Rumus Microsoft Excel Terlengkap yang Perlu Kamu Ketahui

excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi esensial yang diperlukan oleh semua orang. Mengingat fungsinya untuk melakukan penghitungan, membuat aplikasi ini banyak digunakan. Baik oleh mereka yang masih mengenyam pendidikan, hingga yang sudah bekerja. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya Microsoft Excel itu? Tahukah kamu apa saja rumus-rumus penghitungan yang bisa diselesaikan oleh aplkasi ini? Pas banget, nih! Pada artikel ini, kami akan membahas tentang pengerian Microsoft Excel dan beberapa rumus yang paling sering digunakan dalam pengoperasian aplikasi ini. Langsung saja yuk, kita lihat bersama!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pengertian Microsoft Excel

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi spreadsheet yang telah dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Selain itu, di dalam Microsoft Excel terdapat banyak berbagai macam fitur yang bisa digunakan seperti grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya Jadi, sebenarnya aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan operasi penghitungan saja, lho! Wajar saja, jika aplikasi ini banyak dicintai penggunanya. Tak hanya dikenal dengan operasi hitungnya saja, ternyata Microsoft Excel juga memiliki kegunaan lain dari berbagi bidang. Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan pada poin penjelasan di bawah ini!

Kegunaan Microsoft Excel Dilihat dari Beberapa Bidang

Hal menarik lainnya dari Microsoft Excel adalah banyaknya fungsi-fungsi yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat. Hal ini turut terlihat dari beberapa bidang ataupun fungsi pekerjaan yang ikut merasakan manfaat dari penggunaan Microsoft Excel. Misalnya adalah:

Bidang Akuntansi

Manfaat pertama datang dari bidang akuntansi. Contoh dari penggunaan program Microsoft Excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba atau rugi suatu perusahaan. Bisa juga untuk mencari besarnya keuntungan selama satu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.

Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis merupakan kegunaan kedua dari Microsoft Excel. Program ini dapat digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.

Pengelolaan Data

Penggunaan pengelolaan data adalah kegunaan selanjutnya. Manfaat yang dapat diperoleh yaitu untuk pengelolaan data base statistik, menghitung data, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.

Pembuatan Grafik

Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, lho! Misalnya grafik perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswa selama sepuluh tahun, dan sebagainya.

Operasi Tabel

Kegunaan terakhir yakni untuk dapat mengoperasikan tabel. Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

Selain beberapa fungsi dan kegunaan microsoft excel seperti yang telah kami tuliskan diatas, tentunya untuk mengoperasikan program buatan microsoft ini anda perlu mengetahui rumus microsoft excel. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa rumus yang paling sering digunakan dalam pengoperasian Microsoft Excel. Disimak dan dicatat bagian pentingnya ya!

Rumus Lengkap dalam Microsoft Excel

Nah! Mungkin poin ini akan menjadi highlight dan alasan utamamu untuk membuka artikel ini, bukan? Untuk itu, langsung saja yuk, kita bahas beberapa rumus Microsoft Excel yang paling sering digunakan khususnya di dunia kerja. Berikut ini akan disajikan tabel untuk merangkum rumus apa yang akan dibahas pada artikel ini. Kamu bisa melihat tabelnya di bawah ini ya!

RUMUS EXCEL UNTUK DUNIA KERJA

RUMUS KETERANGAN
SUM Menjumlahkan
AVERAGE Mencari Nilai Rata-Rata
AND Mencari Nilai dengan Perbandingan Dan
NOT Mencari Nilai Dengan Pengecualian
OR Mencari Nilai dengan Perbandingan Atau
SINGLE IF Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH
MULTI IF Mencari Nilai Jika Kondisi BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan
AREAS Menampilkan Jumlah Area (range atau sel)
CHOOSE Menampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks
HLOOKUP Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar
VLOOKUP Mencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak
MATCH Menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan
COUNTIF Menghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu
COUNTA Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi
DAY Mencari Nilai Hari
MONTH Mencari Nilai Bulan
YEAR Mencari Nilai Tahun
DATE Mendapatkan Nilai Tanggal
LOWER Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil
UPPER Merubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar
PROPER Merubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar

Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan rumus fungsi excel di atas, maka simak penjelasannya berikut ini yang akan disertai contohnya, secara bertahap dan lengkap. Scroll artikel ini hingga selesai agar pengetahuanmu tentang rumus yang paling sering digunakan dalam Microsoft Excel ini bertambah ya!

SUM

Rumus SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat. Cara menggunakannya, tahap pertama, buatlah tabel penjumlahan dan masukkan rumus sum berikut ini. Misalnya, =SUM(D2:E2) atau seperti gambar di bawah ini:

Kemudian, jika sudah dimasukkan rumus SUM tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui jumlahnya. Seperti pada gambar di bawah ini

AVERAGE

Rumus AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel. Caranya, buatlah suatu tabel untuk nilai – nilai siswa dan setelah itu masukkan rumus AVERAGE untuk mengetahui nilai rata – rata siswa. Misalnya =AVERAGE(D2:F2) atau seperti gambar di bawah ini:

jika sudah dimasukkan rumus AVERAGE tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui hasilnya, yang akan terlihat pada gambar di bawah ini,

AND

Rumus AND ini terdapat fungsi yang utama adalah Menghasilkan nilai TRUE jika semua argumen yang di uji tersebut bernilai BENAR dan FALSE jika semua atau salah satu argumen bernilai SALAH. Caranya kamu harus membuat tabel dan masukkan rumus AND untuk mengetahui TRUE atau FALSE. Misalnya =AND(D2>G2), atau seperti gambar di bawah ini:

Selanjutnya, jika rumus AND tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya TRUE atau FALS, terlihat hasilnya pada gambar di bawah ini.

NOT

Rumus NOT ini terdapat fungsi utama adalah kebalikan dari rumus AND yaitu menghasilkan TRUE jika kondisi yang diuji SALAH dan FALSE jika yang diuji BENAR. Langkah pertama, yang harus kamu lakukan adalah  buatlah tabel dan masukkan rumus NOT untuk mengetahui hasilnya. Misalnya =NOT(G2<G3) seperti gambar di bawah ini,

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
jika rumus NOT tersebut sudah dimasukkan kemudian tekan enter dan akan diketahui hasilnya. Kamu bisa lihat hasilnya seperti gambar di bawah ini,

OR

Rumus fungsi ini akan Menghasilkan TRUE jika beberapa argumen bernilai BENAR dan FALSE jika semua argumen SALAH. Pada gambar di bawah ini adalah contoh penulisan rumus fungsi OR yang benar,

Hasil dari penghitungan rumus di atas bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini,

SINGLE IF

Fungsi IF akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan. Contoh dari penerapan rumus fungsi SINGLE IF bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini,

Dari rumus di atas, hasil yang akan kamu dapatkan adalah sebagai berikut,

MULTI IF

Fungsi ini hampir sama dengan fungsi SINGLE IF, akan tetapi di ambil dari dua kondisi atau bisa ditumpuk beberapa perintah. Contoh dan perbedaan dalam penulisan Rumus Multi IF bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini,

Dari penulisan rumus di atas, maka hasil yang akan didapatkan adalah seperti tertera pada gambar di bawah ini,

AREAS

Rumus ini, fungsinya adalah Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contohnya, bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini,

CHOOSE

Fungsi CHOOSE adalah Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range. Kamu bisa melihat contoh penulisan Rumus CHOOSE pada gambar di bawah ini:

Hasil dari rumus CHOOSE bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini, ya!

HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syaratnya penyusunan tabel atau data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar  atau menaikkannya. Misalnya angka 1,2,3,4… ataupun huruf A-Z. Jika sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. Contoh kasusnya seperti dibawah ini.

VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP ialah menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syaratnya penyusunan tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar/menaik. misalnya: 1,2,3,4… atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetik secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. Contoh kasusnya sebagai berikut pada gambar di bawah ini,

MATCH

Fungsi MATCH adalah menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. Contoh bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini ya!

COUNTIF

Selanjutnya ada menu COUNTIF. Fungsinya adalah untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. Adapun rumus yang biasa digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).

