Menentukan Rumus Rata-Rata Dengan Berbagai Macam Cara

rumus rata-rata

Rumus rata-rata mungkin sudah bukan hal asing lagi bagi Anda sekalian. Penggunaan rumus ini biasanya digunakan dalam berbagai macam keperluan. Rata-rata sering pula disebut dengan istilah mean. Istilah ini tampaknya banyak digunakan terutama dalam bidang ilmu matematikan dan juga statistika. Namun gambaran mengenai proses perhitungan rata-rata ini pada dasarnya adalah sama sekalipun fungsi dari masing-masing rata-rata bisa dibilang berbeda. Untuk dapat mencapai hasil rata-rata dengan tepat maka harus dipahami dengan betul jenis data yang akan diolah.

Rumus Rata-Rata Secara Umum

Untuk data tunggal

Menghitug rata-rata bisa dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Namun untuk memilih rumus yang digunakan maka Anda sebagai pihak yang melakukan perhitungan harus tahu dengan benar mengenai jenis data. Apakah data yang sedang dihitung tersebut merupakan data tungagl atau bukan. Jika memag data yang harus dihitung tersebut merupakan data tunggal maka penggunaan rumus yang bisa digunakan adalah (x1+x2+…+xn)/n hingga akhirnya diperoleh nilai yang benar.

Jadi jumlahkan terlebih dahulu nilai atau angka yang ada pada data. Jangan lupa pula menghitung banyaknya jumlah data nilai yang tersedia. Setelah itu hasil penjumlahan seluruh angka dibagi banyaknya data yang tersedia.

Untuk data kelompok

Jenis data yang kedua adalah data kelompok. Tentunya proses perhitungan untuk mencari rata-rata dari data kelompok agak berbeda dengan perhitungan rata-rata pada data tunggal. Pada data kelompok umumnya selain diketahui nilai juga diketahui adanya frekuensi. Tiap nilai yanga da haruslah dikalikan dengan frekuensinya terlebih dahulu. Kemudian seluruh hasil dari perkalian antara nilai dan frekuensi bisa dijumlahkan.

Setelah itu barulah Anda bisa menghitung rata-rata yang dicari. Perhitungan rata-rata untuk jenis data kelompokini bisa dilakukan dengan cara hasil penjumlahan dari perkalian masing-masing nilai dan frekuensi tadi dibagi jumlah frekuensi. Bila dinyatakan dalam rumus maka perhitungan rata-rata untuk jenis data kelompok ini adalah / 

Cara Mencari Rumus Rata-Rata

Menghitung rata-rata secara manual

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk melakukan proses operasional hitung. Termasuk pula dalam melakukan  perhitungan rata-rata bila diperlukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghitung rata-rata adalah dengan menggunakan sistem manual. Jadi Anda bisa menjumlahkan setiap nilai atau angka yang ada secara manual.

Setelah ditemukan hasil penjumlahan atau hasil total dari seluruh angka maka hasil tersebut bisa dibagi dengan banyaknya nilai atau angka. Oleh karena itu diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam melakukan perhitungan. Terlebih lagi bila perhitungan dilakukan secara manual.

Menghitung rata-rata dengan menggunakan kalkulator

Selain dengan cara manual rupanya menghitung rata-rata juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat kalkulator. Alat kalkulator ini tentunya sudah sering dijumpai dimana saja. Bahkan pengguaan kalkulator ini tidak hanya dikuasi oleh kaum profesional saja. Tetapi bahkan golongan anak-anak saja saat ini sudah bisa menggunakan kalkulator untuk melakukan proses operasional hitung.

Menggunakan kalkulator memang bisa mempermudah dan membantu Anda sehingga proses perhitungan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Namun tetap saja angka atau nilai haruslah dilihat dengan teliti sehingga bisa dimasukkan ke kalkulator dengan tepat. Rumus untuk menghitung rata-rata juga haruslah dipahami dengan baik. Maka perhitungan mean dengan menggunakan kalkulator bisa memberikan hasil yang tepat untuk penggunanya.

