Rumus Pertumbuhan Penjualan dan Cara Menghitungnya

Rumus Pertumbuhan Penjualan dan Cara Menghitungnya

Rumus pertumbuhan penjualan menjadi satu hal penting untuk mengetahui perkembangan bisnis Anda. Dengan menggunakan rumus pertumbuhan penjualan, perusahaan juga dapat dengan mudah mengenali seberapa jauh hasil kerjanya selama ini.

Penghitungan pertumbuhan penjualan dapat dijadikan sebagai indikator dalam pengambilan keputusan yang tepat. Sehingga, perusahaan akan lebih mudah menentukan arah kebijakan berikutnya untuk mencapai perkembangan yang signifikan.

Oleh karenanya, setidaknya Anda harus paham terlebih dahulu apa itu pertumbuhan penjualan, kemudian gunakan rumus pertumbuhan penjualan untuk mengetahui tingkat penjualan yang terjadi. Mari kita simak ulasan lengkap di bawah ini.

Apa itu Petumbuhan Penjualan?

Pertumbuhan penjualan dapat dimaknai sebagai peningkatan penjualan suatu produk dalam jangka waktu tertentu. Tingkat pertumbuhan yang berhasil dihitung dapat dijadikan parameter dalam menilai performa penjualan perusahaan.

Pertumbuhan penjualan menjadi indikator penting dalam menilai performa tim sales, penentuan strategi bisnis yang harus dilakukan dan menjadi acuan bagi pemimpin perusahaan sebelum mengambil keputusan.

Pertumbuhan penjualan sendiri juga bisa mnejadi tolok ukur yang digunakan para investor untuk mengetahui kondisi penjualan perusahaan apakah angka permintaan terus meningkat atau justru sebaliknya.

Dalam praktiknya, pertumbuhan penjualan terbagi dalam dua bentuk yakni positif dan negatif.

Kapan pertumbuhan penjualan dikatakan positif? Ketika angka penjualan saat ini lebih tinggi daripada angka penjualan pada periode sebelumnya.

Dengan nilai positif, keuangan perusahaan tentunya berada dalam kondisi yang lebih baik dan pihak manajemen akan lebih mudah untuk menentukan strategi bisnis yang lebih apik dari sebelumnya.

Sedangkan pertumbuhan penjualan bernilai negatif terjadi ketika pendapatan di periode ini lebih rendah dibandingkan periode sebelumnya.

Jika terjadi penurunan terus-menerus dalam perhitungan pertumbuhan penjualan, bisa diindikasikan bahwa terdapat kesalahan yang harus segera diperbaiki. Jika dibiarkan, mungkin saja perusahaan akan mengalami kerugian dan berakhir bangkrut, akibat pendapatan yang kian berkurang dan tidak berkembang sama sekali.

Rumus Pertumbuhan Penjualan

Sebelumnya, Anda sudah tahu apa itu pertumbuhan penjualan dan bentuk pertumbuhan penjualan positif dan negatif. Nah, pasti Anda ingin tahu juga bagaimana cara menentukan pertumbuhan penjualan perusahaan.

Rumus pertumbuhan penjualan adalah jumlah penjualan periode ini dikurangi dengan periode sebelumnya, membaginya dengan penjualan di periode sebelumnya, kemudian dikalikan 100.

Rumus:

(penjualan sekarang – penjualan sebelumnya) : penjualan periode sebelumnya x 100.

Setelah didapatkan hasil akhir dengan menggunakan rumus pertumbuhan penjualan tersebut, tingkat penjualan perusahaan besar dapat dikatakan bernilai baik jika terjadi pertumbuhan berkisar 5 – 10 persen. Sedangkan untuk perusahaan yang tidak cukup besar, diharapkan mencapai pertumbuhan penjualan lebih dari 10 persen.

rumus pertumbuhan penjualan

Setiap perusahaan tentu memiliki kriteria masing-masing baik dari segi industri, jenis bisnis dan ukurannya. Yang perlu digaris bawahi adalah selama persentase pertumbuhan penjualan lebih tinggi dari periode sebelumnya, maka pertumbuhan penjualan pada periode tersebut bernilai positif.

Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Penjualan

Berikut beberapa faktor yang memengaruhi tingkat pertumbuhan penjualan perusahaan. Simak dengan saksama!

1. Besar Kecilnya Perusahaan

Ukuran perusahaan menjadi faktor pertama yang memengaruhi tingkat pertumbuhan penjualan. Perusahaan kecil biasanya memiliki tingkat pertumbuhan penjualan lebih tinggi dibandingkan perusahaan besar.