COUNTA

Kemudiana ada juga rumus COUNTA yang berfungsi untuk menjumlah cell yang terisi. Misalnya dalam sebuah table terdapat 12 kolom dan kita ingin mengetahui berapa kolom atau cell yang sudah terisi. Contohnya bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini

Rumus DAY

Fungsi DAY adalah digunakan untuk mencari hari (dalam angka 1-31) dari data type DATE. Contohnya fungsi DAY (kolom B). Data type DATE dikolom A akan diekstrak dan menghasilkan angka 1-31 seperti gambar dibawah ini.

Rumus MONTH

Serupa dengan rumus DAY, fungsi dari rumus MONTH akan digunakan untuk mencari bulan (dalam angka 1-12) dari data type DATE. Contohnya penggunaan fungsi MONTH (kolom C) data type DATE kolom A akan diekstrak menghasilkan angka 1-12 seperti pada gambar dibawah ini.

Rumus YEAR

Kemudian, ada juga rumus YEAR, yang penggunaannya serupa dengan 2 rumus sebelumnya. Fungsi rumus YEAR adalah untuk mencari tahun (dalam angka 1900-9999) dari data type DATE. Contohnya fungsi YEAR (kolom D) data type DATE dikolom A diekstrak menghasilkan angka 1900-9999 seperti pada gambar dibawah ini,

Rumus DATE

Lalu ada lagi rumus DATe yang berfungsi untuk mendapatkan type data DATE dengan memasukan angka tahun, bulan dan hari. Fungsi DATE kebalikan dari fungsi DAY, MONTH, dan YEAR yang melakukan ekstraksi bulan dan tahun dari data type DATE.

Contohnya fungsi DATE (kolom D) data year, month dan day dalam bentuk angka digabungkan dengan fungsi DATE menghasilkan data dengan type DATE seperti pada gambar dibawah ini. Berikut adalah gambar penulisan rumus DATE yang benar,

Masih bingung? Tenang saja, kami sudah menyiapkan penjelasan lain terkait penggunaan rumus ini. Misalnya, untuk karakteristik fungsi DATE dihitung dari tanggal berapakan 4 tahun, 3 bulan, 12 hari setelah tanggal 3 februari 1977? Hasilnya adalah 15 mei 1981. Kamu bisa memperhatikan contohnya berdasarkan gambar di bawah ini!

Rumus LOWER

Fungsi rumus LOWER adalah digunakan untuk mengubah semuah text yang berisikan huruf besar menjadi huruf kecil semua. Contohnya, kamu tinggal menuliskan perintah LOWER(text) maka tulisan yang kamu inginkan akan berubah menjadi huruf kecil.

Rumus UPPER

Selain ada rumus LOWER, di dalam Microsoft Excel ada rumus UPPER juga lho! Fungsi dari rumus UPPER adalah digunakan untuk mengubah semuah text yang berisikan huruf kecil menjadi huruf besar semuah kebalikan dari fungsi LOWER. Contohnya, kamu bisa mengetikkan perintah UPPER(text) maka tulisanmu akan menjadi huruf kapital semua.

Rumus PROPER

Rumus terakhir yang harus kamu ketahui dalam Microsoft Excel adalah rumus PROPER. Berfungsi untuk mengubah karakter pertama semua kata menjadi huruf besar dan sisahnya huruf kecil, Kamu tinggal menuliskan perintah PROPER(text). Maka huruf pertama di semua teksmu menjadi huruf kapital. Contoh penerapannya bisa kamu lihat pada gambar berikut ini,

Fungsi PROPER di atas merupakan rumus terakhir yang akan dibahas pada artikel ini. Sebenarnya, masih terdapat rumus-rumus lainnya yang bisa digunakan pada Microsoft Excel. Namun, kamu tidak perlu terlalu mengkawatirkannya, karena rumus-rumus di atas lah yang paling sering digunakan. Khususnya bagi kamu yang sedang bekerja, atau masih mengenyam pendidikan.

Microsoft Excel mungkin sudah menjadi suatu aplikasi yang banyak digunakan terutama untuk mengerjakan berbagai tugas yang berhubungan dengan angka. Excel juga bisa disebut sebagai suatu software yang sangat membantu siapa saja dalam melakukan penyelesaian tugas berkenaan dengan pengolahan angka dan operasi hitung. Excel ini menjadi software yang bisa ditemukan di dalam Microsoft Office.

Penggunaan rumus Microsoft Excel ini jelas saja sangat banyak dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkenaan dengan angka. Sebab pada Excel terdapat berbagai macam formula atau rumus yang akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan operasi hitung dan sebagainya. Hal inilah yang kemudian membuat Excel semakin dikenal dan semakin banyak digunakan di berbagai institusi dan lembaga perusahaan. Bahkan Excel juga seringkali digunakan untuk kepentingan pribadi. Dengan berbagai manfaatnya tersebuat tentu saja Excel juga masih memiliki beberapa kelemahan. Maka sebaiknya kelebihan dan kekurangan software yang satu ini bisa dipahami agar pemanfaatannya bisa dilakukan secara optimal.

Kelebihan Menggunakan Rumus Microsoft Excel

Adanya fitur formula

Siapa saja yang sering menggunakan layanan dari Microsoft Excel sudah tentu tahu dengan jelas mengenai bagaimana cara mengoperasikannya. Bahkan setiap hal yang ada pada software ini sudah dikenal dan dihafal termasuk fitur formula atau rumus pada software ini. Berbagai rumus atau formula yang terdapat pada software Excel rupanya sangat berguna untuk membantu penggunanya dalam melakukan pengolahan angka.

Sebab dengan adanya berbagai formula tersebut maka setiaporang dapat menggunakannya untuk menghitung angka. Termasuk pula melakukan perhitungan aritmatika atau mungkin statistika. Jadi penyelesaian hal dalam bidang logika dan matematika bisa terselesaikan dengan baik. Tidak hanya itu saja tetapi pengolahan angka ini bisa dilakukan dengan sangat praktis dan cepat karena adanya penggunaan formula tertentu.

Mampu mengatur data

Selain untuk melakukan perhitungan angka rupanya software yang terkenal ini juga dapat digunakan untuk mengatur data secara lebih terperinci. Microsoft Excel memang dapat pula digunakan untuk membuat dan mengedit data serta mengurutkan dan menganalisis data. memang angka tidak selalu berhubungan dengan uang saja. Namun setiap bidang pekerjaan tentu mengandung unsur angka di dalamnya. Maka pengolahan angka ini bisa dilakukan dengan menggunakan layanan yang tersedia pada Excel.

Seluruh angka pastinya tidakdapat dihafal dan juga tidak bisa dicatat serta diolah pada lembaran kertas begitu saja. Sebab data berupa angka  nantinya bisa hilang. Oleh karena itu dibutuhkan Excel yang sekiranya dapat mengorganisir seluruh data. Bahkan seluruh data bisa dicantumkan sebab Excel mampu melakukan pengolahan data mulai dari data yang bervolume kecil hingga data bervolume besar.

Bisa digunakan di berbagai perangkat

Kelebihan lain dari Microsoft Excel adalah mudahnya penggunaan software tersebut. bayangkan saja Anda bisa mengoperasikannya dimana saja dan melalui media pernagkat apa saja. Mulai dari perangkat PC hingga laptop. Bahkan di masa sekarang ini aplikasi Excel juga bisa dinikmati dan difungsikan di perangkat tablet serta smartphone atau hp. Tentu kehadirannya di berbagai amcam perangkat akan semakin memudahkan setiap orang yang ingin menggunakannya. Dan lagi format yang terdapat baik pada perangkat PC maupun laptop dan smartphone juga sama sebab memang format asli dari Microsoft ini bisa diakses dan digunakan di media mana saja.

Terintegrasi dengan berbagai software

Jika ditanya kelebihan lainnya lagi dari Excel yaitu adanya kemudahan akses yang diberikan oleh layanan dari Microsoft. Akses untuk menggunakan Microsoft Excel memang mudah sebab software ini telah terintegrasi dengan seluruh software dari program Microsoft Office. Hal ini tidak lain disebabkan karena Excel sendiri merupakan bagian dari Microsoft Office yang selalu digunakan oleh hampir setiap orang untuk menyelesaikan berbagai keperluan yang berhubungan dengan komputasi. Adanya integrasi dari Excel kepada seluruh software dari Microsoft Office ini akan semakin mempermudah semua orang yang menggunakan dan mengaksesnya dari layanan apapun.

Kekurangan Menggunakan Rumus Microsoft Excel

Produk berbayar

Berbagai kelebihan yang dimiliki Excel tampaknya sangat menggiurkan sehingga sangat membuat setiap orang jadi tertarik untuk menggunakannya. Namun setiap hal pastinya tidak hanya memiliki kelebihan tetapi juga memiliki kekurangan. Termasuk pula Microsoft Excel yang juga memiliki kekurangan yaitu sebagai produk berbayar.

Memang produk Excel yang asli biasanya berbayar atau tidak gratis. Bahkan biaya atau tarifnya cukup tinggi karena benar-benar asli. Jika gratis pun biasanya hal ini hanya terjadi untuk sementara waktu saja yaitu selama masa trial. Bagi Anda yang menggunakan Excel dari Office 365 dan berbasis cloud juga akan dikenakan biaya berlangganan.

Membutuhkan kesabaran

Selain berbayar rupanya masih ada lagi kekurangan dari produk Excel ini. Kekurangan lainnya yaitu adanya kesabaran yang harus dimiliki oleh penggunanya. Kesabaran ini cenderung dilakukan terutama pada saat memasukkan angka di sheet Excel. Kesabaran juga diperlukan dalam melakukan perhitungan angka.

Misalnya dalam memasukkan formula atau rumus yang akan digunakan. Kesabaran ini meliputi berbagai hal lain seperti misalnya ketelitian dan kecermatan dalam melakukan pengolahan angka. Memang dalam melakukan segala sesuatu dibutuhkan suatu ketelitian dan kecermatan agar apa yang dilakukan bisa tepat. Jadi tidak sampai ada kesalahan yang bsia berdampak pada hasil akhir.

Tetap memakan waktu

Kekurangan terakhir yang sekiranya bisa ditemui pada saat mengoperasikan Excel adalah adanya waktu yang dibutuhkan untuk menggunakannya. Sebab pada dasarnya saat melakukan proses input data tetap saja pengguna Excel harus melakukannya satu per satu. Proses input data memang harus dilakukan secara manual sehingga prosesnya membutuhkan waktu.

Semakin banyak data yang harus dimasukan maka akan semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Jika data telah dimasukkan maka barulah bisa digunakan berbagai rumus untuk mengolah data. Untuk penggunaan rumus bisa dilakukan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Bahkan Excel dapat melakukan perhitungan angka yang lebih cepat daripada kalkulator.

Pemanfaatan Rumus Microsoft Excel

Rumus Microsoft Excel sampai dengan sekarang ini masih digunakan dan dimanfaatkan dengan maksimal. Terutama untum membantu penyelesaian tugas yang berhubungan dengan numerik. Hingga saat ini masih saja orang menggunakan aplikasi dari Microsoft Office tersebut untuk melakukan proses edit data dan juga meringkas data. Maka teka heran bila aplikasi atau software Excel ini seringkali digunakan di bidang pekerjaan seperti keuangan atau akuntansi.

Tidak hanya di bidang keuangan saja tetapi pemanfaatan rumus Microsoft Excel ini juga banyak dilakukan beberapa bidang lainnya karena fungsinya yang cukup banyak. Excel bisa digunakan pula untuk membuat grafik sehingga bisa difungsikan untuk mengetahui perkembangan dari suatu hal yang ingin dilihat. Selain itu Exel juga bisa digunakan untuk mengoperasikan tabel sehingga semakin mempermudah pekerjaan setiap orang. Maka tak heran bila pemanfaatan Microsoft Excel ini bisa dilakukan di hampir seluruh bidang.

Memang rumus Microsoft Excel sudah cukup familiar digunakan, terutama di kalangan profesional dan akademik yang sering membutuhkannya untuk berbagai keperluan. Aplikasi spreadsheet Excel yang dikembangkan oleh Microsoft ini memang memiliki banyak fitur yang memungkinkannya untuk selalu digunakan dalam menyelesaikan segala permasalahan yang berkaitan dengan data. Terutama data berupa angka yang membutuhkan kalkulasi dan penyelesaian dengan menggunakan rumus atau formula tertentu.

