5 Dampak Pentingnya Memberikan Reward ke Karyawan

Pemberian karyawan sama artinya dengan menghargai kinerja yang sudah dilakukan dengan baik oleh karyawan. Seringkali perusahaan masih belum paham pentingnya memberikan reward untuk karyawan.

Jika kamu melihat rekan rekan kerja dan karyawan di sekelilingmu terlihat lesu dan kurang bersemangat saat bekerja, jangan langsung ditegur. Mungkin saja yang ia butuhkan saat ini hanya apresiasi dan penghargaan dari perusahaan.

Pemberian reward tidak hanya untuk mempertahankan karyawan, tetapi juga untuk memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik lagi. Dengan memberikan reward kepada karyawan dapat mendorong karyawan untuk memiliki perilaku dan sikap yang lebih positif dalam bekerja yang dapat meningkatkan produktivitas.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Selain itu pemberian reward mampu meningkatkan motivasi dan loyalitas karyawan. Ini juga merupakan cara untuk menghargai dan menciptakan kesejahteraan positif dalam suatu organisasi. Pemberian reward adalah salah satu cara dimana perusahaan berkomunikasi kepada karyawan bahwa mereka menghargai karyawan sebagai bagian penting dalam perusahaan.

Berikut merupakan beberapa dampak positif dirasakan oleh karyawan jika perusahaan memberikan apresiasi terhadap karyawan:

Kerja menjadi lebih produktif

Jika karyawan diberikan apresiasi yang lebih terhadap pekerjaannya, tentu saja mereka akan lebih meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka menjadi lebih baik. Dengan demikian, ketercapaian perusahaan pun lebih meningkat. Selain itu, jika karyawan diberi apresiasi dan reward atas kerja kerasnya oleh perusahaan, tentu karyawan yang lainnya pun akan sama berusaha keras untuk mendapatkan reward tersebut. Sehingga kinerja perusahaan dapat berjalan dengan sangat baik.

Karyawan merasa lebih bahagia

Siapapun tentu akan senang jika semua yang sudah dilakukannya diberi apresiasi dengan baik, terlebih jika apresiasi dan reward yang diberikan sepadan dengan usaha yang sudah dilakukan oleh karyawan tersebut.

Karyawan yang merasa bahagia dan puas dengan apa yang sudah dicapainya dapat termotivasi untuk melakukan yang lebih baik karena perasaan positif yang mereka miliki terhadap perusahaan.

Jika seorang atasan memperlakukan stafnya dengan rasa hormat dan penuh rasa terima kasih, maka anggota staf itu akan merasa ingin melakukan pekerjaan yang lebih baik sebagai balasannya.

Perasaan positif ini juga dapat dirasakan dalam perusahaan, yaitu menciptakan lingkungan kerja yang bahagia dan penuh apresiasi yang membuat orang lain ingin menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Menjadi lebih loyal pada perusahaan

Jika karyawan setelah diberi apresiasi dan reward dari perusahaan merasa lebih bahagia dan lebih positif dengan pekerjaannya, tentu saja mereka akan berbagi hal hal positif mengenai perusahaan kepada orang orang di sekitarnya.

Selain itu juga, karyawan dapat mempromosikan dan menjual merek perusahaan jauh lebih baik daripada seseorang yang tidak percaya atau peduli tentang perusahaan.

Jika perusahaan dapat menghargai kerja keras karyawan, dampak yang dirasakan oleh perusahaan adalah karyawan dapat memiliki perasaan setia terhadap perusahaan dan membantu tim dimana karyawan itu ditempatkan dan juga perusahaan merasakan ikatan emosional dengan organisasi perusahaan tempat ia bekerja.

Mengurangi angka pengunduran diri

Apabila sebuah perusahaan dapat memperlakukan seluruh karyawan dengan baik dan memberikan apresiasi dan reward yang setimpal dengan apa yang ia kerjakan, tentu mereka akan setia terhadap perusahaan tersebut.

Tingginya angka karyawan yang mengundurkan diri dan pergantian karyawan tentu saja menyebabkan perasaan yang buruk terhadap karyawan lainnya yang membuat mereka tentu berpikir untuk mencari perusahaan lain untuk bekerja lebih baik.

