Remote Hiring : Pengertian dan Proses yang dilakukan

Tak pelak, pandemi COVID-19 tampaknya menjadi pintu gerbang perubahan drastis dalam kehidupan kebanyakan orang di dunia. Menjaga jarak sosial tetap menjadi langkah penting bagi semua pihak untuk bersama-sama memerangi wabah ini. Berbagai industri bisnis juga telah menerapkan kebijakan work from home atau kerja jarak jauh/work from home (WFH) untuk menekan penyebaran virus. Meski Remote Hiring bukan lagi konsep kerja baru dan sudah diadopsi oleh beberapa perusahaan. Namun masih banyak perusahaan yang baru beradaptasi dengan sistem ketenagakerjaan ini, apalagi dalam menghadapi situasi saat ini.

Tentunya perubahan-perubahan yang terjadi saat ini harus dibarengi dengan upaya penyesuaian yang tepat. Saat ini, penggunaan teknologi adalah cara untuk menyederhanakan proses di masa sulit seperti itu. Semakin banyak perusahaan yang mengadopsi teknologi untuk memodernisasi proses rekrutmen untuk terus memaksimalkan penggunaan proses rekrutmen agar dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. Jelas, proses rekrutmen yang dilakukan dari jarak jauh dapat sangat meningkatkan pengalaman kandidat. Misalnya, rekrutmen jarak jauh menggunakan wawancara video dapat mengurangi waktu rekrutmen hingga 50% dan meningkatkan pengalaman kandidat.

Di era sekarang ini, kerja jarak jauh sudah menjadi hal yang sangat umum, yang sebenarnya erat kaitannya dengan rekrutmen jarak jauh. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan beroperasi secara remote. Sehingga mereka menyadari bahwa proses rekrutmen, orientasi dan pelatihan dapat dilakukan secara virtual. Mereka sepakat bahwa melalui rekrutmen jarak jauh, perusahaan dapat menjalankan proses rekrutmen yang lebih efektif dan efisien.

Definisi Remote Hiring

Remote Hiring

Pada dasarnya, segala sesuatu yang dilakukan dari jarak jauh berarti akan dilakukan dari jarak jauh. Tanpa ada komunikasi langsung, tatap muka, atau fisik antara seseorang dengan orang lain. Kerja jarak jauh artinya semua pekerjaan yang dilakukan akan dilakukan dari jarak jauh. Namun selama pekerjaan dilakukan dari jarak jauh tidak akan mengurangi proses dan memaksimalkan hasil.

Rekrutmen jarak jauh yang sama, proses rekrutmen dilakukan dari jarak jauh. Dan tidak ada kontak tatap muka langsung antara sumber daya manusia dengan kandidat potensial yang diproses.

Di era digital ini, proses rekrutmen menjadi sangat rumit, dan semua proses dapat diselesaikan secara online/remote. Adanya pandemi telah mendorong banyak perusahaan untuk tetap dapat melakukan proses rekrutmen dengan sebaik-baiknya tanpa mengurangi kualitas rekrutmen dari masing-masing calon rekrutmen. Dan rekrutmen jarak jauh menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan untuk menjaga proses rekrutmen yang terbaik.

Proses Remote Hiring

Remote Hiring

Proses rekrutmen jarak jauh dimulai ketika seorang kandidat pertama kali menjalin kontak dengan perusahaan saat melamar posisi yang kosong. Setelah itu, HR biasanya menghubungi pelamar secara online untuk langkah selanjutnya, seperti proses wawancara dan evaluasi, hingga kandidat dipekerjakan dari jarak jauh. Meskipun rekrutmen jarak jauh adalah pendekatan baru di bidang sumber daya manusia. Ada banyak alasan mengapa perusahaan di seluruh dunia memanfaatkan sepenuhnya rekrutmen jarak jauh. Berikut adalah beberapa keuntungan dari rekrutmen jarak jauh:

Akses ke kumpulan bakat yang lebih luas

Rekrutmen jarak jauh memudahkan SDM untuk mendapatkan kumpulan bakat yang luas. Proses rekrutmen online akan membantu menarik kandidat dengan jangkauan lokasi, latar belakang pendidikan, dan pengalaman yang lebih luas. Dengan perluasan cakupan, SDM juga dapat lebih mudah menarik talenta berkualitas tinggi.

Menurut hasil survei ManpowerGroup, 72% praktisi sumber daya manusia percaya bahwa sulit untuk menemukan kandidat yang memenuhi persyaratan. Banyaknya calon yang melamar suatu jabatan bukan berarti banyak calon dengan potensi dan keterampilan yang dicari. Melalui rekrutmen jarak jauh, praktisi SDM dapat menggunakan saluran yang lebih beragam untuk menghubungi talenta dari berbagai latar belakang.

Contoh jaringan yang dapat digunakan oleh praktisi SDM untuk membangun talent pool melalui rekrutmen jarak jauh adalah komunitas kerja di media sosial, di mana pencari kerja yang aktif di media sosial tidak dibatasi oleh data demografi dan pengalaman. Hal ini akan memudahkan HR untuk menemukan kandidat yang paling cocok untuk mengisi posisi yang kosong tanpa kendala yang sering ditemui saat melakukan proses rekrutmen offline.

Maksimalkan waktu perekrutan

Remote Hiring

Dengan menggunakan sistem remote, rekrutmen dapat dilakukan dengan lebih efisien, yang tentunya akan memaksimalkan waktu rekrutmen yang menjadi lebih praktis. Proses rekrutmen yang berjalan dari jarak jauh dapat meningkatkan efisiensi waktu karena SDM dapat menangani banyak kandidat dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, dengan semakin banyaknya kandidat yang mendaftar, semakin luas pula talent pool yang dapat diakses, sehingga mempercepat proses pencarian kandidat.

HR kini menerima lebih banyak lamaran setiap hari karena pandemi memaksa semakin banyak pelamar kerja menjadi lebih aktif. Dengan mengakses talent pool yang lebih luas bahkan global, karena semua proses dilakukan dari jarak jauh, tidak ada batasan demografis.Efektifitas waktu rekrutmen akan meningkatkan waktu rekrutmen perusahaan dan juga akan menciptakan pengalaman kandidat yang positif karena proses rekrutmen menjadi lebih mudah. Itu hanya membutuhkan akses. Internet dan gadget secukupnya.

Tingkatkan pengalaman kandidat

Di masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, merupakan hal yang positif ketika perusahaan menawarkan kesempatan kepada karyawannya untuk bekerja dari jarak jauh/work from home. Hal ini karena jika perusahaan memahami situasi saat ini dan menjaga keamanan dan kenyamanan karyawannya. Serta dapat terus menjaga produktivitas meskipun dalam kondisi terbatas seperti itu, persepsi karyawan akan terbentuk secara aktif.

Ketika proses rekrutmen dilakukan dari jarak jauh, proses rekrutmen akan memiliki dampak yang sama. Khusus untuk pencari kerja yang tinggal di tempat lain, ketika mengetahui bahwa perusahaan melakukan proses rekrutmen dari jarak jauh, pengalaman pencarian kerja mereka akan terbentuk dengan baik sehingga pencari kerja yang jauh dari kantor dapat mengikuti proses dengan benar.

Selain itu, sebagian besar pencari kerja saat ini tertarik dengan perusahaan yang dapat memberikan peluang kerja jarak jauh, hal ini terlihat dari proses rekrutmen jarak jauh yang dilakukan, dan keinginan mereka untuk terus mengikuti proses rekrutmen akan semakin besar.

Meningkatkan produktivitas

Menurut data dari CoSo Cloud, 77% pekerja jarak jauh mengatakan mereka lebih produktif saat bekerja dari rumah. Tidak hanya itu, survei terbaru oleh Springer juga menunjukkan hal ini, banyak dari mereka percaya bahwa ketika mereka bekerja tanpa gangguan dari karyawan lain, efisiensi kerja mereka akan meningkat.

Tak terkecuali proses rekrutmen, karena prosesnya dilakukan dari jarak jauh, SDM bisa lebih fokus saat berhadapan dengan kandidat, karena waktu rekrutmen menjadi lebih fleksibel, tanpa hambatan jarak dan waktu.

Selain itu, proses rekrutmen jarak jauh dapat lebih efektif mempersingkat waktu rekrutmen dan biaya rekrutmen, sehingga menambah nilai positif bagi produktivitas sumber daya manusia. Pengalaman positif pencari kerja yang terbentuk selama proses rekrutmen jarak jauh juga akan meningkatkan efisiensi kerja pencari kerja selama bekerja di perusahaan Anda.

Selain itu, melalui rekrutmen jarak jauh, seperti yang disebutkan sebelumnya, departemen sumber daya manusia memiliki kesempatan untuk memproses banyak aplikasi sekaligus karena jangkauan kunjungan kandidat yang lebih luas. Hal ini mendukung SDM untuk dapat melakukan pekerjaan lain tanpa harus fokus pada proses administrasi. Karena proses rekrutmen dapat langsung dilaksanakan tanpa mengurangi efektifitas proses.

Kesimpulan Remote Hiring

Remote Hiring

Hal terpenting untuk rekrutmen Remote Hiring adalah meningkatkan kesejahteraan SDM dan kandidat. Karena proses rekrutmen dapat dilakukan lebih efisien tanpa menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu, rekrutmen jarak jauh adalah salah satu hal yang paling direkomendasikan, terutama di masa pandemi seperti ini.

Untuk mempermudah proses rekrutmen jarak jauh, pastikan Anda menggunakan platform rekrutmen yang mudah dipahami dan diikuti oleh pencari kerja. JojoTimes menyediakan teknologi dan alat pengukuran terbaik. Dapatkan uji coba dasbor gratis. Dan temukan talenta terbaik untuk perusahaan Anda melalui analisis mendalam tentang kinerja talenta dan talenta potensial Anda untuk membantu meningkatkan kinerja bisnis, yang akan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih tepat.

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik. Lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien. Hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”