Mengenal Robotic Process Automation Bagi Perusahaan

Dunia digital saat ini sangat mempermudah segala macam bisnis. Jika Anda sedang mencari solusi digital yang terbaik bagi bisnis Anda, Robotic Process Automation merupakan solusi digital terbaik untuk pengembangan bisnis Anda. Namun, robot bisnis ini belum banyak yang mengetahui, untuk itu pada artikel ini kami akan membahas secara lengkap apa itu Robotic Process Automation.

Robotic Process Automation atau RPA merupakan sebuah teknologi canggih yang dapat menerapkan otomatisasi pada proses bisnis melalui alat-alat RPA. Umumnya segala otomatisasi proses bisnis membutuhkan tenaga manual, dengan RPA maka sebuah perusahaan bisa merancang software dalam bentuk bot. Contoh pengaplikasiannya adalah untuk merekam segala transaksi. Fitur RPA layaknya sebuah robot yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari scraping data dari web, mengirimkan email secara otomatis, memproses konten, dan segala hal yang bisa dikerjakan secara otomatis.

Manfaat Penggunaan RPA

Melihat penggunaan Robotic Process Automation apakah penggunaan RPA terbilang efisien bagi perusahaan? Singkatnya sesuai dengan tujuan utamanya yaitu mempermudah operasional bisnis, dengan penggunaan RPA maka karyawan dapat berfokus pada tugas lain

Dengan Robotic Process Automation segala jenis pekerjaan manual bervolume tinggi dan repetitif dapat diatasi sepenuhnya melalui otomatisasi. Maka dari itu, waktu yang sebelumnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, dapat dialokasikan untuk mengembangkan bisnis Anda dalam hal lain yang lebih penting.

Salah satu contohnya adalah ketika bagian personalia atau Human Resource melakukan rekrutmen dengan jumlah pendaftar ribuan orang. Dengan cara proses rekrutmen yang manual maka akan membutuhkan waktu dan tenaga yang akan menghambat proses menjadi lama. Sebaliknya jika perusahaan menggunakan sistem RPA maka proses pengumpulan dan seleksi kerja menjadi lebih efektif dan efisien, HRD tidak perlu menyeleksi CV pendaftar satu persatu. HRD hanya tinggal menerima sejumlah data dari hasil analisis robotik.

Manfaat Robotic Process Automation lainnya adalah peningkatan akurasi dan konsistensi dalam mengolah data yang tinggi. Sudah sewajarnya terdapat human error apabila menghadapi tugas-tugas yang tinggi. Dengan sistem RPA maka dipastikan hasil yang diberikan akurat dan konsisten sesuai dengan apa yang diprogramkan. Yang paling diuntungkan dengan penerapan RPA Robotic Process Automation ini adalah para karyawan tidak perlu mengerjakan segala tugas dengan manual. Dengan penerapan RPA dalam sebuah bisnis diharapkan akan mencegah human error dan bisnis berjalan sesuai sistem yang diprogramkan.

Dengan perkembangan bisnis yang terus menerus mengalami perubahan ditambah lonjakan permintaan konsumen. Mau tidak mau, tenaga robotic memang sangat diperlukan. Robotic diperlukan di hampir semua lini usaha industri, mulai dari manufaktur sampai kesehatan. Semakin cepat bisnis Anda menerapkan Robotic Process Automation maka semakin tinggi juga daya saing bisnis Anda dalam menghadapi era bisnis digital saat ini.

Perusahaan Yang Sudah Menerapkan Robotic Process Automation

Jika Anda ingin tahu perusahaan mana saja yang sudah menerapkan Robotic Process Automation ini, jawabannya adalah banyak perusahaan skala besar hingga menengah yang sudah banyak menggunakan RPA. Di Amerika, RPA sudah digunakan di perusahaan seperti Walmart, Deautsche Bank, Vanguard, Ernst & Young, Global American Express, dan lainnya. CEO Walmart bahkan mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan sekitar 500 bot untuk mengoptimatisasi apapun untuk menjawab pertanyaan karyawannya.

Keuntungan Menggunakan Robotic Process Automation

Jika Anda mulai tertarik menerapkan RPA. Berikut ini keuntungan menggunakan Robotic Process Automation.

1.      Melakukan Proses Bisnis Menjadi Lebih Efisien

Dengan melakukan otomasi proses melalui RPA perusahaan dapat melakukan proses lebih cepat dengan kecepatan eksekusi robot yang jauh lebih cepat dari manusia. Selain itu, penggunaan RPA juga dapat mengurangi human error yang bisa saja terjadi. Dengan sistem RPA dapat meningkatkan akurasi dari proses input data. Transaksi menjadi lebih cepat dengan kemudahan menggunakan RPA.

2.      Implementasi Yang Cepat

Jika dibandingkan dengan cara automation yang lebih traditional (seperti excel macro, custom development, business process automation, dan sebagainya), penggunaan RPA dapat dilakukan dengan mudah da cepat dan dapat berinteraksi dengan berbagai macam aplikasi.

3.      Solusi Untuk Perkembangan Bisnis

RPA dapat dikembangkan untuk memberikan efisiensi proses yang ada di beberapa department dalam perusahaan seperti:

Finance & Procurement

    Invoice Processing

    Otomasi Finance Report

HR

    Employee on Boarding

    Exit Management

    Sourcing Kandidat

IT

    Ticket Request Handling

    Server App Monitoring

    User Access Management

Customer Service

    Perubahan data customer

    Password Reset

    Analyze customer data during customer call

Tips Menggunakan Robotic Process Automation

  • Pertimbangkan Dampak Bisnis

Robotic Process Automation sering disebut sebagai metode yang dapat meningkatkan laba atas investasi. RPA juga dapat mengefisiensikan biaya yang dikeluarkan. Namun, pada dasarnya penggunaan RPA adalah untuk membantu meringankan tugas dari beberapa karyawan dan bukan dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

  • Melibatkan Komponen Digital

Dengan mengimplementasikan RPA ke dalam bisnis, maka perusahaan akan selangkah lebih maju dalam penggunaan teknologi di era digitalisasi saat ini.

JojoExpense merupakan aplikasi yang tidak hanya bisa meringankan pekerjaan Anda, namun juga membantu Anda mengelola bisnis dengan baik. Dengan memiliki fitur-fitur menarik yang dapat mempermudah bisnis Anda di era digital saat ini.

Aplikasi JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju proses bisnis yang lebih baik. Semua dapat dilakukan dengan mudah melalui ponsel Anda. Anda dapat mengecek dan mengontrol bisnis Anda dengan mudah, tidak perlu repot manual karena semua sudah terintegrasi kedalam sebuah sistem robot proses manajemen yang berkualitas.

Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung dan coba gratis aplikasi JojoExpense selama 7 hari. Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis.

Kenapa Harus Menggunakan JojoExpense?

  • Kontrol Anggaran Di Mana Saja

Mulai sekarang, kendali penuh di tangan Anda. Kelola seluruh anggaran perusahaan hanya dengan ponsel Anda. Setujui maupun tolak pengajuan reimbursement dan cash advance kapanpun dimanapun. Pantau pula penggunaan budget karyawan.

  • Hemat Waktu dengan Proses Otomatis

Fokuskan tenaga dan waktu berharga Anda pada hal yang benar-benar penting. Serahkan setiap proses pengajuan cash advance dan reimbursement pada JojoExpense dan biarkan prosesnya berjalan otomatis, tanpa kehilangan kendali dengan custom approval flow dan policy. Tidak ada lagi tenaga dan waktu berharga yang terbuang sia-sia.

  • Pemahaman Lebih Mendalam Tentang Pengeluaran

Kumpulkan data dari aliran dana secara otomatis dan hemat berjam-jam dari melakukannya secara manual. Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pertumbuhan perusahaan Anda, sekaligus memonitori perilaku finansialnya.

  • Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Akses mudah ke pendanaan memudahkan karyawan Anda untuk bekerja selagi proses bekerja dengan sendirinya. Tidak perlu lagi menunggu antara saat pengajuan request dan lanjut mengerjakan bisnis dengan mudah tersistem.