Resolusi Keuangan: Tips Membuatnya jadi Mudah!

Perencanaan

Memasuki tahun 2020 sudahkah kamu membuat rencana apa yang akan dilakukan dan akan dicapai tahun ini? Membuat sebuah rencana atau resolusi adalah hal yang wajar dan biasa dilakukan oleh banyak orang. Dengan membuat sebuah resolusi kita akan dengan mudah memfokuskan apa yang harus dan tidak harus dilakukan.

Salah satu bentuk dari resolusi jangka panjang dan pendek ini adalah resolusi keuangan. Resolusi keuangan adalah sebuah rencana yang dibuat oleh seseorang dan biasanya digunakan sebagai suatu target capaian dalam mengatur keuangan. Hal ini biasanya berisi perhitungan dan rencana keuangan seseorang dengan menhitung gaji, hutang, atau pendapatan lain.

Kenapa sih resolusi keuangan adalah hal yang penting? Sulitkah mengatur resolusi keuangan? hal apa saja yang harus kita perhatikan dalam membuat resolusi keuangan? Mari kita jawab semua pertanyaan tersebut!

Resolusi Keuangan adalah Hal Penting!

Dengan adanya sebuah resolusi keuangan baik jangka pendek ataupun panjang yang terukur dapat mendatangkan banyak manfaat untuk orang-orang yang melakukannya. Anda dapat memperkirakan kapan anda dapat berinvestasi, mengambil cicilan untuk sebuah kepentingan, atau mengukur kapan kiranya sebuah hutang akan terlunasi.

Selain itu kita juga bisa belajar menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Hal ini biasanya tejadi karena di dalam sebuah resolusi keuangan ada pengaturan tentang uang yang masuk dan keluar secara detail, ini dimaksudkan sebagai sebuah batasan agar target yang dicapai/dituju tercapai.

Membuat Resolusi Keuangan itu Mudah!

Sayangnya banyak orang yang belum mengerti tentang betapa pentingnya  resolusi keuangan dan manfaat yang akan didapatkan jika kita memiliki resolusi keuangan yang bagus. Kita jadi bisa menjaga uang dan menyimpannya hanya pada saat-saat genting saja, ataupun membuat resolui keuangan agar dapat membeli barang yang kita inginkan.

Dengan memiliki sebuah resolusi keuanganm sebenarnya kita dapat membuat tujuan hidup dan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan finansial menjadi lebih fokus dan terarah. Dengan mempunyai rencana keuangan yang diatur dalam resolusi keuangan kita dapat mengantisipasi banyak hal. Selain itu kita juga bisa mengurangi risiko untuk mengeluarkan uang secara percuma untuk hal-hal yang tidak penting.

Startegi untuk Mengatur dan Merencanakan Resolusi Keuangan

Merencanakan

Sebenarnya membuat sebuah resolusi keuangan tidaklah sulit. Ada beberapa poin yang dapat dijadikan sebuah acuan dalam membuat resolusi keuangan baik jangka panjang ataupun jangka pendek, point-pointnya adalah:

Meningkatkan Literasi Keuangan

Cara pertama dan yang paling dasar sebelum kita bikin sebuah resolusi keuanga tentunya adalah belajar tentang keuangan dan resolusi yang akan kita targetkan dalam resolusi itu. Percuma jika kita membuat sebuah resolusi keuangan tetapi kita tidak mengerti tentang cara dan bagaimana mencapainya.

Mulailah belajar dari hal yang paling dasar terlebih dahulu, bagaiimana cara mengelola keuangan yang baik misalnya, sehingga kita bisa tahu bagaimana cara memproporsikan gaji yang kita terima. Selanjutnya kita baru mulai belajar tentang penganggaran sekaligus investasi, kemudian bagaimana cara melakukannya dengan baik, benar, dan efektif.

Literasi keunagan yang baik tidak hanya membantu mempermudah dalam pembuatan resolusi. dengan Literasi keuangan yang baik kita juga bisa memilih prioritas-prioritas keuangan apa yang harus dicapai dalam jangka panjang ataupun pendek.

Menyesuaikan Gaya Hidup

Terkadang hal ini biasa dianggap sepele oleh sebagian orang, tetapi jika dikalkulasikan kembali, kita dapat menghemat cukup banyak uang dengan menyesuaikan gaya hidup kita. Kebiasaan seperti jajan camilan, membeli sesuatu secara impulsive, atau nongkrong di tempat mahal.

