Rencana Anggaran Biaya; Definisi dan Langkah Tepat Membuatnya

rencana anggaran biaya

Rencana anggaran biaya yang jelas dan rinci sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis di bidang apapun. Tanpa adanya perencanaan terhadap anggaran, bisa dipastikan bisnis tersebut tidak akan mampu berkembang sesuai harapan. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman soal perencanaan anggaran seperti di bawah ini bagi kamu yang mungkin sedang ingin terjun ke dunia bisnis.

Definisi rencana anggaran biaya

Rencana anggaran biaya adalah perkiraan biaya yang hendak digunakan untuk pelaksanaan suatu kegiatan, baik proyek ataupun bisnis. Dalam beberapa sektor bisnis, event, ataupun proyek, perencanaan anggaran merupakan salah satu dokumen wajib untuk melihat besarnya biaya yang akan digunakan nantinya. Perencanaan semacam ini perlu dilakukan demi mengetahui biaya yang dibutuhkan sehingga keuangan lebih terkendali.

Ketahuilah, setiap proyek atau bahkan event yang dijalankan tanpa adanya perencanaan anggaran yang rinci bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan biaya. Hal ini disebabkan karena pembelian ataupun pengadaan alat, bahan, dan kebutuhan operasional tidak bisa terkontrol dengan baik. Faktor ini pula yang bisa membuat suatu proyek mengalami kegagalan karena perencanaan yang kurang baik.

rencana anggaran biaya

Contoh rencana anggaran biaya

Jika kamu masih bingung dengan rencana anggaran biaya atau RAB yang bisa diterapkan dalam beragam kegiatan, berikut ini ada beberapa contoh yang bisa kamu coba. Namun pahami, bahwa setiap perencanaan anggaran pasti memiliki proses dan poin yang berbeda, tergantung dari jenis kegiatannya.

RAB jalanan

Perlu diketahui, proyek jalan adalah salah satu bentuk kegiatan yang membutuhkan dokumen RAB yang termasuk dalam rencana awal proyek tersebut. Tujuan dibuatnya dokumen ini untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya hambatan pembiayaan saat proyek berjalan. Dengan adanya RAB, kualitas proyek yang dibangun bisa lebih memenuhi standar kualitas.

Untuk membuat RAB jalanan semacam ini, ada beberapa poin penting yang patut diperhatikan. Beberapa di antaranya ketersediaan alat, bahan, dan juga tenaga kerja. Jika kamu ingin membuatnya dengan lebih mudah, sebaiknya gunakan tabel supaya catatan lebih rapi dan terorganisir.

Setelah itu, kamu bisa membuat daftar bahan atau material yang dibutuhkan dalam pembuatan jalan, lalu masukkan harga setiap produk per unitnya. Jangan lupa sertakan biaya angkut bahan tersebut.

Langkah selanjutnya adalah merinci setiap alat berat yang digunakan di setiap proses pengerjaan, termasuk sewa alat sekaligus operatornya. Lalu yang terakhir adalah perhitungan biaya tenaga kerja yang digunakan selama proses pengerjaan. Supaya lebih mudah dalam menentukan besarnya upah, kamu bisa mencari besaran upah untuk pekerja jalanan yang berlaku di wilayah setempat.

RAB event

Apabila proyek jalanan masih terlalu sulit, maka membuat RAB khusus event merupakan rencana yang paling sederhana. Tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang pasti pernah mengadakan acara, baik dalam skala kecil ataupun besar. Nah, setiap event sudah pasti membutuhkan perencanaan biaya sebagai salah satu syaratnya yang juga dikenal sebagai proposal kegiatan.

Umumnya, ada lima poin yang wajib diperhatikan dalam pembuatan RAB event. Poin ini sudah mewakili apa saja yang harus dicantumkan dan mendapat pembiayaan dalam pengadaannya. Berikut di antaranya:

  • Menghitung setiap biaya peralatan yang hendak digunakan dalam rangkaian acara tersebut dengan cara membuat daftar khusus lengkap dengan biaya sewa.
  • Jangan lupa untuk memasukkan biaya sewa gedung yang jadi tempat berlangsungnya event, termasuk pengadaan panggung dan segala dekorasi pendukung.  
  • Buatlah daftar panitia dan tugas-tugasnya secara lengkap serta menentukan besar biaya panitia termasuk biaya transportasi. Tak ada salahnya juga memasukkan kebutuhan untuk uang santai.
  • Semua tamu undangan maupun tamu penting yang hadir dalam acara juga harus masuk dalam pencatatan rencana anggaran biaya. Sebaiknya, buat daftar tamu yang akan dihadirkan di dalam acara tersebut dan tentukan biaya tarif untuk setiap tamu tersebut.
  • Biaya terakhir adalah biaya konsumsi. Biaya satu ini bisa kamu hitung dengan cara melihat dari banyaknya tamu yang datang, jenis konsumsi yang diberikan, dan intensitas pemberiannya.

