RUPS adalah: Pengertian, Tujuan dan Cara Penyelenggaraannya

strategi menarik kandidat

RUPS adalah: Pengertian, Tujuan dan Cara Penyelenggaraannya – Sangat penting untuk para calon investor, mengetahui apa itu Rapat Umum Pemegang Saham atau yang biasa disingkat dengan RUPS, Bagi Anda yang sudah tidak asing dengan istilah ini, tentu mengerti betapa pentingnya untuk memahami Rapat Umum Pemegang Saham, dan pada artikel kali ini Jojonomic akan mengulas secara mendalam apa itu RUPS, yuk simak artikel berikut ini:

Apa itu RUPS?

What is a Corporate Meeting? How to Conduct a Meeting? - Management Study HQ

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) merupakan suatu organ dalam Perseroan Terbatas yang memiliki wewenang yang tidak dimiliki oleh dewan direksi dan dewan komisaris. Di dalam sebuah perseroan, RUPS ini menjadi wadah bagi para pemegang saham dalam menyampaikan hak suaranya untuk mengampil keputusan terkait perusahaan.

Dalam Undang-Undang No. 40 Tahun 2007, dijelaskan bahwa RUPS memiliki fungsi sentral bagi para pemegang saham dalam menentukan kebijakan terkait perusahaan. Dalam penyelenggaraannya, RUPS dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu RUPS tahunan dan RUPS luar biasa:

RUPS Tahunan

 RUPS Tahunan dilakukan setiap setahun sekali. Ini merupakan agenda rutin yang selalu dilakukan oleh sebuah perusahaan. Biasanya rapat ini akan dilakukan pada akhir tahun, ketika perusahaan sedang tutup buku.

Pada akhir rapat, biasanya pemegang saham akan menyimpulkan sebuah saran. Tentang apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam setahun ke depan. Hal tersebut juga akan menjadi bahan yang akan dibahas di RUPS Tahunan selanjutnya.

Karena diadakan secara tahunan, rapat ini hanya bisa diadakan minimal 6 bulan setelah rapat tahunan sebelumnya diadakan. 

RUPS Luar Biasa

RUPS yang satu ini, bisa dilakukan sewaktu-waktu. Apalagi jika ada hal yang perlu disampaikan dari rapat tahunan sebelumnya dan belum sempat dibahas. Biasanya hal ini terjadi karena di tahun sebelumnya ada banyak sekali pembahasan.

RUPS Luar Biasa, juga bisa diadakan ketika perusahaan tersebut tertimpa masalah. Berikut ini, merupakan kemungkinan lain yang bisa saja menjadi alasan diadakannya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa:

  1. Keputusan untuk membubarkan perusahaan. Apapun alasan di balik ini, jika semua pihak setuju perusahaan bisa bubar begitu saja.
  2. Ada rencana untuk melakukan penggabungan, peleburan, pengambilalihan, atau pemisahan sebuah perusahaan dengan perusahaan lainnya.
  3. Mengangkat dan memberhentikan dewan direksi dan dewan komisaris.
  4. Menyetujui permohonan dari perusahaan untuk mengajukan pailit ke pengadilan niaga.

Tujuan diadakannya RUPS

Pengertian Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS dan Jenis-jenisnya |  BukaReview

Tujuan diadakannya RUPS tahunan adalah untuk menyetujui beberapa laporan tahunan sebuah Perseroan Terbatas, yang antara lain berisi:

  1. Laporan keuangan yang melingkupi laporan perubahan modal, neraca akhir tahun buku baru dalam perbandingan dengan tahun buku yang sebelumnya. Kemudian disebutkan juga laporan laba rugi dari buku yang bersangkutan, laporan arus kas, serta catatan mengenai laporan keuangan dari data-data tersebut.
  2. Laporan tentang kegiatan Perseroan.
  3. Laporan mengenai pelaksanaan tanggung jawab lingkungan dan sosial.
  4. Rincian masalah yang timbul selama tahun buku lampau yang turut mempengaruhi kegiatan usaha Perseroan.
  5. Laporan tentang tugas pengawasan yang telah dilakukan oleh Dewan Komisaris selama tahun buku yang lampau.
  6. Nama-nama anggota Direksi dan juga Dewan Komisaris.
  7. Gaji beserta tunjangan bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun yang baru lampau.

Tata Cara Penyelenggaraan RUPS

BCA - BCA Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa

Berikut adalah tata cara penyelenggaraan RUPS:

  1. RUPS dapat diselenggarakan atas permintaan dari dewan komisaris
  2. RUPS dapat diselenggarakan atas permintaan atau permohonan dari satu atau lebih pemegang saham yang mewakili sepersepuluh atau lebih dari jumlah seluruh saham
  3. Permintaan penyelenggaraan RUPS harus disertai alasan
  4. Hal-hal yang dibahas dalam RUPS harus sesuai dengan alasan permintaan penyelenggaraan RUPS
  5. Permintaan RUPS harus disampaikan ke dewan direksi. Apabila permintaan RUPS berasal dari pemegang saham, maka harus ditembuskan ke dewan komisaris.
  6. Direksi wajib melakukan pemanggilan RUPS selambat-lambatnya 15 hari sejak tanggal permintaan penyelenggaraan RUPS diterima

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.


