya apakah dia sesuai dengan budaya perusahaan yang ada atau tidak. jangan sampai karena tidak sesuai dengan budayanya, justru bisa menghambat perkembangan di perusahaan tersebut.

Walaupun pribadi bisa dibentuk sesuai dengan ketentuan perusahaan, namun, jika dari orang atau kandidat tersebut tidak memiliki kesadaran atau keinginan sendiri, akan lebih susah.

Maksudnya adalah dalam melakukan strategi yang sesuai dengan perusahaan. Sehingga kandidat tersebut tidak bisa mengeluarkan seluruh kemampuannya agar mencapai tujuan perusahaan tersebut.

  • Demographic: Anda bisa melihat dari ketertarikan, pendidikan, pandangan ataupun hal yang lainnya yang bisa anda targetkan. Dengan begitu, misalnya Anda mencari orang untuk bekerja di Bekasi, Anda bisa menyasar orang yang berminat atau memiliki tempat tinggal di Bekasi.
  • Latar Belakang: latar belakang ini bisa berpengaruh pada pendidikan dari calon kandidat sehingga Anda bisa langsung menyasar orang yang memiliki latar belakang tertentu. Misalnya yang berpendidikan minimal D3.
  • Pengalaman: misalnya sudah berapa tahun bekerja di perusahaan IT untuk posisi programer.
  • Goals atau tujuan.
  • Objection atau yang tidak disuka.
  • Skills atau kemampuan.
  • Watering holes misalnya tempat atau grup (bisa juga media sosial) tempat dari kandidat tersebut menghabiskan banyak waktu.

Mengisi Pipa

Jika Anda sudah tahu targetnya, maka Anda bisa fokus untuk mengisi ‘pipa’ tersebut dengan kandidat. Lalu, bagaimana cara mengisi pipa tersebut?

 recruiting pipeline strategySalah satu caranya adalah dengan membuat iklan misalnya di tempat yang biasanya menyediakan informasi lowongan pekerjaan.

Engage Your Pipeline

Setelah mendapatkan para kandidat, maka Anda harus menggaet kandidat-kandidat tersebut. Salah satu caranya dalam recruiting pipeline strategy adalah dengan mengontaknya langsung. Kemudian Anda bisa membagi mana saja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan mana saja yang tidak.

Jojotimes Absensi Online untuk Memaksimalkan Recruiting Pipeline Strategy

Jika karyawan sudah terpilih lewat sistem recruiting pipeline strategy Anda bisa memasukkan data calon karyawan tersebut ke dalam sistem dengan Jojotimes absensi online.

absen ahli cara SEO

Dengan menggunakan Jojotimes, Anda bisa melakukan pengaturan tugas apalagi terdapat sistem kehadiran yang terintegrasi. Dengan adanya sistem tersebut, membuat Anda akan lebih mudah untuk menghitung berapa gaji yang pantas untuk diberikan.

Apalagi Jojotimes absensi online juga dilengkapi dengan fitur seperti berikut:

  • Mobile check in dan check out yang memudahkan karyawan untuk bisa melakukan absensi dimana saja dan kapan saja.
  • Pemantauan real time secara akurat: walaupun karyawan bisa melakukan absensi dimana saja, namun tetap dalam pemantauan. Sehingga sebagai HRD, Anda bisa melihat apakah karyawan tersebut memang benar masuk kantor atau sedang membolos.
  • Fake ID detection yang bisa mendeteksi apakah yang absen tersebut benar-benar karyawan perusahaan atau orang lain.

Dengan fitur tersebut, Anda bisa mengecek apakah karyawan Anda benar-benar bekerja dengan sungguh-sungguh atau tidak. sepertinya menarik untuk mencoba? Langsung saja kunjungi https://jojonomic.com/produk/jojo-times-absensi-online/ dan coba free trial untuk merasakan langsung kemudahan dalam bekerja dengan Jojonomic.