Tingginya angka pengunduran diri pada sebuah perusahaan tentu merupakan salah satu kerugian perusahaan. Waktu yang diperlukan untuk menemukan dan melatih staf baru memengaruhi pemanfaatan dan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan akan tinggi, sehingga mempertahankan staf harus menjadi prioritas. Pemberian imbalan memberi karyawan alasan yang nyata untuk tetap tinggal.

Meningkatkan reputasi perusahaan

Jika perlakuan yang didapat oleh karyawan selalu positif serta penuh apresiasi dan reward, maka hal yang akan dibagikan oleh karyawan tentu saja hal-hal positif mengenai perusahaan tempat ia bekerja. Dengan demikian, reputasi perusahaan dapat terangkat dan membuat orang lain ingin menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Perusahaan yang pelit untuk memberikan apresiasi dan reward kepada karyawannya tentu saja dapat memberikan kesan buruk pada karyawan sehingga mereka memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut.

Hal ini tentu saja mempengaruhi perusahaan karena karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan tersebut bisa saja membagikan pengalaman buruknya selama bekerja disana.

Saat seorang karyawan mengundurkan diri dari perusahaan tentu hal buruk tentang perusahaan tempat ia bekerja akan terbawa oleh karyawan tersebut.

Lalu bagaimana cara memberi reward yang tepat untuk karyawan?

Pemberian reward dapat berbentuk apa saja. Bisa berupa kenaikan gaji, bonus, hadiah, ataupun keuntungan lainnya yang bisa didapatkan oleh karyawan. Perusahaan tentu perlu untuk memberikan penghargaan dan hadiah untuk karyawan.

Contohnya, memberi gawai terbaru untuk karyawan terbaik dalam tahun itu. Selain itu, perusahaan dapat memberikan beberapa tiket konser musik atau voucher spa untuk beberapa karyawan.

Atau sesederhana movie day yang diadakan di kantor untuk semua karyawan atau memberikan izin untuk bekerja dirumah.

Pemberian reward kepada karyawan yang bisa dilakukan sehari hari yaitu saling memberi semangat kepada semua rekan kerja di perusahaan tersebut. Dengan cara seperti itu dapat meningkatkan ikatan antar karyawan dan juga mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas sehingga mampu meningkatkan produktivitas perusahaan.

Hal ini dilakukan  dengan membangun budaya perusahaan yang tidak hanya mengakui pekerjaan dan perilaku yang baik dengan tunjangan dan kata-kata penyemangat yang bagus, tetapi juga yang bisa memberi apresiasi tehadap apa yang sudah dilakukan oleh karyawan tersebut.

Selain itu, perusahaan juga perlu membangun budaya yang menyediakan suasana di mana orang dapat didengar, memungkinkan mereka mengambil kepemilikan atas pekerjaan mereka, membuat mereka merasa memiliki tujuan dan memberi mereka kesempatan untuk tumbuh dalam karier dan pada tingkat pribadi.

Memberikan Reward yang Berarti

Reward, penghargaan, dan insentif dapat menjadi sesuatu yang berarti di mata karyawan ketika mereka datang dari manajemen yang benar-benar membuat mereka merasa dihargai dan menjadi bagian dari tim.

Seperti anak-anak prasekolah dalam penelitian ini, motivasi harus datang bersama. Dan lingkungan yang tepat akan memastikan bahwa motivasi tumbuh seiring waktu.

Pemberian reward dan apresiasi oleh perusahaan kepada karyawan tentu menjadi hal yang penting, baik untuk perusahaan maupun karyawan. Maka dari itu, perusahaan sebaiknya jangan pelit untuk memberikan banyak apresiasi dan reward.

Ketika perusahaan memberikan reward kepada karyawan, tentu mereka akan merasa sangat dihargai dan akan lebih semangat untuk bekerja, yang tentu saja dampak positifnya akan dirasakan oleh perusahaan itu sendiri.

Reward apresiasi karyawan bbisa dimaknai sebagai suatu penghargaan terhadap hasil kinerja karyawan. Penghargaan biasanya diberikan jika memang karyawan telah bekerja dengan baik. Terlebih lagi jika karyawan bsia memberikan hasil kerja yang terbaik pada perusahaan. Tenttunya jika karyawan diberi penghargaan atas hasil pekerjaannya maka karyawan akan merasa senang sehingga kinerja bisa semakin meningkat.