Tentu Microsoft Excel yang memang berguna untuk diterapkan di segala bidang ini bisa membantu Anda dalam memberikan segala rumus perhitungan sesuai dengan kebutuhan. Pengelolaan data sudah pasti akan menjadi tepat jika memang dilakukan dengan menggunakan aplikasi Excel yang bisa didapatkan dan dinikmati kapan saja.

Manfaat Rumus Microsoft Excel

Mendukung pengelolaan data

Setiap fitur rumus atau formula yang ada pada Excel tentu saja dapat digunakan untuk melakukan perhitungan dari data yang ada. berbagai rumus yang lengkap rupanya tersedia bagi Anda sekalian untuk melakukan pengelolaan berbagai data. Jadi Anda bisa mengorganisir seluruh data yang telah dimasukkan ke dalam worksheet dan dan kemudain menguturnya.

Mempercepat penyelesaian pekerjaan

Dengan adanya rumus dari Excel maka nantinya setiap perhitungan angka bisa dilakukan dengan cepat. Memang dalam memasukkan data ke lembar Excel memerlukan waktu yang tidak singkat. Semakin banyak data yang harus dimasukkan maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan. namun setelahnya pengelolaan data bisa dilakukan dengan menggunakan fitur rumus. Hingga akhirnya pengelolaan data bisa jadi lebih cepat selesai.

Memaksimalkan penggunaan perangkat dan software

Penggunaan Excel umumnya terintegrasi dengan perangkat yang digunakan dan berbagai software yang yang memang terintegrasi dengan Microsoft. Maka dengan menggunakan lembar spreadsheet dari Microsoft ini berarti Anda juga telah menggunakan perangkat dan software tertentu.

Tips Menggunakan Rumus Microsoft Excel

Membuat fungsi di sel yang tersedia

Kebanyakan Excel digunakan untukmelakukan perhitungan data berupa angka tertentu. Untuk melakukannya maka digunakanlah sebuah fungsi yang biasanya disebut juga dengan istilah rumus. Untukmenggunakan rumus Excel maka Anda bsia klik sel tertentu lalu memasukkan fungsi atau rumus tertentu di sel tersebut.

Melakukan kalkulasi cepat

Excel yang seringkali digunakan untuk kebutuhan kalkulasi tentunya bisa dilakukan dengan cara cepat. Misalnya dengan menggunakan fungsi Autosum. Fungsi yang satu ini bisa ditemukan dengan melakukan klik pada menu Home terlebih dahulu lalu klik Autosum. Maka nantinya Anda akan melakukan kalkulasi secara cepat tanpa harus mengetahui rumus perhitungannya. Jadi siapa saja yang menggunakan Autosum ini tidak perlu kerepotan mencari rumus perhitungan.

Cara otomasi data

Untuk otomasi data yang sederhana bisa dilakukan di dalam sel. Untuk melakukannya maka ketik angka 1 di sel pertama dan angka 2 di sel bawahnya. Lalu blok sel berisi angka tersebut. Kemudian klik kotak hijau di pojokkanan bawah dari blok dan geserlah ke bawah. Sekalipun hal ini dilakukan denganpola tertentu maka nantinya Excel secara otomatis akan menghitungnya sesuai denagn pergesera yang Anda lakukan.

Mengubah format angka

Format angka umumnya dibutuhkan jika memang data yang dimasukkan ke sheet Excel memilikijenis yang berbeda. Maka untuk mengubah format bisa digunakan bagian Number dan klik General. Kemudian pilihlah format yang diinginkan.

Membuat berbagai tabel

Untuk pembuatan tabel tentunya Anda haruslah memformatnya terlebih dahulu. Jika ingin membuat tabel maka blok seluruh data. Lalu klik fitur Tables dan klik Table. Selanjutnya pilihlah format tabel yang diinginkan dan diperlukan. Melalui adanya tabel maka nantinya data bisa terorganisir dengan lebih mudah dan cepat.

Membuat grafik atau chart

Grafik juga bisa dibuat untuk memberikan tampilan visual yang lebih menarik. Untuk membuat grafik maka pilihlah data terlebih dahulu. Kemudian pilih kolom data tertentu dan gunakan tombol CTRL untuk menyeleksi dan memblok kolom yang dipilih. Setelah itu klik menu Insert dan pilih bagian Charts. maka nantinya jenis grafik yang tersedia di Excel bisa dipilih.

Memanfaatkan format cell

Format cell pada dasarnya dapat mengubah tampilan teks di dalam sel sehingga jadi lebih menarik. Untuk melakukannya maka Anda bisa blok terlebih dahulu sel yang ingin diubah. Lalu klik kanan dan klik Format Cell. Kemudian klik Alignment dan lihat bagian Orientation. Geser bagian Orientation dengan menggunakan mouse dan setelah itu janganlupa klik OK.

Memasukkan fungsi secara manual

Untuk data yang memang banyak dan kompleks maka Anda bisa memasukkan fungsi secara manual. Namun menggunakan fungsi manual sebenarnya juga tidaklah merepotkan jika memang Anda menggunakan Excel. Jadi blok data yang akan dihitung lalu klik sel di bagian bawah data. Kemudian ketik fungsi yang dibutuhkan sehingga nantinya akan muncul hasil perhitungan yang sempurna.

Memanfaatkan conditional formatting

Conditional formatting akan memungkinkan Anda untuk melakukan pengolahan data dengan adanya tampilan yang lebih interaktif. Untuk menggunakan fitur ini maka pilih data yang akan diubah lalu pilih opsi Conditional Formatting. Kemudian nantinya akan muncul hasilyang bisa dilihat secraa langsung di data yang sebelumnya sudah dipilih.

Menggabungkan kolom dan baris

Untuk menggabungkan 2 kolom atau baris tentu saja sangat mudah. Anda hanya tinggal pilih 2 atau lebih kolom atau baris yang diperlukan. lalu klik fitur Merge & Centre. Makanantinya kolomatau baris yang telah dipilih tersebut akan bergabung menjadi satu. Tentu tampilan data pada Excel akan menjadi lebih rapi sehingga semakin enak dilihat.

Memanfaatkan template

Pada Excel terdapat ratusan temple yang direkomendasikan untuk bisa dipakai atau digunakan. Maka Anda bisa tekan tombol CTRL+N untukmembuka sheet yang baru. Lalu dikotakpencarian bisa dicari template yang tentunya bisa disesuaikan dnegan keinginan penggunanya. Adanya template ini akan semakin memudahkan para pengguna Excel untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Menggunakan fitur tambahan

Tips yang terakhir untuk para pengguna Excel adalah gunakan Add-in. Dalam hal ini akseslah Store untuk Excel lalu pilih menu Insert dan kemudian klik menu Store. Maka Anda bisa menemukan apa saja yang diinginkan. Jika memang telah ditemukan apa yang dibutuhkan maka klik tombol Add untuk melanjutkan proses.

Penerapan Rumus Microsoft Excel

Rumus Microsoft Excel sangat tepat bila digunakan untuk membantu penyelesaian permasalahan ataupun tugas yang berhubungan dengan numerik dan sistem komputasi. Oleh karena itu penggunaan berbagai rumus dari Excel hingga sekarang ini masih banyak diterapkan di berbagai bidang terutama yang berhubungan dengan matematika dan statistik ataupun bidang keuangan.

Sistem pengoperasian aplikasi ini semakin banyak dipelajari secara lebih dalam sehingga setiap rumus yang ada di dalamnya bisa digunakan secara maksimal. Maka tentunya melakukan pekerjaan dengan menggunakan aplikasi Excel bisa menjadi solusi yang paling tepat bagi Anda.

Bagaimana? Apakah dengan adanya artikel ini kamu menjadi terbantu dalam pengerjaan tugas sehari-hari? Jika belum, kamu bisa menggunakan aplikasi bantuan lainnya seperti JojoExpense lho! Kenapa JojoExpense? Karena dengan aplikasi ini kamu bisa terbantu dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Jadi, selain hitung menggunakan Microsoft Excel, kamu bisa memastikannya dengan aplikasi ini. Pekerjaanmu akan sangat terbantu, dan kamu bisa bekerja dengan lebih efektif dengan hasil yang lebih efisien.