Saham LQ45: Pengertian, Tujuan, Komponen dan Kriteria Pemilihannya

saham turun

Bagi Anda yang telah lama berkecimpung didunia saham pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah saham LQ45, ini merupakan saham yang paling diminati para investor, karena yang paling memiliki kapitalisasi dan juga frekuensi perdagangan yang tinggi. Saat ini BEI memiliki 34 indeks saham, namun yang banyak dikenal publik adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan LQ45.

Karena memiliki frekeunsi perdagangan yang tinggi, Indeks LQ45 dapat dijadikan acuan sebagai bahan untuk menilai kinerja perdagangan saham khususnya di BEI. Lantas apa yang dimaksud dengan indeks LQ45? Apa saja saham yang bisa masuk ke dalam indeks LQ45? Kriteria apa saja yang membuat suatu saham bisa masuk ke dalam perhitungan indeks LQ45? Pada artikel kali ini Jojonomic akan kupas tuntas semua tentang saham atau Indeks LQ45.

Apa itu Indeks Saham LQ45?

ndeks saham LQ45 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 45 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik. 

Indeks saham ini mulai diluncurkan pada Februari 1997 dengan mengukur nilai likuiditasnya dari nilai transaksinya di pasar secara reguler. Kemudian untuk menyesuaikan dengan perkembangan pasar saham dan lebih memperkuat kriteria likuiditas, di bulan Januari 2005, jumlah hari untuk perdagangan dan frekuensi kegiatan transaksi dimasukkan sebagai ukuran likuiditas

Yang dimaksud dengan penilaian atas likuiditas adalah seleksi atas emiten-emiten tersebut juga dengan mempertimbangkan kapitalisasi dari pasar. Indeks saham LQ45 ini dibentuk untuk melengkapi IHSG. 

Tujuan Indeks LQ45

Tujuan indeks LQ 45 adalah sebagai pelengkap IHSG dan khususnya untuk menyediakan sarana yang obyektif dan terpercaya bagi analisis keuangan, manajer investasi, investor dan pemerhati pasar modal lainnya dalam memonitor pergerakan harga dari saham-saham yang aktif diperdagangkan.

Bagaimana Kriteria Pemilihan Saham Indeks LQ45?

Terdapat kriteria untuk mengukur saham apa saja yang bisa  masuk ke dalam indeks LQ45. Yakni, sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia sekurang-kurangnya tiga bulan. Termasuk dalam 60 saham sesuai nilai transaksi di pasar saham reguler.

Dari 60 saham yang tercatat, 30 saham yang memiliki nilai transaksi terbesar otomatis masuk dalam perhitungan saham indeks LQ45.
Untuk mendapatkan total 45 saham, selanjutnya dipilih 15 saham berikutnya dengan berdasarkan kriteria hari transaksi pada pasar reguler, frekuensi transaksi, serta kapitalisasi pasarnya. 

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dari 30 sisanya, akan dipilih 25 saham dihitung sesuai hari perusahaan melakukan transaksi pada pasar reguler. Kemudian, dari 25 saham, dipilih 20 berdasarkan dari frekuensi kegiatan transaksi di pasar reguler. Dari 20 saham, dipilih 15 saham dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasarnya, yang nantinya akan didapat 45 saham dalam perhitungan indeks LQ45.Adapun metode yang digunakan dalam memilih 15 saham tersebut yakni:

Dari 30 sisanya, akan dipilih 25 saham dihitung sesuai hari perusahaan melakukan transaksi pada pasar reguler. Kemudian, dari 25 saham, dipilih 20 berdasarkan dari frekuensi kegiatan transaksi di pasar reguler. Dari 20 saham, dipilih 15 saham dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasarnya, yang nantinya akan didapat 45 saham dalam perhitungan indeks LQ45.

Selain likuiditas dan kapitalisasi pasarnya, kriterianya juga dapat dilihat dari kondisi kesehatan keuangannya dan prospek pertumbuhan perusahaan. 

Evaluasi Indeks dan Penggantian Saham

Bertengger atau duduk di jajaran LQ 45 merupakan suatu kehormatan bagi sebuah perusahaan. Kenapa bisa begitu? Sebab hal itu menandakan jika pelaku pasar modal percaya dan juga telah mengakui jika tingkat likuiditas dan kapitalisasi pasar dari perusahaan tersebut baik.