RAB organisasi

Berikutnya adalah RAB yang dibutuhkan untuk kegiatan organisasi, misalnya OSIS atau organisasi masyarakat di suatu daerah. Seperti halnya RAB event, setiap kegiatan dalam suatu organisasi juga membutuhkan perencanaan anggaran sebelum dijalankan. Oleh sebab itu, ada beberapa poin yang wajib diperhatikan. Di antaranya adalah sumber pendapatan organisasi, sewa gedung, alat, konsumsi, dan lain sebagainya.

RAB bisnis

Bukan hanya proyek ataupun event, bisnis tertentu juga membutuhkan RAB yang baik dan terperinci. Tujuannya tentu saja supaya tidak terjadi pembengkakan biaya di beberapa pos. Secara sederhana, RAB bisnis ini meliputi penghitungan anggaran bahan baku yang bakal digunakan di setiap proses produksinya, termasuk pengadaan bahan, biaya perawatan, hingga biaya angkut.

Di samping itu, penghitungan biaya anggaran yang dikeluarkan di setiap proses produksi juga harus dihitung dengan rinci. Mulai dari pembelian mesin dan perawatannya, biaya pemasaran, hingga biaya tenaga kerja.

rencana anggaran biaya

Cara membuat rencana anggaran biaya

Pada dasarnya, setiap rencana anggaran biaya memiliki struktur yang unik. Itulah sebabnya, setiap rencana anggaran yang dibuat pasti berbeda di setiap industri dan sistem bisnis. Contoh di bawah ini adalah cara membuat rencana anggaran khusus untuk bisnis konstruksi.

Seperti yang kita ketahui, setiap RAB sangat membantu para kontraktor dalam mengetahui besar biaya yang diperlukan dari awal sampai akhir. Melalui RAB pula, setiap kontraktor bisa melihat secara jelas dan detail berapa anggaran yang dibutuhkan.

Umumnya, poin yang wajib diperhatikan dalam pembuatan perencanaan anggaran biaya sebelum memulai proyek konstruksi ada lima. Namun sebelumnya, kamu harus memilih perhitungan anggaran terhadap biaya bangunan yang bisa ditentukan dengan sistem luas bangunan dan harga satuan bangunan tersebut. Tujuannya untuk mengetahui berapa besar anggaran dan waktu perhitungan anggaran dari proyek konstruksi tersebut.

Poin pertama adalah membuat gambar kerja untuk rumah yang menggambarkan spesifikasi bangunan dan ukurannya, termasuk jenis pekerjaan apa saja yang hendak dilakukan. Gambar tersebut bisa mempermudah pekerjaan arsitek untuk menghitung volume pekerjaan.

Selanjutnya adalah menghitung volume pekerjaan dari gambar kerja yang ada dengan cara membuat daftar harga item setiap pekerjaan yang dilakukan. Poin berikutnya adalah menentukan harga satuan kerja atau menentukan harga melalui bahan dan material yang digunakan. Sebaiknya, cek harga bahan di wilayah setempat, lalu jangan ragu untuk mengkomunikasikannya dengan pelanggan untuk meminimalkan risiko terjadinya pembengkakan biaya.

Menghitung besar biaya pengerjaan melalui perkalian antara volume pekerjaan dan harga satuan menjadi poin keempat yang wajib kamu lakukan. Lalu untuk tahap terakhirnya adalah melakukan rekapitulasi terhadap pekerjaan dan biaya yang akan dikeluarkan.

Kamu disarankan untuk melakukan rekapitulasi dari setiap poin maupun sub-pekerjaan untuk memudahkan penjumlahan di akhir, lalu total biaya semua sub-pekerjaan tersebut dijumlahkan untuk mendapat total biaya yang dibutuhkan selama proses konstruksi tersebut.

JojoExpense, aplikasi reimbursement online dengan teknologi paling terkini

Itulah informasi seputar rencana anggaran biaya yang dibutuhkan dalam setiap kegiatan, baik itu untuk bisnis ataupun event. Sejatinya, perencanaan anggaran adalah hal paling penting yang wajib dilakukan dalam segala jenis kegiatan supaya pengeluaran bisa terorganisir dengan baik.

Begitu juga dalam hal pengelolaan anggaran keuangan perusahaan yang biasanya meliputi kebutuhan cash advance, reimbursement, hingga penggajian karyawan. Jika kamu merasa kesulitan dalam membuat dan memantau anggaran, maka kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi reimbursement online JojoExpense.

JojoExpense dibuat secara khusus untuk meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan dengan teknologi canggih paling mutakhir. Tak tanggung-tanggung, kamu bisa meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76 persen!

Selain itu, JojoExpense memungkinkan kamu untuk mengumpulkan data secara otomatis, mencegah penipuan keuangan, dan memegang penuh kendali anggaran perusahaan hanya dalam satu sentuhan.

rencana anggaran biaya

Tertarik menggunakan JojoExpense? Kamu bisa mencoba menggunakannya secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini.