Saham Turun, Penyebab Dan Bagaimana Menghadapinya

saham turun

Saham turun bisa saja terjadi sekalipun tanpa diprediksi. Memang biasanya harga saham bisa naik dan turun. Oleh karena itu jika Anda memiliki saham maka sebaiknya Anda selalu memperhatikan berbagai hal yang berkaitan dengan saham tersebut. Sebab tentunya harga saham yang tiba-tiba turun akan membuat Anda menjadi panik. Oleh karena itu berbagai kondisi yang dapat menyebabkan saham menjadi menurun trendnya perlu untuk diperhatikan. Tidak hanya itu saja tetapi keahlian dalam memainkan saham juga sebaiknya semakin ditingkatkan. Maka saham yang memburuk nilainya ini tidak akan membuat Anda mengalami kerugian besar atau kebangkrutan.

Penyebab Saham Turun

Faktor uang sehingga saham turun

Suatu kondisi memang bisa saja menyebabkan seseorang membutuhkan uang. Bahkan bisa saja uang yang dibutuhkan dalam jumlah yang sangat besar. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan pemilik saham mengambil keputusan untuk menguangkan sahamnya. maka sahamnya akan dijual dengan harga berapapun. Jadi dalam hal ini harga saham bisa saja semakin turun karena kondisi kebutuhan pemilik saham terhadap uang.

Faktor kepanikan

Berbagai macam berita mengenai saham atau juga bursa bisa saja menimbulkan kepanikan. Terlebih lagi saat muncul berita bahwa harga saham mengalami kerugian secara drastis. Dalam menghadapi hal ini sebaiknya Anda tidak terlalu panik. Sebab kepanikan yang melanda Anda bisa saja membuat Anda bertindak semakin ceroboh sehingga Anda justru semakin menuai kerugian.

Faktor fundamental makro penyebab saham turun

Beberapa faktor fundamental makro juga bisa menyebabkan saham mengalami penurunan. Beberapa faktor tersebut antara lain berupa pengaruh dari naik atau tuunnya suku bungan yang dilakukan oleh bank sentral Amerika. Atau bisa juga naik atau turunnya suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Selain itu bisa juga hal ini dipengaruhi oleh besar kecilnya nilai ekspor atau impor yang tentunya berdampak pada nilai tukar Rupiah terhadap Dollar.

Faktor teknikal

Faktor teknikal pada dasarnya berkaitan dengan grafik harga saham yang biasanya ditampilkan dan bisa Anda cermati. Beberapa pola pada grafik saham umumnya akan turut menuntun Anda sebagai investor untuk kemudian melakukan penjualan saham. Adanya suplai saham yang meningkat tentu akan menyebabkan harga saham turun sehingga hal ini perlu diperhatikan.

Faktor fundamental perusahaan

Yang dimaksud dengan faktor fundamental perusahaan adalah faktor utama yang menyebabkan harga saham menjadi naik atau turun. Maka investasi saham yang Anda lakukan harus selalu dicermati agar Anda tidak sampai terlewat. Sedangkan untuk perusahaan yang memiliki fundamental buruh tentunya akan menyebabkan harga sahamnya menjadi turun.

Faktor manipulasi pasar hingga saham turun

Saham yang turun juga bisa disebabkan oleh adanya manipulasi pasar. Dengan adanya manipulasi pasar ini maka bisa saja harga saham menjadi semakin tertekan turun. Manipulasi ini sebenarnya seringkali disebut juga dengan istilah rumor. Memang rumor biasanya tidak dapat bertahan lama. Namun hal ini bisa cukup berpengaruh pada harga saham.

Menghadapi Saham Turun

Tetap tenang meskipun saham turun

Saat seseorang tahu bahwa harga saham mulai mengalammi penurunan maka biasanya orang tersebut akan mengalami panik. Sebab hal ini bisa menimbulkan ketakutan pada Anda sehingga hal ini berpengaruh pada pertimbangan Anda dalam hal mengambil investasi. Oleh karena itu sebaiknya Anda tetaptenang sekalipun harga saham menjadi kurang baik. Pertimbangkan dengan baik langkah yang akan Anda ambil sehingga keputusan Anda tepat.