Bagi emiten yang sudah masuk ke dalam indeks LQ 45 bukan berarti bisa lantas bersantai, namun harus tetap kerja keras untuk mempertahankan posisinya karena saham-saham ini akan terus dipantau oleh Bursa Efek Indonesia.

Bursa Efek Indonesia secara rutin akan memantau perkembangan kinerja emiten-emiten yang masuk dalam perhitungan indeks LQ 45. Setiap tiga bulan sekali dilakukan evaluasi atas pergerakan urutan saham-saham tersebut. Apabila ada saham yang sudah tidak masuk kriteria maka akan diganti dengan saham lain yang memenuhi syarat.

Pemilihan saham-saham LQ 45 harus wajar, oleh karena itu BEI mempunyai komite penasehat yang terdiri dari para ahli di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Universitas, dan Profesional di bidang pasar modal. Penggantian saham akan dilakukan setiap enam bulan sekali, yaitu pada awal bulan Februari dan Agustus.

Komponen Indeks Saham LQ45

Berikut adalah perusahaan-perusahaan, yang duduk pada periode Mei–Juli 2020 dilansir dari Wikipedia:

Singkatan Perusahaan
ACES Ace Hardware Indonesia Tbk.
ADRO Adaro Energy Tbk.
AKRA AKR Corporindo Tbk.
ANTM Aneka Tambang Tbk.
ASII Astra International Tbk.
BBCA Bank Central Asia Tbk.
BBNI Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
BBRI Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
BBTN Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
BMRI Bank Mandiri (Persero) Tbk.
BRPT Barito Pacific Tbk.
BSDE Bumi Serpong Damai Tbk.
BTPS Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk.
CPIN Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
CTRA Ciputra Development Tbk.
ERAA Erajaya Swasembada Tbk.
EXCL XL Axiata Tbk.
GGRM Gudang Garam Tbk.
HMSP H.M. Sampoerna Tbk.
ICBP Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
INCO Vale Indonesia Tbk.
INDF Indofood Sukses Makmur Tbk.
INKP Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.
INTP Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
ITMG Indo Tambangraya Megah Tbk.
JPFA Japfa Comfeed Indonesia Tbk.
JSMR Jasa Marga (Persero) Tbk.
KLBF Kalbe Farma Tbk.
LPPF Matahari Department Store Tbk.
MNCN Media Nusantara Citra Tbk.
PGAS Perusahaan Gas Negara Tbk.
PTBA Bukit Asam Tbk.
PTPP PP (Persero) Tbk.
PWON Pakuwon Jati Tbk.
SCMA Surya Citra Media Tbk.
SMGR Semen Indonesia (Persero) Tbk.
SRIL Sri Rejeki Isman Tbk.
TBIG Tower Bersama Infrastructure Tbk.
TKIM Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk.
TLKM Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
TOWR Sarana Menara Nusantara Tbk.
UNTR United Tractors Tbk.
UNVR Unilever Indonesia Tbk.
WIKA Wijaya Karya Tbk.
WSKT Waskita Karya Tbk.

Kesimpulan

Saham LQ45 layak dilirik untuk yang suka menjual belikan saham dengan cepat karena faktor likuiditasnya yang tinggi. Namun saham LQ45 tidak terlepas dari risiko investasi dan prospeknya bisa saja berubah seiring berjalannya waktu. Untuk Anda yang sedang mengembangkan bisnis, hal ini juga penting untuk Anda mempunyai perencanaan dan juga perisapan yang matang dalam mengelola keuangan Anda, salah satunya caranya yaitu beralih pada JojoExpense.

JojoExpense merupakan produk yang dapat membantu memonitor keuangan perusahaan dengan baik, termasuk pemasukan maupun pengeluaran secara akurat. Sehingga dapat terhindar dari resiko penipuan dalam keuangan perusahaan.

Tentu saja hal ini berkat adanya fitur-fitur menarik pada JojoExpense, misalnya saja seperti yang tertulis berikut ini:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Oleh sebab itu jangan ragu untuk memilih JojoExpense, dan dapatkan coba gratis selama 14 hari serta buktikan sendiri manfaatnya bagi kelangsungan bisnis Anda!