Investasi Terbaik Saham Syariah Aman Terpercaya

saham syariah

Saham syariah mungkin belum seluruh orang memahami hal ini. Sebab tidak semua orang terlibat dengan hal yang berkaitan dengan sistem saham syariah ini. Pada dasarnya saham jenis ini merupakan sebuah surat berharga. Saham ini mencerminkan adanya suatu kepemilikan atau suatu hak atas suatu perusahaan yang pengolahannya dilakukan sesuai dengan beberapa prinsip syariah.

Membeli Saham Syariah

Memiliki rekening saham sekuritas syariah

Sebelum melakukan investasi berupa pembelian saham maka sudah tentu Anda perlu memiliki rekening. Untuk membeli saham maka Anda perlu membuat rekening saham online. Maka nantinya melalui rekening Anda ini dana investasi dapat disalurkan dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Cek indeks saham syariah

BEI pada dasarnya selalu memberikan informasi mengenai perkembangan saham syariah secara update. Oleh karena itu melalui saham ini maka Anda bisa mengetahui berbagai macam saham dengan jenis syariah yang sedang naik. Jadi Anda bisa mengambil keputusan mengenai pembelian berbagai saham yang tersedia.

Menganalisis secara teknikal

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenali investasi syariah dengan baik adalah dengan melihat fundamental. Selain itu Anda juga perlu melakukan analisis teknikal dengan baik. Jadi Anda bisa memastikan saham tersebut tergolong memiliki kapitalisasi yang besar ataukah tidak.

Perdalam pengetahuan mengenai saham syariah

Jika memang Anda ingin memiliki investasi berupa saham syariah maka sudah seharusnya Anda mencari banyak informasi mengenai hal tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah pengetahuan Anda. Misalnya dengan membaca buku yang berkaitan dengan hal tersebut.

Memastikan keamanan praktik saham

Selalu pastikan bahwa memang saham yang akan Anda beli tersebut sesuai dengan prinsip syariah. Selain itu pastikan pula bahwa saham yang akan dibeli telah tercatat bebas dari berbagai macam praktik yang bertentangan dengan ajaran islam. Oleh karena itu dalam hal ini Anda perlu memahami berbagai ketentuan syariah.

Ciri Ciri

Kegiatan sesuai prinsip syariah

Sebuah saham tentu saja dapat dikategorikan ke dalam saham syariah jika memang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Jadi saham ini tidak mengandung perjudian dan tidak melanggar syarat perdagangan yang berdasarkan pada prinsip syariah. Selain itu saham ini tidak mengandung sistem riba dan tidak mengandung unsur suap.

Utang lebih kecil daripada aset

Ciri lainnya yaitu perusahaan yang memiliki saham tersebut haruslah memiliki total utang dengan berbasiskan pada bunga yang lebih kecil. Tentunya bunga ini lebih kecil jika dibandingkan dengan total aset. Utang berbasikan bunga ini bahkan tidak boleh lebih dari 45% dari jumlah total aset perusahaan.

Pendapatan usaha cenderung halal

Perusahaan seharusnya juga memiliki pendapatan hasil usahanya lebih besar daripada pendapatan bunga yang diperolehnya. Jadi pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal lainnya maksimal 10% dari pendapatan usaha yang diperoleh perusahaan secara keseluruhan.

Saham terdaftar di DES

Saham haruslah bersifat resmi. Saham yang resmi berarti terdaftar di dalam DES atau Daftar Efek Saham. DES ini sendiri merupakan daftar dari berbagai macam perusahaan yang memiliki saham berjenis syariah. Untuk mengetahuinya maka Anda bisa mencari informasi mengenai beberapa saham ini.

Keunggulan Saham Syariah

Sesuai ajaran agama

Sebuah saham bisa dikategorikan sebagai jenis syariah jika berasal dari perusahaan yang memiliki kegiatan usaha sesuai dengan prinsip syariah. Jadi tidak ada unsur perjudian dan riba dan hal lainnya yang bertentangan dengan prinsip syariah atau prinsip ajaran agama Islam.

