Mengenal Roadmap, dan Cara membuat Roadmap yg efektif

Roadmap adalah salah satu istilah yang banyak digunakan Ketika seseorang bepergian ataupun sebuah organisasi yang mengadakan kegiatan diluar. Roadmap juga banyak digunakan oleh mereka yang mengadakan kegiatan diluar ruangan. Road map merupakan peta atau panduan yang digunakan sebagai petunjuk untuk mengarahkan jalan, di mana letak ini sengaja dibuat dengan cara yang lebih rinci yang membuat tahapan sistematis mengenai pelaksanaan suatu program kegiatan dalam kurun waktu tertentu.

Jika menurut terjemahan dari Wikipedia, Roadmap adalah Peta jalan , suatu bentuk peta yang merinci jalan dan jalur transportasi.

Sehingga bagi anda yang ingin membuat program khusus di luar atau di lapangan program ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu. Dalam melaksanakan kegiatan dan menjelaskan area lebih rinci kepada orang lain ataupun anggota anda. Tujuan adalah :

Dengan adanya road map menjadi instrumen yang mempersatukan seluruh kegiatan dalam lingkungan yang membatasinya

Road map dapat memberikan petunjuk tentang dari mana dan akan kemana perubahan dilakukan dalam rangka mensukseskan sebuah program. Hal ini sangat penting mengingat pemahaman masing-masing orang berbeda beda. Terutama jika anda melakukan kegiatan atau sebuah program dan bersama dengan tugas yang berbeda. Jika anda yang membuat roadmapnya, maka anda harus memberikan pengarahan dan juga pemahaman akan program tersebut.

Merupakan dokumen yang menjadi acuan untuk melakukan perubahan bagi setiap individu di berbagai bidang.

Menjadi instrumen yang penting yang akan membantu perubahan lingkungan sekitarnya sesuai dengan karakteristik atau sifat yang telah dimiliki.

Menjelaskan sebuah program atau rencana dengan sistematis dan juga tersusun sehingga sangat penting bagi Anda yang melakukan penjelasan dengan sistem metode atau alur.

Prinsip Dasar

Roadmap sendiri memiliki beberapa prinsip dasar yang harus anda ikuti ketika membuatnya. Sehingga anda tidak salah dalam membuat roadmap adalah :

  • Pertama prinsip dasar yang harus anda ikuti saat membuat atau menggunakan roadmap, haruslah jelas. Di mana harus mudah dipahami dan dapat dilaksanakan. Bukan hanya oleh anda namun juga oleh semua orang yang membacanya.
  • Kedua roadmap haruslah ringkas. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan secara keseluruhan dengan poin-poin utama saja. Hal ini , maka harus disajikan secara ringkas dan juga padat sesuai format dan juga konten yang akan ada lampirkan. Selain itu roadmap sendiri memiliki template khusus sehingga orang tidak akan salah.
  • Prinsip dasar selanjutnya adalah terukur. Di mana program kegiatan target waktu dan juga harus dapat diukur dan dapat dijelaskan dalam suatu alur yang sama dan juga ringkas. Sehingga adanya hal ini untuk menjelaskan berbagai pertanyaan yang mungkin saja akan diajukan oleh anggota. Namun jika hal sudah tertulis dengan jelas dan baik, maka tidak akan ada lagi pertanyaan dan mudah untuk dipahami.
  • Prinsip dasar selanjutnya adalah komitmen. Di mana hal inimerupakan kesepakatan bersama yang memberikan gambaran kesadaran akan tanggung jawab. Sehingga harus diketahui oleh semua pihak dan juga dipahami oleh semua pihak tidak boleh satu atau dua orang saja.
  • Roadmap bisa masuk ke dalam dokumen yang sangat rinci. Roadmap ini merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan juga hasil yang akan didapatkan dari kegiatan tersebut. Sehingga biasanya membuatnya secara sembarangan. Namun mereka yang dapat mengerti dan juga Memiliki gambaran luas akan kegiatan dan program tersebut.
  • Prinsip terakhir roadmap adalah merupakan dokumen resmi bagi beberapa program. Untuk anda yang membuat roadmap, usahakan untuk tidak sembarangan dalam menunjukkan atau menjelaskan roadmap kepada orang-orang yang tidak berkaitan atau tidak bertanggung jawab.

Siapa yang Bertanggung Jawab atas Product Roadmap?

Dilansir dari Aha, product manager biasanya memegang kendali penuh atas product roadmap. Kendati demikian, product manager juga bekerja sama dengan executive, designer, engineering, sales, support, dan marketing.

Saat product manager mengembangkan product roadmap, manfaat-manfaat yang bisa diwujudkan adalah:

  • memberikan kerangka kerja bagi seluruh tim untuk merencanakan masa depan produk
  • mendorong kesepakatan tim untuk arahan produk secara keseluruhan
  • menawarkan produk dengan biaya rendah dan risiko rendah dengan menerima feedback dari pelanggan dan pasar

Product roadmap yang bagus dimulai dengan riset pelanggan dan pasar serta strategi yang tepat. Selain itu, product manager juga harus memastikan bahwa tim lainnya memahami visi yang ia bawa untuk produk tersebut.

Tips Membuat Product Roadmap

Membuat product roadmap memang adalah tantangan tersendiri bagi seorang product manager. Pasalnya, ada begitu banyak hal yang harus dimasukkan.

Dilansir dari Product Plan, agar tidak bingung dalam membuat product roadmap, tanyakan beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Mengapa membuat produk atau layanan ini?
  • Apa yang ingin dicapai?
  • Bagaimana produk ini akan disenangi oleh pengguna?

Dengan berfokus kepada pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu sudah membuka pintu untuk mulai membuat product roadmap dengan baik.

Nantinya, akan selalu ada ide-ide cemerlang untuk membuat produkmu lebih baik lagi ke depannya.

Setelah itu, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat product roadmap, yaitu:

1. Tentukan visi dan tujuan produk

Seperti yang sudah dijelaskan, penting untuk menentukan tujuan dari apa yang akan dicapai dari produk ini.

2. Temukan masalah pengguna

Hal yang paling penting dalam membuat product roadmap adalah menemukan masalah dari pengguna.

Temukan apa yang jadi kendala para pengguna di luar sana. Kamu bisa melakukan survei untuk menemukan hal tersebut.

3. Kumpulkan feedback dari pengguna

Setelah menemukan masalah pengguna dan berhasil mencari solusinya, tanyakan lagi pendapat pelanggan terkait produkmu.

Kumpulkan feedback sebanyak-banyaknya supaya nantinya dapat menjadi acuanmu dalam mengembangkan produk.

Struktur dan Finalisasi

Roadmap harus dijelaskan dengan cara sistematis dan juga terurut. Anda yang ingin membuat roadmap  bisa menggunakan sistematika dasar dari pembuatannya, diantaranya adalah pertama ringkasan eksekutif, kemudian pendahuluan dalam program tersebut kemudian pencapaian dari program dan kegiatan, serta rencana yang akan dilakukan selanjutnya.

Pada bagian terakhir anda dapat menambahkan kriteria keberhasilan program tersebut dan juga agenda prioritas ketika melakukan kegiatan. Jangan lupa dari seluruh roadmap tersebut, harus dijelaskan waktu pelaksanaan dan juga tahap kerjanya sehingga ketika orang membaca roadmap, maka akan mudah dipahami.

Memang tidak mudah membuat roadmap, terutama bagi anda yang belum pernah melihatnya. Namun roadmap sendiri memiliki dasar-dasar yang harus diikuti sehingga anda tidak perlu khawatir lagi atau merasa bingung untuk membuatnya. Berbagai kegiatan bisa menggunakan roadmap ini, namun umumnya pembuatan roadmap sedikit memiliki perbedaan terkait penyampaian informasi. Semua tergantung dari bidang yang menggunakannya.

Roadmap sebenarnya merupakan istilah yang tampaknya sudah sering didengar oleh Anda sekalian yang terlibat dalam dunia usaha ataupun dunia pekerjaan dan sejenisnya. Istilah ini sebenarnya bisa diartikan sebagai petunjuk arah. Maka saat seseorang mendengar istilah ini tentunya tersirat gambaran mengenai peta atau panduan yang menunjukkan arah jalan yang tepat.