  7. RUPS baru bisa diselenggarakan apabila dihadiri lebih dari seperdua bagian dari jumlah seluruh saham, kecuali anggaran dasar menentukan jumlah yang lebih kecil atau lebih besar
  8. Apabila jumlah minimum anggota yang dipersyaratkan hadir (kuorum) tidak tercapai, maka direksi dapat melakukan pemanggilan RUPS kedua
  9. RUPS kedua baru bisa diselenggarakan apabila lebih dari sepertiga dari jumlah seluruh saham hadir. Apabila RUPS kedua masih belum mencapai kuorum, perseroan dapat mengajukan permohonan ke ketua pengadilan tinggi setempat agar ditetapkan kuorum untuk RUPS ketiga
  10. Keputusan yang dihasilkan dari RUPS diperoleh berdasarkan musyawarah mufakat. Keputusan baru dikatakan sah apabila disetujui oleh seperdua bagiian atau lebih dari jumlah suara, kecuali anggaran dasar atau UUPT menentukan jumlah suara yang berbeda.

Pembahasan RUPS

7 Things to Do Before a Business Meeting (and After You Leave) | Inc.com

Berikut detil-detil pembahasan pada RUPS:

  1. Sehubungan dengan alasan permintaan dari pemegang saham, serta peserta acara rapat lainnya yang dianggap perlu untuk dibahas bagi direksi, sesuai dengan panggilan Rapat Umum Pemegang Saham.
  2. Diskusi atau bahasan masalah yang dibahas pada Rapat Umum Pemegang Saham yang dilaksanakan oleh dewan komisaris adalah mengenai suatu masalah yang berhubungan pad alasan dimintanya Rapat Umum Pemegang Saham.
  3. Rapat Umum Pemegang Saham yang diselenggarakan berdasarkan penetapan ketua pengadilan negeri hanya boleh membahas mengenai mata acara rapat sebagaimana yang telah ditetapkan oleh ketua pengadilan negeri.

Siapa saja yang berhak mengajukan RUPS:

5 Pro Tips to Boost Attendee Engagement on Business Meetings -  Inspirationfeed

Dewan Komisaris

Salah satu pihak yang boleh melakukan pengajuan RUPS adalah dewan komisaris perusahaan. Meskipun bukan pemilik strata tertinggi, dewan komisaris bisa mengajukan Rapat Umum Pemegang Saham.

Biasanya, ini akan dilakukan jika ada laporan penting yang harus disampaikan ke forum formal saat itu juga. Sehingga dewan komisaris pun tidak bisa menunggu hingga RUPS Tahunan selanjutnya dan harus mengajukan RUPS Luar Biasa.

Pemegang Saham

Pihak kedua dan yang sudah pasti bisa mengajukan RUPS adalah para pemegang saham. Pengajuan bisa dilakukan oleh salah satu pemegang saham atau secara beramai-ramai. Setiap pemegang saham memiliki hak yang sama untuk mengajukan rapat ini.

Hanya saja, pengajuan Rapat Umum Pemegang Saham tersebut harus mewakili setidaknya 10% suara pemegang saham lainnya. Jika pengajuan dilakukan oleh seorang pemegang saham dan hanya mewakili suaranya sendiri, RUPS tidak bisa diajukan ke Pengadilan.

Kesimpulan

Dapat diketahui pada penjelasan diatas bahwa Rapat Umum Pemegang Saham adalah pemegang kekuasaan tertinggi pada suatu perseroan terbatas. Rapat Umum Pemegang Saham harus diadakan setidaknya satu tahun sekali. Hal tersebut dilakukan agar mengantisipasi adanya kesalahan dan penyelewengan pada proses berjalannya suatu perseroan terbatas.

Ini sama pentingnya untuk Anda ketika mengantisipasi kesalahan dan kecurangan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda, dan hal ini dapat dicegah dengan menggunakan JojoExpense.

Berkat produk yang satu ini tentunya sistem keuangan perusahaan dapat diatur lebih baik dan lebih efisien. Bahkan seluruh catatan keuangan dapat tersimpan secara otomatis tanpa ada resiko penipuan.

Semua berkat beberapa fitur yang menarik untuk ditemukan di JojoExpense, mulai dari adanya fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun, proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan, maupun peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance.

Jadi, tidak perlu ragu jika ingin menggunakan JojoExpense. Segera daftar sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda!