Resiko Work From Home Yang Wajib Diketahui Pekerja di Masa Pandemi

resiko work from home

Resiko work from home mungkin bisa Anda alami saat ini. Terutama bila Anda harus menjalankan pekerjaan dari rumah selama seharian penuh maka tentu saja hal ini bisa menimbulkan resiko bagi Anda. Berbagai resiko memang bisa terjadi termasuk pada saat work feom home atau WFH sedang berjalan. Namun bagaimanapun juga Anda haruslah terbiasa dengan kondisi tersebut. Bekerja di rumah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bekerja di rumah.

Dengan bekerja di rumah maka Anda tetap diharapkan oleh perusahaan untuk selalu bekerja secara efektif sehingga hasil pekerjaan Anda selalu memuaskan. Bahkan pekerjaan juga diharapkan agar dapat berjalan secara efisien sekalipun hal ini berarti Anda harus lebih banyak menggunakan bantuan teknologi. Oleh karena itu sebisa mungkin pekerjaan tetap dilakukan dengan maksimal sehingga hasil pekerjaan Anda tetap baik dan akhirnya dapat menguntungkan bagi perusahaan.

Resiko Work From Home

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa resiko work from home yang perlu dipahami oleh para pekerja.

Sulit komunikasi

WFH akan mengurangi intensitas interaksi yang dilakukan melalui tatap muka secara langsung. Sebab Anda hanya bisa bertatap muka dengan lawan bicara Anda melalui beberapa sarana berteknologi canggih seperti misalnya melalui smartphone dan lainnya. Walaupun Anda bisa bertatap muka melalui smartphone namun belum tentu Anda bisa merasa nyaman dengan kondisi ini.

Sulit melakukan kontrol

Tatap muka yang dilakukan hanya melalui smartphone memiliki kelemahan. Diantaranya adalah lemahnya kontrol karena Anda belum tentu bisa mengamati kondisi sekitar lawan bicara Anda. Hal ini akan menjadi masalah yang lebih besar untuk seorang pemimpin sebab pemimpin tidak bisa mengawasi kinerja pekerjanya secara langsung.

Produktivitas berkurang

Kondisi WFH cenderung membuat seseorang merasa nyaman karena berada di rumah sendiri. Kondisi ini akan membuat pekerja yang melakukan WFH menjadi lebih santai dan cenderung lebih menyepelekan pekerjaannya. Akibatnya produktivitas Anda sebagai pelaku WFH bisa semakin berkurang. Bahkan bisa saja Anda semakin menjadi pekerja yang malas.

Reliabilitas berkurang

Tidak hanya produktivitas saja yang bisa berkurang sebagai akibat dari adanya WFH. Tetapi reliabilitas pekerja juga bisa semakin berkurang. Sebab suasana bekerja di rumah tidaklah kondusif bagi pekerja. Maka tak heran bila pekerja tidak dapat bekerja secara kontinyu dan semangat kerja semakin kendor.

Keuntungan WFH

Sekalipun ada beberapa resiko work from home, ada beberapa keuntungan dari hal tersebut, yaitu meliputi hal-hal berikut ini.

Lebih fleksibel

Mungkin bekerja di rumah bisa membuat pekerja menjadi lebih santai sehingga produktivitas semakin berkurang. Namun bekerja dari rumah bisa saja membuat Anda bersifat lebih fleksibel. Anda bisa memanajamen waktu dan pekerjaan sendiri sesuai dengan keinginan Anda. yang penting dalam hal ini adalah pekerjaan Anda bisa terselesaikan tepat pada waktunya.

Mengurangi transportasi

Dengan bekerja dari rumah saja maka Anda bisa lebih mengirit pengeluaran terutama dalam hal transportasi. Jika biasanya Anda harus beli bensin atau naik angkutan umum menuju tempat kerja maka selama WFH berlangsung Anda tidak perlu bersusah payah menuju ke tempat kerja. Pengeluaran bisa jadi lebih irit dan tenaga tidak perlu terkuras.

Kesehatan terjaga

Bekerja dari rumah tentu membuat Anda terhindar dari kerumunan orang. Anda bisa terhindar dari berbagai macam bakteri dan virus di luar rumah. Selain itu imunitas tubuh Anda akan semakin meningkat karena Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bisa berisirahat. Jadi kesehatan Anda akan lebih terjaga selam WFH berlangsung.

