Seluk Beluk tentang Remote Working yang Sedang Tren

Di zaman sekarang ini, banyak sekali bermunculan tren jenis kerja. Karena sekarang bekerja tidak harus dilakukan di kantor, namun juga bisa dilakukan di rumah, dengan remote working ataupun work from home. Kedua hal tersebut memang hampir sama namun ternyata berbeda. Lalu apa remote working itu? Dan bagaimana agar bisa tetap bekerja maksimal meskipun dengan remote working?

Apa itu Remote Working?

Remote working sebenarnya sudah ada sejak dahulu, namun memang baru menjadi tren akhir-akhir ini semenjak pandemi. Sistem remote working sudah banyak dilakukan khususnya bagi kalangan freelancer. Remote working bisa dikatakan seseorang yang bekerja di luar area kantor dan kadangkala dilakukan jarak jauh. Dan dengan remote working, orang yang bekerja tidak terikat dengan peraturan absensi dan sebagainya, sehingga bebas bekerja dimana saja sesuai dengan kenyamanannya, dan juga bisa menciptakan lingkungan atau ruang kerja yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena sistem kerja ini dilakukan dengan jarak jauh tanpa datang ke kantor, pastinya dilakukan dengan bantuan teknologi. Selain itu, juga dibutuhkan kemampuan, sumber daya, dan juga keterampilan yang berbeda dibandingkan bekerja pada umumnya. Selain itu juga harus memiliki inisiatif untuk mengerjakan dan kemampuan manajemen waktu yang baik.

Apakah Sama dengan WFH?

Selain remote working, sekarang ini WFH atau Work from home sedang menjadi tren. Memang keduanya dilakukan secara jarak jauh dan mengandalkan teknologi. Namun sebenarnya kedua hal tersebut berbeda.

Ada beberapa hal yang membedakan kedua sistem kerja tersebut. Salah satunya adalah jam kerja. Sistem kerja WFH memberlakukan jam kerja sesuai dengan peraturan perusahaan, misalkan dari jam 8 pagi hingga 4 sore untuk setiap harinya, dan diwajibkan untuk absensi. Kegiatan dan jam kerja tersebut dilakukan seperti halnya di kantor, namun ketika WFH dilakukan di rumah atau tempat lainnya.

Sedangkan, jika remote working, para pekerja lebih fleksibel karena tidak terikat dengan jam kerja. Syarat utama dari sistem kerja ini adalah target tugas terpenuhi dan terselesaikan dengan baik. Maka dari itu, sistem kerja remote working juga memungkinkan jika ada seseorang yang bekerja untuk orang yang jaraknya sangat jauh bahkan di luar negeri sekalipun.

Keuntungan dari Remote Working

Sistem kerja Remote working bisa dibilang sebagai konsep sistem kerja masa depan. Karena diharapkan dengan mengandalkan kemajuan teknologi, hasil pekerjaan dari remote working bisa lebih efektif dan efisien karena pekerja akan mengerjakan tugasnya dengan menciptakan lingkungan yang nyaman sesuai dengan kebutuhannya, dan bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Nah ada beberapa keuntungan dari sistem kerja ini, yaitu diantaranya adalah :

  1. Kesempatan bekerja semakin terbuka lebar. Karena sistem remote working bisa dilakukan dengan jarak jauh, maka lokasi tidak menjadi masalah. Sehingga bisa bekerja di luar kota bahkan di luar negeri.
  2. Tidak perlu membuang waktu di perjalanan. Karena sistem ini bisa dilakukan di rumah atau dimanapun yang dikehendaki, dan tidak harus menempuh jarak dari rumah ke kantor setiap harinya. Sehingga bisa menghemat waktu dan ongkos.
  3. Bisa bekerja sesuai mood dan waktu terbaik. Karena sebenarnya setiap orang memiliki waktu terbaik yang berbeda-beda. Karena jika bekerja di kantor, maka harus menuangkan idenya di jam itu juga. Namun ada orang yang bisa menuangkan idenya ketika malam ataupun dini hari. Pastinya tidak mungkin kan malam hari harus ke kantor untuk mengerjakan pekerjaannya?
  4. Bisa mengatur antara pekerjaan dan kehidupan. Karena dengan bekerja remote, selain bekerja juga bisa meluangkan waktu bersama keluarga atau bahkan me time.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.


  5. Banyak variasi bekerja yang bisa dilakukan. Misalkan jika bosan bekerja di rumah, bisa pindah bekerja di kafe. Jika bosan bekerja di ruang kerja, bisa pindah ke teras, dan berbagai gaya bekerja yang bisa dilakukan sesuai kenayamanannya. Karena ketika nyaman, maka bisa menaikkan mood dan bisa memunculkan ide dan inspirasi, sehingga pekerjaan bisa terselesaikan dengan cepat dan baik.
  6. Dan bagi perusahaan, bisa mengefisiensi biaya. Karena ketika pekerja remote, bisa mengurangi dana untuk listrik, perlengkapan kerja, ruang kerja, dan sebagainya.

