Reputasi Bisnis: Definisi, Peran Penting dan Cara Meningkatkannya

Reputasi Bisnis

Reputasi dalam dunia bisnis menjadi salah satu komponen penting yang harus selalu diperhatikan. Sebab secara tidak langsung hal ini akan berdampak terhadap tingkat penjualan produk yang dipasarkan sekaligus kepercayaan pelanggan terhadap brand bisnis Anda.

Salah satu contoh yang menunjukkan bahwa reputasi bisnis ini adalah komponen yang cukup krusial adalah ketika Anda berbelanja online. Di mana biasanya, Anda akan melihat toko yang memiliki banyak review bintang 5. Anda pun juga tak akan ragu untuk membeli produk di toko tersebut karena review yang ditampilkan sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan Anda dalam melakukan pembelian.

Sampai di sini Anda sudah tahukan seberapa penting peran reputasi dalam perjalanan sebuah usaha? Lantas apa sih sebenarnya reputasi bisnis itu? Hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan reputasi baik bagi bisnis Anda ke depannya? 

Pada artikel berikut ini, Jojonomic akan memberikan Anda informasi lengkap mengenai definisi dari reputasi bisnis, manfaat hingga cara untuk meningkatkan dan mempertahankannya. So, simak terus artikelnya sampai habis, ya.

Apa Itu Reputasi Bisnis?

Apa itu reputasi bisnis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reputasi memiliki makna yang sama dengan nama baik. Artinya, setiap perilaku atau perbuatan yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan citra atau impresi baik dari orang-orang di sekitarnya. Dalam hal ini, sebuah brand bisnis yang ingin mendapatkan reputasi baik harus melakukan suatu hal yang memang akan berdampak positif bagi konsumennya.

Seperti contoh, Anda menjalankan sebuah bisnis di bidang kecantikan. Di mana Anda menjual produk perawatan kulit dengan harga yang terjangkau. Nah, untuk mendapatkan reputasi baik dari pelanggan maka Anda harus memproduksi barang dengan kualitas terbaik di range harga tersebut.

Semakin banyak orang atau konsumen yang cocok dengan produk perawatan kulit dari brand bisnis Anda. Maka semakin besar pula nama baik Anda terbentuk di masyarakat. Konsumen yang merasa puas pun perlahan akan merekomendasikan produk tersebut ke orang-orang di sekitarnya. Dari sini omset penjualan bisnis Anda dapat meningkat hingga berkali-kali lipat.

Menggaet reputasi bisnis tak hanya dapat dilakukan dengan menjual produk yang berkualitas. Anda juga harus mengimbanginya dengan pelayanan terhadap konsumen yang baik. Cara Anda berkomunikasi serta menanggapi permasalahan yang dialami oleh pelanggan dapat memberikan kesan tersendiri bagi mereka.

Nah, ketika berhasil mendapatkan kepercayaan dan nama baik dari konsumen, Anda akan memikul tanggung jawab yang semakin besar. Di mana Anda dituntut untuk terus mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas pelayanan serta produk yang dijual serta nama baik yang sebelumnya telah Anda peroleh.

Peran Penting Reputasi Bisnis

Peran Penting reputasi bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa reputasi dapat mempengaruhi tingkat penjualan produk dalam bisnis. Hal ini tentu akan berdampak terhadap profit atau keuntungan yang akan Anda dapatkan. Semakin baik reputasi bisnis Anda di mata konsumen, maka semakin tinggi pula kredibilitas yang Anda dapatkan dari mereka.

Selain itu, reputasi juga memegang peran penting terhadap kelangsungan sebuah bisnis atau usaha. Karena tak jarang usaha kecil yang gulung tikar disebabkan oleh kurangnya upaya mereka dalam mempertahankan nama baiknya. Anda tentu tidak ingin mengalami hal yang sama, kan?

Reputasi bisnis yang baik juga tak hanya berperan penting dalam menggaet konsumen baru dan mempertahankan loyalitas konsumen lama. Namun juga dapat digunakan sebagai modal untuk menggaet investor atau para pemilik modal yang ingin bermitra. Dengan demikian bisnis Anda pun dapat terus berkembang dan semakin luas jangkauan pasarnya.