Kepuasan kerja

Melakukan dan menyelesaikan pekerjaan secara mandiri dari rumah akan memberikan dampak positif pada emosi diri pribadi. Anda akan merasa puas karena telah berhasil menyelesaikan pekerjaan Anda secara mandiri. Di samping itu Anda mungkin juga merasa puas karena bisa bekerja secara leluasa. Bekerja dari rumah bisa dilakukan sesuai dengan cara Anda sendiri sehingga Anda tidak merasa terbeban.

Keseimbangan peran

Di rumah Anda bisa bekerja sambil tetap melakukan pekerjaan rumah. hal ini berarti bahwa peran Anda di rumah tetap utuh dan Anda bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah Anda dengan baik. Dengan demikian maka Anda bisa memperoleh keseimbangan peran yaitu sebagai tenaga kerja dan sebagai penghuni rumah.

Solusi WFH

Agar melakukan WFH menjadi lebih baik dan nyaman, maka sebaiknya lakukan beberapa tips di bawah ini.

Pastikan koneksi internet baik

Bekerja dari rumah tentu memerlukan bantuan dari jaringan internet. Oleh karena itu sebaiknya Anda memastikan jaringan internet Anda supaya Anda tetap bisa menggunakan fasilitas internet dengan baik. Mungkin Anda bisa menggunakan WiFi dan mengecek penggunaannya.  Penggunaan WiFi di rumah Anda bisa bergantian dengan penghuni rumah yang lain agar koneksi WiFi tidaklah lambat. Atau Anda perlu mengecek letak router agar router selalu terpasang di tempat yang tinggi sehingga koneksi internet baik. Anda juga bisa menggunakan paket data murah dari beberapa jaringan seluler yang ditawarkan.

Menambah kapasitas RAM pada laptop

Bekerja dari rumah berarti bekerja dengan menggunakan fasilitas milik sendiri. Jika Anda harus bekerja dengan menggunakan laptop jadul maka Nada bisa mengupgrade RAM laptop. Jika Anda menggunakan smartphone maka sebaiknya Anda rajin mengecek kapasitas penyimpanan di smartphone sehingga pekerjaan tidak akan terhambat. Untuk pembelian produk baru mungkin Anda bisa menggunakan metode pembayaran kredit atau membeli produk gadget dan laptop baru sesuai budget.

Dapatkan aplikasi terbaik

beberapa aplikasi tampaknya sangat direkomendasikan bagi para pekerja untuk digunakan. Tentunya berbagai aplikasiyang penting perlu diinstal pada perangkat Anda demi memudahkan pekerjaan. Anda juga perlu menginstal aplikasi yang digunakan oleh perusahaan Anda agar pekerjaan semakin lancar.

Berikan laporan kerja

Sebagai seorang pekerja yang baik maka sudah seharusnya Anda memberikan laporan hasil kerja Anda baik harian atau mingguan. Laporan ini bisa digunakan sebagai bukti bahwa Anda telah bekerja secara produktif walaupun dari rumah saja. Laporan juga dibutuhkan sebagai bahan evaluasi oleh atasan sehingga perencanaan ke depan bisa dijalankan dengan lebih baik lagi.

Resiko work from home mungkin saja dialami oleh beberapa orang. Namun bagaimanapuan juga kita semua perlu beradaptasi dengan kondisi WFH ini. tentunya penerapannya tidak mudah namun Anda pasti tetap bisa melaksanakannya dengan baik. Berikanlah motivasi pada diri sendiri agar Anda dapat selalu menjadi pekerja yang baik dan dapat memberikan hasil kerja sesuai harapan perusahaan.

Hal ini sama pentingnya dalam memastikan pengeluaran perusahaan. Sebaiknya gunakan sistem yang tepat, seperti misalnya melalui penggunaan JojoExpense. Dengan demikian tentunya sistem keuangan perusahaan dapat diketahui lebih baik dan transparan. Tentunya hal ini berkat adanya fitur capture expense pada produk tersebut. Sehingga pekerjaan keuangan jauh lebih mudah. Jadi, jangan ragu, segera coba gratis dan gunakan JojoExpense untuk perusahaan Anda.