Istilah reward memang mengacu pada hadiah yang diberikan pada karyawan. Hadiah atau reward bisa diberikan oleh perusahaan dalam bentuk apa saja. Tentunya berbagai bentuk reward ini bisa memberikan dampak positif pada karyawan dan perusahaan. Oleh karena itu bisa dibilang bahwa dengan adanya pemberian reward sebagai bentuk apresiasi terhadap karyawan maka akan ada banyak hal positif yang akan diterima oleh perusahaan.

Bentuk Reward Apresiasi Karyawan

Hasil gambar untuk unsplash employee

Pujian

Mungkin bagi beberapa orang yang namanya pujian bersifat sepele. Pujian dirasa bukanlah merupakan hal besar sehingga seringkali dilupakan. Padahal sebenarnya suatu pujian bisa membangkitkan semangat di dalam diri seseorang. Pujian bisa diberikan misalnya dalam berbagai bentuk ucapan seperti misalnya ungkapan terima kasih. Dengan adanya pujian maka karyawan di suatu perusahaan akan merasa senang sehingga pekerjaannya bisa dilakukan secara lebih maksimal. Oleh karena itu mengungkapkan pujian atas hasil kinerja seseorang bisa menjadi suatu hal positif. Karyawan akan mengalami produktivitas yang meningkat dan semakin rajin.

Pelatihan atau training

Reward juga bisa diberikan kepada karyawan dalam bentuk kesempatan untuk mengalami pelatihan dan sejenisnya. Mengikuti pelatihan atau training atau sejenisnya bisa memberikan kesempatan bagi karyawan untuk semakin mengembangkan diri. Bahkan melalui pelatihan atau training yang diikutinya nantinya karyawan diharapkan agar bisa memberikan pengajaran pula pada karyawan lainnya. Karyawan yang sudah mengikuti pelatihan tentu mendapatkan ilmu dan informasi yang lebih jika dibandingkan karyawan yang tidak ikut pelatihan. Maka nantinya karyawan tersebut bisa menjadi contoh bagi seluruh karyawan lainnya di tempat kerja yang sama.

Renovasi ruangan

Bisa saja reward tidak hanya diberikan pada satu orang. Tetapi mungkin reward diberikan kepada suatu tim atau divisi yang sekiranya telah bekerja dengan keras sehingga berhasil menorehkan prestasi. Maka Anda bisa memberikan reward kepada tim atau divisi yang berprestasi misalnya dalam bentuk renovasi pada ruang kerja. Buatlah ruang kerja menjadi lebih nyaman sehingga para karyawan bisa bekerja dengan lebih semangat. Ruang kerja bisa dibuat semakin menarik dan tertata hingga bersih. Ruang kerja bisa pula dibuat dengan hiasan yang sekiranya menambah kenyamanan bagi para karyawan untuk bekerja. Mulailah dari hal kecil misalnya dengan mengubah wallpaper atau memberikan fasilitas tambahan.

Cuti liburan

Cuti liburan tampaknya sangat diinginkan oleh setiap karyawan. Pekerjaan yang menumpuk setiap hari memang perlu disela dengan adanya liburan. Maka perusahaan bsia memberikan reward kepada karyawan yang telah bekerja keras dalam bentuk cuti liburan. Mungkin waktu yang diberikan pada karyawan untuk cuti liburan tidak terlalu panjang. Mungkin saja waktu yang diberikan tergolong cukup singkat. Namun bagaimanapun juga pemberian waktu kepada karyawan untuk cuti liburan ini bsia menjadi hadiah yang paling menyenangkan dan bahkan bisa saja paling berkesan.

Bonus

bentuk reward lain yang tampaknya sering diberikan oleh perusahaan kepada karyawan berprestasi adalah bonus. Tentu saja dalam hal ini bonus diberikan di luar gaji pokok karyawan. Bonus juga merupakan jenis hadiah atau reward yang paling disukai oleh karyawan. Dengana danya bonus maka karyawan bisa lebih menikmati hasil kerjanya dan bersenang-senang dengan menggunakan bonus tersebut. Seorang karyawan yang mendapat bonus tentu saja akan selalu berusaha untuk bsia menerima bonus kembali di masa mendatang. Maka tak heran bila karyawan akan semakin termotivasi untuk bisa lebih berprestasi agar bsia mendapat bonus.

