Apa yg Harus Diperhatikan untuk Meningkatkan Revenue?

Sebagai seorang sales, tugas utama Anda adalah untuk meningkatkan revenue. Tapi, untuk bisa mencapai pertumbuhan sales selalu dihadapi oleh banyak masalah. Bukan hanya masalah internal saja tapi juga permasalahan eksternal. Banyak masalah bukan berarti tidak ada cara untuk memecahkan masalah tersebut.

Ada banyak hal yang bisa meningkatkan revenue perusahaan diantaranya adalah dengan membangun tim sales yang baik, meningkatkan aktivitas sales, meningkatkan penjualan dengan melakukan kampanye pemasaran dan hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan revenue perusahaan. Tapi, cara-cara tersebut tidak menjamin akan berhasil diterapkan setiap saat. Untuk itu, seorang sales harus memiliki kunci pasti untuk bisa meningkatkan revenue. Kunci tersebut ialah strategi, struktur, masyarakat dan proses.

Tanpa memiliki tujuan dan taktik spesifik dan terukur dari keempat kunci tersebut penjualan tidak bisa optimal. Akan kami perjelas lagi mengenai kunci-kunci tersebut.

1. Strategi

Semua aktivitas penjualan Anda dimulai dari strategi. Bagaimana Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan strategi yang sudah usang? Contohnya, pada tahun 2017 ini, jika Anda hanya mengandalkan strategi penjualan yang diterapkan pada tahun 2010 mungkin sudah tidak lagi efektif. Anda perlu memperbarui strategi penjualan lagi untuk dapat meningkatkan revenue perusahaan. Selain sudah tidak efektif, strategi usang mencerminkan bahwa perusahaan Anda tidak memperhatikan laju kompetitor yang sudah semakin inovatif.

Strategi akan menjadi acuan perusahaan agar bisa tumbuh maksimal. Jika perusahaan tidak memperhatikan strategi yang tepat, kapan revenue perusahaan bisa tumbuh?

2. Target pasar

Target pasar adalah kunci terakhir yang harus dimiliki oleh perusahaan. Masing-masing pasar memiliki keunikan sendiri. Dimana setiap pembeli memiliki selera yang berbeda-beda dan tidak dapat ditebak oleh perusahaan. Contohnya, saat perusahaan fashion menilai produk dengan model A akan menjadi produk unggulan, ternyata respon pasar tidak sama dengan prediksi perusahaan. Produk lain yang tidak menjadi unggulan perusahaan justru menjadi produk yang paling banyak diminati pasar.

Dari kondisi tersebut itulah mengapa perusahaan perlu memiliki kunci yang berkaitan dengan target pasar ini mulai dari menjaga hubungan, memberikan layanan yang bagus dan lain sebagainya.

3. Struktur

Struktur adalah kerangka yang dimiliki perusahaan untuk bisa memastikan bahwa strategi yang dibuat akan berjalan lancar. Jika perusahaan menjalankan proses sales tanpa terstruktur, bukankah strategi yang sudah matang tersebut tidak akan pernah bisa berhasil. Struktur mencakup semua aspek dalam penjualan seperti operasional maupun pemberdayaan penjualan. Dari sini Anda pasti sudah paham betapa pentingnya struktur dalam meningkatkan revenue.

4. Proses

Strategi, Struktur dan Proses merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Untuk itu perusahaan harus bisa mengontrol strategi dan struktur untuk bisa membuat proses yang baik ketika sampai pada masyarakat. Jika Anda tidak memperhatikan proses, bagaimana mungkin perusahaan mendapatkan hasil yang baik?

 

Prinsip yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis baik online atau offline adalah “mengutamakan kenyamanan pelanggan diatas segalanya”. Mengapa? Karena saat seorang pelanggan merasa nyaman, dia akan terus mencoba datang ke toko Anda terlebih dahulu sebelum ke toko yang lainnya. Dan bayangkan jika setiap kali pengunjung yang sudah merasa nyaman akan membawa temannya berkunjung dan kemudian temannya itu akan mengajak teman-temannya yang lain untuk berkunjung pula, pasti dapat Anda bayangkan ramai pengunjung pada toko Anda bukan.

Lalu saat pengunjung sudah ramai, tentunya Anda juga ingin revenue bisnis Anda meningkat bukan? Untuk itu, Anda harus melakukannya secara pasti namun halus agar pelanggan merasa tidak diganggu. Untuk itu coba simak beberapa cara berikut yang dapat Anda coba praktekkan.

1. Pop Up Penawaran

Pada fitur popup Anda bisa saja mendapatkan revenue lebih, dengan cara menawarkan produk tambahan dari kategori lain yang telah dibeli customer atau mungkin menawarkan produk yang saat ini sedang populer untuk ditambahkan ke pembelanjaannya. Sayangnya fitur pop up hanya ada pada premium website, sehingga tidak semua dari Anda dapat mempraktekkannya.

2. Pop Up Chat

Tawarkan bantuan chat pada pelanggan-pelanggan tertentu yang ingin mendapatkan pendampingan saat belanja. Dengan cara ini Anda juga dapat mensugesti pelanggan untuk membeli produk tambahan atau produk yang lebih bagus dari yang dibelinya.

3. Member Only

Saat ini sudah banyak situs yang mewajibkan pelanggan untuk melakukan pendaftaran member sebelum membeli. Hal ini akan sangat berguna bagi Anda dalam meningkatkan revenue yang didapatkan dengan cara mengelola datanya untuk diberikan

  • Email Promosi

Saat pelanggan mendaftar member, pasti dia akan mengisi informasi tentang dirinya dan salah satunya menginformasikan email. Untuk email Anda dapat mengirimkan email yang berisi informasi produk baru atau mengingatkan bahwa mereka pernah berbelanja pada toko Anda sebelumnya. Sehingga engagement akan terjaga dan memperbesar adanya kemungkinan repeat order

  • SMS Promosi

Sama halnya dengan email, pada sms Anda juga dapat membuat pelanggan lama kembali pada Anda dengan mengiriminya sms informasi terkait produk atau promo setidaknya sebulan sekali agar terjalin hubungan dan juga pembelian lainnya.

4. Followup

Ini adalah hal yang wajib dilakukan, umumnya setiap pembelian selalu memiliki tenggang waktu tertentu sebelum booking dibatalkan. Untuk meminimalisir kegagalan pembelian, Anda dapat melakukan followup baik via email atau sms mengenai pending order yang dimiki pelanggan. Bisa saja pelanggan lupa bahwa telah melakukan order, sehingga folowup dapat membantu mereka untuk segera melakukan pembayaran.

5. Kode Voucher

Bisa saja Anda memberikan kode voucer untuk pembelian selanjutnya, namun kode voucer ini hanya berlaku selama 7 hari setelah diterima. Dengan cara ini, Anda dapat memicu penjualan agar lebih meningkat lagi.

Akses mudah ke pendanaan memudahkan karyawan Anda untuk bekerja selagi proses bekerja dengan sendirinya. Tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan proyek.Anda tidak perlu lagi khawatir pada penipuan keuangan. JojoExpense dapat memperingatkan Anda mengenai percobaan penipuan dalam reimbursement dan cash advance, berkat Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging. Digitalisasikan manajemen finansial Anda dan singkirkan kebutuhan bukti transaksi tercetak. Keuangan perusahaan Anda juga akan menjadi lebih teratur dan efisien.