Tingkat pertumbuhan penjualan perusahaan kecil yang tinggi dikarenakan kebutuhan penjualan yang lebih sedikit.

Misalnya, sebuah perusahaan kecil dengan pendapatan 50 juta di tahun ini, dan 35 juta di tahun sebelumnya. Maka, berdasarkan penghitungan rumus di atas, tingkat pertumbuhan penjualannya adalah 42,85 persen. Sementara itu, perusahaan besar dengan pendapatan 800 juta pada periode ini, dan 750 juta di periode sebelumnya, tingkat pertumbuhan penjualannya hanya 6 persen.

Meskipun persentase pertumbuhan penjualannya jauh lebih rendah, namun jumlah uang yang didapat oleh perusahaan berukuran besar sudah pasti lebih banyak dari perusahaan kecil.

2. Pesaing Bisnis

Kompetitor juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan penjualan. Seperti yang terjadi di tahun 2019, e-commerce memiliki pertumbuhan penjualan 14,9 persen dan retail hanya 3,8 persen.

Melalui hasil persentase tersebut sudah dapat dipastikan bahwa seorang pengusaha atau perusahaan yang berjualan secara online memiliki penjualan lebih tinggi dibanding secara offline.

3. Target Penjualan

Setiap perusahaan tentu memiliki target penjualan yang berbeda-beda. Dengan kriteria target penjualan yang sudah disesuaikan dengan produk perusahaan tentu akan memengaruhi pertumbuhan penjualan.

Pertumbuhan penjualan perusahaan dapat mengalami peningkatan sedikit atau bahkan tetap sama dengan periode sebelumnya karena target penjualan dan strategi bisnis yang dilakukan tidak banyak berubah.

Pentingnya Pertumbuhan Penjualan

Tidak hanya sekadar mengetahui tingkat penjualan secara periodik, pertumbuhan penjualan juga dapat dijadikan sebagai indikator penentu perkembangan sebuah perusahaan.

Nah, selanjutnya akan dijelaskan tentang pentingya pertumbuhan penjualan bagi perusahaan. Simak dengan saksama!

1. Penanda Peningkatan Keuntungan

Dengan pertumbuhan penjualan positif, dapat disimpulkan bahwa perusahaan mengalami peningkatan penjualan dan peningkatan keuntungan.

Sebagai penanda peningkatan keuntungan, Anda akan lebih mudah untuk mencari peluang guna meningkatkan dividen dengan para pemegang saham perusahaan. Ini juga menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan harga saham perusahaan.

2. Mengetahui Keberhasilan Strategi Bisnis

Anda dapat mengetahui keberhasilan strategi bisnis yang Anda gunakan melalui tingkat pertumbuhan penjualan. Pertumbuhan penjualan yang positif menandakan bahwa strategi bisnis dan kebijakan yang diambil telah berhasil.

rumus pertumbuhan penjualan

Sebaliknya, pertumbuhan penjualan yang negatif mengindikasikan strategi yang digunakan harus dirubah dan dilakukan perbaikan pada sektor internal maupun eksternal guna mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Pelaku Bisnis

Mendapatkan pertumbuhan penjualan yang positif memang terlihat mudah, namun mempertahankan angka positif tersebut dibutuhkan strategi bisnis yang tepat dan semangat dan tekad yang kuat.

Ketika sebuah perusahaan mengalami petumbuhan penjualan positif, itu artinya perusahaan juga harus meningkatkan aset, kualitas dan kuantitas produk serta gaji para karyawan. Ini menjadi strategi jitu untuk mendorong perusahaan tetap dapat berkembang dan bersaing dengan para kompetitor.

Pertumbuhan penjualan positif hendaknya harus tetap dijaga secara terus menerus agar semua pihak perusahaan, baik pimpinan maupun karyawan dapat terus-menerus merasakan peningkatan kesejahteraan. Bukankah hal itu menjadi cita-cita setiap perusahaan?

Itulah pembahasan tentang rumus pertumbuhan penjualan dan cara menghitungnya. Ada satu cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk mendapatkan pertumbuhan penjualan yang positif, yakni menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi apa itu?

Aplikasi JojoExpense adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien dan hemat watku. Dengan beragam fitur unggulan seperti budget controlling, mobile approval, capture expenses dan lainnya, JojoExpense dapat dijadikan ‘andalan’ untuk mengontrol keuangan perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan dapat mengatur keuangannya untuk hal-hal yang lebih produktif dan menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting atau tidak memberikan manfaat lebih bagi perusahaan.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.