Mungkin bagi kita hal ini terasa sepele, tetapi jika dilakukan terlalu sering, maka kita dapat meghemat pengeluaran dengan sangat signifikan. Coba masukkan hal-hal ini sebagai sebuah resolusi jangka pendek untuk mengubah gaya hidup kita sedikit demi sedikit, misalnya hanya nongkrong pada akhir pekan, atau hanya membeli kopi di hari jumat.

Tetapkan Visi ke Depan

Selanjutnya mari kita lihat berapa pendapatan kita dalam satu bulan, menggunakan itu, kemudian buat perkiraaannya selama satu tahun. Dengan bermodalkan perkiraan gaji yang kita terima dalam satu tahun, kita bisa membuat perkiraan dan skala prioritas pada resolusi keuangan yang kita buat.

Kita bisa melihat ini dari slip gaji yang kita terima. Kita bisa mengetahui jumlah pasti yang kita dapatkan beserta potongan dan tunjangannya. Dengan begitu kita dapat mengurangi risiko kesalahan dalam penghitungan perencanaan yang akan kita buat. Semakin kita dapat membuat perkiraan penghitungan secara lebih detail maka semakin detail juga kita dapat membuat rencana ke depannya.

Atur Pembayaran Hutang

Prioritaskan untuk melunasi hutang-hutang dan cicilan terlebih dahulu. Dengan mengurangi hutang dan cicilan terlebih dahulu, kita dapat mengurangi pengeluaran yang terjadi terus menerus, prioritaskan cicilan/hutang yang memiliki nominal kecil atau jangka waktu yang dekat.

Selain itu kita juga bisa mengkonsolidasikan utang-utang yang kita miliki, dalam artian dengan menyatukan hutang-hutang kedalam satu cara pembayaran. Jika yang dibayarkan adalah hutang kartu kredit dengan bunga yang tinggi, maka ada baiknya jika memindahkan hutang tersebut ke jalur kredit berbunga rendah atau pinjaman pribadi. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pengeluaran, sehingga tidak ada uang yang dibuang secara percuma hanya untuk menutup hutang-hutang yang sebenarnya bisa diakali.

Buat Investasi

Lakukan investasi dengan uang yang sudah anda sisihkan, dengan melakukan hal ini kita telah menyelamatkan uang kita. Hal ini lebih baik dilakukan daripada mendiamkan uang yang kita miliki di bank dan terkena depresiasi.

Selain menyelamatkan uang kita dari depresiasi, kita juga menambah penghasilan kita sehingga nantinya bisa digunakan untuk merencanakan hal yang lebih besar. Misalnya mempersiapkan pensiun, mempersiapkan biaya pendidikan anak, atau bisnis di hari tua.

Atur Keuangan dan Gaji dengan JojoPayroll

Jojo Payroll agar manfaat tunjangan harian cepat dibayarkan

JojoPayroll dari Jojonomic adalah sebuah solusi untuk mengatasi proses pembayaran payroll rumit. Dengan JojoPayroll kita bisa dengan mudah melakukan input dan penghitungan payroll perusahaan. Sistem yang terdapat dalam JojoPayroll dapat mempermudah dan menjadikan penghitungan payroll lebih efisien. Kita hanya perlu melakukan input data dan JojoPayroll akan menghitung hasil akhir yang disesuaikan dengan kebijakan ketenaga kerjaan di Indonesia.

Selain itu JojoPayroll dapat memudahkan karyawan. Karyawan dapat meminta pencetakan slip gaji secara online dan melihat slip gaji secara digital. Hal ini akan memangkas waktu dan proses rumit yang biasanya harus dilakukan untuk meminta slip gaji.

Data yang ada pada JojoPayroll sudah terintegrasi dengan JojoTimes melalui cloud, sehingga kita dapat memantau semua kegiatan keuangan dari mana saja, kapan saja. Dengan melakukan efisiensi menggunakan JojoPayroll kita bisa menghemat biaya dan waktu yang dikeluarkan dalam penghitungan payroll dan mengalokasikannya untuk hal lain.

Kami telah membatu lebih dari 300+ perusahaan dalam efisiensi absen, pembayaran reimbursement dan disbursement, serta payroll. Perusahaan rekanan yang telah terbantu oleh solusi kami diantaranya adalah : PT. ISS Indonesia dan PT. Pertamina (Persero)