Istilah ini tampaknya sering digunakan di sebuah organisasi terlebih lagi saat organisasi tersebut akan menyelenggarakan sebuah event atau kegiatan tertentu. Dengan adanya arah dan petunjuk ini maka nantinya event atau kegiatan yang berlangsung bisa berjalan dengan lancar. Bahkan nantinya kegiatan yang terselenggara ini bisa terhindar dari berbagai macam kendala. Namun tentunya pembuatan roadmap haruslah dilakukan dengan benar agar nantinya bisa berfungai secara maksimal.

Fungsi Roadmap

Memberikan penjelasan secara sistematis

Seringkali sebuah ide muncul secara tiba-tiba termasuk pada saat sebuah organisasi ingin mengadakan suatu kegiatan. Namun ide yang muncul ini tentu tidak dapat diketahui oleh tim jika tidK diinformasikan. Oleh karena itu ide atau gagasan perlu disamapaikan pada sesama anggota tim. Namun penyampaian gagasan ini tentunya perlu disertai dengan penhuaunan strategi untuk melangsungkan kegiatan. Oleh karena itu penjelasan ide atau gagasan hatus dilakukan secara siatematis dan jelas alurnya. Untuk itu bisa dibuat roadmap agar bisa ditentukan berbagai langkah tindakan setelah ide disamapaikan.

Menyatukan berbagai pemahaman

Dalam sebuah tim atau organisasi pastinya terdapat berbagai pemahaman yang berbeda antara anggota yang satu dengan yang lainnya. Untuk mengatasinya maka dibutuhkan pembicaraan bersama atau diskusi. Namun dalam menjalankan diakusi pun diperlukan adanya suatu arahan atau acuan agar diskusi bisa berlngsung dengan memusatkan fokus pada apa yang telah menjadi pedoman bersama. Dalam hal ini tentunya roadmap dapat difungsikan sebagai instrumen untuk menyatukan berbagai gagasan. Selain itu akan disatukan pula rencana dan strategi untuk menjalankan kegiatan tersebut. Jadi pada akhirnya seluruh kegiatan bisa dipersatukan hingga tujuan dari kegiatan bisa diwujudkan. Mungkin proses penyatuan tidaklah semudah yang dibayangkan. Tetapi prose penyatuan yang tanpak sulit di awal ini nantinya bisa membantu organisasi untuk mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan dan diharapkan.

Menunjukkan arahan yang tepat

Suatu kegiatan haruslah berjalan dengan diawali adanya perencanaan yang matang. Jika tidak dilakukan perencanaan maka langkah kegiatan tidak bisa berjalan dengan baik. Bukan tidak mungkin bahwa kegiatan akan gagal karena kurangnya perencanaan. Oleh karena itu buatlah perencanaan yang di dalamnya terdapat acuan kegiatan. Perencanaan bisa dibuat dalam bentuk yang sistematis sehingga nantinya setiap kegiatan bisa berjalan dengan alur yang tepat. Oleh karena itu diperlukan suatu roadmap yang sekiranya dapat membantu suatu tim untuk bisa bekerja sama melakukan kegiatan tertentu. Dengan adanya petunjuk jalan inilah maka setiap anggota tim bisa saling memahami dan menyatukan visi.

Membuat Roadmap

Tentukan tema

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat petunjuk atau arahan atau acuan bagi sebuah kegiatan adalah menentukan tema. Penentuan tema ini snagat penting sebab dari tema yang ada inilah maka bisa dikembangkan berbagai ide dan kegiatan. Jika memang telah ditentukan tema maka nantinya penyusunan arah dan acuan bisa lebih mudah. Bahkan roadmap bisa dibuat dengan menjadikan tema yang diambil sebagai dasar atau pedoman. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tema terbaik. Mungkin tema bisa didapatkan melalui berbagai media yang ada misalnya dari internet.

Buat template

Jika memang telah ditemukan atau ditentukan sebuah tema maka sebaiknya berlanjut ke langkah berikutnya. Langkah selanjutnya adalah dengan membuat template roadmap. Pada template ini akan dijumpai berbagai macam fitur. Umumnya sebuah template dibuat dalam bentuk bagan tertentu. Maka pada bagan tersebut akan dijumpai beberapa fitur. Tentu saja template atau bagan ini sangat berguna dalam hal melakukan perencanaan. Termasuk pula dalam hal merencanakan suatu kegiatan tertentu yang juga harus disusun dengan diawali oelh pembuatan template. Nantinya melalui bagan yang ada maka setiap orang yang melihatnya bisa memahami lebih jauh mengenai perencanaan kegiatan dna juga alur kegiatan.

Definisikan gagasan

Jika memang tema telah ada dan template telah dibuat maka langkah selanjutnya ayang bisa dilakukan adalah melakukan pemberian definisi terhadap setiap gagasan yang ada. Umumnya gagasan muncul sebagai respon atas tema sekaligus template yang telah dibuat. Memang pada dasarnya perlu dibuat definisi dari sebuah tema yang diambil agar orang setiap orang yang terlibat dalam kegiatan nantinya bisa turut serta mencari solusi bagi permasalahan yang mungkin timbul. Di samping itu pendefinisan tema ini juga bisa membantu organisasi dalam melakukan penentuan prioritas dalam menghadapi berbagai macma situasi.

Buat strategi

Yang tak kalah penting dalam hal pembuatan roadmap adalah penyusunan strategi. Tentunya seluruh strategi haruslah disusun agar kegiatan bisa terselenggara dengan baik. Selain itu strategi yang dibuat juga haruslah tepat dan bersifat memberikan solusi aerta menghindari atau mengatasi berbagai kendala. Pada langkah ini Anda bisa membuat berbagai macam strategi untuk setiap permasalahan. Jadi pisahkanlah berbagai map dan buatlah strategi atas tiap map. Pembuatan strategi untuk tiap map tentunya akan menjadi lebih mudah dilakukan. Maka diharapkan agar ke depannya kegiatan yang diselenggarakan bisa berjalan dengan baik dan sesuai perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Diskusikan hasil

Seluruh tahap dalam pembiatan roadmap jika sudah dijalankan dengan benar maka bisa dilakukan langkah terakhir. Langkah akhir dalam hal ini adalah pembicaraan atau diskusi mengenai hasil yang telah dibuat. Mulai dari hal penentuan tema hingga proses pembuatan bagan template serta penjelasan gagasan dan penyusunan strategi. Aktivitas diakusi haruslah dilakukan secara bersama-sama yaitu dengan sesama anggota organisasi. Dalam diskusi inilah maka bisa dicari solusi yang paling tepat untuk setiap hal. Selain itu penjabaran kegiatan juga bisa dibahas secara lebih lanjut dengan tim Anda. Tentunya proses bertukar pikiran secara sehat bisa dilakukan pada tahap ini demi pencapaian hasil terbaik.

Pemanfaatan Roadmap

Roadmap yang merupakan peta atau panduan dari sebuah kegiatan memiliki peran yang penting bagi keberhasilan kegiatan. Sebab melalui panduan inilah maka setiap orang yang terlibat dalam suatu kegiatan bisa memperoleh informasi secara lebih jelas. Selain itu dengan adanya panduan ini maka setiap orang bisa mengetahui perencanaan kegiatan secara lebih rinci.

Oleh karena itu roadmap haruslah dibuat dengan tepat dan sistematis serta melibatkan berbagai anggota organisasi yang terlibat. Hingga saat ini tampaknya berbagai langkah pembuatan panduan ini masih banyak digunakan di berbagai organisasi. Sebab roadmap dinilai sebagai suatu cara praktis yang dapat dilakukan untuk menjelaskan suatu ide dan strategi yang diambil untuk bertindak dan mencari solusi.

Ucapkan selamat tinggal pada antrean untuk check-in atau melapor ke kantor sebelum dan sesudah rapat, dan ucapkan salam pada optimasi waktu yang lebih baik untuk karyawan Anda. Kurangi waktu untuk tugas-tugas rumit ini dan biarkan karyawan Anda fokus pada passion mereka. Tetapkan aturan Anda sendiri tentang lembur dan pergi, biarkan proses otomatis mengurus sisanya. Karyawan Anda tidak perlu lagi mengisi dokumen yang membosankan dan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada passion mereka. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja.
 
Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong. Segera gunakan JojoTimes untuk perusahaan anda agar lebih efektif.