Minimalkan pengeluaran

Hal lain yang bsia dilakukan saat saham turun adalah melihat kembali anggaran Anda dan mengevaluasinya. Jika memang harga saham sangat turun maka setidaknya Anda bisa membayar semua tagihan. Untuk itu tidak ada salahnya bila Anda mulai mengurangi pengeluaran. Keluarkan anggaran hanya untuk hal-hal yang penting saja.

Tingkatkan tabungan saat saham turun

Menabung pada dasarnya merupakan suatu aktivitas yang tepat dan perlu dilakukan oleh siapa saja. Dengan adanya tabungan maka kondisi ekonomi Anda bisa terselamatkan. Demikian pula pada saat terjadi kehancuran di pasar saham. Tabungan yang Anda miliki akan menopang kehidupan Anda sekalipun saat harga saham mulai menurun.

Toleransi resiko dari saham turun

Sebenarnya yang namanya berinvestasi tentunya tidak luput dari suatu resiko. Termasuk pada saat Anda berinvestasi dalam bentuk saham. Oleh karena itu perlu bagi Anda untuk menentukan toleransi resiko dan juga berbagai strategi yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan keuangan Anda. Toleransi resiko ini pada akhirnya akan membantu Anda untuk dapat menyesuaikan strategi investasi Anda.

Beli dan tahan

Beli dan tahan bisa menjadi saran yang tepat untuk Anda. Dalam hal ini anda bisa membeli saham untuk kemudian menahannya. Seiring berjalannya wkatu maka nantinya Anda akan membangun kekayaan dari adanya saham yang telah Anda beli tersebut. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk menjadikan investasi Anda ini sebagai permainan jangka panjang.

Pikirkan investasi

Sepeti yang telah dijelaskan pada sistem beli dan tahan maka pembelian saham bisa Anda tahan atau simpan untuk beberapa wkatu. Nantinya Anda bisa menggunakan waktu ini utnuk meningkatkan keuntungan. Sebab suatu investasi tentu bisa memberikan manfaat walaupun dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Pilih opsi lain

Anda bisa mulai untuk memikirkan ketrampilan Anda saat harga saham turun. Dengan ketrampilan Anda ini sebaiknya Anda segera memilih opsi dan peluang lain yang sekiranya dapat membantu Anda. Misalnya saja dengan bekerja sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Dampak Saham Turun

Saham turun tentu saja bisa memberikan dampak besar bagi Anda yang memegang saham. Harga saham yang memburuk dan bahkan terus menurun hingga bisa saja ke titik terendah. Saham yang melemah ini memang bisa terjadi kapan saja karena berbagai hal yang menyebabkannya. Jika Anda pada awalnya membeli saham dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada harga saham saat dijual sekarang maka bisa disebut anda mengalami kerugian. Oleh karena itu Anda perlu melakukan berbagai macam strategi untuk mencegah diri Anda dari kerugian besar. Dengan menjalankan beberapa strategi maka Anda tentu bsia meminimalkan terjadinya kerugian akibat saham turun. Setidaknya Anda bisa terhindar dari kerugian yang lebih besar dan bahkan terhindar pula dari kebangkrutan yang mengancam.

Fenomena ini sama halnya saat mencoba untuk mencari sistem keuangan perusahaan yang aman dan terpercaya. Salah satunya melalui penggunaan produk yang ditawarkan oleh JojoExpense. Dengan produk tersebut maka seluruh pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan dapat tercatat lebih baik dan lebih rapi. Sehingga mempermudah tim keuangan dalam melakukan penataan maupun audit.

Tentu saja semua manfaat tersebut berkat adanya beberapa fitur pada JojoExpense. Mulai dari fitur budgeting untuk mengontrol reimbursement dan cash advance, hingga fitur andalan berupa pelaporan otomatis. Jadi jangan khawatir, yuk segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda. Dijamin sistem keuangan menjadi lebih efektif dan juga lebih efisien.