Menghitung rata-rata di excel

Cara yang paling praktis untuk menghitung mean di zaman sekarang ini adalah dengan menggunakan bantuan dari Microsoft yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel. Microsoft Excel ini sendiri memang seringkali dijadikan sebagai suatu software yang berguna untuk melakukan pengolahan data berupa angka. Pada Excel ini terdapat beberapa rumus termasuk salah satunya adalah rumus untuk menghitung mean.

Jadi untuk melakukan proses perhitungan maka Anda bisa memasukkan data berupa angka di kolom yang tersedia. Setelah angka telah dipastikan terisi pada kolom secara tepat maka barulah bisa digunakan rumus Average untuk bisa menghitung nilai rata-rata dari seluruh data yang telah tercantum pada worksheet Excel.

Kegunaan Rumus Rata-Rata

Mengukur nilai rata-rata sebenarnya

Kegunaan atau fungsi pertama dari perhitungan mean adalah untuk melakukan pengukuran terhadap rata-rata hitung. Dengan kata lain Anda bisa mengukur nilai rata-rata sebenarnya dari data yang dimiliki. Memang dalam kehidupan sehari-hari terkadang dibutuhkan nilai rata-rata untuk suatu data baik data berjenis tunggal maupun data berjenis kelompok. Perhitungannya pun bisa dilakukan secara sederhana mulai dengan cara manual hingga menggunakan kalkulator ataupun di excel.

Mengukur tingkat perubahan

Kegunaan dari penggunaan rumus rata-rata yang selanjutnya adalah untuk mengukur tingkat perubahan. Dalam hal ini penggunaan rumus mencari mean bisa difungsikan sebagai cara untuk mencari rata-rata ukur. Rate of change atau tingkat perubahan dalam hal ini dilakukan untuk data yang bernilai positif. Sebab rumus ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat perkembangan atau pertambahan rata-rata dari suatu data.

Perkembangan mean ini bisa dilihat di tiap periode seperti yang telah ditentukan. Oleh karena itu hanya data positif saja yang bisa digunakan agar pengukuran rata-rata ini bisa dilakukan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Mengukur nilai rata-rata data yang positif dan rasio

Keguanaan yang terakhir dari penggunaan rumus rata-rata adalah untuk mengukur nilai mean dari data yang memiliki nilai positif serta memiliki rasio. Dengan kata lain dari data yang tertuang diusahakan agar bisa didapatkan rata-ratanya sekaligus rasio yang memang perlu diketahui.

Pemanfaatan Rumus Rata-Rata

Rumus rata-rata tampaknya sering digunakan dalam melakukan operasi hitung. Bahkan ada banyak bidang dan aspek keidupan yang membutuhkan peran dari rumus rata-rata. Tidak hanya dalam dunia kerja dan bisnis saja rumus ini digunakan tetapi juga dibutuhkan dalam lingkup akademis dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi penggunaan rumus ini tidak hanya dilakukan oleh para kaum profesional saja tetapi juga oleh setiap orang dengan berbagai macam kegiatan dan pekerjaan. Maka rumus ini sudah seharusnya dipahami dengan benar sehingga bisa diterapkan dengan tepat. Penerapan rumus yang tepat akan membantu setiap orang untuk mendapatkan nilai atau hasil yang tepat.

Tentunya dalam penggunaan rumus rata-rata ini juga diperlukan pada perhitungan keuangan perusahaan. Namun demikian tentu saja sulit untuk menghitung seluruh persentase dalam keuangan perusahaan jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu sebaiknya gunakan aplikasi menarik dari Jojonomic yaitu JojoExpense. Dengan aplikasi yang satu ini maka keuangan perusahaan dapat tercatat secara sistematis dan mudah.

Hal ini karena JojoExpense dilengkapi dengan aneka macam fitur menarik. Seperti misalnya fitur monitor disbursement uang panjar kerja, proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement, hingga fitur peraturan budget untuk reimbursement dan cash advance. Maka dari itu jangan ragu jika ingin beralih pada produk tersebut. Yuk, segera gunakan aplikasi keuangan dari Jojonomic ini dan dapatkan demo gratis selama 14 hari.