Kinerja lebih tenang

Kinerja saham yang tergolong ke dalam jenis syariah diketahui bersifat lebih tenang. Sebab jenis saham ini memberikan return atau imbal hasil yang tentunya menguntungkan. Bahkan imbal hasil ini lebih menguntungkan daripada saham non-syariah. Saat kondisi pasar tenang tentunya saham akan bergerak dengan stabil.

Saham blue chip

Rupanya beberapa saham dengan prinsip ini bisa pula dikategorikan sebagai saham bluechip atau saham unggulan. Maka saham ini akan lebih stabil dan juga cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Saham yang dikategorikan ke dalam jenis ini biasanya disertai dengan adanya kapitalisasi besar.

Capital gain dan dividen

Keunggulan lain dari saham jenis ini adalah adanya capital gain dan dividen. Capital gain tentunya akan diperoleh saat harga jual saham lebih tinggi daripada harga beli saham. Sedangkan dividen akan dibagikan oleh perusahaan yang telah tercatat mendapatkan laba di tiap tahun.

Cara Investasi

Memiliki rekening saham

Sebelum melakukan pembelian maka Anda harus membuat rekening terlebih dahulu. Buatlah rekening saham online untuk melancarkan transaksi jual beli saham Anda. Namun pembuatan rekening biasanya dilakukan di beberapa perusahaan sekuritas. Setelah itu Anda bisa melakukan registrasi.

Cek saham

Sebelum melakukan pembelian maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan. Misalnya saja Anda bsia mencari tahu tentang saham yang akan dibeli dengan melihat indeks saham online. Seperti misalnya pada ISSI atau Indeks Saham Syariah Indonesia. Saham yang resmi tentu akan tercantum pada ISSI sehingga Anda bisa membelinya dengan tenang dan tanpa khawatir.

Beli saham

Jika memang Anda telah memiliki rekening dan Anda sudah mengecek saham yang akan dibeli maka Anda bisa melakukan pembelian. Pembelian bisa dilakukan dengan ketentuan yang berlaku.

Perdalam pengetahuan

Jika memang Anda telah membeli saham berjenis tersebut maka ini saatnya bagi Anda untuk memperdalam pengetahuan. Setidaknya Anda perlu memperdalam pengetahuan tentang saham yang Anda beli. Selain itu Anda juga perlu tahu mengenai teknik jual beli saham yang mudah dan praktis.

Saham syariah pada dasarnya merupakan bentuk dari perusahaan yang mendasarkan aktivitas usahanya pada prinsip syariah. Jadi Anda bisa melakukan pembelian saham jenis ini tentunya dengan perasaan yang lebih tenang. Namun tentunya untuk melakukan transaksi pembelian maka Anda perlu mengikuti berbagai ketentuan. Mulai dari memiliki rekening hingga akhirnya membeli saham. Saham ini pada akhirnya bisa mengiring Anda pada keuntungan yang ingin Anda peroleh yaitu dalam bentuk capital gain ataupun dividen.

Investasi pada jenis saham yang satu ini sama pentingnya dengan memilih sistem absensi terbaik untuk perusahaan. Salah satunya dengan mencoba untuk beralih pada JojoTimes. Produk yang satu ini terbukti bisa membantu memberikan info absensi karyawan real time kapan saja dan dimana saja. Termasuk menghindari resiko pemalsuan absen serta melakukan sinkronisasi absen dengan payroll. Semua berkat fitur andalan yang diberikan oleh JojoTimes. Mulai dari fitur Mobile Check In & Check Out, Accurate GPS location via Geotagging, Check In & Check Out Monitoring, Biometric Face Recognition, Fake ID Detection maupun Fingerprint Feature. Jadi jangan ragu, segera daftar dan dapatkan coba gratis 14 hari di perusahaan Anda. Buktikan sendiri!