Cara Meningkatkan dan Mempertahankan Reputasi Bisnis

Cara meningkatkan reputasi

Bagi Anda yang tertarik atau penasaran mengenai bagaimana cara meningkatkan atau mempertahankan reputasi brand bisnis Anda saat ini. Di bawah ini kami akan memberikan beberapa tipsnya untuk Anda.

1.   Memberikan pelayanan terbaik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan reputasi sebuah bisnis adalah dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Hal ini bisa dilakukan lewat saat melayani pelanggan yang bingung ketika akan membeli sebuah produk maupun saat mereka mengalami kendala atau permasalahan terkait produk yang dijual.

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis online, Anda harus memastikan bahwa setiap pertanyaan yang diajukan oleh konsumen dibalas dengan cepat tanggap. Dengan demikian mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan jawaban.

2. Jual produk yang berkualitas

Produk yang berkualitas juga merupakan kunci utama dalam mempertahankan atau bahkan meningkatkan reputasi bisnis Anda. Jika produk yang Anda hasilkan saat ini menuai banyak pujian, maka Anda tidak boleh langsung berpuas diri.

Teruslah untuk mencari celah atau kelemahan dari produk tersebut dan buatlah inovasi baru lewat produk lain yang berguna untuk menutupi kekurangan dari produk yang sebelumnya. Dengan demikian, bisnis Anda akan semakin banyak mendapatkan hati para pelanggan.

3. Membalas setiap ulasan yang diberikan pelanggan

Jika Anda memasarkan produk melalui sosial media atau marketplace yang kian marak digunakan. Maka setiap kali terdapat review yang masuk dari pelanggan, pastikan bahwa Anda memberikan respon terhadap ulasan tersebut. 

Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa Anda peduli terhadap kritik dan saran dari mereka. Sebab semakin dekat hubungan sebuah brand dengan konsumennya maka akan terjalin ikatan yang nantinya dapat memancing munculnya pelanggan setia.

4. Turut mengedukasi konsumen 

Berikutnya, Anda juga bisa meningkatkan reputasi bisnis lewat mengedukasi target market bisnis Anda. Salah satu contoh yang bisa dilakukan adalah melalui postingan di sosial media. Baik Facebook maupun Instagram, keduanya sangat potensial untuk mengedukasi audiens di platform tersebut.

Sebagai contoh, Anda menjalankan bisnis skincare, maka Anda bisa meningkatkan nama baik brand tersebut melalui edukasi konsumen dengan membagikan informasi valid mengenai perawatan kulit. Semakin edukatif informasi yang Anda bagikan, maka semakin besar pula kredibilitas bisnis Anda terbentuk. Nama baik brand Anda pun perlahan akan mulai dikenal oleh orang-orang. Terlebih jika postingan edukasi tersebut viral dan banyak dibagikan.

Namun demikian, informasi yang di-share haruslah berdasarkan fakta dan bukan bualan semata. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu melalui beberapa artikel dan jurnal yang bisa diakses bebas di internet atau bisa juga berkonsultasi dengan ahlinya untuk kemudian dijadikan sebuah konten.

Penutup

Jojo Expense

Nah, itulah tadi sekilas informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan reputasi bisnis mulai dari definisi, peran penting hingga cara mudah untuk mempertahankan dan meningkatkannya. Selain reputasi yang memegang peran vital, kondisi keuangan perusahaan pun juga harus turut diperhatikan.

Dewasa ini ada begitu banyak aplikasi perangkat lunak yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan dan lebih efisien terhadap waktu. Salah satunya adalah Jojo Expense, sebuah software manajemen pengeluaran yang dapat menghemat waktu kerja Anda hingga 76 persen.

Perangkat ini juga dibekali fitur yang cukup lengkap mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online, Mobile Approval, Capture Expense dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi fasilitas mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan perusahaan dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, kan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!