Pro Kontra di Perusahaan

Remote working memang memiliki banyak sekali keuntungan. Namun beberapa perusahaan tidak setuju dengan hal itu karena dianggap bisa menghambat produktivitas pekerja. Karena dianggap perusahaan yang baik adalah yang mementingkan komunikasi dan kolaborasi, sehingga bisa memaksimalkan hasil pekerjaan. Dan memang beberapa pekerjaan butuh kolaborasi, inovasi, dan komunikasi yang baik untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Menurut survei PBB di tahun 2017, 41% karyawan mengaku tertekan bekerja di rumah. dan 25% karyawan tertekan ketika bekerja di kantor. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor. Salah satunya adalah merasa terkucilkan karena tidak bisa berkomunikasi dengan baik bersama rekan kerjanya.

Cara efektif Memaksimalkan Remote Working

Supaya bisa memberikan hasil yang maksimal meskipun bekerja secara remote, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena dengan tanpa adanya tatap muka dan komunikasi, pastinya memberikan tantangan tersendiri. Nah berikut ini ada beberapa tips atau cara yang efektif untuk memaksimalkan remote working dengan jarak jauh.

1. Lakukan pengendalian diri

Bekerja secara remote memberikan sistem dan waktu kerja yang fleksibel. Hal ini bisa menjadikan seseorang efektif dalam bekerja, namun bisa juga tidak. Agar bisa lebih efektif, seorang pekerja remote harus memiliki tekad dan pengendalian diri yang kuat. Caranya adalah dengan tidak terlalu santai terhadap arahan yang diberikan dan senantiasa mengingatkan diri tentang pekerjaannya. Jika kemarin pekerjaan tidak terselesaikan, maka di hari berikutnya harus menggantikan dan menyelesaikan pekerjaan yang belum dan harus diselesaikan hari itu juga.

2. Cari cara bekerja terbaik

Lakukanlah eksplorasi tentang gaya dan waktu bekerja yang efektif sesuai dengan diri sendiri. Misalkan seringkali inspirasi datang di malam hari, maka kerjakanlah pekerjaan di malam hari dan dengan gaya atau tempat yang sesuai. Atau menyukai bekerja di tempat-tempat baru, maka bisa dengan bekerja berpindah-pindah tempat mulai dari taman hingga cafe.

3. Punya jam kerja

Biasanya para pekerja remote memiliki jam kerja yang tidak menentu, karena tidak ada batasan seperti pekerja kantor. Nah sebagai batasan agar bisa bekerja secara efektif, sebaiknya tentukan jam kerja yang tetap setiap harinya. Dan dalam kurun waktu tersebut, gunakanlah untuk menyelesaikan pekerjaan. Pastinya jam kerja tersebut sesuaikan dengan cara bekerjamu. Misalkan, jam 8-10 bekerja, kemudian dilanjut lagi jam 7 malam hingga 10 malam. Tidak masalah asalkan nyaman dengan waktu tersebut.

4. Komunikasi

Hal yang paling penting diperhatikan dalam pekerjaan adalah komunikasi. Komunikasi bisa berupa diskusi, koordinasi, dan sebagainya. Ketika bekerja remote, pastinya komunikasi dilakukan dengan menggunakan media sosial, dan tantangannya harus bisa menyampaikan dengan baik, sehingga tidak ada komunikasi.

Selain itu juga perlu diadakan meeting setiap beberapa waktu sekali melalui video conference seperti skype, zoom dan sebagainya. Dengan begitu, bisa berkomunikasi dengan baik, baik hanya sekedar sharing tentang pekerjaan hariannya, ataupun berdiskusi tentang masalah yang dihadapi.

Kesimpulan

Bekerja secara remote / remote working memang terlihat menyenangkan. Namun dibalik hal yang menyenangkan tersebut, pastinya terdapat tantangan. Sehingga perlu beberapa cara untuk mensiasatinya sehingga meskipun dilakukan secara remote, pekerjaan bisa terselesaikan dengan hasil yang memuaskan dan tepat waktu.

Nah pastinya, ketika memperkerjakan karyawan secara remote, seorang pimpinan pasti butuh untuk mengawasi kinerja karyawannya dan mereka bisa tetap bertanggungjawab menyelesaikan pekerjaannya walaupun tidak berada di tempat yang sama dengan pimpinannya. Nah saat ini terdapat cara mudah untuk mengontrol karyawan, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Jojo Times.

Jojo times adalah sebuah software yang bisa mempermudah dalam pemantauan kinerja karyawan. Software ini tidak hanya dapat digunakan sebagai perangkat yang mempermudah akses check-in dan check-out karyawan saat melakukan absensi. Namun juga dapat dijadikan solusi untuk memantau karyawan dari mana pun secara real time.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk coba Jojo Times agar bisa dengan mudah memantau absensi karyawan perusahaan dari manapun secara real time.