Promosi jabatan

Jenis reward lainnya yang juga sangat direkomendasaikan untuk diberikan pada setiap karyawan berprestasi adalah promosi jabatan. Dengan adanya promosi jabatan maka karier karyawan akan meningkat. Maka jabatan karyawan yang semula hanya sebagai staff biasa saja lambat laun bisa semakin naik hingga mungkin ke posisi supervisor. bahkan bukan tidak mungkin karyawan berprestasi bisa naik jabatan hingga ke posisi manajer. Promosi jabatan bisa menjadi reward menarik bagi setiap karyawan yang telah memberikan hasil kerja terbaik bagi karyawan.

Fungsi Reward Apresiasi Karyawan

Meningkatkan produktivitas karyawan

Pemberian reward atau hadiah oleh perusahaan kepada karyawan akan membuat karyawan merasa senang. Bahkan karyawan akan semakin termotivasi untuk melakukan pekerjaan secara lebih giat lagi. Dengan kata lain produktivitas karyawan akan semakin meningkat sehingga hasil kerja karyawan bsia lebih maksimal. Dengan adanya reward sebagai bentuk apresiasi terhadap karyawan maka bukan tidak mungkin jika karyawan akan semakin berusaha untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan. Sebab karyawna biasanya cenderung memilikikeinginan untuk mempertahankan prestasinya tersebut dan menerima kembali apresiasi dari perusahaan.

Menimbulkan kepuasan kerja bagi karyawan

Pada dasarnya tidak sedikit karyawan yang bersedia untuk memberikan hasil kerja terbaiknya bagi perusahaan tempatnya bekerja. kerja keras ini tentu akan menjadi hal yang lebih menyenangkan jika dihargai oleh perusahaan. dalam hal ini perusahaan bisa memberikan penghargaan dalam berbagai bentuk dan jenis. Hal ini bisa disesuaikan dengan kainginan dan kemampuan perusahaan. Pemberian reward mungkin bisa dilakukan dengan disesuaikan pada budget perusahaan. namun bagaimanpun bentuknya tentunya karyawan akan merasa senang saat menerima hadiah tersebut. karyawan akan merasa puas terhadap apa yang telah dikerjakannya selama ini.

Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif

Lingkungan kerja yang kondusif pasti diinginkan oleh setiap karyawan. Suasana lingkungan kerja yang bersifat positif ini bisa membuat karyawan merasa semakin betah selama berada di tempat kerja. Kondisi kerja yang kondusif ini salah satunya bisa dicapai melalui adanya pemberian reward. Pemberian reward pada seorang karyawan pada akhirnya bisa memacu karyawan lainnya untuk juga menerima reward. Makaa tiap karyawan akan berusaha untuk memberikan hasilkerja terbaik dan menjalankan persaingan sehat.

Meningkatkan reputasi perusahaan

Pada akhirnya reward akan membuat karyawan semakin bersemangat dalam bekerja. Kerja keras juga akan semakin ditingkatkan sehingga produktivitas perusahaan akan semakin meningkat pula. Hal ini nantinya dapat membuat nama baik perusahaan di mata konsumen tetaplah terjaga baik. Reputasi perusahaan akan semakin meningkat sehingga semakiin banyak pelanggan yang didapatkan oleh perusahaan.

Pentingnya Apresiasi Reward Karyawan

Reward apresiasi karyawan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dengan hasil kinerja terbaik sangatlah disarankan. Sebab hal ini bsia menjadi salah satu upaya perusahaan untuk mengungkapkan bentuk penghargaan kepada para karyawan. Tentunya adanya reward akan membuat karyawan merasa dihargai dan diperhatikan. Reward bisa menjadi bentuk ungkapan terima kasih yang terbaik pada karyawan yang telah bekerja keras demi kemajuan perusahaan.

JojoPayroll

Demi memudahkan perusahaan untuk memberikan reward kepada karyawan, JojoPayroll dapat membantu perusahaan untuk memberikan bonus kepada karyawan sebagai reward. Karena JojoPayroll memiliki fitur salah satunya yaitu memiliki database yang ditambang otomatis untuk semua kebutuhan pengambilan keputusan perusahaan kamu, termasuk pemberian bonus dan reward.