Reksadana Syariah Dan Berbagai Macam Jenisnya

reksadana syariah

Reksadana syariah sepertinya belaum banyak dikenal orang. Padahal sistem ini sebenarnya cukup menguntungkan. Reksa dana syariah pada dasarnya merupakan suatu wadah untuk menghimpun dana masyarakat. Himpunan dana ini kemudian dikelola oleh badan hokum yang disebut Manajer Investasi. Kemudian himpunan dana ini diinvestasikan ke dalam beberapa bentuk surat berharga. Misalnya saja seperti saham dan obligasi ataupun dalam bentuk instrument pasar uang yang berjalan sesuai dengan beberapa ketentuan sekaligus prinsip syariah Islam. Oleh karena itu investasi Anda tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa menjadi investor yang akan lebih cerdas dalam mengelola keuangan.

Jenis Reksadana Syariah

Pasar uang

Jenis reksadana ini tampaknya sangat cocok untuk pemula. Disini investasi Anda akan ditempatkan pada instrument pasar uang syariah dalam negeri. Tidak hanya itu saja tetapi dengan mengikuti reksadana syariah jenis ini maka dana Anda juga akan diinvestasikan pada efek syariah berpendapatan tetap dengan jangka waktu yang tidak akan lebih dari satu tahun.

Pendapatan tetap

Untuk jenis ini umumnya Manajer Investasi sebagai pengelola reksadana diwajibkan untuk melakukan investasi dengan jumlah minimal. Jumlah investasi paling sedikit adalah 80 persen dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk obligasi syariah atau dalam bentuk syariah berpendapatan tetap. Keuntungan dari reksadana jenis ini antara lain Anda bisa memperoleh keuntungan yang cenderung bersifat stabil.

Reksadana Syariah Saham

Untuk jenis saham juga ada Batasan minimal dalam melakukan investasi. Jumlah minimal ini mungkin sama dengan jumlah minimal investasi jenis reksadana pendapatan tetap. Jumlahnya adalah 80 persen dari Nilai Aktiva Bersih. Namun investasi ini dilakukan dalam bentuk efek syariah yang bersifat ekuitas. Maka pengembaliannya cenderung bersifat fluktuatif. Jadi investasi jenis ini bisa dikatakan memiliki resiko yang cukup tinggi.

Campuran

Pada investasi jenis ini maka dana Anda akan dialokasikan pada salah satu instrument investasi. Bentuk investasi ini antarala lain berupa efek syariah pendapatan tetap atau bisa juga dalam bentuk efek syariah bersifat ekuitas. Dana Anda yang akan dialokasikan yaitu maksimal sebesar 79 persen.

Terproteksi

Untuk reksadana syariah jenis ini maka invesatasi dana dengan komposisi paling sedikit 70 persen diinvestasikan dalam bentuk efek syariah berpendapatan tetap yang diterbitkan. Kemudian efek syariah ini akan ditawarkan dan diperdagangkan baik di dalam maupun luar negeri. Sedangkan sisanya yaitu 30 persen akan ditempatkan pada saham syariah yang tentunya diperdagangkan pada bursa efek luar negeri.

Indeks

Pada dasarnya jenis ini wajib menggunakan indeks dengan berbasiskan pada efek syariah. Untuk reksadana jenis ini maka Manajr Investasi akan diwajibkan untuk melakukan pengelolaan paling sedikit 80 persen dari pendanaan yang ada pada efek syariah. Sedangkan efek syariah itu sendiri sebenarnya merupakan bagian dari kumpulan saham dan juga ekuitas syariah yang tentunya ada di dalam indeks.

Berbasis efek syariah luar negeri

Anda yang menginvestasikan dana jenis ini maka hanya dapat melakukan investasi pada efek syariah luar negeri. Efek syariah ini bisa saja diterbitkan oleh penerbit dari sebuah negara yang telah menjadi anggota dari IOSCO. Umumnya nilai investasi awal minimal sebesar US$ 10 ribu atau setara.

Berbasis sukuk

Untuk investasi jenis ini maka dana investasi wajib dilakukan dengan ketentuan paling sedikit adalah 85 persen. Dana ini diinvestasikan pada sukuk atau pada surat utang negara syariah yang umumnya ditawarkan di Indonesia. Biasanya penawaran ini dilakukan melalui penawaran umum.

Berbentuk kontrak investasi kolektif diperdagangkan di ETF

Reksadana ETF atau Exchange Traded Fund yang bersifat syariah akan mengalokasikan Nilai Aktiva Bersih ke dalam portofolio saham. Umumnya portofolio saham ini terdiri dari efek ekuitas yang tentunya sesuai dengan berbagai syarat dan ketentuan syariah. Biasanya jenis reksadana ini dapat diperjualbelikan secara langsung di lantai bursa walapun penjualan ini dilakukan tanpa melalui Manajer Investasi.

Berbentuk kontrak investasi kolektif penyertaan terbatas

Reksadana jenis ini rupanya dilarang untuk ditawarkan melalui penawaran umum. Selain itu reksadana jensi ini juga tidak boleh dimiliki oleh banyak pihak. Lebih tepatnya pemilik paling banyak berjumlah 50 pihak. Jika Anda mengikuti reksadana jenis ini maka investasi Anda tidak diperbolehkan untuk dilakukan pada portofolio efek yang berbasis pada kegiatan sector riil fi luar negeri.

Keuntungan Reksadana Syariah

Jaminan halal pada reksadana syariah

Anda tidak perlu ragu untuk melakukan investasi pada reksadana syariah karena perputaran uang sudah tentu akan dilakukan secara halal. Sebab pada dasarnya reksadana ini memegang teguh berbagai cara dan syarat yang berbasis pada berbegai ketentuan dan ajaran agama Islam. Maka investasi bisa dilakukan secara aman.

Reksadana syariah memiliki keterangan yang jelas

Setiap orang yang melakukan investasi pada reksadana jenis ini tidak perlu ragu dan khawatir. Sebab reksadana ini dilakukan dengan menggunakan pedoman pada berbagai ketentuan yang tertera. Sebelum Anda melakukan investasi tentunya Anda akan memperoleh berbagai keterangan yang jelas. Jadi Anda bisa menjalankan investasi dengan nyaman dan bisa mendapatkan keuntungan darinya.

Ada banyak produk pilihan reksadana syariah

Sekarang ini semakin banyak pilihan produk yang ditawarkan oleh reksadana syariah. Jadi Anda bisa memilih salah satu jenis produk yang sekiranya cocok bagi Anda. Memang biasanya ada beberapa jenis produk dari reksadana ini yang banyak dipilih oleh masyarakat. Tentunya berbagai jenis reksadana yang dipilih bisa memberi keuntungan tersendiri bagi Anda para investor.

Investasi di Reksadana Syariah

Reksadana syariah mungkin saja bisa menjadi wadah bagi Anda yang ingin berinvestasi. Caranya sebenarnya sangatlah mudah sehingga Anda bisa melakukannya tanpa kendala. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah membeli reksadana secara langsung. Anda bisa melakukan pembelian baik melalui perusahaan Manajer Investasi ataupun melalui bank. Tentunya Anda perlu mengikuti berbagai syarat atau ketentuan untuk menjadi investor. Setelahnya tentu Anda perlu melakukan pertemuan dengan pihak Manajer Investasi atau pihak APERD untuk melakukan transaksi selanjutnya. Menjadi investor tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk menginvestasikan dana Anda demi menuju masa depan yang semakin sejahtera.

Memilih investasi ini sama pentingnya dengan memilih sistem absensi perusahaan yang sesuai. Salah satunya yang cocok untuk dipertimbangkan yaitu dengan menggunakan JojoTimes. Dengan sistem yang satu ini, maka tentunya absensi karyawan bisa dimonitor lebih efektif. Selain itu juga berjalan otomatis dan dapat dilakukan dengan mudah dari mana saja. Hal ini memang berkat fitur yang terdapat di dalam JojoTimes, misalnya saja meliputi fitur pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat, pengelolaan laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja, hingga tarif lembur yang dapat disesuaikan. Dengan demikian tentu pengguna tidak perlu merasa khawatir lagi. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk melihat efektifitas produk ini secara langsung.